Sunan Abu Daud no.81 s.d 83 – Bolehkah Shalat Dengan Menahan Buang Hajat?

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

سنن أبي داوود ١٨: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُوْنُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْأَرْقَمِ أَنَّهُ خَرَجَ حَاجًّا أَوْ مُعْتَمِرًا وَ مَعَهُ النَّاسُ وَ هُوَ يَؤُمُّهُمْ فَلَمَّا كَانَ ذَاتَ يَوْمٍ أَقَامَ الصَّلَاةَ صَلَاةَ الصُّبْحِ ثُمَّ قَالَ: لِيَتَقَدَّمْ أَحَدُكُمْ وَ ذَهَبَ إِلَى الْخَلَاءِ فَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: إِذَا أَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يَذْهَبَ الْخَلَاءَ وَ قَامَتْ الصَّلَاةُ فَلْيَبْدَأْ بِالْخَلَاءِ. قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: رَوَى وُهَيْبُ بْنُ خَالِدٍ وَ شُعَيْبُ بْنُ إِسْحَاقَ وَ أَبُوْ ضَمْرَةَ هذَا الْحَدِيْثَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ رَجُلٍ حَدَّثَهُ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَرْقَمَ وَ الْأَكْثَرُ الَّذِيْنَ رَوَوْهُ عَنْ هِشَامٍ قَالُوْا كَمَا قَالَ زُهَيْرٌ.

Sunan Abū Dāūd 81: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Yūnus, telah menceritakan kepada kami Zuhair, telah menceritakan kepada kami Hisyām bin ‘Urwah dari ayahnya, dari ‘Abdullāh bin al-Arqam, bahwasanya dia keluar untuk menunaikan haji atau umrah bersama sekelompok orang dan dia mengimami shalat mereka. Tatkala suatu hari dia mendirikan Shalat Shubuh, dia berkata: “Majulah salah seorang dari kalian, ” lalu dia pergi ke WC, (dia berkata): Sesungguhnya saya telah mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian ingin pergi ke WC sedangkan shalat telah didirikan, hendaklah dia memulai dengan pergi ke WC terlebih dahulu.” Abū Dāūd berkata: Wuhaib bin Khālid dan Syu‘aib bin Isḥāq dan Abū Dhamrah meriwayatkan hadits ini dari Hisyām bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari seorang laki-laki yang telah menceritakan kepadanya, dari ‘Abdullāh bin Arqam, dan mayoritas perawi yang meriwayatkan hadits ini dari Hisyām mengatakan: Sebagaimana yang dikatakan oleh Zuhair.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: ST: 132; SIM: 608; MA: 15393, 15805; MM: 342.

سنن أبي داوود ٢٨: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَنْبَلٍ وَ مُسَدَّدٌ وَ مُحَمَّدُ بْنُ عِيْسَى الْمَعْنَى قَالُوْا حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ أَبِيْ حَزْرَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ ابْنُ عِيْسَى فِيْ حَدِيْثِهِ ابْنُ أَبِيْ بَكْرٍ ثُمَّ اتَّفَقُوْا أَخُو الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ قَالَ: كُنَّا عِنْدَ عَائِشَةَ فَجِيْءَ بِطَعَامِهَا فَقَامَ الْقَاسِمُ يُصَلِّي فَقَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: لَا يُصَلَّى بِحَضْرَةِ الطَّعَامِ وَ لَا وَ هُوَ يُدَافِعُهُ الْأَخْبَثَانِ.

Sunan Abū Dāūd 82: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Muḥammad bin Ḥanbal dan Musaddad dan Muḥammad bin ‘Īsā dengan makna yang sama, mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sa‘īd, dari Abū Ḥajrah, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Muḥammad, Ibnu ‘Īsā berkata: Di dalam haditsnya terdapat Ibnu Abī Bakr, mereka (ketiganya) bersepakat seraya mengatakan bahwa dia (‘Abdullāh bin Muḥammad) adalah saudara al-Qāsim bin Muḥammad. Dia berkata: Kami pernah bersama ‘Ā’isyah, lalu didatangkanlah makanannya, kemudian al-Qāsim bangkit untuk shalat, maka ‘Ā’isyah berkata: Saya pernah mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah seseorang shalat ketika makanan telah dihidangkan dan jangan pula ketika menahan buang air besar dan kencing.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SM: 869; MA: 23037, 23135, 23310.

سنن أبي داوود ٣٨: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيْسَى حَدَّثَنَا ابْنُ عَيَّاشٍ عَنْ حَبِيْبِ بْنِ صَالِحٍ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ شُرَيْحٍ الْحَضْرَمِيِّ عَنْ أَبِيْ حَيٍّ الْمُؤَذِّنِ عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: ثَلَاثٌ لَا يَحِلُّ لِأَحَدٍ أَنْ يَفْعَلَهُنَّ لَا يَؤُمُّ رَجُلٌ قَوْمًا فَيَخُصُّ نَفْسَهُ بِالدُّعَاءِ دُوْنَهُمْ فَإِنْ فَعَلَ فَقَدْ خَانَهُمْ وَ لَا يَنْظُرُ فِيْ قَعْرِ بَيْتٍ قَبْلَ أَنْ يَسْتَأْذِنَ فَإِنْ فَعَلَ فَقَدْ دَخَلَ وَ لَا يُصَلِّي وَ هُوَ حَقِنٌ حَتَّى يَتَخَفَّفَ. حَدَّثَنَا مَحْمُوْدُ بْنُ خَالِدٍ السُّلَمِيُّ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا ثَوْرٌ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ شُرَيْحٍ الْحَضْرَمِيِّ عَنْ أَبِيْ حَيٍّ الْمُؤَذِّنِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: لَا يَحِلُّ لِرَجُلٍ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَ الْيَوْمِ الْآخِرِ أَنْ يُصَلِّيَ وَ هُوَ حَقِنٌ حَتَّى يَتَخَفَّفَ ثُمَّ سَاقَ نَحْوَهُ عَلَى هذَا اللَّفْظِ قَالَ: وَ لَا يَحِلُّ لِرَجُلٍ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَ الْيَوْمِ الْآخِرِ أَنْ يَؤُمَّ قَوْمًا إِلَّا بِإِذْنِهِمْ وَ لَا يَخْتَصُّ نَفْسَهُ بِدَعْوَةٍ دُوْنَهُمْ فَإِنْ فَعَلَ فَقَدْ خَانَهُمْ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: هذَا مِنْ سُنَنِ أَهْلِ الشَّامِ لَمْ يُشْرِكْهُمْ فِيْهَا أَحَدٌ.

Sunan Abū Dāūd 83: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ‘Īsā, telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Ayyāsy, dari Ḥabīb bin Shāliḥ, dari Yazīd bin Syuraiḥ al-Ḥadhrami, dari Abū Ḥayy al-Mu’adzdzin, dari Tsaubān dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada tiga hal yang tidak boleh seorang pun melakukannya; tidak boleh seorang laki-laki mengimami suatu kaum, kemudian mengkhususkan dirinya dalam berdoa tanpa menyertakan mereka, apabila dia melakukannya berarti dia telah mengkhianati mereka. Janganlah dia melihat ke dalam rumah seseorang sebelum dia minta izin, apabila dia melakukannya berarti dia telah memasukinya. Janganlah dia shalat dalam keadaan menahan buang air hingga dia meringankan dirinya (dengan buang air) terlebih dahulu.” Telah menceritakan kepada kami Maḥmūd bin Khālid as-Sulamī, telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin ‘Alī, telah menceritakan kepada kami Tsaur, dari Yazīd bin Syuraih al-Ḥadhramī, dari Abū Ḥayy al-Mu’adzdzin, dari Abū Hurairah, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tidak boleh bagi seseorang yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir untuk shalat dalam keadaan menahan buang air hingga dia meringankan dirinya (dengan buang air) terlebih dahulu“, kemudian dia menyebutkan lafazh semisalnya. Dia menyebutkan (sabda Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam): “Dan tidak boleh bagi seorang laki-laki yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir untuk mengimami suatu kaum kecuali dengan izin mereka, serta tidak boleh dia mengkhususkan dirinya dalam berdoa tanpa mengikut sertakan mereka. Apabila dia melakukannya berarti dia telah mengkhianati mereka.” Abū Dāūd berkata: Hadits ini semuanya dari jalur ahli Syam, tidak ada seorang pun yang ikut meriwayatkannya selain mereka.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf atau Shaḥīḥ ‘Illa

Pembanding: Tidak ada.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *