- Mandi Di Hari Jumat.
سنن أبي داوود ٢٨٧: حَدَّثَنَا أَبُوْ تَوْبَةَ الرَّبِيْعُ بْنُ نَافِعٍ أَخْبَرَنَا مُعَاوِيَةُ عَنْ يَحْيَى أَخْبَرَنَا أَبُوْ سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ بَيْنَا هُوَ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِذْ دَخَلَ رَجُلٌ فَقَالَ عُمَرُ: أَتَحْتَبِسُوْنَ عَنِ الصَّلَاةِ فَقَالَ الرَّجُلُ: مَا هُوَ إِلَّا أَنْ سَمِعْتُ النِّدَاءَ فَتَوَضَّأْتُ فَقَالَ عُمَرُ: وَ الْوُضُوءُ أَيْضًا أَوَ لَمْ تَسْمَعُوْا رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: إِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ.
Sunan Abū Dāūd 287: Telah menceritakan kepada kami Abū Taubah ar-Rabī‘ bin Nāfi‘, telah mengabarkan kepada kami Mu‘āwiyah, dari Yaḥyā, telah mengabarkan kepada kami Abū Salamah bin ‘Abd-ur-Raḥmān bahwasanya Abū Hurairah mengabarkan kepadanya bahwasanya ‘Umar bin al-Khaththāb, ketika berkhutbah pada hari Jum‘at, tiba-tiba masuklah seorang laki-laki. Maka ‘Umar berkata: Mengapa kamu terlambat shalat? Orang itu menjawab: Tiada yang membuatku terlambat, kecuali setelah aku mendengar adzan, lalu aku berwudhu’. ‘Umar berkata: Kamu hanya melakukan wudhu’ juga? Tidakkah kamu mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian hendak pergi shalat Jum‘at, maka mandilah!”
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 828, 833; SM: 1393, 1396, 1447, 1457; ST: 454, 484, 539; SN: 1359, 1388, 1409; SIM: 1078; MA: 87, 302, 2293, 4236, 4511, 4643, 4763, 4766, 4830, 4895, 4922, 5059, 5199, 5225, 5231, 5516, 5565, 5690, 5911, 5985, 6045, 10081, 10920, 13885, 14647, 15574; MM: 213; SD: 1493, 1495.
سنن أبي داوود ٢٨٨: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ عَنْ مَالِكٍ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: غُسْلُ يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ.
Sunan Abū Dāūd 288: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Maslamah bin Qa‘nab dari Mālik, dari Shafwān bin Sulaim, dari ‘Athā’ bin Yasār, dari Abū Sa‘īd al-Kudhrī bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Mandi pada hari Jum‘at adalah wajib atas setiap orang yang telah baligh.”
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 811, 830, 831, 846, 2471, 2972; SM: 1397, 1400, 1416; SAD: 289, 291, 901; SN: 1354, 1358, 1360, 1361, 1366, 1369; SIM: 1079, 1082; MA: 6960, 7266, 10234, 10603, 10820, 11149, 11199, 11231, 15802, 15803, 21998; MM: 210, 212; SD: 1494.
سنن أبي داوود ٢٨٩: حَدَّثَنَا يَزِيْدُ بْنُ خَالِدٍ الرَّمْلِيُّ أَخْبَرَنَا الْمُفَضَّلُ يَعْنِي ابْنَ فَضَالَةَ عَنْ عَيَّاشِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ بُكَيْرٍ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنْ حَفْصَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ رَوَاحٌ إِلَى الْجُمُعَةِ وَ عَلَى كُلِّ مَنْ رَاحَ إِلَى الْجُمُعَةِ الْغُسْلُ
قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: إِذَا اغْتَسَلَ الرَّجُلُ بَعْدَ طُلُوْعِ الْفَجْرِ أَجْزَأَهُ مِنْ غُسْلِ الْجُمُعَةِ وَ إِنْ أَجْنَبَ.
Sunan Abū Dāūd 289: Telah menceritakan kepada kami Yazīd bin Khālid ar-Ramlī, telah mengabarkan kepada kami al-Mufadhdhal bin Fadhālah, dari ‘Ayyāsy bin ‘Abbās, dari Bukair dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar, dari Ḥafshah, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Atas setiap orang yang sudah bermimpi (baligh), maka wajib pergi melaksanakan shalat Jum‘at, dan atas yang berangkat shalat Jum‘at wajib mandi.” Abū Dāūd berkata: Apabila seseorang setelah terbit matahari, cukup baginya sebagai mandi untuk shalat Jum‘at, walaupun dia mandi junub.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 811, 830, 846, 868, 2471; SM: 1397, 1400; SAD: 291; SN: 1354, 1360; SIM: 1079; MA: 4960, 11149, 11199; MM: 212.
سنن أبي داوود ٢٩٠: حَدَّثَنَا يَزِيْدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ يَزِيْدَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَوْهَبٍ الرَّمْلِيُّ الْهَمْدَانِيُّ ح حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ يَحْيَى الْحَرَّانِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ ح حَدَّثَنَا مُوْسَى بْنُ إِسْمَاعِيْلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ وَ هذَا حَدِيْثُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ أَبُوْ دَاوُد: قَالَ يَزِيْدُ وَ عَبْدُ الْعَزِيْزِ فِيْ حَدِيْثِهِمَا عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَ أَبِيْ أُمَامَةَ بْنِ سَهْلٍ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ وَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَا:قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ لَبِسَ مِنْ أَحْسَنِ ثِيَابِهِ وَ مَسَّ مِنْ طِيْبٍ إِنْ كَانَ عِنْدَهُ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلَمْ يَتَخَطَّ أَعْنَاقَ النَّاسِ ثُمَّ صَلَّى مَا كَتَبَ اللهُ لَهُ ثُمَّ أَنْصَتَ إِذَا خَرَجَ إِمَامُهُ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ صَلَاتِهِ كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا بَيْنَهَا وَ بَيْنَ جُمُعَتِهِ الَّتِيْ قَبْلَهَا قَالَ: وَ يَقُوْلُ أَبُوْ هُرَيْرَةِ: وَ زِيَادَةٌ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ وَ يَقُوْلُ: إِنَّ الْحَسَنَةَ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا
قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: وَ حَدِيْثُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ أَتَمُّ وَ لَمْ يَذْكُرْ حَمَّادٌ كَلَامَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ.
Sunan Abū Dāūd 290: Telah menceritakan kepada kami Yazdī bin Khālid bin Yazīd bin ‘Abdullāh bin Mauhab ar-Ramlī al-Hamdānī -dari jalur lain-. Telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-‘Azīz bin Yaḥyā al-Ḥarrānī dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Salamah -dari jalur lain- Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl, telah menceritakan kepada kami Ḥammād dan hadits ini Muḥammad bin Salamah, dari Muḥammad bin Isḥāq, dari Muḥammad bin Ibrāhīm, dari Abū Salamah bin ‘Abd-ur-Raḥmān, Abū Dāūd berkata: berkata Yazīd dan ‘Abd-ul-‘Azīz di dalam hadits riwayatnya; dari Abū Salamah bin ‘Abd-ur-Raḥmān dan Abū Umāmah bin Sahl, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī dan Abū Hurairah keduanya berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang mandi pada hari Jum‘at dan memakai pakaian yang paling bagus, serta memakai wangi-wangian kalau dia punya, setelah itu dia mendatangi shalat Jum‘at di masjid dan tidak melangkahi leher-leher jama‘ah, kemudian mengerjakan shalat yang diperintahkan Allah, lalu dia diam (untuk mendengarkan khutbah) apabila imam telah datang untuk berkhutbah, sampai dia selesai dari shalatnya. Maka shalatnya itu menjadi penebus dosa baginya antara Jum‘at itu dengan Jum‘at sebelumnya.” Perawi Hadits ini berkata: Abū Hurairah berkata:… dan ditambah tiga hari…, dan katanya, Sesungguhnya satu kebaikan itu akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Abū Dāūd berkata: Hadits Muḥammad bin Salamah lebih sempurna, dan Ḥammād tidak menyebutkan ucapan Abū Hurairah.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.
Pembanding: SAD: 293; MA: 11343, 20559, 20736, 22468.
سنن أبي داوود ٢٩١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْمُرَادِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ أَنَّ سَعِيْدَ بْنَ أَبِيْ هِلَالٍ وَ بُكَيْرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْأَشَجِّ حَدَّثَاهُ عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ عَمْرِو بْنِ سُلَيْمٍ الزُّرَقِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ أَبِيْهِ
أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: الْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ وَ السِّوَاكُ وَ يَمَسُّ مِنَ الطِّيبِ مَا قُدِّرَ لَهُ. إِلَّا أَنَّ بُكَيْرًا لَمْ يَذْكُرْ عَبْدَ الرَّحْمَنِ وَ قَالَ فِي الطِّيبِ: وَ لَوْ مِنْ طِيْبِ الْمَرْأَةِ.
Sunan Abū Dāūd 291: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Salamah al-Murādī, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, dari ‘Amru bin al-Ḥārits bahwasanya Sa‘īd bin Abī Hilāl dan Bukair bin ‘Abdullāh bin al-Asyajj mereka berdua menceritakan kepadanya, dari Abū Bakr bin al-Munkadir, dari ‘Amru bin Sulaim az-Zuraqī, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Sa‘īd al-Khudrī, dari ayahnya bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Mandi pada hari Jum‘at adalah wajib bagi setiap orang dewasa, demikian pula bersiwak dan memakai wangi-wangian jika mampu.” Hanya saja Bukair tidak menyebutkan ‘Abd-ur-Raḥmān dan dia menyebutkan tentang wewangian; Meskipun dengan wangi-wangian wanita.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 811, 830, 831, 846, 2471; SM: 1397, 1400; SN: 1354, 1358, 1360, 1366; SIM: 1079; MA: 10603, 10820, 11149, 11199, 11231, 15802, 15803, 21998; MM: 210, 212.
سنن أبي داوود ٢٩٢: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ الْجَرْجَرَائِيُّ حُبِّيْ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ حَدَّثَنِيْ حَسَّانُ بْنُ عَطِيَّةَ حَدَّثَنِيْ أَبُو الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيُّ حَدَّثَنِيْ أَوْسُ بْنُ أَوْسٍ الثَّقَفِيُّ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ اغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَّرَ وَ ابْتَكَرَ وَ مَشَى وَ لَمْ يَرْكَبْ وَ دَنَا مِنَ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَ لَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَ قِيَامِهَا.حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ خَالِدِ بْنِ يَزِيْدَ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ أَبِيْ هِلَالٍ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ نُسَيٍّ عَنْ أَوْسٍ الثَّقَفِيِّ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: مَنْ غَسَلَ رَأْسَهُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ اغْتَسَلَ ثُمَّ سَاقَ نَحْوَهُ.
Sunan Abū Dāūd 292: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ḥātim al-Jarjarā’ī Ḥubbī, telah menceritakan kepada kami Ibn-ul-Mubārak dari al-Auzā‘ī, telah menceritakan kepadaku Ḥassan bin ‘Athiyyah, telah menceritakan kepada kami Abul-Asy‘ats ash-Shan‘ānī, telah menceritakan kepadaku Aus bin Aus ats-Tsaqafī saya pernah mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang mandi dengan rambutnya pada hari Jum‘at dan mandi menyiram sekujur tubuhnya, lalu dia pergi untuk shalat Jum‘at pada awal waktu dan sampai mendapatkan awal khutbah dengan berjalan kaki dan tidak berkendaraan, lalu duduk mendekat kepada imam untuk mendengarkan khutbah dan tidak berbicara, maka setiap langkahnya dicatat pahala puasa dan ibadah malam satu tahun.” Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd, telah menceritakan kepada kami al-Laits, dari Khālid bin Yazīd, dari Sa‘īd bin Abī Hilāl, dari ‘Ubādah bin Nusay, dari Aus ats-Tsaqafī, dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda: “Barang siapa yang mandi dengan menyiram rambutnya pada hari Jum‘at dan menyiramkan air ke seluruh tubuhnya…“, kemudian dia melanjutkan seperti Hadits tersebut.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.
Pembanding: SN: 1364, 1367, 1381; SIM: 1077; MA: 15585, 15586, 16349; SD: 1503.