Hati Senang

Sunan Daraquthni 2 – Hukum Air yang Terkena Najis (2/41)

سُنَنُ الدَّارَقُطْنِيِّ
SUNAN AD-DĀRAQUTHNĪ
Oleh: Imam al-Hafizh ‘Ali bin ‘Umar ad-Daraquthni


Penerjemah: Amir Hamzah Fachrudin, Asep Saefullah, Hanif Yahya.
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

وَ قَالَ بْنُ أَبِي السَّفَرِ لَمْ يَحْمِلِ الْخَبَثَ. وَ قَالَ بْنُ عُبَادَةَ مِثْلَهُ

Ibnu Abis-Safar mengatakan: “Tidak mengandung kotoran.” Ibnu ‘Ubādah juga mengatakan seperti itu.

1 – 2 – حَدَّثَنَا دَعْلَجُ بْنُ أَحْمَدَ، ثنا مُوْسَى بْنُ هَارُوْنَ، ثنا أَبِيْ، ثنا أَبُوْ أُسَامَةَ (ح) وَ ثنا دَعْلَجُ، ثنا عَبْدُ اللهِ بْنُ شِيْرَوَيْهِ، ثنا إِسْحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْهِ، أَنْبَأَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ (ح) وَ ثنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، ثنا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ إِسْحَاقَ الْحَرْبِيُّ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْوَكِيْعِيُّ، ثنا أَبُوْ أُسَامَةَ (ح) وَ ثنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْوَاسِطِيُّ، ثنا مُوْسَى بْنُ إِسْحَاقَ الْأَنْصَارِيُّ، ثنا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ، ثنا أَبُوْ أُسَامَةَ (ح) وَ ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ زَكَرِيَّا بِمِصْرَ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ شُعَيْبٍ، ثنا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ وَ الْحُسَيْنُ بْنُ حُرِيْثٍ، عَنْ أَبِيْ أُسَامَةَ (ح) وَ ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدِ بْنِ حَفْصٍ، ثنا أَبُوْ دَاوُدَ السَّجِسْتَانِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَ عُثْمَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ غَيْرُهُمَا قَالُوْا: ثنا أَبُوْ أُسَامَةَ، ثنا الْوَلِيْدُ بْنُ كَثِيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ، قَالَ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنِ الْمَاءِ وَ مَا يَنُوْبُهُ مِنَ الدَّوَابِّ وَ السِّبَاعِ. قَالَ: إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلِ الْخَبَثَ.

1-2. Da‘laj bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Mūsā bin Hārūn menceritakan kepada kami, Ayahku menceritakan kepada kami, Abū Usāmah menceritakan kepada kami {h} Da‘laj menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Syīrawaih menceritakan kepada kami, Isḥāq bin Rāhawaih menceritakan kepada kami, Abū Usāmah memberitahu kami {h} Aḥmad bin Muḥammad bin Ziyād menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Isḥāq al-Ḥarbī menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Ja‘far al-Wakī‘ī menceritakan kepada kami, Abū Usāmah menceritakan kepada kami {h} Ja‘far bin Muḥammad al-Wāsithī menceritakan kepada kami, Mūsā bin Isḥāq al-Anshārī menceritakan kepada kami, Abū Bakar bin Abū Syaibah menceritakan kepada kami, Abu Usamah menceritakan kepada kami {h} Muḥammad bin ‘Abdullāh bin Zakariyyā di Mesir menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Syu‘aib menceritakan kepada kami, Hannād bin as-Sārī dan al-Ḥusain bin Ḥurīts menceritakan kepada kami, dari Abū Usāmah {h} Muḥammad bin Makhlad bin Ḥafsh menceritakan kepada kami, Abū Dāūd as-Sajistānī (21) menceritakan kepada kami, Muḥammd bin al-‘Alā’ dan ‘Utsmān bin Abī Syaibah serta yang lainnya menceritakan kepada kami, mereka mengatakan: Abū Usāmah menceritakan kepada kami, Al-Walīd bin Katsīr menceritakan kepada kami, dari Muḥammad bin Ja‘far bin az-Zubair, dari ‘Abdullāh bin ‘Abdillāh bin ‘Umar, dari ayahnya, ia berkata: “Rasūlullāh s.a.w. pernah ditanya tentang air yang disinggahi (32) oleh binatang ternak dan binatang buas, kemudian beliau pun bersabda: “Jika airnya mencapai dua qullah, maka air itu tidak mengandung kotoran.” (43).

Catatan:


  1. (2). Yaitu al-Hafizh Abu Daud, pengarang kitab Sunan (Sunan Abī Dāūd). 
  2. (3). Yakni dituju dan disinggahi. Ibnu Sayyid-in-Naas mengatakan: “Yakni biasa dilalui oleh para binatang buas.” 
  3. (4). Shaḥīḥ. H.R. Abu Daud (63); ath-Thabari di dalam Tahdzīb al-Atsar (2/732). Pengertian “tidak mengandung kotoran” adalah tidak menjadi najis karena kejatuhan najis. 
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.