- Shalat Dengan Kain Yang Dikenakan Saat Menggauli Istri.
سنن أبي داوود ٣١١: حَدَّثَنَا عِيْسَى بْنُ حَمَّادٍ الْمِصْرِيُّ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ حَبِيْبٍ عَنْ سُوَيْدِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ حُدَيْجٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ أَنَّهُ سَأَلَ أُخْتَهُ أُمَّ حَبِيْبَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: هَلْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّ فِي الثَّوْبِ الَّذِيْ يُجَامِعُهَا فِيْهِ فَقَالَتْ: نَعَمْ إِذَا لَمْ يَرَ فِيْهِ أَذًى.
Sunan Abū Dāūd 311: Telah menceritakan kepada kami ‘Īsā bin Ḥammād al-Mishrī, telah mengabarkan kepada kami al-Laits, dari Yazīd bin Abū Ḥabīb, dari Suwaid bin Qais, dari Mu‘āwiyah bin Ḥudaij, dari Mu‘āwiyah bin Abū Sufyān bahwasanya dia pernah bertanya kepada saudara perempuannya, yaitu Ummu Ḥabībah, istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam: Apakah Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengerjakan shalat dengan memakai pakaian yang dipakai sewaktu beliau berhubungan dengannya? Maka Ummu Ḥabībah menjawab: Ya, kalau beliau tidak melihat ada kotoran (najisnya).
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: MA: 24638.
- Shalat Dengan Kain Dalam (Selimut) Wanita.
سنن أبي داوود ٣١٢: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِيْ حَدَّثَنَا الْأَشْعَثُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيْرِيْنَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ شَقِيْقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لَا يُصَلِّ فِيْ شُعُرِنَا أَوْ فِيْ لُحُفِنَا قَالَ عُبَيْدُ اللهِ: شَكَّ أَبِيْ.
Sunan Abū Dāūd 312: Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullāh bin Mu‘ādz, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami al-Asy‘ats, dari Muḥammad bin Sīrīn, dari ‘Abdullāh bin Syaqīq, dari ‘Ā’isyah dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidak biasa shalat dengan pakaian atau selimut kami. ‘Ubaidullāh berkata: ‘Ayahku ragu.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 550.
سنن أبي داوود ٣١٣: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ هِشَامٍ عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ عَنْ عَائِشَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ لَا يُصَلِّ فِيْ مَلَاحِفِنَا
قَالَ حَمَّادٌ: وَ سَمِعْتُ سَعِيْدَ بْنَ أَبِيْ صَدَقَةَ قَالَ: سَأَلْتُ مُحَمَّدًا عَنْهُ فَلَمْ يُحَدِّثْنِيْ وَ قَالَ: سَمِعْتُهُ مُنْذُ زَمَانٍ وَ لَا أَدْرِيْ مِمَّنْ سَمِعْتُهُ وَ لَا أَدْرِيْ أَسَمِعْتُهُ مِنْ ثَبْتٍ أَوْ لَا فَسَلُوْا عَنْهُ.
Sunan Abū Dāūd 313: Telah menceritakan kepada kami al-Ḥasan bin ‘Alī, telah menceritakan kepada kami Sulaimān bin Ḥarb, telah menceritakan kepada kami Ḥammād, dari Hisyām, dari Ibnu Sīrīn, dari ‘Ā’isyah bahwasanya Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidak biasa mengerjakan shalat dengan selimut kami. Ḥammād berkata: Saya mendengar Sa‘īd bin Abū Shadaqah berkata: Saya bertanya kepada Muḥammad darinya, namun dia tidak menceritakannya hadits ini kepadaku. Dan dia berkata: Saya telah mendengar sejak lama, namun saya tidak tahu dari siapa saya mendengarnya, apakah dari perawi yang tsabat (adil dan memiliki hafalan sempurna) ataukah tidak. Maka dari itu, bertanyalah tentang hadits ini kepada selainku.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak ada.
- Rukhshah (Keringanan-ed.) Dalam Hal Itu.
سنن أبي داوود ٣١٤: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ بْنِ سُفْيَانَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ الشَّيْبَانِيِّ سَمِعَهُ مِنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ شَدَّادٍ يُحَدِّثُهُ عَنْ مَيْمُوْنَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ صَلَّى وَ عَلَيْهِ مِرْطٌ وَ عَلَى بَعْضِ أَزْوَاجِهِ مِنْهُ وَ هِيَ حَائِضٌ وَ هُوَ يُصَلِّ وَ هُوَ عَلَيْهِ.
Sunan Abū Dāūd 314: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ash-Shabbāḥ bin Sufyān, telah menceritakan kepada kami Sufyān, dari Abū Isḥāq asy-Syaibānī dia telah mendengarnya dari ‘Abdullāh bin Syaddād dia menceritakan hadits ini kepadanya, dari Maimūnah bahwasanya Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah mengerjakan shalat memakai kain selendang, sementara sebagian istri beliau terkena oleh kain selendang itu dan dia dalam keadaan haidh. Beliau terus melanjutkan shalatnya dengan memakai kain selendang itu.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SIM: 645; MA: 23913.
سنن أبي داوود ٣١٥: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيْعُ بْنُ الْجَرَّاحِ حَدَّثَنَا طَلْحَةُ بْنُ يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنْ عَائِشَةِ قَالَتْ:كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّ بِاللَّيْلِ وَ أَنَا إِلَى جَنْبِهِ وَ أَنَا حَائِضٌ وَ عَلَيَّ مِرْطٌ لِيْ وَ عَلَيْهِ بَعْضُهُ.
Sunan Abū Dāūd 315: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmān bin Abū Syaibah, telah menceritakan kepada kami Wakī‘ bin al-Jarrah, telah menceritakan kepada kami Thalḥah bin Yaḥyā, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Abdullāh bin ‘Utbah, dari ‘Ā’isyah dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam shalat malam, sementara saya berada di samping beliau, padahal saya sedang haidh, dan saya memakai selendangku, di mana sebagian kain itu mengenai beliau.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SM: 798; SN: 760; SIM: 644; MA: 23246.