Sunan Abu Daud no.225 s.d 239 – Wanita Yang Sedang Haid (Pengalaman Nabi S.A.W Dengan Para Istri Beliau)

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

102. Makan dan Bergaul Bersama Wanita Haidh.

سنن أبي داوود ٢٢٥: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ
أَنَّ الْيَهُودَ كَانَتْ إِذَا حَاضَتْ مِنْهُمْ الْمَرْأَةُ أَخْرَجُوهَا مِنْ الْبَيْتِ وَلَمْ يُؤَاكِلُوهَا وَلَمْ يُشَارِبُوهَا وَلَمْ يُجَامِعُوهَا فِي الْبَيْتِ فَسُئِلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذلِكَ فَأَنْزَلَ اللهُ سُبْحَانَهُ{وَيَسْأَلُونَكَ عَنْ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ}إِلَى آخِرِ الآيَةِ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَامِعُوهُنَّ فِي الْبُيُوتِ وَاصْنَعُوا كُلَّ شَيْءٍ غَيْرَ النِّكَاحِ فَقَالَتْ الْيَهُودُ مَا يُرِيدُ هذَا الرَّجُلُ أَنْ يَدَعَ شَيْئًا مِنْ أَمْرِنَا إِلا خَالَفَنَا فِيهِ فَجَاءَ أُسَيْدُ بْنُ حُضَيْرٍ وَعَبَّادُ بْنُ بِشْرٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالا يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ الْيَهُودَ تَقُولُ كَذَا وَكَذَا أَفَلا نَنْكِحُهُنَّ فِي الْمَحِيضِ فَتَمَعَّرَ وَجْهُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى ظَنَنَّا أَنْ قَدْ وَجَدَ عَلَيْهِمَا فَخَرَجَا فَاسْتَقْبَلَتْهُمَا هَدِيَّةٌ مِنْ لَبَنٍ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَبَعَثَ فِي آثَارِهِمَا فَسَقَاهُمَا فَظَنَنَّا أَنَّهُ لَمْ يَجِدْ عَلَيْهِمَا.

Sunan Abū Dāūd 225: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl, telah menceritakan kepada kami Ḥammād, telah menceritakan kepada kami Tsābit al-Bunānī, dari Anas bin Mālik bahwasanya orang-orang Yahudi, apabila istri-istri mereka datang haidh, maka mereka mengusirnya dari rumah. Mereka tidak makan, tidak minum, dan tidak berkumpul dengannya di rumah. Lalu Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang hal tersebut, maka Allah s.w.t. menurunkan ayat (yang artinya): “Dan mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: ‘Haidh itu adalah kotoran, oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh… sampai akhir ayat’.” (QS. al-Baqarah 222), Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Pergaulilah mereka di rumah, dan lakukanlah segala sesuatu selain bersetubuh“. Lalu orang-orang Yahudi berkata: Orang ini (Muḥammad) tidak meninggalkan sesuatu dari perkara kita kecuali dia menyelisihi kita dalam perkara itu. Lalu Usaid bin Ḥudhair dan ‘Abbād bin Bisyr datang kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, keduanya berkata: Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya orang-orang Yahudi berkata begini dan begini. Apakah kita tidak menggauli mereka saja dalam masa haidh? Maka raut muka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berubah, sehingga kami menyangka bahwa beliau marah kepada keduanya, lalu mereka berdua keluar. Setelah itu datang hadiah berupa susu kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka beliau memerintahkan untuk memanggil kembali keduanya, lalu keduanya diberi minum. Karena itu kami tahu bahwa beliau tidak memarahi keduanya.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SAD: 1850.

سنن أبي داوود ٢٢٦: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ دَاوُدَ عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُنْتُ أَتَعَرَّقُ الْعَظْمَ وَأَنَا حَائِضٌ فَأُعْطِيهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَضَعُ فَمَهُ فِي الْمَوْضِعِ الَّذِي فِيهِ وَضَعْتُهُ وَأَشْرَبُ الشَّرَابَ فَأُنَاوِلُهُ فَيَضَعُ فَمَهُ فِي الْمَوْضِعِ الَّذِي كُنْتُ أَشْرَبُ مِنْهُ.

Sunan Abū Dāūd 226: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Dāūd, dari Mis‘ar, dari al-Miqdām bin Syuraiḥ, dari ayahnya, dari ‘Ā’isyah dia berkata: Saya pernah menggigit daging, sementara aku sedang haidh, lalu daging itu saya berikan kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka beliau menggigitnya pada bagian daging yang saya gigit. Dan saya minum, lalu saya berikan minuman itu kepada beliau, maka beliau meminumnya pada bagian yang saya minum.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SN: 280; SIM: 635; MA: 24583; SD: 1050.

سنن أبي داوود ٢٢٧: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُورِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ صَفِيَّةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَضَعُ رَأْسَهُ فِي حِجْرِي فَيَقْرَأُ وَأَنَا حَائِضٌ.

Sunan Abū Dāūd 227: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Katsīr, telah menceritakan kepada kami Sufyān, dari Manshūr bin ‘Abd-ir-Raḥmān, dari Shafiyyah, dari ‘Ā’isyah dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah meletakkan kepalanya di atas pangkuanku, lalu beliau membaca (al-Qur’ān), sementara saya dalam keadaan haidh.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SB: 288, 1888, 6994; SM: 448, 454; SN: 272, 282; SIM: 626; MA: 23105, 23261, 23298, 23717, 23998, 24087, 24397, 24502, 25024, 25582.

  1. Wanita Haid Mengambil Sesuatu Dari Masjid.

سنن أبي داوود ٢٢٨: حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الأَعْمَشِ عَنْ ثَابِتِ بْنِ عُبَيْدٍ عَنْ الْقَاسِمِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَاوِلِينِي الْخُمْرَةَ مِنْ الْمَسْجِدِ فَقُلْتُ إِنِّي حَائِضٌ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ حَيْضَتَكِ لَيْسَتْ فِي يَدِكِ.

Sunan Abū Dāūd 228: Telah menceritakan kepada kami Musaddad bin Musarhad, telah menceritakan kepada kami Abū Mu‘āwiyah, dari al-A‘masy, dari Tsābit bin ‘Ubaid, dari a-Qāsim, dari ‘Ā’isyah dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepadaku: “Ambillah untukku sajadah dari masjid“. Saya berkata: Sesungguhnya saya sedang haidh. Maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya haidhmu bukan di tanganmu“.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SM: 450; ST: 124; SN: 271; SIM: 624; MA: 5332, 23054, 23650, 23663, 23688, 24235, 24730.

سنن أبي داوود ٢٢٩: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ مُعَاذَةَ
أَنَّ امْرَأَةً سَأَلَتْ عَائِشَةَ أَتَقْضِي الْحَائِضُ الصَّلاةَ فَقَالَتْ أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ لَقَدْ كُنَّا نَحِيضُ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَا نَقْضِي وَلا نُؤْمَرُ بِالْقَضَاءِ. حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَمْرٍو أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ الْمَلِكِ عَنْ ابْنِ الْمُبَارَكِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُعَاذَةَ الْعَدَوِيَّةِ عَنْ عَائِشَةَ بِهذَا الْحَدِيثِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَزَادَ فِيهِ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاةِ.

Sunan Abū Dāūd 229: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl, telah menceritakan kepada kami Wuhaib, telah menceritakan kepada kami Ayyūb, dari Abū Qilābah, dari Mu‘ādzah bahwasanya ada seorang wanita bertanya kepada ‘Ā’isyah: Apakah wanita yang haidh harus mengqadha’ shalat? ‘Ā’isyah berkata: Apakah kamu orang Ḥarūriah? Kami biasa haidh pada masa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, lalu kami tidak mengqadha’ (shalat) dan tidak pula diperintahkan untuk mengqadha’nya. Telah menceritakan kepada kami al-Ḥasan bin ‘Amru, telah mengabarkan kepada kami Sufyān bin ‘Abd-ul-Mālik, dari Ibn-ul-Mubārak, dari Ma‘mar, dari Ayyūb, dari Mu‘ādzah al-‘Adawiyyah, dari ‘Ā’isyah dengan hadits ini. Abū Dāūd berkata: Dan dia menambahkan padanya: Kami diperintahkan mengqadha’ puasa dan tidak diperintahkan mengqadha’ shalat.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SN: 279; MA: 22908, 23957.

  1. Mendatangi (menyetubuhi) Wanita Haidh.

سنن أبي داوود ٢٣٠: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ شُعْبَةَ حَدَّثَنِي الْحَكَمُ عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ مِقْسَمٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الَّذِي يَأْتِي امْرَأَتَهُ وَهِيَ حَائِضٌ قَالَ يَتَصَدَّقُ بِدِينَارٍ أَوْ نِصْفِ دِينَارٍ.قَالَ أَبُو دَاوُد هكَذَا الرِّوَايَةُ الصَّحِيحَةُ قَالَ دِينَارٌ أَوْ نِصْفُ دِينَارٍ وَرُبَّمَا لَمْ يَرْفَعْهُ شُعْبَةُ.

Sunan Abū Dāūd 230: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā dari Syu‘bah, telah menceritakan kepada saya al-Ḥakam, dari ‘Abd-ul-Ḥamīd bin ‘Abd-ur-Raḥmān, dari Miqsam, dari Ibnu ‘Abbās, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tentang seorang suami yang menggauli istrinya pada waktu haidh, beliau bersabda: “Suami tersebut harus bersedekah dengan satu dinar atau setengah dinar.” Abū Dāūd berkata: Demikianlah riwayat yang Shaḥīḥ, beliau bersabda: “Satu dinar atau setengah dinar“. Dan bisa jadi Syu‘bah tidak me-marfū‘-kannya.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SAD: 1853; SN: 287, 367; SIM: 632, 1928, 2015, 2329, 2464, 2700, 3253; SD: 1081, 1083, 1094, 1095, 1098.

سنن أبي داوود ٢٣١: حَدَّثَنَا عَبْدُ السَّلامِ بْنُ مُطَهَّرٍ حَدَّثَنَا جَعْفَرٌ يَعْنِي ابْنَ سُلَيْمَانَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْحَكَمِ الْبُنَانِيِّ عَنْ أَبِي الْحَسَنِ الْجَزَرِيِّ عَنْ مِقْسَمٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ إِذَا أَصَابَهَا فِي أَوَّلِ الدَّمِ فَدِينَارٌ وَإِذَا أَصَابَهَا فِي انْقِطَاعِ الدَّمِ فَنِصْفُ دِينَارٍ.قَالَ أَبُو دَاوُد وَكَذلِكَ قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ عَبْدِ الْكَرِيمِ عَنْ مِقْسَمٍ.

Sunan Abū Dāūd 231: Telah menceritakan kepada kami ‘Abd-us-Salām bin Muthahhir, telah menceritakan kepada kami Ja‘far bin Sulaimān, dari ‘Alī bin al-Ḥakam al-Bunānī, dari Abūl-Ḥasan al-Jazarī, dari Miqsam, dari Ibnu ‘Abbās dia berkata: Apabila sang suami menyetubuhinya pada waktu keluar darah, maka dia harus membayar satu dinar, namun apabila dia menyetubuhinya pada waktu terputusnya darah, maka dia harus membayar setengah dinar. Abū Dāūd berkata: Demikian pula dikatakan oleh Ibnu Juraij, dari ‘Abd-ul-Karīm, dari Miqsam.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ Mauqūf

Pembanding: SAD: 1854; SD: 1088.

سنن أبي داوود ٢٣٢: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ الْبَزَّازُ حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ خُصَيْفٍ عَنْ مِقْسَمٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا وَقَعَ الرَّجُلُ بِأَهْلِهِ وَهِيَ حَائِضٌ فَلْيَتَصَدَّقْ بِنِصْفِ دِينَارٍ.قَالَ أَبُو دَاوُد وَكَذَا قَالَ عَلِيُّ بْنُ بُذَيْمَةَ عَنْ مِقْسَمٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرْسَلًا وَرَوَى الأَوْزَاعِيُّ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ آمُرُهُ أَنْ يَتَصَدَّقَ بِخُمْسَيْ دِينَارٍ وَهذَا مُعْضَلٌ.

Sunan Abū Dāūd 232: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ash-Shabbāḥ al-Bazzāz, telah menceritakan kepada kami Syarīk, dari Khushaif, dari Miqsam, dari Ibnu ‘Abbās, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Apabila seorang suami menggauli istrinya dalam keadaan haidh, maka dia harus bersedekah setengah dinar“. Abū Dāūd berkata: Demikian pula dikatakan oleh ‘Alī bin Budzaimah, dari Miqsam, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam secara mursal. Dan diriwayatkan oleh al-Auzā‘ī, dari Yazīd bin Abī Mālik, dari ‘Abd-ul-Ḥamīd bin ‘Abd-ir-Raḥmān, dari Nabi shallallāhu ‘laihi wa sallam, beliau bersabda: “Saya perintahkan dia untuk bersedekah dengan dua perlima dinar“. Dan ini adalah hadits mu‘dhal.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: ST: 126; SIM: 642; MA: 2329; SD: 1085. 1089, 1091, 1097.

  1. Lelaki Boleh Mencumbu Istri Dalam Keadaan Haidh Selain Bersetubuh.

سنن أبي داوود ٢٣٣: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَوْهَبٍ الرَّمْلِيُّ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ حَبِيبٍ مَوْلَى عُرْوَةَ عَنْ نُدْبَةَ مَوْلاةِ مَيْمُونَةَ عَنْ مَيْمُونَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُبَاشِرُ الْمَرْأَةَ مِنْ نِسَائِهِ وَهِيَ حَائِضٌ إِذَا كَانَ عَلَيْهَا إِزَارٌ إِلَى أَنْصَافِ الْفَخِذَيْنِ أَوْ الرُّكْبَتَيْنِ تَحْتَجِزُ بِهِ.

Sunan Abū Dāūd 233: Telah menceritakan kepada kami Yazīd bin Khālid bin ‘Abdullāh bin Mauhib ar-Ramlī, telah menceritakan kepada kami al-Laits bin Sa‘d, dari Ibnu Syihāb, dari Ḥabīb, mantan sahaya ‘Urwah, dari Nudbah, mantan sahaya Maimūnah dari Maimūnah, bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bercumbu dengan salah satu istri beliau ketika dalam keadaan haidh, apabila dia (istri beliau) memakai kain sarung sampai bagian pertengahan paha atau lututnya, yang dia gunakan untuk penghalang.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SAD: 1852; SN: 285, 373; MA: 25619, 25622, 25624; SD: 1028, 1039.

سنن أبي داوود ٢٣٤: حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُ إِحْدَانَا إِذَا كَانَتْ حَائِضًا أَنْ تَتَّزِرَ ثُمَّ يُضَاجِعُهَا زَوْجُهَا وَقَالَ مَرَّةً يُبَاشِرُهَا.

Sunan Abū Dāūd 234: Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrāhīm, telah menceritakan kepada kami Syu‘bah, dari Manshūr, dari Ibrāhīm, dari al-Aswad, dari ‘Ā’isyah dia berkata: biasa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menyuruh salah seorang di antara kami (istri-istri beliau) apabila sedang haidh untuk memakai kain sarung, kemudian ia menidurinya– pada kali lain Aswad mengatakan dengan redaksi menggaulinya (meniduri,menggauli disini = mencumbui, –ed.).

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SN: 283, 284, 370: SIM: 627; MA: 23872, 24246; SD: 1029.

سنن أبي داوود ٢٣٥: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ جَابِرِ بْنِ صُبْحٍ سَمِعْتُ خِلاسًا الْهَجَرِيَّ قَالَ سَمِعْتُ عَائِشَةَ تَقُولُ كُنْتُ أَنَا وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيتُ فِي الشِّعَارِ الْوَاحِدِ وَأَنَا حَائِضٌ طَامِثٌ فَإِنْ أَصَابَهُ مِنِّي شَيْءٌ غَسَلَ مَكَانَهُ وَلَمْ يَعْدُهُ ثُمَّ صَلَّى فِيهِ وَإِنْ أَصَابَ تَعْنِي ثَوْبَهُ مِنْهُ شَيْءٌ غَسَلَ مَكَانَهُ وَلَمْ يَعْدُهُ ثُمَّ صَلَّى فِيهِ.

Sunan Abū Dāūd 235: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā dari Jābir bin Shubḥ: Saya mendengar Khilḥs al-Hajarī berkata: Saya mendengar ‘Ā’isyah berkata: Saya dan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidur dalam satu selimut sementara aku sedang haidh, apabila badannya terkena sesuatu dariku, maka beliau membasuh bagian yang terkena tersebut dan tidak membasuh bagian lainnya, kemudian beliau shalat dengan pakaian tersebut.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SAD: 1851; SN: 282; MA: 23044; SD: 995.

سنن أبي داوود ٢٣٦: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ يَعْنِي ابْنَ عُمَرَ بْنِ غَانِمٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ يَعْنِي ابْنَ زِيَادٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ غُرَابٍ قَالَ إِنَّ عَمَّةً لَهُ حَدَّثَتْهُ أَنَّهَا سَأَلَتْ عَائِشَةَ قَالَتْ إِحْدَانَا تَحِيضُ وَلَيْسَ لَهَا وَلِزَوْجِهَا إِلا فِرَاشٌ وَاحِدٌ قَالَتْ أُخْبِرُكِ بِمَا صَنَعَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ فَمَضَى إِلَى مَسْجِدِهِ قَالَ أَبُو دَاوُد تَعْنِي مَسْجِدَ بَيْتِهِ فَلَمْ يَنْصَرِفْ حَتَّى غَلَبَتْنِي عَيْنِي وَأَوْجَعَهُ الْبَرْدُ فَقَالَ ادْنِي مِنِّي فَقُلْتُ إِنِّي حَائِضٌ فَقَالَ وَإِنْ اكْشِفِي عَنْ فَخِذَيْكِ فَكَشَفْتُ فَخِذَيَّ فَوَضَعَ خَدَّهُ وَصَدْرَهُ عَلَى فَخِذِي وَحَنَيْتُ عَلَيْهِ حَتَّى دَفِئَ وَنَامَ.

Sunan Abū Dāūd 236: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Maslamah, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin ‘Umar bin Ghānim, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ziyād, dari ‘Umārah bin Ghurāb dia berkata: Sesungguhnya salah satu bibinya telah menceritakan kepadanya bahwasanya dia pernah bertanya kepada ‘Ā’isyah: Salah satu dari kami haidh, sedangkan dia dan suaminya tidak memiliki kecuali satu tempat tidur. Maka ‘Ā’isyah berkata: Saya kabarkan kepadamu apa yang dilakukan oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Pada suatu saat beliau masuk rumah menuju masjidnya (tempat sujud). Abū Dāūd berkata: Yakni, Masjid (tempat sujud) di rumahnya. Beliau tidak meninggalkan masjidnya hingga saya tertidur. Ketika itu hawa dingin membuatnya sakit. Beliau bersabda kepadaku: “Mendekatlah kepadaku.” Maka saya katakan: Sesungguhnya saya sedang haidh. Beliau bersabda: “Singkaplah dua pahamu.” Maka aku pun menyingkap kedua pahaku, lalu beliau meletakkan pipi dan dadanya di atas pahaku dan aku agak membungkukkan punggungku hingga beliau merasa hangat dan tidur.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢٣٧: حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الْجَبَّارِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي الْيَمَانِ عَنْ أُمِّ ذَرَّةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتْ كُنْتُ إِذَا حِضْتُ نَزَلْتُ عَنْ الْمِثَالِ عَلَى الْحَصِيرِ فَلَمْ نَقْرُبْ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ نَدْنُ مِنْهُ حَتَّى نَطْهُرَ.

Sunan Abū Dāūd 237: Telah menceritakan kepada kami Sa‘īd bin ‘Abd-ul-Jabbār, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-‘Azīz bin Muḥammad, dari Abūl-Yamāni, dari Ummu Dzarrah, dari ‘Ā’isyah bahwasanya dia berkata: Apabila aku haidh maka aku turun dari kasur dan tidur di atas tikar, dan kami tidak mendekati Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam hingga kami suci.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢٣٨: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَرَادَ مِنْ الْحَائِضِ شَيْئًا أَلْقَى عَلَى فَرْجِهَا ثَوْبًا.

Sunan Abū Dāūd 238: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl, telah menceritakan kepada kami Ḥammād, dari Ayyūb, dari ‘Ikrimah, dari sebagian istri-istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam apabila menginginkan sesuatu dari istrinya yang sedang haidh, beliau menutup kemaluan istrinya dengan suatu kain.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢٣٩: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ الشَّيْبَانِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الأَسْوَدِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا فِي فَوْحِ حَيْضَتِنَا أَنْ نَتَّزِرَ ثُمَّ يُبَاشِرُنَا وَأَيُّكُمْ يَمْلِكُ إِرْبَهُ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْلِكُ إِرْبَهُ.

Sunan Abū Dāūd 239: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmān bin Abī Syaibah, telah menceritakan kepada kami Jarīr, dari asy-Syaibānī, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin al-Aswad, dari ayahnya, dari ‘Ā’isyah r.a. dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami pada waktu haidh agar memakai kain sarung, kemudian beliau bercumbu dengan kami. Namun siapakah di antara kalian yang sanggup menahan dorongan seksualnya sebagaimana Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam sanggup menahannya?

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: Tidak ada.