سنن أبي داوود ٢٥٨: حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ سُمَيٍّ مَوْلَى أَبِيْ بَكْرٍ أَنَّ الْقَعْقَاعَ وَ زَيْدَ بْنَ أَسْلَمَ أَرْسَلَاهُ إِلَى سَعِيْدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ يَسْأَلُهُ كَيْفَ تَغْتَسِلُ الْمُسْتَحَاضَةُ فَقَالَ: تَغْتَسِلُ مِنْ ظُهْرٍ إِلَى ظُهْرٍ وَ تَتَوَضَّأُ لِكُلِّ صَلَاةٍ فَإِنْ غَلَبَهَا الدَّمُ اسْتَثْفَرَتْ بِثَوْبٍ.قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: وَ رُوِيَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ وَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ تَغْتَسِلُ مِنْ ظُهْرٍ إِلَى ظُهْرٍ وَ كَذلِكَ رَوَى دَاوُدُ وَ عَاصِمٌ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنِ امْرَأَتِهِ عَنْ قَمِيْرَ عَنْ عَائِشَةَ إِلَّا أَنَّ دَاوُدَ قَالَ: كُلَّ يَوْمٍ وَ فِيْ حَدِيْثِ عَاصِمٍ عِنْدَ الظُّهْرِ وَ هُوَ قَوْلُ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ وَ الْحَسَنِ وَ عَطَاءٍ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: قَالَ مَالِكٌ: إِنِّيْ لَأَظُنُّ حَدِيْثَ ابْنِ الْمُسَيَّبِ مِنْ ظُهْرٍ إِلَى ظُهْرٍ إِنَّمَا هُوَ مِنْ طُهْرٍ إِلَى طُهْرٍ وَ لكِنَّ الْوَهْمَ دَخَلَ فِيْهِ فَقَلَبَهَا النَّاسُ فَقَالُوا: مِنْ ظُهْرٍ إِلَى ظُهْرٍ وَ رَوَاهُ مِسْوَرُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ سَعِيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَرْبُوْعٍ قَالَ: فِيْهِ مِنْ طُهْرٍ إِلَى طُهْرٍ فَقَلَبَهَا النَّاسُ مِنْ ظُهْرٍ إِلَى ظُهْرٍ.
Sunan Abū Dāūd 258: Telah menceritakan kepada kami al-Qa‘nabī dari Mālik dari Sumayya, mantan sahaya Abū Bakar bahwasanya al-Qa‘qā‘ dan Zaid bin Aslam mengutusnya untuk bertanya kepada Sa‘īd bin al-Mūsāyyib; bagaimanakah cara mandi wanita mustahadhah? Dia menjawab: Cukup mandi sekali untuk shalat Zhuhur sampai Zhuhur esok hari dan cukup dengan berwudhu’ saja untuk setiap kali shalat. Apabila darahnya membuatnya kewalahan, maka hendaklah dia menutupnya dengan kain. Abū Dāūd berkata: Dan telah diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar dan Anas bin Mālik; bahwa dia mandi dari Zhuhur hingga Zhuhur berikutnya. Demikian pula diriwayatkan oleh Dāūd dan ‘Āshim, dari asy-Sya‘bī, dari istrinya, dari Qamir, dari ‘Ā’isyah, hanya saja Dāūd menyebutkan: setiap hari. Sedangkan di dalam hadits ‘Āshim; Ketika Zhuhur. Ini adalah pendapat Salim bin ‘Abdullāh dan al-Ḥasan dan ‘Athā’. Abū Dāūd berkata: Mālik berkata; Saya benar-benar menyangka hadits Ibn-ul-Musayyib adalah dari keadaan suci hingga keadaan suci berikutnya. Akan tetapi masuk wahm (keraguan) padanya, sehingga orang-orang menggantinya dengan menyebutkan; dari Zhuhur hingga Zhuhur berikutnya. Dan diriwayatkan oleh Miswar bin ‘Abd-ul-Mālik bin Sa‘īd bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin Yarbū‘, dia menyebutkan padanya; dari keadaan suci hingga keadaan suci berikutnya, namun orang-orang menggantinya dengan menyebutkan; dari Zhuhur hingga Zhuhur berikutnya.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: MM: 125; SD: 798, 800.
سنن أبي داوود ٢٥٩: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ نُمَيْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِيْ إِسْمَاعِيْلَ وَ هُوَ مُحَمَّدُ بْنُ رَاشِدٍ عَنْ مَعْقِلٍ الْخَثْعَمِيِّ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ:الْمُسْتَحَاضَةُ إِذَا انْقَضَى حَيْضُهَا اغْتَسَلَتْ كُلَّ يَوْمٍ وَ اتَّخَذَتْ صُوْفَةً فِيْهَا سَمْنٌ أَوْ زَيْتٌ.
Sunan Abū Dāūd 259: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Ḥanbal, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Numarī, dari Muḥammad bin Abī Ismā‘īl, dan dia adalah Muḥammad bin Rasyīd, dari Ma‘qīl al-Khats‘amī, dari ‘Alī r.a., dia berkata: Wanita mustahadhah apabila selesai masa haidhnya, maka hendaklah dia mandi setiap hari lalu memakai kain dari bulu yang diberi minyak samin atau minyak.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf.
Pembanding: Tidak ada.
سنن أبي داوود ٢٦٠: حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عُثْمَانَ أَنَّهُ سَأَلَ الْقَاسِمَ بْنَ مُحَمَّدٍ عَنْ الْمُسْتَحَاضَةِ فَقَالَ:تَدَعُ الصَّلَاةَ أَيَّامَ أَقْرَائِهَا ثُمَّ تَغْتَسِلُ فَتُصَلِّيْ ثُمَّ تَغْتَسِلُ فِي الْأَيَّامِ.
Sunan Abū Dāūd 260: Telah menceritakan kepada kami al-Qa‘nabī, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-‘Azīz bin Muḥammad, dari Muḥammad bin ‘Utsmān bahwasanya dia bertanya kepada al-Qāsim bin Muḥammad tentang Wanita mustahadhah, maka dia menjawab: Dia meninggalkan shalat pada hari-hari yang biasanya dia haidh kemudian mandi dan shalat, lalu mandi setiap hari.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SAD: 262; ST: 117; SN: 358; SIM: 617; MA: 26347; SD: 778, 787, 788, 792, 801, 865, 908.
سنن أبي داوود ٢٦١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ عَنْ مُحَمَّدٍ يَعْنِي بْنَ عَمْرٍو حَدَّثَنِي ابْنُ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ أَبِيْ حُبَيْشٍ أَنَّهَا كَانَتْ تُسْتَحَاضُ فَقَالَ لَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: إِذَا كَانَ دَمُ الْحَيْضِ فَإِنَّهُ دَمٌ أَسْوَدُ يُعْرَفُ فَإِذَا كَانَ ذلِكَ فَأَمْسِكِي عَنِ الصَّلَاةِ فَإِذَا كَانَ الْآخَرُ فَتَوَضَّئِيْ وَ صَلِّيْ.قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: قَالَ ابْنُ الْمُثَنَّى وَ حَدَّثَنَا بِهِ ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ حِفْظًا فَقَالَ: عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ فَاطِمَةَ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: وَ رُوِيَ عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْمُسَيَّبِ وَ شُعْبَةَ عَنِ الْحَكَمِ عَنْ أَبِيْ جَعْفَرٍ قَالَ الْعَلَاءُ: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَوْقَفَهُ شُعْبَةُ عَلَى أَبِيْ جَعْفَرٍ تَوَضَّأُ لِكُلِّ صَلَاةٍ.
Sunan Abū Dāūd 261: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī ‘Adī dari Muḥammad bin ‘Amru, telah menceritakan kepadaku Ibnu Syihāb, dari ‘Urwah bin az-Zubair, dari Fāthimah binti Abī Ḥubaisy bahwasanya dia pernah mustahadhah, maka Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya: “Apabila darah haidh maka darah itu berwarna hitam, sebagaimana yang diketahui (oleh wanita). Apabila darah itu ternyata demikian, maka tinggalkanlah shalat. Apabila darah itu berwarna lain, maka berwudhu’lah dan shalatlah“. Abū Dāūd berkata: Ibn-ul-Mutsannā berkata: Telah menceritakan kepada kami dengannya Ibnu Abī ‘Adī secara hafalan, dia berkata: Dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah bahwasanya Fāthimah. Abū Dāūd berkata: Dan diriwayatkan dari al-‘Alā’ bin al-Musayyab dan Syu‘bah, dari al-Ḥakam, dari Abū Ja‘far. Berkata al-‘Alā’, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dan di-mauqūf-kan oleh Syu‘bah pada Abū Ja‘far: Hendaklah berwudhu’ untuk setiap kali shalat.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.
Pembanding: SN: 215, 216, 359, 360.