سنن ابن ماجه ١٧٨: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ قَالَا حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُوْنَ أَنْبَأَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ وَكِيْعِ بْنِ حُدُسٍ عَنْ عَمِّهِ أَبِيْ رَزِيْنٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَيْنَ كَانَ رَبُّنَا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ خَلْقَهُ قَالَ كَانَ فِيْ عَمَاءٍ مَا تَحْتَهُ هَوَاءٌ وَ مَا فَوْقَهُ هَوَاءٌ وَ مَا ثَمَّ خَلْقٌ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ.
Sunan Ibnu Mājah 178: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakr bin Abī Syaibah dan Muḥammad bin ash-Shabbāḥ keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Yazīd bin Hārūn, telah memberitakan kepada kami Ḥammād bin Salamah, dari Ya‘lā bin ‘Athā’, dari Wakī‘ bin Ḥudus, dari pamannya Abū Razīn ia berkata: Aku bertanya: “Wahai Rasūlullāh, di manakah Rabb kita sebelum menciptakan makhluk-Nya?” Beliau menjawab: “Dia berada di ruang hampa, di bawah dan di atasnya tidak ada udara, dan di sana tidak ada makhluk. Setelah itu Ia menciptakan ‘Arsy-Nya di atas air.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.
Pembanding: MA: 15611.
سنن ابن ماجه ١٧٩: حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ حَدَّثَنَا سَعِيْدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ مُحْرِزٍ الْمَازِنِيِّ قَالَ بَيْنَمَا نَحْنُ مَعَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ وَ هُوَ يَطُوْفُ بِالْبَيْتِ إِذْ عَرَضَ لَهُ رَجُلٌ فَقَالَ يَا ابْنَ عُمَرَ كَيْفَ سَمِعْتَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَذْكُرُ فِي النَّجْوَى قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ يُدْنَى الْمُؤْمِنُ مِنْ رَبِّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يَضَعَ عَلَيْهِ كَنَفَهُ ثُمَّ يُقَرِّرُهُ بِذُنُوْبِهِ فَيَقُوْلُ هَلْ تَعْرِفُ فَيَقُوْلُ يَا رَبِّ أَعْرِفُ حَتَّى إِذَا بَلَغَ مِنْهُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَبْلُغَ قَالَ إِنِّيْ سَتَرْتُهَا عَلَيْكَ فِي الدُّنْيَا وَ أَنَا أَغْفِرُهَا لَكَ الْيَوْمَ قَالَ ثُمَّ يُعْطَى صَحِيْفَةَ حَسَنَاتِهِ أَوْ كِتَابَهُ بِيَمِيْنِهِ قَالَ وَ أَمَّا الْكَافِرُ أَوْ الْمُنَافِقُ فَيُنَادَى عَلَى رُءُوْسِ الْأَشْهَادِ قَالَ خَالِدٌ فِي الْأَشْهَادِ شَيْءٌ مِنَ انْقِطَاعٍ{ هؤُلَاءِ الَّذِيْنَ كَذَبُوْا عَلَى رَبِّهِمْ أَلَا لَعْنَةُ اللهِ عَلَى الظَّالِمِيْنَ }.
Sunan Ibnu Mājah 179: Telah menceritakan kepada kami Ḥumaid bin Mas‘adah berkata: Telah menceritakan kepada kami Khālid bin al-Ḥārits berkata: Telah menceritakan kepada kami Sa‘īd, dari Qatādah, dari Shafwān bin Muḥriz al-Māzinī ia berkata: “Tatkala kami sedang bersama ‘Abdullāh bin ‘Umar melaksanakan thawaf di Ka‘bah, tiba-tiba seorang lelaki menghampirinya dan bertanya; “Wahai Ibnu ‘Umar, bagaimana yang anda dengar ketika Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang bermunajat?” ia menjawab: “Aku mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Pada hari kiamat orang mukmin akan didekatkan kepada Rabbnya hingga diletakkan padanya naungan-Nya, kemudian ia mengakui dosa-dosanya. Allah lalu berfirman: ‘Apakah kamu mengetahui? ‘ ia menjawab; ‘Wahai Rabb, ya aku mengetahuinya.’ Maka ketika dosanya telah menggunung sesuai kehendak Allah, Allah pun berfirman: ‘Aku telah menutupi dosa itu di dunia untukmu, maka Aku akan mengampuninya pada hari ini.‘ Beliau bersabda: “Kemudian ia diberi catatan kebaikannya, atau kitabnya dengan tangan kanan-Nya.” Beliau bersabda: “Adapun orang kafir atau munafiq, ia diseru di hadapan khalayak.” Khālid berkata; “Di hadapan khalayak ada sesuatu yang terputus; “Orang-orang inilah yang telah berdusta terhadap Tuhan mereka. Ingatlah, kutukan Allah (ditimpakan) atas orang-orang yang zhalim.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak ada.
سنن ابن ماجه ١٨٠: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِيْ الشَّوَارِبِ حَدَّثَنَا أَبُوْ عَاصِمٍ الْعَبَّادَانِيُّ حَدَّثَنَاالْفَضْلُ الرَّقَاشِيُّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بَيْنَا أَهْلُ الْجَنَّةِ فِيْ نَعِيْمِهِمْ إِذْ سَطَعَ لَهُمْ نُوْرٌ فَرَفَعُوْا رُءُوْسَهُمْ فَإِذَا الرَّبُّ قَدْ أَشْرَفَ عَلَيْهِمْ مِنْ فَوْقِهِمْ فَقَالَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ قَالَ وَ ذلِكَ قَوْلُ اللهِ{ سَلَامٌ قَوْلًا مِنْ رَبٍّ رَحِيْمٍ }.قَالَ فَيَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَ يَنْظُرُوْنَ إِلَيْهِ فَلَا يَلْتَفِتُوْنَ إِلَى شَيْءٍ مِنَ النَّعِيْمِ مَا دَامُوْا يَنْظُرُوْنَ إِلَيْهِ حَتَّى يَحْتَجِبَ عَنْهُمْ وَ يَبْقَى نُوْرُهُ وَ بَرَكَتُهُ عَلَيْهِمْ فِيْ دِيَارِهِمْ.
Sunan Ibnu Mājah 180: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ‘Abd-il-Mālik bin Abū Syawārib berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū ‘Āshim al-‘Abbādānī berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Fadhl ar-Raqāsyī, dari Muḥammad al-Munkadir, dari Jābir bin ‘Abdullāh ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tatkala penduduk surga berada dalam kesenangan mereka, tiba-tiba bersinar seberkas cahaya, mereka menengadahkan kepala mereka, ternyata Rabb mereka telah menampakkan diri di atas mereka, lalu berfirman: ‘Kesejahteraan tercurah kepada kalian wahai penduduk surga.‘ Beliau bersabda: “Itulah firman Allah; Salam, sebagai ucapan selamat dari Rabb Yang Maha Penyayang.” Beliau bersabda lagi: “Allah melihat mereka dan mereka melihat-Nya, mereka tidak berpaling karena merasa nikmat selama melihat kepada-Nya, hal itu terus berlangsung hingga Allah menghilang dari mereka. Sementara cahaya dan barakah-Nya masih membekas kepada mereka dan di tempat tinggal mereka.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.
Pembanding: Tidak ada.
سنن ابن ماجه ١٨١: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ خَيْثَمَةَ عَنْ عَدِيِّ ابْنِ حَاتِمٍ قَالَ
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا سَيُكَلِّمُهُ رَبُّهُ لَيْسَ بَيْنَهُ وَ بَيْنَهُ تَرْجُمَانٌ فَيَنْظُرُ مِنْ عَنْ أَيْمَنَ مِنْهُ فَلَا يَرَى إِلَّا شَيْئًا قَدَّمَهُ ثُمَّ يَنْظُرُ مِنْ عَنْ أَيْسَرَ مِنْهُ فَلَا يَرَى إِلَّا شَيْئًا قَدَّمَهُ ثُمَّ يَنْظُرُ أَمَامَهُ فَتَسْتَقْبِلُهُ النَّارُ فَمَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يَتَّقِيَ النَّارَ وَ لَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَلْيَفْعَلْ.
Sunan Ibnu Mājah 181: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘, dari al-A‘masy, dari Khaitsamah, dari ‘Adī bin Ḥātim ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada seorangpun di antara kalian kecuali akan diajak bicara oleh Rabbnya dan tidak ada penerjemah antara keduanya. Ia lalu menoleh ke samping kanannya, maka tidaklah ia melihat sesuatu di sana kecuali telah disodorkan kepadanya. Kemudian ia menoleh ke samping kirinya, maka tidaklah ia melihat sesuatu di sana kecuali telah disodorkan kepadanya. Kemudian ia melihat ke depannya, dan ternyata api neraka telah menghadangnya. Maka barang siapa di antara kalian mampu menghindari api neraka meski dengan sebiji kurma, maka hendaklah ia lakukan.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 6058, 6889, 6958; SIM: 1833; MA: 17535, 18564.
سنن ابن ماجه ١٨٢: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ عَبْدِ الصَّمَدِ عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ عَبْدِ الصَّمَدِ حَدَّثَنَا أَبُوْ عِمْرَانَ الْجَوْنِيُّ عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ قَيْسٍ الْأَشْعَرِيِّ عَنْ أَبِيْهِ.قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ جَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ آنِيَتُهُمَا وَ مَا فِيْهِمَا وَ جَنَّتَانِ مِنْ ذَهَبٍ آنِيَتُهُمَا وَ مَا فِيْهِمَا وَ مَا بَيْنَ الْقَوْمِ وَ بَيْنَ أَنْ يَنْظُرُوْا إِلَى رَبِّهِمْ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى إِلَّا رِدَاءُ الْكِبْرِيَاءِ عَلَى وَجْهِهِ فِيْ جَنَّةِ عَدْنٍ.
Sunan Ibnu Mājah 182: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Basysyār berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū ‘Abd-ish-Shamad ‘Abd-ul-‘Azīz bin ‘Abd-ish-Shamad berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū ‘Imrān al-Jaunī, dari Abū Bakar bin ‘Abdullāh bin Qais al-Asy‘arī, dari bapaknya ia berkata; Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada dua surga tempayan-tempayannya serta apa yang ada di dalamnya terbuat dari perak. Dan ada dua surga tempayang-tempayannya serta apa yang ada di dalamnya terbuat dari emas. Tidak ada yang menghalangi mereka ketika melihat Rabb mereka Tabāraka wa Ta‘ālā kecuali selendang kebesaran yang terdapat di wajah-Nya di surga ‘Adn.”
Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 4500, 6890.