Sunan Daraquthni 26 s.d 30 – Hukum Air yang Terkena Najis – Berbagai Jalur Riwayat “2 Qullah” (Yang Setara Volume) Guci Khawabi atau Guci Hajar (26-30/41)

سُنَنُ الدَّارَقُطْنِيِّ
SUNAN AD-DĀRAQUTHNĪ
Oleh: Imam al-Hafizh ‘Ali bin ‘Umar ad-Daraquthni

Penerjemah: Amir Hamzah Fachrudin, Asep Saefullah, Hanif Yahya.
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Sunan Daraquthni Kitab 1 Bab 1 - Hukum Air yang Terkena Najis

1 – 62 – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ الْفَارِسِيُّ، نا عَبْدُ اللهِ بْنِ الْحُسَيْنِ بْنِ جَابِرٍ، نا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيْرِ الْمِصِّيْصِيُّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ بْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ فَلَا يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ.

1-26. Muḥammad bin Ismā‘īl al-Fārisī menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin al-Ḥusain bin Jābir mengabarkan kepada kami, Muḥammad bin Katsīr al-Mishshīshī mengabarkan kepada kami, dari Zā’idah, dari Laits, dari Mujāhid, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi s.a.w., beliau bersabda:Jika airnya mencapai dua qullah, maka tidak dinajiskan oleh sesuatu pun. (271).

رَفَعَهُ هذَا الشَّيْخُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَثِيْرٍ عَنْ زَائِدَةَ. وَ رَوَاهُ مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ زَائِدَةَ مَوْقُوْفًا، وَ هُوَ الصَّوَابُ.

Riwayat ini di-marfū‘-kan (disandarkan kepada Nabi s.a.w.) oleh Syaikh (guru kami) dari Muḥammad bin Katsīr dari Zā’idah. Dan diriwayatkan pula oleh Mu‘āwiyah bin ‘Amr, dari Zā’idah secara mauqūf, dan ini yang benar.

1 – 72 – حَدَّثَنَا بِهِ الْقَاضِي الْحُسَيْنُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ، نا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّائِغُ، نا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو، نا زَائِدَةُ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ بْنِ عُمَرَ مِثْلَهُ مَوْقُوْفًا.

1-27. Al-Qādhī al-Ḥusain bin Ismā‘īl menceritakan kepada kami, Ja‘far bin Muḥammad ash-Shā’igh mengabarkan kepada kami, Mu‘āwiyah bin ‘Amr mengabarkan kepada kami, Zā’idah mengabarkan kepada kami dari Laits, dari Mujāhid, dari Ibnu ‘Umar, seperti itu secara mauqūf.

1 – 82 – حَدَّثَنَا دَعْلَجُ بْنُ أَحْمَدَ، نا عَبْدُ اللهِ بْنُ شِيْرَوَيْهِ، نا إِسْحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْهِ، نا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ أَبِيْ رِزْمَةَ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ الْمُنْذِرِ قَالَ: الْقِلَالُ الْخَوَابِي الْعِظَامُ.

1-28. Da‘laj bin Aḥmad menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Syīrawaih mengabarkan kepada kami, Isḥāq bin Rāhawaih mengabarkan kepada kami, ‘Abd-ul-‘Azīz bin Abī Rizmah menceritakan kepada kami dari Ḥammād bin Zaid, dari ‘Āshim bin al-Mundzir, ia mengatakan: “Guci Khawābī yang besar.”

1 – 92 – حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ النَّيْسَابُوْرِيُّ، نا أَبُوْ حُمَيْدِ الْمِصِّيْصِيُّ، ثنا حَجَّاجٌ، نا ابْنُ جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، أَنْ يَحْيَى بْنَ عُقَيْلٍ أَخْبَرَهُ، أَنَّ يَحْيَى بْنَ يَعْمُرَ أَخْبَرَهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلْ نَجَسًا وَ لَا بَأْسًا فَقُلْتُ لِيَحْيَى بْنِ عُقَيْلِ: قِلَالُ هَجَرَ؟ قَالَ: قِلَالُ هَجَرَ. فَأَظُنُّ أَنَّ كُلَّ قُلَّةٍ تَأْخُذُ فَرَقَيْنِ. قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ: وَ أَخْبَرَنِيْ لُوْطٌ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنْ مُجَاهِدٍ، أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ فَصَاعِدًا لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ.

1-29. Abū Bakar an-Naisābūrī menceritakan kepada kami, Abū Ḥumaid al-Mishshīshī mengabarkan kepada kami, Ḥajjāj menceritakan kepada kami, Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami, Muḥammad bin Yaḥyā mengabariku, Yaḥyā bin ‘Uqail mengabarinya bahwa Yaḥyā bin Ya‘mur telah mengabarinya, bahwa Nabi s.a.w. pernah bersabda: Jika airnya sebanyak dua qullah, maka tidak mengandung najis dan tidak pula kotoran.” Lalu aku katakan kepada Yaḥyā bin ‘Uqail: “Guci Ḥajar?” Ia menjawab: “Guci Ḥajar.” Sehingga aku menduga setiap qullah itu adalah dua faraq. (282) Ibnu Juraij mengatakan: Lūth mengabarikan dari Abū Isḥāq, dari Mujāhid, bahwa Ibnu ‘Abbās pernah mengatakan: “Jika air itu sebanyak dua qullah atau lebih, maka tidak dinajiskan oleh sesuatu pun.” (293).

1 – 03 – حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ النَّيْسَابُوْرِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أنا مَعْمَرٌ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: لَمَّا رُفِعْتُ إِلَى سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى فِي السَّمَاءِ السَّابِعَةِ، نَبِقُهَا مِثْلُ قِلَالِ هَجَرَ، وَ وَرَقُهَا مِثْلُ آذَانِ الْفِيْلَةِ، يَخْرُجُ مِنْ سَاقِهَا نَهْرَانِ ظَاهِرَانِ وَ نَهْرَانِ بَاطِنَانِ. قُلْتُ: يَا جِبْرِيْلُ مَا هذَا؟ قَالَ: أَمَّا الْبَاطِنَانِ فَفِي الْجَنَّةِ، وَ أَمَّا الظَّاهِرَانِ فَالنِّيْلُ وَ الْفُرَاتُ.

1-30. Abū Bakar an-Naisābūrī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, ‘Abd-ur-Razzāq mengabarkan kepada kami, Ma‘mar mengabarkan kepada kami dari Qatādah, dari Anas, bahwa Nabi s.a.w. bersabda: Ketika aku diangkat ke Sidrat-ul-Muntaha di langit ketujuh, pangkalnya seperti guci Hajar, dedaunannya seperti telinga-telinga gajah, dari betisnya keluar dua sungai yang lahir dan dua sungai yang batin. Lalu aku bertanya: “Wahai Jibril, apa ini?” Jibril menjawab: “Dua yang batin itu berada di surga, sedangkan dua yang lahir itu adalah Nil dan Efrat (Furat). (304).

Catatan:

  1. (27). H.R. al-Baihaqi (1/262).
  2. (28). Mursal ḥasan.
  3. (29). Isnād-nya sangat lemah. H.R. ath-Thabari di dalam Tahdzīb al-Atsar (2/728). Luth adalah Ibnu Yahya, ia matrūk (riwayatnya ditinggalkan). Diriwayatkan juga dari Ibnu Ishaq, dari Muhammad, dari Ibnu ‘Abbas secara mauqūf. Ath-Thabari mengeluarkannya juga dari Mujahid, dari Ibnu ‘Umar secara mauqūf dengan sanad yang di dalamnya terdapat seorang laki-laki yang tidak disebutkan namanya. Khabar Mujahid dikeluarkan juga oleh Ibnu Abi Syaibah di dalam Mushannaf-nya (1/144).
  4. (30). H.R. al-Bukhari dalam kitab Permulaan Penciptaan; Muslim kitab Keimanan, hadits (259); al-Baihaqi (1/265).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *