Hati Senang

Sunan Daraquthni 21 s.d 25 – Hukum Air yang Terkena Najis – Berbagai Jalur Riwayat “2 Qullah” (21-25/41)

سُنَنُ الدَّارَقُطْنِيِّ
SUNAN AD-DĀRAQUTHNĪ
Oleh: Imam al-Hafizh ‘Ali bin ‘Umar ad-Daraquthni


Penerjemah: Amir Hamzah Fachrudin, Asep Saefullah, Hanif Yahya.
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

1 – 12 – حَدَّثَنَا أَبُوْ صَالِحِ الْأَصْبَهَانِيُّ، نا أَبُوْ مَسْعُوْدٍ، نا يَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ، نا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ بِهذَا وَ لَمْ يَقُلْ أَوْ ثَلَاثًا. وَ كَذلِكَ رَوَاهُ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ الْحَجَّاجِ وَ هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ وَ كَامِلُ بْنُ طَلْحَةَ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ بِهذَا الْإِسْنَادِ، قَالُوْا فِيْهِ: إِذَا بَلَغَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا. نا بِهِ دَعْلَجُ بْنُ أَحْمَدَ، نا الْحُسَيْنُ بْنُ سُفْيَانَ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ الْحَجَّاجِ وَ هُدْبَةَ بْنِ خَالِدٍ ح وَ نا بِهِ الْقَاضِيْ أَبُوْ طَاهِرٍ وَ نَصْرٍ وَ دَعْلَجُ بْنُ أَحْمَدَ قَالَا: حَدَّثَنَا مُوْسَى بْنُ هَارُوْنَ، نا كَامِلُ بْنُ طَلْحَةَ قَالُوْا: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ بِذلِكَ. وَ رَوَاهُ عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ وَ يَعْقُوْبُ بْنُ إِسْحَاقَ الْحَضْرَمِيُّ وَ بِشْرُ بْنُ السَّرِيِّ وَ الْعَلَاءُ بْنُ عَبْدِ الْجَبَّارِ الْمَكِّيُّ وَ مُوْسَى بْنُ إِسْمَاعِيْلَ وَ عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْعَيْشِيُّ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ بِهذَا الْإِسْنَادِ، وَ قَالُوْا فِيْهِ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَنْجُسْ وَ لَمْ يَقُوْلُوْا: أَوْ ثَلَاثًا.

1-21. Abū Shāliḥ al-Ashbahānī menceritakan kepada kami, Abū Mas‘ūd mengabarkan kepada kami, Yazīd bin Hārūn memberitahukan kepada kami, Ḥammād bin Salamah memberitahukan kepada kami dengan (isnād) ini, namun ia tidak menyebutkan “atau tiga”. Demikian juga diriwayatkan oleh Ibrāhīm al-Ḥajjāj, Hudbah bin Khālid dan Kāmil bin Thalḥah dari Salamah dengan isnād ini, mereka mengatakan dalam riwayatnya: “Apabila airnya mencapai dua atau tiga qullah.” Da‘laj bin Aḥmad menceritakannya kepada kami, al-Ḥusain bin Sufyān menceritakan kepada kami, dari Sufyān, dari Ibrāhīm al-Ḥajjāj dan Hudbah bin Khālid {h} al-Qādhī Abū Thāhir bin Nashr dan Da‘laj bin Aḥmad mengabarkannya kepada kami, keduanya mengatakan: Mūsā bin Hārūn mengabarkan kepada kami, Kāmil bin Thalḥah mengabarkan kepada kami, mereka mengatakan: Ḥammād bin Salamah menyampaikan itu kepada kami. Ini diriwayatkan juga oleh ‘Affān bin Muslim, Ya‘qūb bin Isḥāq al-Ḥadhramī, Bisyr bin as-Sarī, al-‘Alā’ bin ‘Abd-ul-Jabbār al-Makkī, Mūsā bin Ismā‘īl dan ‘Ubaidullāh bin Muḥammad al-‘Asyiy dari Ḥammād bin Salamah dengan isnād ini, mereka mengatakan di dalam riwayatnya: “Apabila airnya mencapai dua qullah maka tidak menjadi najis.” Mereka tidak mengatakan: “atau tiga (qullah).” (261).

1 – 22 – حَدَّثَنَا الْقَاضِي الْحُسَيْنُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ، نا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ الزَّعْفَرَانِيُّ، نا عَفَّانُ، نا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، نا عَاصِمُ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَ: كُنَّا فِيْ بُسْتَانٍ لَنَا – أَوْ لِعُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ – فَحَضَرَتِ الصَّلَاةُ، فَقَامَ عُبَيْدُ اللهِ إِلَى مَقْرًى فِي الْبُسْتَانِ فَجَعَلَ يَتَوَضَّأُ مِنْهُ، وَ فِيْهِ جِلْدُ بَعِيْرٍ مَيِّتٍ، فَقُلْتُ: أَتَوَضَّأُ مِنْهُ وَ فِيْهِ هذَا الْجِلْدُ؟ فَقَالَ: حَدَّثَنِيْ أَبِيْ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَنْجُسْ.

1-22. Al-Qādhī al-Ḥusain bin Ismā‘īl menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin Muḥammad az-Za‘farānī mengabarkan kepada kami, ‘Affān mengabarkan kepada kami, Ḥammād bin Salamah mengabarkan kepada kami, ‘Āshim bin al-Mundzir mengabarkan kepada kami, ia mengatakan: Ketika kami sedang di kebun kami – atau kebun milik ‘Ubaidullāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar-, tibalah waktu shalat, maka ‘Ubaidullāh pun berdiri menuju salah satu penampang air di kebun, lalu ia mengambil wudhu’ darinya, sementara di dalamnya terdapat kulit unta yang sudah mati, lalu aku katakan kepadanya: “Apakah aku boleh berwudhu’ darinya padahal di dalamnya terdapat kulit ini?” Ia pun berkata: “Ayahku telah menceritakan kepadaku dari Rasūlullāh s.a.w., (bahwa) beliau bersabda: “Jika airnya mencapai dua qullah, maka tidak menjadi najis.”

1 – 32 – حَدَّثَنَا الْقَاضِي الْحُسَيْنُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ، نا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ الزَّعْفَرَانِيُّ، نا يَعْقُوْبُ بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ ح وَ نا أَبُوْ بَكْرٍ الشَّافِعِيُّ، نا بِشْرُ بْنُ مُوْسَى ح نا دَعْلَجُ بْنُ أَحْمَدَ، نا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ صَالِحِ الشِّيْرَازِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ قَالَ: نا بِشْرُ بْنُ السَّرَيِّ وَ الْعَلَاءُ بْنُ عَبْدِ الْجَبَّارِ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ الْمُنْذِرِ بِهذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَ قَوْلِ عَفَّانَ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَنْجُسْ

1-23. Al-Qādhī al-Ḥusain bin Ismā‘īl menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin Muḥammad az-Za‘farānī mengabarkan kepada kami, Ya‘qūb bin Isḥāq mengabarkan kepada kami, Ḥammād bin Salamah mengabarkan kepada kami {h} Abū Bakar asy-Syāfi‘ī mengabari kami, Bisyr bin Mūsā mengabarkan kepada kami {h} Da‘laj bin Aḥmad mengabarkan kepada kami, Ibrāhīm bin Shāliḥ asy-Syīrāzī mengabarkan kepada kami, keduanya mengatakan: Al-Ḥumaidī menceritakan kepada kami, ia mengatakan: Bisyr bin as-Sarī dan al-‘Alā’ bin ‘Abd-ul-Jabbār menceritakan kepada kami dari Ḥammād bin Salamah, dari ‘Āshim bin al-Mundzir dengan isnād ini seperti ucapan ‘Affān: “Jika airnya mencapai dua qullah, maka tidak menjadi najis.

1 – 42 – حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، نا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ إِسْحَاقَ الْحَرْبِيُّ، نا مُوْسَى وَ ابْنُ عَائِشَةَ قَالَا: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، نا عَاصِمُ بْنُ الْمُنْذِرِ بِهذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ سَوَاءً: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ فَإِنَّهُ لَا يَنْجُسُ.

1-24. Aḥmad bin Muḥammad bin Ziyād menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Isḥāq al-Harbī mengabarkan kepada kami, Mūsā dan Ibnu ‘Ā’isyah mengabarkan kepada kami, keduanya mengatakan: Ḥammād bin Salamah menceritakan kepada kami, ‘Āshim bin al-Mundzir mengabarkan kepada kami, dengan isnād ini seperti itu: “Jika airnya mencapai dua qullah, maka tidak menjadi najis.”

1 – 52 – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ الْفَارِسِيُّ، نا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ عَبَّادٍ قَالَ: قَرَأْنَا عَلَى عَبْدِ الرَّزَّاقِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ، عَنْ أَبِيْ بَكْرَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ.

1-25. Muḥammad bin Ismā‘īl al-Fārisī menceritakan kepada kami, Isḥāq bin Ibrāhīm bin ‘Abbād mengabarkan kepada kami, ia mengatakan: Kami membacakan kepada ‘Abd-ur-Razzāq, dari Ibrāhīm bin Muḥammad, dari Abū Bakar bin ‘Umar bin ‘Abd-ur-Raḥmān, dari Abū Bakar bin ‘Ubaidillāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar, dari ayahnya, ia berkata: “Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Jika airnya mencapai dua qullah, maka tidak dinajiskan (tidak menjadi najis) oleh sesuatu pun.

Catatan:

  1. (26). H.R. al-Baihaqi (1/262).
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.