سنن أبي داوود ٢٩٩: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِيْ عَمْرٍو عَنْ عِكْرِمَةَ أَنَّ أُنَاسًا مِنْ أَهْلِ الْعِرَاقِ جَاءُوْا فَقَالُوْا: يَا ابْنَ عَبَّاسٍ أَتَرَى الْغُسْلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاجِبًا قَالَ: لَا وَ لكِنَّهُ أَطْهَرُ وَ خَيْرٌ لِمَنِ اغْتَسَلَ وَ مَنْ لَمْ يَغْتَسِلْ فَلَيْسَ عَلَيْهِ بِوَاجِبٍ وَ سَأُخْبِرُكُمْ كَيْفَ بَدْءُ الْغُسْلِ كَانَ النَّاسُ مَجْهُوْدِيْنَ يَلْبَسُوْنَ الصُّوْفَ وَ يَعْمَلُوْنَ عَلَى ظُهُوْرِهِمْ وَ كَانَ مَسْجِدُهُمْ ضَيِّقًا مُقَارِبَ السَّقْفِ إِنَّمَا هُوَ عَرِيْشٌ فَخَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ يَوْمٍ حَارٍّ وَ عَرِقَ النَّاسُ فِيْ ذلِكَ الصُّوْفِ حَتَّى ثَارَتْ مِنْهُمْ رِيَاحٌ آذَى بِذلِكَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا فَلَمَّا وَجَدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تِلْكَ الرِّيْحَ قَالَ: أَيُّهَا النَّاسُ إِذَا كَانَ هذَا الْيَوْمَ فَاغْتَسِلُوْا وَ لْيَمَسَّ أَحَدُكُمْ أَفْضَلَ مَا يَجِدُ مِنْ دُهْنِهِ وَ طِيْبِهِ
قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: ثُمَّ جَاءَ اللهُ بِالْخَيْرِ وَ لَبِسُوْا غَيْرَ الصُّوْفِ وَ كُفُوا الْعَمَلَ وَ وُسِّعَ مَسْجِدُهُمْ وَ ذَهَبَ بَعْضُ الَّذِيْ كَانَ يُؤْذِيْ بَعْضُهُمْ بَعْضًا مِنَ الْعَرَقِ.
Sunan Abū Dāūd 299: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Maslamah, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-‘Azīz bin Muḥammad, dari ‘Amru bin Abī ‘Amru, dari ‘Ikrimah bahwasanya beberapa orang dari ‘Iraq datang dan berkata: Wahai Ibnu ‘Abbās, apakah engkau berpendapat bahwa mandi hari Jum‘at itu wajib? Dia menjawab: Tidak, akan tetapi lebih suci dan lebih baik bagi orang yang mandi, dan barang siapa yang tidak mandi, maka tidak ada kewajiban apa-apa atasnya. Saya akan memberitahukan kepada kalian, bagaimana asal mula diperintahkannya mandi. Pernah kehidupan orang-orang dalam keadaan sulit, mereka memakai kain wol, bekerja berat mengangkat barang, sementara masjid mereka sempit, ketika itu atapnya rendah, karena hanya terbuat dari pelepah kurma. Maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam datang pada hari yang bercuaca panas, sedangkan orang-orang berkeringat membasahi pakaiannya yang terbuat dari wol, sehingga angin yang bertiup membawa bau kurang enak mereka, yang menyebabkan mereka satu sama lain merasa terganggu. Setelah Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mencium bau yang kurang enak itu, beliau bersabda: “Wahai jama‘ah sekalian, apabila datang hari (Jum‘at), maka mandilah, dan pakailah minyak dan wangi-wangian yang paling baik sedapatnya.” Ibnu ‘Abbās berkata: Kemudian Allah memberi kelapangan, mereka memakai pakaian bukan dari wol lagi, juga diberi kecukupan pekerjaan, masjid mereka diperluas, dan bau keringat kurang enak, yang menyebabkan mereka satu sama lain merasa terganggu pun telah hilang.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.
Pembanding: Tidak ada.
سنن أبي داوود ٣٠٠: حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيْدِ الطَّيَالِسِيُّ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ سَمُرَةَ قَالَ:قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: مَنْ تَوَضَّأَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَبِهَا وَ نِعْمَتْ وَ مَنْ اغْتَسَلَ فَهُوَ أَفْضَلُ.
Sunan Abū Dāūd 300: Telah menceritakan kepada kami Abul-Walīd ath-Thayālisī, telah menceritakan kepada kami Hammām, dari Qatādah, dari al-Ḥasan, dari Samrah dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang berwudhu’ pada hari Jum‘at, maka alangkah baiknya, dan barang siapa yang mandi, maka itu lebih utama.”
Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.
Pembanding: ST: 457; SN: 1363; SIM: 1081; MA: 19231, 19261, 19314, 19317, 19384; SD: 1496.