Hati Senang

Sunan Tirmidzi no.107 s.d 109 – Madzi dan Mani

Dari Kitab:
Sunan Tirmidzi
Oleh: Abū ‘Īsá Muḥammad ibn ‛Īsá as-Sulamī aḍ-Ḍarīr al-Būghī at-Tirmidhī

سنن الترمذي ٧٠١: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ عُبَيْدٍ هُوَ ابْنُ السَّبَّاقِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ قَالَ كُنْتُ أَلْقَى مِنْ الْمَذْيِ شِدَّةً وَ عَنَاءً فَكُنْتُ أُكْثِرُ مِنْهُ الْغُسْلَ فَذَكَرْتُ ذلِكَ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ سَأَلْتُهُ عَنْهُ فَقَالَ إِنَّمَا يُجْزِئُكَ مِنْ ذلِكَ الْوُضُوْءُ فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ بِمَا يُصِيْبُ ثَوْبِيْ مِنْهُ قَالَ يَكْفِيْكَ أَنْ تَأْخُذَ كَفًّا مِنْ مَاءٍ فَتَنْضَحَ بِهِ ثَوْبَكَ حَيْثُ تَرَى أَنَّهُ أَصَابَ مِنْهُ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيْثِ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ فِي الْمَذْيِ مِثْلَ هذَا وَ قَدْ اخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي الْمَذْيِ يُصِيْبُ الثَّوْبَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا يُجْزِئُ إِلَّا الْغَسْلُ وَ هُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ وَ إِسْحَاقَ وَ قَالَ بَعْضُهُمْ يُجْزِئُهُ النَّضْحُ وَ قَالَ أَحْمَدُ أَرْجُوْ أَنْ يُجْزِئَهُ النَّضْحُ بِالْمَاءِ.

Sunan Tirmidzī: 107. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [‘Abdah], dari [Muḥammad bin Isḥāq], dari [Sa‘īd bin ‘Ubaid] -yaitu Ibn-us-Sabbāq, dari [Ayahnya], dari [Sahl bin Ḥunaif] ia berkata: “Aku sering mengeluarkan madzi karena lelah, hingga aku sering mandi karena hal itu. Lalu aku ceritakan dan menanyakan hal itu kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau menjawab: “Cukuplah kamu berwudhu’.” Lalu aku bertanya lagi, “Wahai Rasūlullāh, bagaimana dengan kain yang terkena?” beliau menjawab: “Cukup bagimu mengambil air setangkup telapak tangan, lalu percikkanlah pada bagian yang terkena.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Dan kami tidak mengetahui hadits tersebut kecuali dari hadits Muḥammad bin Isḥāq tentang madzi. Para ulama masih berselisih tentang madzi yang mengenai kain, sebagian mereka berkata: “Harus mandi.” Ini adalah pendapat Syāfi‘ī dan Isḥāq. Sedangkan yang lainnya mengatakan: “Cukup diperciki dengan air.” Dan Aḥmad berkata: “Aku berharap bahwa hal itu cukup diperciki dengan air.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: SAD: 180; SN: 154; SIM: 499; MA: 15406; SD: 717.

سنن الترمذي ٨٠١: حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ هَمَّامِ بْنِ الْحَارِثِ قَالَ ضَافَ عَائِشَةَ ضَيْفٌ فَأَمَرَتْ لَهُ بِمِلْحَفَةٍ صَفْرَاءَ فَنَامَ فِيْهَا فَاحْتَلَمَ فَاسْتَحْيَا أَنْ يُرْسِلَ بِهَا وَ بِهَا أَثَرُ الْاِحْتِلَامِ فَغَمَسَهَا فِي الْمَاءِ ثُمَّ أَرْسَلَ بِهَا فَقَالَتْ عَائِشَةُ لِمَ أَفْسَدَ عَلَيْنَا ثَوْبَنَا إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيْهِ أَنْ يَفْرُكَهُ بِأَصَابِعِهِ وَ رُبَّمَا فَرَكْتُهُ مِنْ ثَوْبِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِأَصَابِعِيْ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ هُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ التَّابِعِيْنَ وَ مَنْ بَعْدَهُمْ مِنَ الْفُقَهَاءِ مِثْلِ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَ الشَّافِعِيِّ وَ أَحْمَدَ وَ إِسْحَاقَ قَالُوْا فِي الْمَنِيِّ يُصِيْبُ الثَّوْبَ يُجْزِئُهُ الْفَرْكُ وَ إِنْ لَمْ يُغْسَلْ وَ هكَذَا رُوِيَ عَنْ مَنْصُوْرٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ هَمَّامِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ عَائِشَةَ مِثْلَ رِوَايَةِ الْأَعْمَشِ وَ رَوَى أَبُوْ مَعْشَرٍ هذَا الْحَدِيْثَ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنِ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ وَ حَدِيْثُ الْأَعْمَشِ أَصَحُّ.

Sunan Tirmidzī: 108. telah menceritakan kepada kami [Hannād] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū Mu‘āwiyah], dari [al-A‘masy], dari [Ibrāhīm], dari [Hammām bin al-Ḥārits] ia berkata: “Ada seorang tamu datang ke rumah ‘Ā’isyah, lalu ‘Ā’isyah menyuruhnya tidur dengan selimut berwarna kuning, maka ia pun tidur dengan selimut tersebut. Tamu itu mimpi basah, dan ia malu untuk mengembalikan selimut tersebut karena di dalamnya terdapat bekas mani, sehingga ia mencelupkannya ke dalam air. Baru setelah itu ia mengembalikannya kepada ‘Ā’isyah. Maka berkatalah [‘Ā’isyah]: “Kenapa ia merusak (membuat basah) kain kami? Padahal cukup baginya mengerik bekasnya dengan jari, aku pernah mengerik kain Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dengan jari-jariku.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Ini adalah pendapat beberapa sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tābi‘īn dan orang-orang setelah mereka dari kalangan fuqaha. Seperti Sufyān ats-Tsaurī, Syāfi‘ī, Aḥmad dan Isḥāq. Mereka berkata berkenaan dengan mani yang mengenai kain, “Cukup baginya mengerik, meskipun tidak mencucinya.” Seperti inilah diriwayatkan dari [Manshūr], dari [Hammām bin al-Ḥārits], dari [‘Ā’isyah]. Seperti riwayat al-A‘masy. Dan [Abū Ma‘syar] meriwayatkan hadits ini dari [Ibrāhīm], dari [al-Aswad], dari [‘Ā’isyah]. Dan hadits al-A‘masy lebih Shaḥīḥ.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.

سنن الترمذي ٩٠١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيْعٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُوْنِ بْنِ مِهْرَانَ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا غَسَلَتْ مَنِيًّا مِنْ ثَوْبِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ أَبُوْ عِيْسَى هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَ فِي الْبَابِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَ حَدِيْثُ عَائِشَةَ أَنَّهَا غَسَلَتْ مَنِيًّا مِنْ ثَوْبِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لَيْسَ بِمُخَالِفٍ لِحَدِيْثِ الْفَرْكِ لِأَنَّهُ وَ إِنْ كَانَ الْفَرْكُ يُجْزِئُ فَقَدْ يُسْتَحَبُّ لِلرَّجُلِ أَنْ لَا يُرَى عَلَى ثَوْبِهِ أَثَرُهُ قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ الْمَنِيُّ بِمَنْزِلَةِ الْمُخَاطِ فَأَمِطْهُ عَنْكَ وَ لَوْ بِإِذْخِرَةٍ.

Sunan Tirmidzī: 109. telah menceritakan kepada kami [Aḥmad bin Manī‘] berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abū Mu‘āwiyah], dari [‘Amru bin Maimūn bin Mihrān], dari [Sulaimān bin Yasār], dari [‘Ā’isyah] bahwasanya ia pernah mencuci bekas mani pada kain Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam.” Abū ‘Īsā berkata: “Hadits ini derajatnya Ḥasan Shaḥīḥ. Dalam bab ini juga ada riwayat dari Ibnu ‘Abbās. Sedangkan hadits ‘Ā’isyah, bahwasanya ia pernah mencuci bekas mani pada kain Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidak bertentangan dengan hadits mengerik. Sebab meskipun dikerik itu sudah mencukupi, namun terkadang seorang laki-laki tidak suka jika bekas pada kainnya masih terlihat. Ibnu ‘Abbās berkata: “Mani itu seperti ingus, maka hendaklah ia buang meskipun dengan idzkhir (kayu).”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 23076, 23242, 24831, 25191.

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.