Sunan Daraquthni 3 – Hukum Air yang Terkena Najis (3/41)

سُنَنُ الدَّارَقُطْنِيِّ
SUNAN AD-DĀRAQUTHNĪ
Oleh: Imam al-Hafizh ‘Ali bin ‘Umar ad-Daraquthni

Penerjemah: Amir Hamzah Fachrudin, Asep Saefullah, Hanif Yahya.
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Sunan Daraquthni Kitab 1 Bab 1 - Hukum Air yang Terkena Najis

1 – 3 – وَ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُبَشِّرٍ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ زَكَرِيَّا بْنِ سُفْيَانَ الْوَاسِطِيُّ، نا أَبُوْ أُسَامَةَ، حدثنا الْوَلِيْدُ بْنُ كَثِيْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ، قَالَ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنِ الْمَاءِ وَ مَا يَنُوْبُهُ مِنَ السِّبَاعِ وَ الدَّوَابِّ. فَقَالَ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلِ الْخَبَثَ.

1-3. ‘Alī bn ‘Abdullāh bin Mubasysyir menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Zakariyyā bin Sufyān al-Wāsithī menceritakan kepada kami, Abū Usāmah mengabarkan kepada kami, al-Walīd bin Katsīr menceritakan kepada kami, dari Muḥammad bin ‘Abbād bin Ja‘far, dari ‘Abdullāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar, dari ayahnya, ia mengatakan: “Rasūlullāh s.a.w. ditanya tentang air yang disinggahi oleh binatang buas dan binatang ternak, beliau pun bersabda: “Jika airnya mencapai dua qullah, maka air itu tidak mengandung kotoran.” (51).

 

وَ كَذلِكَ رَوَاهُ عَبْدُ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ الْحُمَيْدِيُّ (الْقُدْرَةُ)، عَنْ أَبِيْ أُسَامَةَ، عَنِ الْوَلِيْدِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرِ. وَ تَابَعَهُ الشَّافِعِيُّ عَنِ الثِّقَةِ عِنْدَهُ، عَنِ الْوَلِيْدِ بْنِ كَثِيْرٍ. وَ تَابَعَهُمْ مُحَمَّدُ بْنُ حَسَّانَ الْأَزْرَقُ، وَ يَعِيْشُ بْنُ الْجَهْمِ، وَ ابْنُ كَرَامَةِ، وَ أَبُوْ مَسْعُوْدٍ أَحْمَدُ بْنُ الْفُرَاتِ، وَ مُحَمَّدُ بْنُ الْفُضَيْلِ الْبَلْخِيُّ، فَرَوَوْهُ عَنْ أَبِيْ أُسَامَةَ، عَنِ الْوَلِيْدِ بْنِ كَثِيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ. حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، نا بِشْرُ بْنُ مُوْسَى ح وَ نا دَعْلَجُ بْنُ أَحْمَدَ نا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ صَالِحٍ الشِّيْرَازِيُّ، قَالَا: نا الْحُكَمَيْدِيُّ (القدرة) نا أَبُوْ أُسَامَةَ، نا الْوَلِيْدُ بْنُ كَثِيْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِهذَا نَحْوَهُ

Demikian juga yang diriwayatkan oleh ‘Abdullāh bin az-Zubair al-Ḥumaidī, dari Abū Usāmah, dari al-Walīd, dari Muḥammad bin ‘Abbād bin Ja‘far. Di-mutāba‘ah (dikuatkan) oleh riwayat asy-Syāfi‘ī dari seorang yang tsiqah dalam pandangannya, dari al-Walīd bin Katsīr. Dikuatkan juga oleh riwayat Muḥammad bin Ḥassān al-Azraq, Ya‘īsy bin al-Jahm, Ibnu Karāmah, Abū Mas‘ūd Aḥmad bin al-Furāt (62), dan Muḥammad bin al-Fudhail al-Balkhī, mereka semua meriwayatkannya dari Abū Usāmah, dari al-Walīd bin Katsīr, dari Muḥammad bin ‘Abbād bin Ja‘far. Muḥammad bin ‘Abdullāh bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mūsā mengabarkan kepada kami {h} Da‘laj bin Aḥmad mengabarkan kepada kami, Ibrāhīm bin Shāliḥ as-Syīrāzī mengabarkan kepada kami, keduanya mengatakan: Al-Ḥumaidī mengabarkan kepada kami, Abū Usāmah mengabarkan kepada kami, al-Walīd bin Katsīr mengabarkan kepada kami, dari Muḥammad bin ‘Abbād bin Ja‘far, dari ‘Abdullāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar, dari ayahnya, dari Nabi s.a.w., riwayat yang menyerupainya.

Catatan:

  1. (5). Shaḥīḥ. H.R. ath-Thabari di dalam Tahdzīb al-Atsar (2/731).
  2. (6). Pada naskah lainnya disebutkan: Ahmad bin Abul-Furat.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *