53.أَخْبَرَنَا فَرْوَةُ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّا، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ أَبِيْ كَرِبٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: حَنَّتْ الْخَشَبَةُ حَنِيْنَ النَّاقَةِ الْخَلُوْجِ.
Sunan ad-Dārimī 35. Telah mengabarkan kepada kami [Farwah], telah menceritakan kepada kami [Yaḥyā bin Zakariyyā], dari [Ayahnya], dari [Abū Isḥāq], dari [Sa‘īd bin Abū Karb], dari [Jābir bin ‘Abdullāh], radhiyallāhu ‘anhu ia berkata: Batang kayu itu merintih bagaikan rintihan unta betina yang diambil anaknya.
Derajat: Husain Salim Asad ad-Darani: Isnādnya Shaḥīḥ.
Dan Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: MA: 13605.
63. أَخْبَرَنَا زَكَرِيَّا بْنُ عَدِيٍّ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلٍ، عَنِ الطُّفَيْلِ بْنِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، عَنْ أَبِيْهِ، قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّيْ إِلَى جِذْعٍ وَ يَخْطُبُ إِلَيْهِ إِذْ كَانَ الْمَسْجِدُ عَرِيْشًا فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِهِ: أَلَا نَجْعَلُ لَكَ عَرِيْشًا تَقُوْمُ عَلَيْهِ يَرَاكَ النَّاسُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ تُسْمِعُ مِنْ خُطْبَتِكَ قَالَ: نَعَمْ فَصَنَعَ لَهُ الثَّلَاثَ دَرَجَاتٍ هُنَّ اللَّوَاتِيْ عَلَى الْمِنْبَرِ فَلَمَّا صُنِعَ الْمِنْبَرُ وَ وُضِعَ فِيْ مَوْضِعِهِ الَّذِيْ وَضَعَهُ فِيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قال: فَلَمَّا جَاءَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُرِيْدُ الْمِنْبَرَ مَرَّ عَلَيْهِ فَلَمَّا جَاوَزَهُ خَارَ الْجِذْعُ حَتَّى تَصَدَّعَ وَ انْشَقَّ فَرَجَعَ إِلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَمَسَحَهُ بِيَدِهِ حَتَّى سَكَنَ ثُمَّ رَجَعَ إِلَى الْمِنْبَرِ قَالَ فَكَانَ إِذَا صَلَّى صَلَّى إِلَيْهِ فَلَمَّا هُدِمَ الْمَسْجِدُ أَخَذَ ذلِكَ الْجِذْعَ أُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ فَلَمْ يَزَلْ عِنْدَهُ حَتَّى بَلِيَ وَ أَكَلَتْهُ الْأَرَضَةُ وَ عَادَ رُفَاتًا.
Sunan ad-Dārimī 36. Telah mengabarkan kepada kami [Zakariyyā bin ‘Adī], dari [‘Ubaidullāh bin ‘Amr], dari [‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Aqīl], dari [ath-Thufail bin Ubay bin Ka‘b], dari [Ayahnya] radhiyallāhu ‘anhu ia berkata: Dahulu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam shalat bersandar pada batang kurma dan begitu juga ketika berkhutbah saat masjid masih belum memiliki tempat berteduh. Lalu seorang laki-laki dari sahabat beliau berkata kepadanya: “Sudikah baginda kami buatkan tempat berteduh (mimbar) dan diletakkanlah mimbar itu di tempat baginda bisa berdiri di atasnya dan orang-orang dapat melihat baginda pada (khutbah) hari jum‘at dan mereka dapat mendengarkan kkhutbah baginda. Beliau menjawab: “Ya, boleh“. Maka dibuatkanlah untuk beliau tiga anak tangga yang berada pada mimbar dan diletakkan di tempat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam meletakkannya (batang kurma). Tatkala beliau datang menuju mimbar, beliau melewati batang kurma itu, maka batang kurma itu menangis hingga terbanting dan terbelah. Lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam kembali kepadanya. Beliau mengusapnya dengan tangannya hingga pohon kurma itu tenang kembali dan nabi ke mimbar semula. Dan Nabi jika shalat, ia menghadap pohon itu. Tatkala masjid diruntuhkan Ubai bin Ka‘b mengambil batang kurma itu dan menyimpannya sampai lapuk serta dimakan rayap sampai hancur.
Derajat: Husain Salim Asad ad-Darani: Isnādnya Ḥasan.
Dan Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak Ditemukan.
73. حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ سَعِيْدٍ، حَدَّثَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ، عَنْ مُجَالِدٍ، عَنْ أَبِي الْوَدَّاكِ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَخْطُبُ إِلَى لِزْقِ جِذْعٍ فَأَتَاهُ رَجُلٌ رُوْمِيٌّ فَقَالَ: أَصْنَعُ لَكَ مِنْبَرًا تَخْطُبُ عَلَيْهِ فَصَنَعَ لَهُ مِنْبَرًا هذَا الَّذِيْ تَرَوْنَ قَالَ فَلَمَّا قَامَ عَلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَخْطُبُ حَنَّ الْجِذْعُ حَنِيْنَ النَّاقَةِ إِلَى وَلَدِهَا فَنَزَلَ إِلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَضَمَّهُ إِلَيْهِ فَسَكَنَ فَأُمِرَ بِهِ أَنْ يُحْفَرَ لَهُ وَ يُدْفَنَ.
Sunan ad-Dārimī 37. Telah menceritakan kepada kami [‘Ubaidullāh bin Sa‘īd], telah menceritakan kepada kami [Abū Usāmah], dari [Mujālid], dari [Abul-Waddāk], dari [Abū Sa‘īd] ia berkata: Dahulu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berkhutbah dengan bersandar pada sebatang batang kurma, lalu seorang dari Romawi mendatangi beliau dan berkata: Saya akan buatkan mimbar dan baginda dapat berkhutbah di atas, maka dia pun membuatkan mimbar sebagaimana yang kalian lihat ini. Perawi berkata: Maka tatkala Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam berdiri (di mimbar) berkkhutbah, batang kurma itu merintih bagaikan unta betina yang kehilangan anaknya. lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam turun mendekatinya serta memeluknya maka ia pun diam, lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membuat lubang dan menguburnya.
Derajat: Husain Salim Asad ad-Darani: Isnādnya Dha‘īf.
Dan Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak Ditemukan.
83.أَخْبَرَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، حَدَّثَنَا الصَّعْقُ، قَالَ: سَمِعْتُ الْحَسَنَ يَقُوْلُ: لَمَّا أَنْ قَدِمَ النَّبِيُّ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الْمَدِيْنَةَ جَعَلَ يُسْنِدُ ظَهْرَهُ إِلَى خَشَبَةٍ وَ يُحَدِّثُ النَّاسَ فَكَثُرُوْا حَوْلَهُ فَأَرَادَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ يُسْمِعَهُمْ فَقَالَ: ابْنُوْا لِيْ شَيْئًا أَرْتَفِعُ عَلَيْهِ قَالُوْا: كَيْفَ يَا نَبِيَّ اللهِ قَالَ: عَرِيْشٌ كَعَرِيْشِ مُوْسَى فَلَمَّا أَنْ بَنَوْا لَهُ قَالَ الْحَسَنُ: حَنَّتْ وَ اللهِ الْخَشَبَةُ قَالَ الْحَسَنُ: سُبْحَانَ اللهِ هَلْ تُبْتَغَى قُلُوْبُ قَوْمٍ سَمِعُوْا قَالَ أَبُوْ مُحَمَّد: يَعْنِيْ هذَا.
Sunan ad-Dārimī 38. Telah mengabarkan kepada kami [Muslim bin Ibrāhīm], telah menceritakan kepada kami [ash-Sha‘q] ia berkata: Saya mendengar [al-Ḥasan] berkata: Tatkala Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah beliau menyandarkan punggungnya pada sebatang pohon sambil memberikan wejangan kepada orang-orang. Lambat laun semakin banyaklah hadirin yang berada di sekeliling beliau. Hal ini menjadikan beliau berniat agar semua -tanpa terkecuali-mendengar ucapannya. Maka beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam sabdakan: “Tolong, buatkan untukku mimbar yang tinggi sebagaimana yang dimiliki Mūsā! ” Tatkala mereka membuatnya, Batang pohon itu demi Allah -kata al-Ḥasan- merintih. Al-Ḥasan berkata lagi: Maha Suci Allah subḥānahu wa ta‘ālā, apakah hati orang-orang yang mendengar itu masih bisa diharapkan (patuh)? Abū Muḥammad berkata: Maksudnya orang-orang yang mendengar (kisah) ini.
Derajat: Husain Salim Asad ad-Darani: Mursal, Dan Isnādnya Shaḥīḥ.
Dan Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak Ditemukan.
93.أَخْبَرَنَا الْحَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَمَّارِ بْنِ أَبِيْ عَمَّارٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ إِلَى جِذْعٍ قَبْلَ أَنْ يَتَّخِذَ الْمِنْبَرَ فَلَمَّا اتَّخَذَ الْمِنْبَرَ وَ تَحَوَّلَ إِلَيْهِ حَنَّ الْجِذْعُ فَاحْتَضَنَهُ فَسَكَنَ وَ قَالَ: لَوْ لَمْ أَحْتَضِنْهُ لَحَنَّ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ أَخْبَرَنَا الْحَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ بِمِثْلِهِ.
Sunan ad-Dārimī 39. Telah mengabarkan kepada kami [Ḥajjāj bin Minhāl], telah menceritakan kepada kami [Ḥammād bin Salamah], dari [‘Ammār bin Abī ‘Ammār], dari [Ibnu ‘Abbās]: Bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dulu pernah berkhutbah bersandar pada sebatang pohon sebelum beliau dibuatkan mimbar. Tatkala beliau dibuatkan mimbar dan beralih padanya, batang pohon itu merintih, hingga beliau memeluknya dan ia diam. Beliau tambahkan: “Kalau tidak aku peluk niscaya ia menangis sampai hari kiamat. ” Telah mengabarkan kepada kami [al-Ḥajjāj bin Minhāl], telah menceritakan kepada kami [Ḥammād], dari [Tsābit], dari [Anas bin Mālik] radhiyallāhu ‘anhu seperti hadits di atas.
Derajat: Husain Salim Asad ad-Darani: Isnādnya Shaḥīḥ.
Dan Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SIM: 1405.
04.أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يَزِيدَ، حَدَّثَنَا الْمَسْعُوْدِيُّ، عَنْ أَبِيْ حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ: حَنَّتْ الْخَشَبَةُ الَّتِيْ كَانَ يَقُوْمُ عِنْدَهَا فَقَامَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَيْهَا فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهَا فَسَكَنَتْ.
Sunan ad-Dārimī 40. Telah mengabarkan kepada kami [‘Abdullāh bin Yazīd], telah menceritakan kepada kami [al-Mas‘ūdī], dari [Abū Ḥāzim], dari [Sahl bin Sa‘īd] ia berkata: Batang pohon yang dulu beliau jadikan untuk bersandar saat berdiri merintih, lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berdiri mendekatinya dan meletakkan tangan beliau padanya, sehingga pohon itu pun diam.
Derajat: Husain Salim Asad ad-Darani: Isnādnya Dha‘īf.
Dan Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SD: 1519.
14.أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِيْ خَلَفٍ، حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ يُوْنُسَ، حَدَّثَنَا عِكْرِمَةُ بْنُ عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ أَبِيْ طَلْحَةَ، حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَقُوْمُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَيُسْنِدُ ظَهْرَهُ إِلَى جِذْعٍ مَنْصُوْبٍ فِي الْمَسْجِدِ فَيَخْطُبُ النَّاسَ فَجَاءَهُ رُوْمِيٌّ فَقَالَ: أَلَا أَصْنَعُ لَكَ شَيْئًا تَقْعُدُ عَلَيْهِ وَ كَأَنَّكَ قَائِمٌ فَصَنَعَ لَهُ مِنْبَرًا لَهُ دَرَجَتَانِ وَ يَقْعُدُ عَلَى الثَّالِثَةِ فَلَمَّا قَعَدَ نَبِيُّ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَلَى ذلِكَ الْمِنْبَرِ خَارَ الْجِذْعُ كَخُوَارِ الثَّوْرِ حَتَّى ارْتَجَّ الْمَسْجِدُ حُزْنًا عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَنَزَلَ إِلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنَ الْمِنْبَرِ فَالْتَزَمَهُ وَ هُوَ يَخُوْرُ فَلَمَّا الْتَزَمَهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ سَكَنَ ثُمَّ قَالَ: أَمَا وَ الَّذِيْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَوْ لَمْ أَلْتَزِمْهُ لَمَا زَالَ هكَذَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ حُزْنًا عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَأَمَرَ بِهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَدُفِنَ.
Sunan ad-Dārimī 41. Telah mengabarkan kepada kami [Muḥammad bin Aḥmad bin Abī Khalaf], telah menceritakan kepada kami [‘Umar bin Yūnus], telah menceritakan kepada kami [‘Ikrimah bin ‘Ammār], telah menceritakan kepada kami [Isḥāq bin Abū Thalḥah], telah menceritakan kepada kami [Anas bin Mālik]: Bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dahulu pada hari jum‘at berdiri (berkhutbah) dengan menyandarkan punggung beliau pada sebatang pohon yang tertancap di masjid, dan beliau berkhutbah (kepada) orang-orang. Lalu datanglah seorang dari Romawi, ia berkata: “Sudikah kiranya saya buatkan untuk baginda satu tempat yang baginda bisa duduk di atasnya dan terlihat baginda sedang berdiri?” Maka orang tersebut membuatkan untuk beliau sebuah mimbar dengan dua anak tangga, beliau duduk di atas tingkatan yang ke tiga. Ketika Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam duduk di atas mimbar itu, batang pohon (tadi) merintih seperti rintihan sapi jantan sehingga gempar seisi masjid, karena sedih ditinggalkan Rasūlullāh, kontan turunlah Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dari mimbar dan menghampirinya serta memeluknya sedang pohon itu masih merintih. Ketika beliau terus memeluknya ia pun diam. Kemudian beliau berkata: “Demi Dzat yang jiwa saya berada di tangan-Nya, sekiranya saya tidak memeluknya ia tetap akan terus seperti ini sampai hari kiamat, karena sedih ditinggal Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam.” Lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk dipendam, dan dilakukan.
Derajat: Husain Salim Asad ad-Darani: Isnādnya Shaḥīḥ.
Dan Syaikh al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak Dikatakan.