Sunan Abu Daud no.255 s.d 257 – Wanita Yang Wajib Mandi Setiap Akan Shalat (Terkait Istihadhah) – 1/2

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

سنن أبي داوود ٢٥٥: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ زِيَادٍ و حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا شَرِيْكٌ عَنْ أَبِي الْيَقْظَانِ عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الْمُسْتَحَاضَةِ: تَدَعُ الصَّلَاةَ أَيَّامَ أَقْرَائِهَا ثُمَّ تَغْتَسِلُ وَ تُصَلِّيْ وَ الْوُضُوْءُ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ.قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: زَادَ عُثْمَانُ وَ تَصُوْمُ وَ تُصَلِّيْ.

Sunan Abū Dāūd 255: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ja‘far bin Ziyād, dan telah menceritakan kepada kami ‘Utsmān bin Abī Syaibah, telah menceritakan kepada kami Syarīk, dari Abul-Yaqzhān, dari ‘Adī bin Tsābit, dari ayahnya, dari kakeknya, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, (beliau bersabda tentang wanita yang istihadhah (mengeluarkan darah penyakit): “Hendaklah dia meninggalkan shalat pada hari-hari haidhnya, kemudian mandi dan shalat, serta berwudhu’ pada setiap kali shalat.” Abū Dāūd berkata: ‘Utsmān menambahkan: dan puasa serta shalat.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SAD: 260, 262; ST: 117; SIM: 617; SD: 778, 787, 788, 792, 801, 908.

سنن أبي داوود ٢٥٦: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ حَبِيْبِ بْنِ أَبِيْ ثَابِتٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:جَاءَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ أَبِيْ حُبَيْشٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَذَكَرَ خَبَرَهَا وَ قَالَ ثُمَّ اغْتَسِلِيْ ثُمَّ تَوَضَّئِيْ لِكُلِّ صَلَاةٍ وَ صَلِّيْ.

Sunan Abū Dāūd 256: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmān bin Abī Syaibah, telah menceritakan kepada kami Waki‘, dari al-A‘masy, dari Ḥabīb bin Abī Tsābit, dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah dia berkata: Fāthimah binti Abī Ḥubaisy datang menghadap Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, kemudian dia mengutarakan permasalahannya, maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kemudian mandilah, lalu berwudhu’lah untuk setiap shalat dan kerjakanlah shalat.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: MA: 24500; SD: 774.

سنن أبي داوود ٢٥٧: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سِنَانٍ الْقَطَّانُ الْوَاسِطِيُّ حَدَّثَنَا يَزِيْدُ عَنْ أَيُّوْبَ بْنِ أَبِيْ مِسْكِينٍ عَنِ الْحَجَّاجِ عَنْ أُمِّ كُلْثُوْمٍ عَنْ عَائِشَةَ فِي الْمُسْتَحَاضَةِ تَغْتَسِلُ تَعْنِيْ مَرَّةً وَاحِدَةً ثُمَّ تَوَضَّأُ إِلَى أَيَّامِ أَقْرَائِهَا حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سِنَانٍ الْقَطَّانُ الْوَاسِطِيُّ حَدَّثَنَا يَزِيْدُ عَنْ أَيُّوْبَ أَبِي الْعَلَاءِ عَنِ ابْنِ شُبْرُمَةَ عَنِ امْرَأَةِ مَسْرُوْقٍ عَنْ عَائِشَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: وَ حَدِيْثُ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ وَ الْأَعْمَشِ عَنْ حَبِيْبٍ وَ أَيُّوبَ أَبِي الْعَلَاءِ كُلُّهَا ضَعِيْفَةٌ لَا تَصِحُّ وَ دَلَّ عَلَى ضُعْفِ حَدِيْثِ الْأَعْمَشِ عَنْ حَبِيْبٍ هذَا الْحَدِيْثُ أَوْقَفَهُ حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ عَنِ الْأَعْمَشِ وَ أَنْكَرَ حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ أَنْ يَكُوْنَ حَدِيْثُ حَبِيْبٍ مَرْفُوْعًا وَ أَوْقَفَهُ أَيْضًا أَسْبَاطٌ عَنِ الْأَعْمَشِ مَوْقُوْفٌ عَنْ عَائِشَةَ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: وَ رَوَاهُ ابْنُ دَاوُدَ عَنِ الْأَعْمَشِ مَرْفُوعًا أَوَّلُهُ وَ أَنْكَرَ أَنْ يَكُوْنَ فِيْهِ الْوُضُوْءُ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ وَ دَلَّ عَلَى ضُعْفِ حَدِيْثِ حَبِيْبٍ هذَا أَنَّ رِوَايَةَ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: فَكَانَتْ تَغْتَسِلُ لِكُلِّ صَلَاةٍ فِيْ حَدِيْثِ الْمُسْتَحَاضَةِ وَ رَوَى أَبُو الْيَقْظَانِ عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ وَ عَمَّارٍ مَوْلَى بَنِيْ هَاشِمٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ وَ رَوَى عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ مَيْسَرَةَ وَ بَيَانٌ وَ الْمُغِيْرَةُ وَ فِرَاسٌ وَ مُجَالِدٌ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ حَدِيْثِ قَمِيْرَ عَنْ عَائِشَةَ: تَوَضَّئِيْ لِكُلِّ صَلَاةٍ وَ رِوَايَةَ دَاوُدَ وَ عَاصِمٍ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ قَمِيْرَ عَنْ عَائِشَةَ: تَغْتَسِلُ كُلَّ يَوْمٍ مَرَّةً وَ رَوَى هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ الْمُسْتَحَاضَةُ تَتَوَضَّأُ لِكُلِّ صَلَاةٍ وَ هذِهِ الْأَحَادِيْثُ كُلُّهَا ضَعِيْفَةٌ إِلَّا حَدِيْثَ قَمِيْرَ وَ حَدِيْثَ عَمَّارٍ مَوْلَى بَنِيْ هَاشِمٍ وَ حَدِيْثَ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ وَ الْمَعْرُوْفُ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ الْغُسْلُ.

Sunan Abū Dāūd 257: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Sinān al-Qaththān al-Wāsithī, telah menceritakan kepada kami Yazīd, dari Ayyūb bin Abī Miskīn, dari al-Ḥajjāj, dari Ummu Kultsūm, dari ‘Ā’isyah tentang wanita yang menderita darah penyakit; Dia mandi, yakni sekali, kemudian cukup berwudhu’ sampai hari haidhnya datang. Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Sinān al-Qaththān al-Wāsithī telah menceritakan kepada kami Yazīd, dari Ayyūb, Abul-‘Alā’, dari Ibnu Syubrumah, dari Istri Masrūq, dari ‘Ā’isyah, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dengan lafazh semisal. Abū Dāūd berkata: Dan hadits ‘Adī bin Tsābit dan al-A‘masy, dari Ḥabīb dan Ayyūb, Abul-‘Alā’ semuanya dha‘īf, tidak shaḥīḥ. Dan yang menunjukkan ke-dha‘īf-an hadits al-A‘masy, dari Ḥabīb, hadits ini di-mauqūf-kan oleh Ḥafsh bin Ghiyāts, dari al-A‘masy dan Ḥafsh bin Ghiyāts mengingkari ke-marfū‘-an hadits Ḥabīb. Dan di-mauqūf-kan juga oleh Asbath dari al-A‘masy, mauqūf dari ‘Ā’isyah. Abū Dāūd berkata: Dan diriwayatkan oleh Ibnu Dāūd, dari al-A‘masy secara marfū‘ awalnya, dan dia mengingkari padanya perihal wudhu’ pada setiap kali shalat. Dan yang menunjukkan ke-dha‘īf-an hadits Ḥabīb ini adalah bahwasanya riwayat az-Zuhrī dari ‘Urwah, dari ‘Ā’isyah, dia berkata: Dia mandi untuk setiap kali shalat, di dalam hadits mustahadhah. Dan diriwayatkan oleh Abul-Yaqzhān, dari ‘Adī bin Tsābit, dari ayahnya, dari ‘Alī r.a., dan ‘Ammār, mantan budak Bani Hāsyim, dari Ibnu ‘Abbās. Dan diriwayatkan oleh ‘Abd-ul-Mālik bin Maisarah dan Bayān dan a-Mughīrah dan Firās dan Mujālid, dari asy-Sya‘bī, dari hadits Qamīr, dari ‘Ā’isyah; Berwudhu’lah untuk setiap kali shalat. Dan riwayat Dāūd dan ‘Āshim, dari ay-Sya‘bī, dari Qamīr, dari ‘Ā’isyah; Dia mandi setiap hari satu kali. Dan diriwayatkan oleh Hisyām bin ‘Urwah, dari ayahnya; Mustahadhah (wanita yang mengeluarkan darah penyakit) berwudhu’ untuk setiap kali shalat. Semua hadits ini dha‘īf, kecuali hadits Qamīr dan hadits ‘Ammār, mantan sahaya Bani Hāsyim dan hadits Hisyām bin ‘Urwah, dari ayahnya. Dan yang ma‘rūf dari Ibnu ‘Abbās adalah mandi.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ, (beliau juga mengatakan hadits ini Dha‘īf.)

Pembanding: SD: 778, 787, 800, 802.