- Wanita Mencuci Kain Yang Ia Kenakan Saat Haidh.
سنن أبي داوود ٣٠٣: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَبْدِ الْوَارِثِ حَدَّثَنِيْ أَبِيْ حَدَّثَتْنِيْ أُمُّ الْحَسَنِ يَعْنِيْ جَدَّةَ أَبِيْ بَكْرٍ الْعَدَوِيِّ عَنْ مُعَاذَةَ قَالَتْ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا عَنِ الْحَائِضِ يُصِيْبُ ثَوْبَهَا الدَّمُ قَالَتْ: تَغْسِلُهُ فَإِنْ لَمْ يَذْهَبْ أَثَرُهُ فَلْتُغَيِّرْهُ بِشَيْءٍ مِنْ صُفْرَةٍ قَالَتْ: وَ لَقَدْ كُنْتُ أَحِيْضُ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ثَلَاثَ حِيَضٍ جَمِيْعًا لَا أَغْسِلُ لِيْ ثَوْبًا.
Sunan Abū Dāūd 303: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Ibrāhīm, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-us-Shamad bin ‘Abd-ul-Wārits, telah menceritakan kepadaku ayahku telah menceritakan kepadaku Umm-ul-Ḥasan, yakni nenek Abū Bakar al-‘Adawī, dari Mu‘ādzah dia berkata: Saya pernah bertanya kepada ‘Ā’isyah r.a. perihal wanita yang pakaiannya terkena darah haidh. ‘Ā’isyah berkata: Hendaklah dia mencucinya, jika bekas darah itu tidak mau hilang, hendaklah dia merubahnya dengan warna kuning. Lalu ‘Ā’isyah berkata: Dan sungguh aku pernah haidh tiga kali bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dan aku tidak mencuci satu kain pakaian pun kepunyaanku.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak ada.
سنن أبي داوود ٣٠٤: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيْرٍ الْعَبْدِيُّ أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ نَافِعٍ قَالَ: سَمِعْتُ الْحَسَنَ يَعْنِي ابْنَ مُسْلِمٍ يَذْكُرُ عَنْ مُجَاهِدٍ قَالَ: قَالَتْ عَائِشَةُ: مَا كَانَ لِإِحْدَانَا إِلَّا ثَوْبٌ وَاحِدٌ تَحِيْضُ فِيْهِ فَإِنْ أَصَابَهُ شَيْءٌ مِنْ دَمٍ بَلَّتْهُ بِرِيْقِهَا ثُمَّ قَصَعَتْهُ بِرِيْقِهَا.
Sunan Abū Dāūd 304: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Katsīr al-‘Abdī, telah mengabarkan kepada kami Ibrāhīm bin Nāfi‘ dia berkata: Saya mendengar al-Ḥasan bin Muslim menyebutkan dari Mujāhid dia berkata: ‘Ā’isyah berkata: Tiadalah seseorang di antara kami (para istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam), kecuali hanya mempunyai satu helai kain yang dipakai waktu haidh. Jika kain itu terkena sedikit darah, maka dibasahi dan digosok dengan ludahnya.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 301; MA: 25536.
سنن أبي داوود ٣٠٥: حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ يَعْنِي ابْنَ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا بَكَّارُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَتْنِيْ جَدَّتِيْ قَالَتْ: دَخَلْتُ عَلَى أُمِّ سَلَمَةَ فَسَأَلَتْهَا امْرَأَةٌ مِنْ قُرَيْشٍ عَنِ الصَّلَاةِ فِيْ ثَوْبِ الْحَائِضِ فَقَالَتْ: أُمُّ سَلَمَةَ قَدْ كَانَ يُصِيْبُنَا الْحَيْضُ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَتَلْبَثُ إِحْدَانَا أَيَّامَ حَيْضِهَا ثُمَّ تَطَّهَّرُ فَتَنْظُرُ الثَّوْبَ الَّذِيْ كَانَتْ تَقْلِبُ فِيْهِ فَإِنْ أَصَابَهُ دَمٌ غَسَلْنَاهُ وَ صَلَّيْنَا فِيْهِ وَ إِنْ لَمْ يَكُنْ أَصَابَهُ شَيْءٌ تَرَكْنَاهُ وَ لَمْ يَمْنَعْنَا ذلِكَ مِنْ أَنْ نُصَلِّيَ فِيْهِ وَ أَمَّا الْمُمْتَشِطَةُ فَكَانَتْ إِحْدَانَا تَكُوْنُ مُمْتَشِطَةً فَإِذَا اغْتَسَلَتْ لَمْ تَنْقُضْ ذلِكَ وَ لكِنَّهَا تَحْفِنُ عَلَى رَأْسِهَا ثَلَاثَ حَفَنَاتٍ فَإِذَا رَأَتْ الْبَلَلَ فِيْ أُصُوْلِ الشَّعْرِ دَلَكَتْهُ ثُمَّ أَفَاضَتْ عَلَى سَائِرِ جَسَدِهَا.
Sunan Abū Dāūd 305: Telah menceritakan kepada kami Ya‘qūb bin Ibrāhīm, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Raḥmān bin Mahdī, telah menceritakan kepada kami Bakkār bin Yaḥyā, telah menceritakan kepadaku nenekku, dia berkata: Saya pernah menemui Ummu Salamah, kemudian ada seorang wanita dari bangsa Quraisy bertanya kepadanya tentang shalat dengan mengenakan baju yang terkena darah haidh? Maka Dia menjawab: Salah seorang di antara kami (para istri Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam) pernah mendapatkan haidh pada masa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka dia memakai baju (yang dipakainya waktu) haidh, ketika sudah suci dia melihat bajunya, apabila terkena darah haidh; kami mencucinya lalu kami pakai untuk melaksanakan shalat, dan apabila tidak terkena darah kami membiarkannya dan hal itu tidak menghalangi kami untuk melaksanakan shalat mengenakan baju tersebut. Adapun berkaitan dengan bersisir, salah seorang di antara kami bersisir, dan apabila dia mandi junub, dia tidak mengurainya (rambut yang dipintal) akan tetapi cukup diguyur saja dengan tiga kali guyuran, apabila dia mendapatkan pangkal rambutnya sudah basah, dia memijat-mijatnya kemudian dia mengguyur seluruh tubuhnya.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf.
Pembanding: Tidak ada.