Sunan Abu Daud no.291 s.d 294 – Mandi Jumat (2/4)

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

سنن أبي داوود ٢٩١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْمُرَادِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ أَنَّ سَعِيْدَ بْنَ أَبِيْ هِلَالٍ وَ بُكَيْرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْأَشَجِّ حَدَّثَاهُ عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ عَمْرِو بْنِ سُلَيْمٍ الزُّرَقِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: الْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ وَ السِّوَاكُ وَ يَمَسُّ مِنَ الطِّيبِ مَا قُدِّرَ لَهُ إِلَّا أَنَّ بُكَيْرًا لَمْ يَذْكُرْ عَبْدَ الرَّحْمَنِ وَ قَالَ فِي الطِّيبِ: وَ لَوْ مِنْ طِيْبِ الْمَرْأَةِ.

Sunan Abū Dāūd 291: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Salamah al-Murādī, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, dari ‘Amru bin al-Ḥārits bahwasanya Sa‘īd bin Abī Hilāl dan Bukair bin ‘Abdullāh bin al-Asyajj mereka berdua menceritakan kepadanya, dari Abū Bakr bin al-Munkadir, dari ‘Amru bin Sulaim az-Zuraqī, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Sa‘īd al-Khudrī, dari ayahnya bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Mandi pada hari Jum‘at adalah wajib bagi setiap orang dewasa, demikian pula bersiwak dan memakai wangi-wangian jika mampu.” Hanya saja Bukair tidak menyebutkan ‘Abd-ur-Raḥmān dan dia menyebutkan tentang wewangian; Meskipun dengan wangi-wangian wanita.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 811, 830, 831, 846, 2471; SM: 1397, 1400; SN: 1354, 1358, 1360, 1366; SIM: 1079; MA: 10603, 10820, 11149, 11199, 11231, 15802, 15803, 21998; MM: 210, 212.

سنن أبي داوود ٢٩٢: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ الْجَرْجَرَائِيُّ حُبِّيْ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ حَدَّثَنِيْ حَسَّانُ بْنُ عَطِيَّةَ حَدَّثَنِيْ أَبُو الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيُّ حَدَّثَنِيْ أَوْسُ بْنُ أَوْسٍ الثَّقَفِيُّ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ اغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَّرَ وَ ابْتَكَرَ وَ مَشَى وَ لَمْ يَرْكَبْ وَ دَنَا مِنَ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَ لَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَ قِيَامِهَا.حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ خَالِدِ بْنِ يَزِيْدَ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ أَبِيْ هِلَالٍ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ نُسَيٍّ عَنْ أَوْسٍ الثَّقَفِيِّ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: مَنْ غَسَلَ رَأْسَهُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ اغْتَسَلَ ثُمَّ سَاقَ نَحْوَهُ.

Sunan Abū Dāūd 292: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ḥātim al-Jarjarā’ī Ḥubbī, telah menceritakan kepada kami Ibn-ul-Mubārak dari al-Auzā‘ī, telah menceritakan kepadaku Ḥassan bin ‘Athiyyah, telah menceritakan kepada kami Abul-Asy‘ats ash-Shan‘ānī, telah menceritakan kepadaku Aus bin Aus ats-Tsaqafī saya pernah mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang mandi dengan rambutnya pada hari Jum‘at dan mandi menyiram sekujur tubuhnya, lalu dia pergi untuk shalat Jum‘at pada awal waktu dan sampai mendapatkan awal khutbah dengan berjalan kaki dan tidak berkendaraan, lalu duduk mendekat kepada imam untuk mendengarkan khutbah dan tidak berbicara, maka setiap langkahnya dicatat pahala puasa dan ibadah malam satu tahun.” Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd, telah menceritakan kepada kami al-Laits, dari Khālid bin Yazīd, dari Sa‘īd bin Abī Hilāl, dari ‘Ubādah bin Nusay, dari Aus ats-Tsaqafī, dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda: “Barang siapa yang mandi dengan menyiram rambutnya pada hari Jum‘at dan menyiramkan air ke seluruh tubuhnya“, kemudian dia melanjutkan seperti Hadits tersebut.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SN: 1364, 1367, 1381; SIM: 1077; MA: 15585, 15586, 16349; SD: 1503.

سنن أبي داوود ٢٩٣: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَقِيْلٍ وَ مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْمِصْرِيَّانِ قَالَا: حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ ابْنُ أَبِيْ عَقِيْلٍ: أَخْبَرَنِيْ أُسَامَةُ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ مَسَّ مِنْ طِيْبِ امْرَأَتِهِ إِنْ كَانَ لَهَا وَ لَبِسَ مِنْ صَالِحِ ثِيَابِهِ ثُمَّ لَمْ يَتَخَطَّ رِقَابَ النَّاسِ وَ لَمْ يَلْغُ عِنْدَ الْمَوْعِظَةِ كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا بَيْنَهُمَا وَ مَنْ لَغَا وَ تَخَطَّى رِقَابَ النَّاسِ كَانَتْ لَهُ ظُهْرًا.

Sunan Abū Dāūd 293: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī ‘Aqīl dan Muḥammad bin Salamah keduanya dari Mesir, mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, berkata Ibnu Abī ‘Aqīl: Telah mengabarkan kepadaku Usāmah bin Zaid, dari ‘Amru bin Syu‘aib, dari ayahnya, dari ‘Abdullāh bin ‘Amru bin al-‘Ash, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda: “Barang siapa yang mandi untuk melaksanakan shalat Jum‘at dan mengenakan wewangian istrinya apabila dia mempunyai wewangian, serta memakai pakaian yang paling bagus, kemudian tidak melangkahi pundak-pundak orang lain dan tidak main-main dalam mendengarkan khutbah, maka dia akan mendapatkan penghapusan dosa di antara dua Jum‘at, dan barang siapa yang main-main dalam mendengarkan khutbah maka baginya hanyalah pahala shalat Zhuhur.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: MA: 11343, 20736, 22468.

سنن أبي داوود ٢٩٤: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّا حَدَّثَنَا مُصْعَبُ بْنُ شَيْبَةَ عَنْ طَلْقِ بْنِ حَبِيْبٍ الْعَنَزِيِّ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا حَدَّثَتْهُ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَغْتَسِلُ مِنْ أَرْبَعٍ مِنَ الْجَنَابَةِ وَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ مِنْ الْحِجَامَةِ وَ مِنْ غُسْلِ الْمَيِّتِ.

Sunan Abū Dāūd 294: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmān bin Abī Syaibah, telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Bisyr, telah menceritakan kepada kami Zakariyyā, telah menceritakan kepada kami Mush‘ab bin Abī Syaibah, dari Thalq bin Ḥabīb al-‘Anazī, dari ‘Abdullāh bin az-Zubair, dari ‘Ā’isyah bahwa dia menceritakan kepadanya, bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mandi ibadah karena empat alasan yaitu: junub, hari Jum‘at, berbekam, dan memandikan mayat.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: SAD: 2748; MA: 24034.