سنن ابن ماجه ٣٥: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيُّ قَالَ حَدَّثَنِيْ رِشْدِيْنُ بْنُ سَعْدٍ وَ جَعْفَرُ بْنُ عَوْنٍ عَنِ ابْنِ أَنْعُمٍ هُوَ الْإِفْرِيْقِيُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الْعِلْمُ ثَلَاثَةٌ فَمَا وَرَاءَ ذلِكَ فَهُوَ فَضْلٌ آيَةٌ مُحْكَمَةٌ أَوْ سُنَّةٌ قَائِمَةٌ أَوْ فَرِيْضَةٌ عَادِلَةٌ.
Sunan Ibnu Mājah 53: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad Ibn-ul-‘Alā’ al-Hamdānī berkata: Telah menceritakan kepadaku Risydīn bin Sa‘d dan Ja‘far bin ‘Aun, dari Ibnu An‘um -yaitu al-Afrīqī- , dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Rāfi‘, dari ‘Abdullāh bin ‘Amru ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ilmu itu ada tiga, sedangkan selebihnya hanyalah keutamaan; ayat muhkamāt, sunnah yang tegak dan fara’idh yang adil.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.
Pembanding: SAD: 2499.
سنن ابن ماجه ٤٥: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ حَمَّادٍ سَجَّادَةُ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ الْأُمَوِيُّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَعِيْدِ بْنِ حَسَّانَ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ نُسَيٍّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ غَنْمٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ قَالَ
لَمَّا بَعَثَنِيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَى الْيَمَنِ قَالَ لَا تَقْضِيَنَّ وَ لَا تَفْصِلَنَّ إِلَّا بِمَا تَعْلَمُ فَإِنْ أَشْكَلَ عَلَيْكَ أَمْرٌ فَقِفْ حَتَّى تَبَيَّنَهُ أَوْ تَكْتُبَ إِلَيَّ فِيْهِ.
Sunan Ibnu Mājah 54: Telah menceritakan kepada kami al-Ḥasan bin Ḥammād Sajjādah berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sa‘īd al-Umawī, dari Muḥammad bin Sa‘īd bin Ḥassān, dari ‘Ubādah bin Nusai, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ghanim berkata: Telah menceritakan kepada kami Mu‘ādz bin Jabal ia berkata: Tatkala Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengutusku ke Yaman, beliau bersabda: “Janganlah sekali-kali kamu menetapkan dan memutuskan kecuali dengan apa yang kamu ketahui. Jika kamu mengalami satu permasalahan, maka tahanlah hingga menjadi jelas atau engkau tulis surat kepadaku.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Maudhū‘.
Pembanding: Tidak ada.
سنن ابن ماجه ٥٥: حَدَّثَنَا سُوَيْدُ بْنُ سَعِيْدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي الرِّجَالِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَمْرٍو الْأَوْزَاعِيِّ عَنْ عَبْدَةَ بْنِ أَبِيْ لُبَابَةَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ
سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ لَمْ يَزَلْ أَمْرُ بَنِيْ إِسْرَائِيْلَ مُعْتَدِلًا حَتَّى نَشَأَ فِيهِمْ الْمُوَلَّدُوْنَ أَبْنَاءُ سَبَايَا الْأُمَمِ فَقَالُوْا بِالرَّأْيِ فَضَلُّوْا وَ أَضَلُّوْا.
Sunan Ibnu Mājah 55: Telah menceritakan kepada kami Suwaid bin Sa‘īd berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abir-Rijāl, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Amru al-Auzā‘ī, dari ‘Abdah bin Abī Lubābah, dari ‘Abdullāh bin ‘Amru bin al-‘Ash ia berkata: Aku mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Urusan bani Isrā’īl masih tetap stabil hingga muncul keturunan-keturunan yang lahir dari para tawanan. Mereka berpendapat dengan menggunakan logika sehingga mereka sesat dan menyesatkan.“
Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.
Pembanding: SD: 120.