Sunan Abu Daud no.284 s.d 286 – Bertayamum Ketika Terluka Dan Bertayamum Namun Mendapati Air Setelahnya

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

  1. Orang Yang Terluka Melakukan Tayamum.

سنن أبي داوود ٢٨٤: حَدَّثَنَا مُوْسَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْأَنْطَاكِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ عَنِ الزُّبَيْرِ بْنِ خُرَيْقٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ جَابِرٍ قَالَ:خَرَجْنَا فِيْ سَفَرٍ فَأَصَابَ رَجُلًا مِنَّا حَجَرٌ فَشَجَّهُ فِيْ رَأْسِهِ ثُمَّ احْتَلَمَ فَسَأَلَ أَصْحَابَهُ فَقَالَ: هَلْ تَجِدُوْنَ لِيْ رُخْصَةً فِي التَّيَمُّمِ فَقَالُوْا: مَا نَجِدُ لَكَ رُخْصَةً وَ أَنْتَ تَقْدِرُ عَلَى الْمَاءِ فَاغْتَسَلَ فَمَاتَ فَلَمَّا قَدِمْنَا عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أُخْبِرَ بِذلِكَ فَقَالَ: قَتَلُوْهُ قَتَلَهُمُ اللهُ أَلَا سَأَلُوْا إِذْ لَمْ يَعْلَمُوْا فَإِنَّمَا شِفَاءُ الْعِيِّ السُّؤَالُ إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيْهِ أَنْ يَتَيَمَّمَ وَ يَعْصِرَ أَوْ يَعْصِبَ شَكَّ مُوْسَى عَلَى جُرْحِهِ خِرْقَةً ثُمَّ يَمْسَحَ عَلَيْهَا وَ يَغْسِلَ سَائِرَ جَسَدِهِ.

Sunan Abū Dāūd 284: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin ‘Abd-ur-Raḥmān al-Anthākī, telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Salamah, dari az-Zubair bin Khuraiq dari ‘Athā’ dan Jābir dia berkata: Kami pernah keluar dalam sebuah perjalanan, lalu salah seorang di antara kami terkena batu pada kepalanya yang membuatnya terluka serius. Kemudian dia bermimpi junub, maka dia bertanya kepada para sahabatnya: Apakah ada keringanan untukku agar saya bertayammum saja? Mereka menjawab: Kami tidak mendapatkan keringanan untukmu sementara kamu mampu untuk menggunakan air, maka orang tersebut mandi dan langsung meninggal. Ketika kami sampai kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau diberitahukan tentang kejadian tersebut, maka beliau bersabda: “Mereka telah membunuhnya, semoga Allah membunuh mereka! Tidakkah mereka bertanya apabila mereka tidak mengetahui, karena obat dari kebodohan adalah bertanya! Sesungguhnya cukuplah baginya untuk bertayammum dan meneteskan air pada lukanya -atau- mengikat lukanya– Mūsā ragu- kemudian mengusapnya saja dan mandi untuk selain itu pada seluruh tubuhnya yang lain.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan ‘Illa.

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢٨٥: حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَاصِمٍ الْأَنْطَاكِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شُعَيْبٍ أَخْبَرَنِي الْأَوْزَاعِيُّ أَنَّهُ بَلَغَهُ عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِيْ رَبَاحٍ أَنَّهُ سَمِعَ عَبْدَ اللهِ بْنَ عَبَّاسٍ قَالَ:أَصَابَ رَجُلًا جُرْحٌ فِيْ عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ثُمَّ احْتَلَمَ فَأُمِرَ بِالْاِغْتِسَالِ فَاغْتَسَلَ فَمَاتَ فَبَلَغَ ذلِكَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ: قَتَلُوْهُ قَتَلَهُمُ اللهُ أَلَمْ يَكُنْ شِفَاءُ الْعِيِّ السُّؤَالَ.

Sunan Abū Dāūd 285: Telah menceritakan kepada kami Nashr bin ‘Āshim al-Anthākī, telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Syu‘aib, telah mengabarkan kepadaku al-Auza‘ī bahwa telah sampai kepadanya, dari ‘Athā’ bin Abī Rabāḥ bahwasanya dia mendengar Ibnu ‘Abbās berkata: Ada seseorang terluka pada masa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, kemudian dia bermimpi junub, lalu dia diperintahkan untuk mandi, maka dia mandi dan meninggal. Kejadian ini kemudian sampai kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka beliau bersabda: “Mereka telah membunuhnya semoga Allah membunuh mereka! Bukankah obat dari kebodohan adalah bertanya!

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: SIM: 565; MA: 2898; SD: 745.

  1. Orang Yang Tayamum Mendapati Air Setelah Masuknya Waktu (Shalat).

سنن أبي داوود ٢٨٦: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الْمَسَيَّبِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ نَافِعٍ عَنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ بَكْرِ بْنِ سَوَادَةَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ:خَرَجَ رَجُلَانِ فِيْ سَفَرٍ فَحَضَرَتْ الصَّلَاةُ وَ لَيْسَ مَعَهُمَا مَاءٌ فَتَيَمَّمَا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَصَلَّيَا ثُمَّ وَجَدَا الْمَاءَ فِي الْوَقْتِ فَأَعَادَ أَحَدُهُمَا الصَّلَاةَ وَ الْوُضُوْءَ وَ لَمْ يُعِدِ الْآخَرُ ثُمَّ أَتَيَا رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَذَكَرَا ذلِكَ لَهُ فَقَالَ: لِلَّذِيْ لَمْ يُعِدْ أَصَبْتَ السُّنَّةَ وَ أَجْزَأَتْكَ صَلَاتُكَ وَ قَالَ لِلَّذِيْ تَوَضَّأَ وَ أَعَادَ لَكَ الْأَجْرُ مَرَّتَيْنِ.قَالَ أَبُو دَاوُد وَغَيْرُ ابْنِ نَافِعٍ يَرْوِيهِ عَنْ اللَّيْثِ عَنْ عُمَيْرَةَ بْنِ أَبِي نَاجِيَةَ عَنْ بَكْرِ بْنِ سَوَادَةَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَبُو دَاوُد وَذِكْرُ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ فِي هذَا الْحَدِيثِ لَيْسَ بِمَحْفُوظٍ وَهُوَ مُرْسَلٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ بَكْرِ بْنِ سَوَادَةَ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ مَوْلَى إِسْمَاعِيلَ بْنِ عُبَيْدٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ أَنَّ رَجُلَيْنِ مِنْ أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمَعْنَاهُ.

Sunan Abū Dāūd 286: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Isḥāq al-Masassayī, telah mengabarkan kepada kami ‘Abdullāh bin Nāfi‘, dari al-Laits bin Sa‘d, dari Bakr bin Sawādah, dari ‘Athā’ bin Yasār, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī dia berkata: Ada dua orang mengadakan perjalanan jauh, lalu waktu shalat tiba sementara mereka tidak mempunyai air, maka keduanya bertayammum dengan menggunakan tanah yang bersih dan keduanya shalat, kemudian keduanya mendapatkan air dalam masa waktu shalat tersebut, maka salah seorang dari keduanya mengulangi shalat dengan berwudhu’ dan yang lainnya tidak, kemudian keduanya mendatangi Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan mengisahkan perjalanan mereka, maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada yang tidak mengulang shalat: “Kamu telah melaksanakan sunnah dan shalat kamu sempurna (tidak perlu diulang) “, dan beliau bersabda kepada yang berwudhu’ dan mengulangi shalat: “Kamu mendapatkan pahala dua kali.” Abū Dāūd berkata: Selain Ibnu Nāfi‘ yang meriwayatkan juga al-Laits, dari Umairah bin Abī Nājiah, dari Bakr bin Sawādah, dari ‘Athā’ bin Yasār, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Abū Dāūd berkata: Penyebutan Abū Sa‘īd al-Khudrī pada hadits ini tidak maḥfūzh, akan tetapi mursal. Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Maslamah, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahī‘ah, dari Bakr bin Sawādah, dari Abū ‘Abdillāh, mantan sahaya Ismā‘īl bin ‘Ubaid, dari ‘Athā’ bin Yasār bahwasanya ada dua orang dari sahabat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, seperti di atas.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ.

Pembanding: SN: 430; SD: 737.