Sunan Daraquthni 16 s.d 20 – Hukum Air yang Terkena Najis – Berbagai Jalur Riwayat “2 Qullah” (16-20/41)

سُنَنُ الدَّارَقُطْنِيِّ
SUNAN AD-DĀRAQUTHNĪ
Oleh: Imam al-Hafizh ‘Ali bin ‘Umar ad-Daraquthni

Penerjemah: Amir Hamzah Fachrudin, Asep Saefullah, Hanif Yahya.
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Sunan Daraquthni Kitab 1 Bab 1 - Hukum Air yang Terkena Najis

16 – حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ كَامِلِ، نا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيْدِ بْنِ شَاهِيْنٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ سَعْدٍ، نا الْوَاقِدِيُّ، نا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ بِهذَا الْأَسْنَادِ نَحْوَهُ.

16. Aḥmad bin Kāmil menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Sa‘īd bin Syāhīn mengabarkan kepada kami, Muḥammad bin Sa‘d mengabarkan kepada kami, al-Wāqidī mengabarkan kepada kami, Sufyān ats-Tsaurī mengabarkan kepada kami, dari Muḥammad bin Isḥāq, dengan isnād ini, yang serupa dengannya. (211)

17 – حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَعْدَانَ، نا شُعَيْبُ بْنُ أَيُّوْبَ، نا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ نَحْوَهُ.

17. Aḥmad bin Muḥammad bin Sa‘dān menceritakan kepada kami, Syu‘aib bin Ayyūb mengabarkan kepada kami, Ḥusain bin ‘Alī mengabarkan kepada kami, dari ‘Alī, dari Zā’idah, dari Muḥammad bin Isḥāq, serupa itu. (222).

18 – حَدَّثَنَا أَبُوْ سَهْلٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ وَ عُمَرَ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ دِيْنَارٍ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُوْ إِسْمَاعِيْلِ التِّرْمِذِيُّ، نا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ السُّلَمِيُّ، نا ابْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ سُئِلَ عَنِ الْقَلِيْبِ يُلْقَى فِيْهِ الْجِيَفُ وَ يَشْرَبُ مِنْهُ الْكِلَابُ وَ الدَّوَابُّ. فَقَالَ: مَا بَلَغَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ فَمَا فَوْقَ ذلِكَ لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ.

18. Sahl bin Aḥmad bin Muḥammad bin Ziyād dan ‘Umar bin ‘Abd-ul-‘Azīz bin Dīnār menceritakan kepada kami, keduanya mengatakan: Abū Ismā‘īl at-Tirmidzī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Wahb as-Sulamī mengabarkan kepada kami, Ibnu ‘Ayyāsy mengabarkan kepada kami, dari Muḥammad bin Isḥāq, dari az-Zuhrī, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Abdillāh, dari Abū Hurairah, dari Nabi s.a.w., bahwa beliau ditanya tentang air sumur yang menampung kotoran dan tempat minumnya anjing serta binatang ternak, maka beliau bersabda: “Jika airnya mencapai dua qullah atau lebih, maka tidak dinajiskan oleh sesuatu pun.” (233).

كَذَا رَوَاهُ مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ عَيَّاشٍ بِهذَا الْإِسْنَادِ، وَ الْمَحْفُوْظُ عَنِ ابْنِ عَيَّاشٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ.

Demikian pula diriwayatkan oleh Muḥammad bin Wahb, dari Ismā‘īl bin ‘Ayyāsy dengan isnād ini, juga riwayat yang terpelihara dari Ibnu ‘Ayyāsy, dari Muḥammad bin Isḥāq, dari Muḥammad bin Ja‘far bin az-Zubair, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar, dari ayahnya.

19 – وَ رُوِيَ عَنْ عَبْدِ الْوَهَّابِ بْنِ عَطَاءٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، نا بِهِ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، نا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ خُزِيْمَةَ، نا عَلِيُّ بْنُ سَلَمَةَ اللَّبَقِيُّ، نا عَبْدُ الْوَهَّابِ بِذلِكَ. وَ رَوَاهُ عَاصِمُ بْنُ الْمُنْذِرِ بْنِ الزُّبَيْرِ بْنِ عَوَّامِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَكَانَ فِيْ هذِهِ الرِّوَايَةِ قُوَّةٌ لِرِوَايَةِ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ حَدَّثَ بِهِ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ الْمُنْذِرِ: حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ وَ خَالَفَهُ حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ فَرَوَاهُ عَنْ عَاصِمِ بْنِ الْمُنْذِرِ، عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ مَوْقُوْفًا غَيْرَ مَرْفُوْعٍ. وَ كَذلِكَ رَوَاهُ إِسْمَاعِيْلُ ابْنُ عُلَيَّةَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ الْمُنْذِرِ، عَنْ رَجُلٍ لَمْ يُسَمِّهِ، عَنِ بْنِ عُمَرَ مَوْقُوْفًا أَيْضًا.

19. Diriwayatkan dari ‘Abd-ul-Wahhāb bin ‘Athā’, dari Muḥammad bin Isḥāq, dari az-Zuhrī, dari Sālim, dari ayahnya, dari Nabi s.a.w.; Muḥammad bin ‘Abdillāh bin Ibrāhīm mengabarkannya kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Khuzaimah mengabarkan kepada kami, ‘Alī bin Salamah al-Labaqī mengabarkan kepada kami, ‘Abd-ul-Wahhāb mengabarkan itu kepada kami. ‘Āshim bin al-Mundzir bin az-Zubair bin al-‘Awwām menriwayatkannya dari ‘Ubaidullāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar, dari ayahnya, dari Nabi s.a.w. Maka riwayat ini kuat, karena periwayatan Muḥammad bin Isḥāq, dari Muḥammad bin Ja‘far bin az-Zubair, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar, dari ayahnya, disampaikan oleh ‘Āshim bin al-Mundzir Ḥammād bin Salamah. Berbeda dengan jalur periwayatan Ḥammād bin Zaid, mereka meriwayatkannya dari ‘Āshim bin al-Mundzir, dari Abū Bakar bin ‘Ubaidillāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar, dari ayahnya secara mauqūf dan tidak marfū‘. Demikian juga yang diriwayatkan oleh Ismā‘īl bin ‘Ulayyah, dari ‘Āshim bin al-Mundzir dari seorang laki-laki yang tidak disebutkan namanya, dari Ibnu ‘Umar, secara mauqūf juga.

20 – فَأَمَّا حَدِيْثُ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ الْمُنْذِرِ: فَحَدَّثَنِي الْحُسَيْنُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ، نا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الصَّبَّاحِ، نا يَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ، نا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ الْمُنْذِرِ بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ: دَخَلْتُ مَعَ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بُسْتَانًا فِيْهِ مِقْرَاةُ مَاءٍ فِيْهِ جِلْدُ بَعِيْرٍ مَيِّتٍ، فَتَوَضَّأَ مِنْهُ فَقُلْتُ لَهُ أَتَوَضَّأُ مِنْهُ وَ فِيْهِ جِلْدُ بَعِيْرٍ مَيِّتٍ. فَحَدَّثِنِيْ عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: إِذَا بَلَغَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ.

20. Adapun hadits Ḥammād bin Salamah, dari ‘Āshim bin al-Mundzir, al-Ḥusain bin Ismā‘īl menceritakan kepadaku, al-Ḥasan bin Muḥammad bin ash-Shabbāḥ menceritakan kepada kami, Yazīd bin Hārūn mengabarkan kepada kami, Ḥammād bin Salamah mengabarkan kepada kami, dari ‘Āshim bin al-Mundzir bin az-Zubair, ia menuturkan: “Aku bersama ‘Ubaidullāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar masuk ke sebuah kebun yang terdapat tong air, (244) dan di dalam tempat air itu terdapat kulit bangkai unta, lalu ia berwudhu’ darinya, maka aku katakan kepadanya: “Apakah aku boleh berwudhu’ darinya dan di dalamnya terdapat kulit unta yang telah mati?” Maka ia pun menceritakan kepadaku dari ayahnya, dari Nabi s.a.w., beliau bersabda: “Jika airnya mencapai dua atau tiga qullah, maka tidak dinajiskan oleh sesuatu pun.” (255).

Catatan:

  1. (21). Lihat keterangan yang lalu. Isnād-nya lemah karena kelemahan Muhammad bin ‘Umar al-Waqidi, ia matrūk (riwayatnya tidak dipakai) walaupun ilmunya cukup luas. At-Taqrīb (2/195).
  2. (22). Lihat keterangan yang lalu. Isnād-nya hasan juga. Syu‘aib bin Ayyub shadūq (jujur) namun kadang melakukan tadlīs (penipuan ringan).
  3. (23). Lihat keterangan yang lalu.
  4. (24). Yakni tempat penampungan air hujan atau lainnya, berupa tong ataupun lainnya.
  5. (25). H.R. ath-Thabari di dalam Tahdzīb al-Atsar (2/733) dari jalur Mujahid in Musa: Yazid bin Harun menyampaikannya kepada kami. Dikeluarkan juga pada (2/732) dari jalur Waki‘ dari Hammad bin Salamah, di dalamnya disebutkan redaksi: “atau tiga”. Diriwayatkan juga pada (2/734) dari jalur Zaid bin al-Hubab dan Hammad, dan seorang laki-laki dari Salim, ia mengatakan: Ayahku menyampaikan hadits kepadaku, bahwa ia mendengar Nabi s.a.w. bersabda: lalu dikemukakan, di antaranya disebutkan redaksi “atau tiga”.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *