سنن أبي داوود ٢٦٧: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُوْنُسَ أَخْبَرَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى عَنْ أَبِيْ سَهْلٍ عَنْ مُسَّةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ:كَانَتِ النُّفَسَاءُ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَقْعُدُ بَعْدَ نِفَاسِهَا أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا أَوْ أَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً وَ كُنَّا نَطْلِي عَلَى وُجُوْهِنَا الْوَرْسَ تَعْنِيْ مِنَ الْكَلَفِ.
Sunan Abū Dāūd 267: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Yūnus, telah mengabarkan kepada kami Zuhair, telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin ‘Abd-il-A‘lā, dari Abū Sahl, dari Mussah, dari Ummu Salamah dia berkata: Wanita-wanita yang nifas pada masa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, biasa menahan dirinya selama empat puluh hari atau empat puluh malam. Dan kami biasa mengoleskan bedak pada wajah-wajah kami.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ.
Pembanding: ST: 129; SIM: 640; MA: 25350, 25372, 25378, 25420; SD: 940.
سنن أبي داوود ٢٦٨: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ يَعْنِيْ حُبِّيْ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ يُوْنُسَ بْنِ نَافِعٍ عَنْ كَثِيْرِ بْنِ زِيَادٍ قَالَ: حَدَّثَتْنِي الْأَزْدِيَّةُ يَعْنِيْ مُسَّةَ قَالَتْ:حَجَجْتُ فَدَخَلْتُ عَلَى أُمِّ سَلَمَةَ فَقُلْتُ: يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِيْنَ إِنَّ سَمُرَةَ بْنَ جُنْدُبٍ يَأْمُرُ النِّسَاءَ يَقْضِيْنَ صَلَاةَ الْمَحِيْضِ فَقَالَتْ: لَا يَقْضِينَ كَانَتِ الْمَرْأَةُ مِنْ نِسَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَقْعُدُ فِي النِّفَاسِ أَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً لَا يَأْمُرُهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِقَضَاءِ صَلَاةِ النِّفَاسِ.قَالَ مُحَمَّدٌ: يَعْنِي ابْنَ حَاتِمٍ وَ اسْمُهَا مُسَّةُ تُكْنَى أُمَّ بُسَّةَ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: كَثِيْرُ بْنُ زِيَادٍ كُنْيَتُهُ أَبُوْ سَهْلٍ.
Sunan Abū Dāūd 268: Telah menceritakan kepada kami al-Ḥasan bin Yaḥyā, telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin Ḥātim, yakni Ḥubby, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin al-Mubārak, dari Yūnus bin Nāfi‘, dari Katsīr bin Ziyād dia berkata: Telah menceritakan kepadaku al-Azdiyyah, yakni Mussah dia berkata: Saya pernah menunaikan ibadah haji, lalu saya menemui Ummu Salamah seraya berkata: Wahai Umm-ul-Mu’minīn, sesungguhnya Samurah bin Jundub memerintahkan kaum wanita untuk mengqadha’ shalat (yang ditinggalkan) di masa haidh. Maka Ummu Salamah berkata: Mereka tidak usah mengqadha’nya, dahulu seorang istri dari istri-istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidak shalat pada masa nifas, selama empat puluh malam, dan Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidak memerintahkannya untuk mengqadha’ shalat wanita yang nifas. Muḥammad bin Ḥātim berkata: Namanya adalah Mussah diberi kuniyah Ummu Bassah. Abū Dāūd berkata: Katsīr bin Ziyād kunyahnya adalah Abū Sahl.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.
Pembanding: Tidak ada.