سنن أبي داوود ٢٦٤: حَدَّثَنَا مُوْسَى بْنُ إِسْمَاعِيْلَ أَخْبَرَنَا حَمَّادٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أُمِّ الْهُذَيْلِ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ وَ كَانَتْ بَايَعَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَتْ:كُنَّا لَا نَعُدُّ الْكُدْرَةَ وَ الصُّفْرَةَ بَعْدَ الطُّهْرِ شَيْئًا.حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ أَخْبَرَنَا أَيُّوْبُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيْرِيْنَ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ بِمِثْلِهِ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: أُمُّ الْهُذَيْلِ هِيَ حَفْصَةُ بِنْتُ سِيْرِيْنَ كَانَ ابْنُهَا اسْمُهُ هُذَيْلٌ وَ اسْمُ زَوْجِهَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ.
Sunan Abū Dāūd 264: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl, telah mengabarkan kepada kami Ḥammād, dari Qatādah, dari Ummu al-Ḥudzail, dari Ummu ‘Athiyyah -dan dia adalah wanita yang berbaiat kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam-, dia berkata: Kami tidak menganggap darah yang keruh atau kekuning-kuningan setelah suci dari haidh sebagai (darah haidh). Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl, telah mengabarkan kepada kami Ayyūb, dari Muḥammad bin Sīrīn, dari Ummu ‘Athiyah dengan yang semisalnya. Abū Dāūd berkata: Ummu Ḥudzail adalah Ḥafshah binti Sīrīn, anaknya bernama Ḥudzail dan suaminya ‘Abd-ur-Raḥmān.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SB: 315; SN: 365; SD: 853, 859.
سنن أبي داوود ٢٦٥: حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مُعَلَّى بْنُ مَنْصُوْرٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ مُسْهِرٍ عَنِ الشَّيْبَانِيِّ عَنْ عِكْرِمَةَ قَالَ:كَانَتْ أُمُّ حَبِيْبَةَ تُسْتَحَاضُ فَكَانَ زَوْجُهَا يَغْشَاهَا قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: وَ قَالَ يَحْيَى بْنُ مَعِيْنٍ: مُعَلَّى ثِقَةٌ وَ كَانَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ لَا يَرْوِيْ عَنْهُ لِأَنَّهُ كَانَ يَنْظُرُ فِي الرَّأْيِ.
Sunan Abū Dāūd 265: Telah menceritakan kepada kami Ibrāhīm bin Khālid, telah menceritakan kepada kami Mu‘allā bin Manshūr, dari ‘Alī bin Mushir, dari asy-Syaibānī, dari ‘Ikrimah dia berkata: Ummu Ḥabībah pernah istihadhah dan suaminya tetap berhubungan badan dengannya. Abū Dāūd berkata: Yaḥyā bin Ma‘īn berkata: Mu‘allā adalah perawi tsiqah, namun Aḥmad bin Ḥanbal tidak meriwayatkan darinya karena dia (Mu‘allā) terkadang mencermati masalah dengan logika.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SD: 1066.
سنن أبي داوود ٢٦٦: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِيْ سُرَيْجٍ الرَّازِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْجَهْمِ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ أَبِيْ قَيْسٍ عَنْ عَاصِمٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ حَمْنَةَ بِنْتِ جَحْشٍ أَنَّهَا كَانَتْ مُسْتَحَاضَةً وَ كَانَ زَوْجُهَا يُجَامِعُهَا.
Sunan Abū Dāūd 266: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Abī Suraij ar-Rāzī, telah mengabarkan kepada kami ‘Abdullāh bin al-Jahm, telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Abī Qais, dari ‘Āshim, dari ‘Ikrimah tentang Ḥamnah binti Jahsy, bahwa dia pernah istihadhah, dan suaminya tetap berhubungan badan dengannya.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.
Pembanding: SD: 813.
Catatan: mengacu ke keterangan hadits 265, maka berhubungan ketika istri sedang istihadhah sebaiknya ditunda untuk kehati-hatian-(ed.), atau sebaiknya ditanyakan dahulu kepada guru masing-masing perihal kebolehannya.