Sunan Ibnu Majah no.143 s.d 154 – Keutamaan Para Sahabat Dan Ahlul Bait (2/3)

  1. Keutamaan ‘Ammār Bin Yāsir.

سنن ابن ماجه ١٤٣: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَعَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ عَنْ هَانِئِ بْنِ هَانِئٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ قَالَ كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَاسْتَأْذَنَ عَمَّارُ بْنُ يَاسِرٍ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ائْذَنُوا لَهُ مَرْحَبًا بِالطَّيِّبِ الْمُطَيَّبِ.

Sunan Ibnu Mājah 143: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmān bin Abū Syaibah dan ‘Alī bin Muḥammad keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘ berkata: Telah menceritakan kepada kami Sufyān, dari Abū Isḥāq, dari Hāni’ bin Hāni’, dari ‘Alī bin Abī Thālib ia berkata: “Ketika aku duduk di samping Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam ‘Ammār bin Yāsir meminta izin (untuk bergabung duduk), maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Izinkanlah dia, selamat datang kepada orang yang baik lagi berlaku baik.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 740, 982, 1026.

سنن ابن ماجه ١٤٤: حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ حَدَّثَنَا عَثَّامُ بْنُ عَلِيٍّ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ عَنْ هَانِئِ بْنِ هَانِيءٍ قَالَ دَخَلَ عَمَّارٌ عَلَى عَلِيٍّ فَقَالَ مَرْحَبًا بِالطَّيِّبِ الْمُطَيَّبِ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ مُلِئَ عَمَّارٌ إِيْمَانًا إِلَى مُشَاشِهِ.

Sunan Ibnu Mājah 144: Telah menceritakan kepada kami Nashr bin ‘Alī al-Jahdhamī berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Atstsām bin ‘Alī, dari al-A‘masy, dari Abū Isḥāq, dari Hāni’ bin Hāni’ ia berkata: “‘Ammār masuk menemui ‘Alī. Maka ‘Alī pun berkata: “Selamat datang kepada orang yang baik lagi yang berlaku baik. Aku telah mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh, ‘Ammār telah dipenuhi keimanan hingga ke relung jiwanya.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.

سنن ابن ماجه ١٤٥: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُوْسَى ح و حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ وَ عَمْرُو بْنُ عَبْدِ اللهِ قَالَا جَمِيْعًا حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ سِيَاهٍ عَنْ حَبِيْبِ بْنِ أَبِيْ ثَابِتٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَمَّارٌ مَا عُرِضَ عَلَيْهِ أَمْرَانِ إِلَّا اخْتَارَ الْأَرْشَدَ مِنْهُمَا.

Sunan Ibnu Mājah 145: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakr bin Abū Syaibah berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullāh bin Mūsā. Dan menurut jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad dan ‘Amru bin ‘Abdullāh keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘, dari ‘Abd-ul-‘Azīz bin Siyāh, dari Ḥabīb bin Abī Tsābit, dari ‘Athā’ bin Yasār, dari ‘Ā’isyah ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah dua perkara diajukan kepada ‘Ammār melainkan dia akan memilih yang paling lurus.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 3510, 4028.

  1. Keutamaan Salmān dan Abū Dzarr dan Miqdād.

سنن ابن ماجه ١٤٦: حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ مُوْسَى وَ سُوَيْدُ بْنُ سَعِيْدٍ قَالَا حَدَّثَنَا شَرِيْكٌ عَنْ أَبِيْ رَبِيْعَةَ الْإِيَادِيِّ عَنِ ابْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِنَّ اللهَ أَمَرَنِيْ بِحُبِّ أَرْبَعَةٍ وَ أَخْبَرَنِيْ أَنَّهُ يُحِبُّهُمْ قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ مَنْ هُمْ قَالَ عَلِيٌّ مِنْهُمْ يَقُوْلُ ذلِكَ ثَلَاثًا وَ أَبُوْ ذَرٍّ وَ سَلْمَانُ وَ الْمِقْدَادُ.

Sunan Ibnu Mājah 146: Telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl bin Mūsā dan Suwaid bin Sa‘īd keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Syarīk, dari Abū Rabī‘ah al-Iyādī, dari Ibnu Buraidah, dari Bapaknya ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah memerintahkanku agar mencintai empat orang dan mengabarkan kepadaku bahwa Dia juga mencintai mereka.” Beliau ditanya; “Wahai Rasūlullāh, siapakah mereka itu?” Beliau menjawab: “‘Alī adalah salah satu dari mereka-beliau ucapkan hal itu hingga tiga kali-kemudian Abū Dzarr, Salmān dan Miqdād.

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: Tidak ada.

سنن ابن ماجه ١٤٧: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيْدٍ الدَّارِمِيُّ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِيْ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ بْنُ قُدَامَةَ عَنْ عَاصِمِ بْنِ أَبِي النَّجُوْدِ عَنْ زِرِّ بْنِ حُبَيْشٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ كَانَ أَوَّلَ مَنْ أَظْهَرَ إِسْلَامَهُ سَبْعَةٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَبُوْ بَكْرٍ وَ عَمَّارٌ وَ أُمُّهُ سُمَيَّةُ وَ صُهَيْبٌ وَ بِلَالٌ وَ الْمِقْدَادُ فَأَمَّا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَمَنَعَهُ اللهُ بِعَمِّهِ أَبِيْ طَالِبٍ وَ أَمَّا أَبُوْ بَكْرٍ فَمَنَعَهُ اللهُ بِقَوْمِهِ وَ أَمَّا سَائِرُهُمْ فَأَخَذَهُمْ الْمُشْرِكُوْنَ وَ أَلْبَسُوْهُمْ أَدْرَاعَ الْحَدِيْدِ وَ صَهَرُوْهُمْ فِي الشَّمْسِ فَمَا مِنْهُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَ قَدْ وَأَتَاهُمْ عَلَى مَا أَرَادُوْا إِلَّا بِلَالًا فَإِنَّهُ هَانَتْ عَلَيْهِ نَفْسُهُ فِي اللهِ وَ هَانَ عَلَى قَوْمِهِ فَأَخَذُوْهُ فَأَعْطَوْهُ الْوِلْدَانَ فَجَعَلُوْا يَطُوْفُوْنَ بِهِ فِيْ شِعَابِ مَكَّةَ وَ هُوَ يَقُوْلُ أَحَدٌ أَحَدٌ.

Sunan Ibnu Mājah 147: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Sa‘īd ad-Dārimī berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Abū Bukair berkata: Telah menceritakan kepada kami Zā’idah bin Qudāmah, dari ‘Āshim bin Abun-Najūd, dari Zirr bin Ḥubaisy, dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd ia berkata: “Yang pertama kali menampakkan keIslamannya ada tujuh orang; Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, Abū Bakar, ‘Ammār dan Ibunya Sumayyah, Shuhaib, Bilāl dan al-Miqdād. Adapun Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, Allah melindunginya dengan perantara pamannya. Abū Bakar Allah melindunginya dengan perantara kaumnya. Sedang yang lainnya, kaum musyrik telah menyiksanya, memakaikan baju dari besi dan meletakkan mereka di bawah terik matahari. Tidaklah salah seorang dari mereka melainkan telah memenuhi apa yang mereka inginkan. Kecuali Bilāl, dirinya dihinakan oleh kaumnya karena Allah, mereka membawa dan memberikannya kepada anak-anak. Sehingga mereka membawanya berkeliling di sepanjang jalan-jalan Makkah, sementara dirinya tetap mengatakan; “Ahad Ahad.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: MA: 3640.

سنن ابن ماجه ١٤٨: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لَقَدْ أُوْذِيْتُ فِي اللهِ وَ مَا يُؤْذَى أَحَدٌ وَ لَقَدْ أُخِفْتُ فِي اللهِ وَ مَا يُخَافُ أَحَدٌ وَ لَقَدْ أَتَتْ عَلَيَّ ثَالِثَةٌ وَ مَا لِيْ وَ لِبِلَالٍ طَعَامٌ يَأْكُلُهُ ذُوْ كَبِدٍ إِلَّا مَا وَارَى إِبِطُ بِلَالٍ.

Sunan Ibnu Mājah 148: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘, dari Ḥammād bin Salamah, dari Tsābit, dari Anas bin Mālik Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aku telah disakiti di jalan Allah ketika tidak ada seorang pun yang disakiti. Aku telah dicekam rasa takut di jalan Allah tatkala tidak ada seorangpun yang merasa ditakut-takuti. Dan telah datang kepadaku hari-hari sedang aku dan Bilāl tidak mempunyai makanan yang dapat dimakan oleh sesuatu yang bernyawa kecuali sesuatu yang dapat menutupi ketiak Bilāl.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 11767, 13543.

  1. Keutamaan Bilāl.

سنن ابن ماجه ١٤٩: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ عَنْ عُمَرَ بْنِ حَمْزَةَ عَنْ سَالِمٍ أَنَّ شَاعِرًا مَدَحَ بِلَالَ بْنَ عَبْدِ اللهِ فَقَالَ بِلَالُ بْنُ عَبْدِ اللهِ خَيْرُ بِلَالٍ فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ كَذَبْتَ لَا بَلْ بِلَالُ رَسُوْلِ اللهِ خَيْرُ بِلَالٍ.

Sunan Ibnu Mājah 149: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū ‘Usāmah, dari ‘Umar bin Hamzah, dari Sālim: Bahwasanya seorang penyair memuji Bilāl bin ‘Abdullāh seraya bersenandung: “Bilāl bin ‘Abdullāh adalah sebaik-baik Bilāl.” Maka berserulah Ibnu ‘Umar: “Kamu berdusta, tidak seperti itu! Akan tetapi Bilālnya Rasūlullāh adalah sebaik-baik Bilāl.

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: MA: 5380.

  1. Keutamaan Khabbāb r.a.

سنن ابن ماجه ١٥٠: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ وَ عَمْرُو بْنُ عَبْدِ اللهِ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ عَنْ أَبِيْ لَيْلَى الْكِنْدِيِّ قَالَ جَاءَ خَبَّابٌ إِلَى عُمَرَ فَقَالَ ادْنُ فَمَا أَحَدٌ أَحَقَّ بِهَذَا الْمَجْلِسِ مِنْكَ إِلَّا عَمَّارٌ فَجَعَلَ خَبَّابٌ يُرِيْهِ آثَارًا بِظَهْرِهِ مِمَّا عَذَّبَهُ الْمُشْرِكُوْنَ.

Sunan Ibnu Mājah 150: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad dan ‘Amru bin ‘Abdullāh keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘ berkata: Telah menceritakan kepada kami Sufyān, dari Abū Isḥāq, dari Abū Lailā al-Kindī ia berkata: Khabbāb datang menemui ‘Umar, lalu ‘Umar pun berkata: “Mendekatlah, tidak ada seorangpun yang berhak dengan majlis ini darimu kecuali ‘Ammār. Kemudian Khabbāb menampakkan bekas-bekas penyiksaan kaum musyrik di punggungnya.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.

سنن ابن ماجه ١٥١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيْدِ حَدَّثَنَا خَالِدٌ الْحَذَّاءُ عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ أَرْحَمُ أُمَّتِيْ بِأُمَّتِيْ أَبُوْ بَكْرٍ وَ أَشَدُّهُمْ فِيْ دِيْنِ اللهِ عُمَرُ وَ أَصْدَقُهُمْ حَيَاءً عُثْمَانُ وَ أَقْضَاهُمْ عَلِيُّ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ وَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللهِ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ وَ أَعْلَمُهُمْ بِالْحَلَالِ وَ الْحَرَامِ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ وَ أَفْرَضُهُمْ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ أَلَا وَ إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ أَمِيْنًا وَ أَمِيْنُ هذِهِ الْأُمَّةِ أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ.حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ مِثْلَهُ عِنْدَ ابْنِ قُدَامَةَ غَيْرَ أَنَّهُ يَقُوْلُ فِيْ حَقِّ زَيْدٍ وَ أَعْلَمُهُمْ بِالْفَرَائِضِ.

Sunan Ibnu Mājah 151: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-Wahhāb bin ‘Abd-il- Majīd berkata: Telah menceritakan kepada kami Khālid al-Ḥadzdzā’, dari Abū Qilābah, dari Anas bin Mālik ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Umatku yang paling penyayang terhadap umatku adalah Abū Bakar, yang paling tegas di antara mereka adalah ‘Umar, yang paling benar rasa malunya adalah ‘Utsmān, yang paling tepat keputusannya adalah ‘Alī bin Abī Thālib, yang paling bagus bacaannya terhadap Kitābullāh adalah Ubai bin Ka‘b, yang paling tahu terhadap perkara yang halal dan yang haram adalah Mu‘ādz bin Jabal, dan yang paling paham terhadap ilmu Farā’idh adalah Zaid binTsābit. Ketahuilah bahwa setiap umat itu mempunyai orang yang terpercaya, dan orang terpercaya umat ini adalah Abū ‘Ubaidah bin al-Jarrah.” Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘, dari Sufyān, dari Khālid al-Ḥadzdzā’, dari Abū Qilābah seperti hadits di atas. Hanya saja Ibnu Qudāmah menyebutkan: “Bahwa Zaid adalah yang paling tahu terhadap ilmu Farā’idh.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 12437, 13479

  1. Keutamaan Abū Dzarr.

سنن ابن ماجه ١٥٢: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ أَبِيْ حَرْبِ بْنِ أَبِي الْأَسْوَدِ الدِّيْلِيِّ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ مَا أَقَلَّتْ الْغَبْرَاءُ وَ لَا أَظَلَّتْ الْخَضْرَاءُ مِنْ رَجُلٍ أَصْدَقَ لَهْجَةً مِنْ أَبِيْ ذَرٍّ.

Sunan Ibnu Mājah 152: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Numair berkata: Telah menceritakan kepada kami al-A‘masy, dari ‘Utsmān bin Numair, dari Abū Ḥarb bin Abil-Aswad ad-Dīlī, dari ‘Abdullāh bin ‘Amru ia berkata: Aku mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bumi tidak akan diinjak dan langit tidak akan menaungi seorang laki-laki yang lebih benar dialeknya daripada Abū Dzarr.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 6232, 6341, 6781, 20731, 26221.

  1. Keutamaan Sa‘d bin Mu‘ādz.

سنن ابن ماجه ١٥٣: حَدَّثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ
أُهْدِيَ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ سَرَقَةٌ مِنْ حَرِيْرٍ فَجَعَلَ الْقَوْمُ يَتَدَاوَلُوْنَهَا بَيْنَهُمْ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَتَعْجَبُوْنَ مِنْ هذَا فَقَالُوْا لَهُ نَعَمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ قَالَ وَ الَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَمَنَادِيْلُ سَعْدِ بْنِ مُعَاذٍ فِي الْجَنَّةِ خَيْرٌ مِنْ هذَا.

Sunan Ibnu Mājah 153: Telah menceritakan kepada kami Hannād bin as-Sarī berkata: Telah menceritakan kepada kami Abul-Aḥwash, dari Abū Isḥāq, dari Barrā’ bin ‘Āzib ia berkata: Rasūlullāh Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam diberi hadiah sehelai kain sutra. Maka para sahabat pun saling berebutan untuk melihat. Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bertanya: “Apakah kalian merasa tertarik dengannya?” Mereka menjawab: “Benar ya Rasūlullāh! Beliau bersabda: “Demi jiwaku yang berada dalam genggaman Tangan-Nya, sungguh sapu tangan Sa‘d bin Mu‘ādz di surga lebih baik dari ini.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.

سنن ابن ماجه ١٥٤: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ اهْتَزَّ عَرْشُ الرَّحْمنِ عَزَّ وَ جَلَّ لِمَوْتِ سَعْدِ بْنِ مُعَاذٍ.

Sunan Ibnu Mājah 154: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Mu‘āwiyah, dari al-A‘masy, dari Abū Sufyān, dari Jābir ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “‘Arsy ar-Raḥmān ‘azza wa jalla bergetar karena kematian Sa‘d bin Mu‘ādz.

Derajat: Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 3519; MA: 10755, 12971, 13637, 13880, 14241.