Sunan Abu Daud no.212 s.d 224 – Seputar Junub (3/3)

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

سنن أبي داوود ٢١٢: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ شَوْكَرٍ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ عُرْوَةَ الْهَمْدَانِيِّ حَدَّثَنَا الشَّعْبِيُّ قَالَ قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا لَئِنْ شِئْتُمْ لأُرِيَنَّكُمْ أَثَرَ يَدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْحَائِطِ حَيْثُ كَانَ يَغْتَسِلُ مِنْ الْجَنَابَةِ.

Sunan Abū Dāūd 212: Telah menceritakan kepada kami al-Ḥasan bin Syaukar, telah menceritakan kepada kami Husyaim, dari ‘Urwah al-Hamdānī telah menceritakan kepada kami asy-Sya‘bī dia berkata: ‘Ā’isyah r.a. berkata: Jika kalian mau, akan saya tunjukkan bekas tangan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam di dinding yang ketika itu beliau mandi junub.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢١٣: حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ دَاوُدَ عَنْ الأَعْمَشِ عَنْ سَالِمٍ عَنْ كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ عَنْ خَالَتِهِ مَيْمُونَةَ قَالَتْ وَضَعْتُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلنَّبِيِّ غُسْلًا يَغْتَسِلُ مِنْ الْجَنَابَةِ فَأَكْفَأَ الإِنَاءَ عَلَى يَدِهِ الْيُمْنَى فَغَسَلَهَا مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاثًا ثُمَّ صَبَّ عَلَى فَرْجِهِ فَغَسَلَ فَرْجَهُ بِشِمَالِهِ ثُمَّ ضَرَبَ بِيَدِهِ الأَرْضَ فَغَسَلَهَا ثُمَّ تَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ وَغَسَلَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ ثُمَّ صَبَّ عَلَى رَأْسِهِ وَجَسَدِهِ ثُمَّ تَنَحَّى نَاحِيَةً فَغَسَلَ رِجْلَيْهِ فَنَاوَلْتُهُ الْمِنْدِيلَ فَلَمْ يَأْخُذْهُ وَجَعَلَ يَنْفُضُ الْمَاءَ عَنْ جَسَدِهِ. فَذَكَرْتُ ذلِكَ لإِبْرَاهِيمَ فَقَالَ كَانُوا لا يَرَوْنَ بِالْمِنْدِيلِ بَأْسًا وَلَكِنْ كَانُوا يَكْرَهُونَ الْعَادَةَ قَالَ أَبُو دَاوُد قَالَ مُسَدَّدٌ قُلْتُ لِعَبْدِ اللهِ بْنِ دَاوُدَ كَانُوا يَكْرَهُونَهُ لِلْعَادَةِ فَقَالَ هكَذَا هُوَ وَلكِنْ وَجَدْتُهُ فِي كِتَابِي هكَذَا.

Sunan Abū Dāūd 213: Telah menceritakan kepada kami Musaddad bin Musarhad, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Dāūd dari al-A‘masy dari Sālim dari Kuraib, telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Abbās dari bibinya, Maimūnah dia berkata: Saya pernah meletakkan air mandi Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk mandi junub. Beliau menuangkan bejana air itu ke tangan kanan beliau, lalu membasuhnya dua atau tiga kali, kemudian beliau menuangkannya ke kemaluannya dan membasuhnya dengan tangan kiri, lalu beliau menggosokkan tangannya ke tanah, terus mencucinya. Sesudah itu beliau berkumur-kumur, beristinsyaq dan beristintsar. Lalu membasuh muka dan kedua tangannya, setelah itu menuangkan air ke atas kepala dan tubuhnya. Kemudian beliau pindah tempat, lalu membasuh kedua kakinya. Sesudah itu, saya ambilkan handuk untuknya, namun beliau tidak mengambilnya dan mengibaskan air dari tubuhnya. Saya beritahukan hal tersebut kepada Ibrāhīm, maka dia berkata: Mereka menganggap boleh-boleh saja memakai handuk, akan tetapi mereka tidak menyukai jika hal tersebut dijadikan sebagai kebiasaan. Abū Dāūd berkata: Musaddad berkata: Saya katakan kepada ‘Abdullāh bin Dāūd: Mereka tidak menyukai (memakruhkan) memakai handuk sebagai suatu kebiasaan saja (yakni bukan memakruhkan asal perbuatan tersebut). Dia berkata; Beginilah Hadits Maimūnah itu. Akan tetapi demikianlah saya mendapatkannya di dalam kitabku.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SM: 476; SN: 319; MA: 1255, 25625.

سنن أبي داوود ٢١٤: حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عِيسَى الْخُرَاسَانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ عَنْ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ شُعْبَةَ قَالَ إِنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ كَانَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنْ الْجَنَابَةِ يُفْرِغُ بِيَدِهِ الْيُمْنَى عَلَى يَدِهِ الْيُسْرَى سَبْعَ مِرَارٍ ثُمَّ يَغْسِلُ فَرْجَهُ فَنَسِيَ مَرَّةً كَمْ أَفْرَغَ فَسَأَلَنِي كَمْ أَفْرَغْتُ فَقُلْتُ لا أَدْرِي فَقَالَ لا أُمَّ لَكَ وَمَا يَمْنَعُكَ أَنْ تَدْرِيَ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ وُضُوءَهُ لِلصَّلاةِ ثُمَّ يُفِيضُ عَلَى جِلْدِهِ الْمَاءَ ثُمَّ يَقُولُ هكَذَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَطَهَّرُ.

Sunan Abū Dāūd 214: Telah menceritakan kepada kami Ḥusain bin ‘Īsā al-Khurāsānī, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī Fudaik, dari Ibnu Abī Dzi’b, dari Syu‘bah dia berkata: Sesungguhnya Ibnu ‘Abbās apabila mandi junub, dia menuangkan air dengan tangan kanannya ke tangan kirinya tujuh kali kemudian dia membasuh kemaluannya. Pada suatu saat dia lupa berapa kali dia sudah membasuhnya, maka dia bertanya kepadaku: Berapa kali saya sudah membasuhnya? Saya menjawab: Saya tidak tahu! Dia berkata: Apa yang menghalangimu untuk tahu? Kemudian dia berwudhu’ sebagaimana wudhu’nya untuk shalat, lalu menuangkan air ke badannya, kemudian berkata: Beginilah Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersuci.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: SB: 254; MA: 23697; MM: 91

سنن أبي داوود ٢١٥: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ بْنُ جَابِرٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُصْمٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَتْ الصَّلاةُ خَمْسِينَ وَالْغُسْلُ مِنْ الْجَنَابَةِ سَبْعَ مِرَارٍ وَغَسْلُ الْبَوْلِ مِنْ الثَّوْبِ سَبْعَ مِرَارٍ فَلَمْ يَزَلْ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْأَلُ حَتَّى جُعِلَتْ الصَّلاةُ خَمْسًا وَالْغُسْلُ مِنْ الْجَنَابَةِ مَرَّةً وَغَسْلُ الْبَوْلِ مِنْ الثَّوْبِ مَرَّةً.

Sunan Abū Dāūd 215: Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd, telah menceritakan kepada kami Ayyūb bin Jābir, dari ‘Abdullāh bin ‘Ushm, dari ‘Abdullāh bin ‘Umar dia berkata: Pada awalnya perintah shalat adalah lima puluh kali, mandi junub tujuh kali, membasuh pakaian yang terkena kencing tujuh kali. Kemudian Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam terus-menerus memohon keringanan hingga akhirnya shalat hanya menjadi lima kali (dalam sehari), mandi junub satu kali, dan membasuh pakaian yang terkena kencing satu kali.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢١٦: حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنِي الْحَارِثُ بْنُ وَجِيهٍ حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ دِينَارٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ تَحْتَ كُلِّ شَعْرَةٍ جَنَابَةً فَاغْسِلُوا الشَّعْرَ وَأَنْقُوا الْبَشَرَ.قَالَ أَبُو دَاوُد الْحَارِثُ بْنُ وَجِيهٍ حَدِيثُهُ مُنْكَرٌ وَهُوَ ضَعِيفٌ.

Sunan Abū Dāūd 216: Telah menceritakan kepada kami Nashr bin ‘Alī, telah menceritakan kepada saya al-Ḥārits bin Wajīh, telah menceritakan kepada kami Mālik bin Dīnār, dari Muḥammad bin Sīrīn, dari Abū Hurairah dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya di bawah setiap rambut ada junub, maka basuhlah rambut dan cucilah kulit. Abū Dāūd berkata: Al-Ḥārits bin Wajīh haditsnya munkar dan dia dha‘īf.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: ST: 99; SIM: 589; MA: 23653.

سنن أبي داوود ٢١٧: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ أَخْبَرَنَا عَطَاءُ بْنُ السَّائِبِ عَنْ زَاذَانَ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ تَرَكَ مَوْضِعَ شَعْرَةٍ مِنْ جَنَابَةٍ لَمْ يَغْسِلْهَا فُعِلَ بِهَا كَذَا وَكَذَا مِنْ النَّارِ.قَالَ عَلِيٌّ فَمِنْ ثَمَّ عَادَيْتُ رَأْسِي ثَلاثًا وَكَانَ يَجُزُّ شَعْرَهُ.

Sunan Abū Dāūd 217: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl, telah menceritakan kepada kami Ḥammād, telah mengabarkan kepada kami ‘Athā’ bin as-Sā’ib, dari Zādzān, dari ‘Alī r.a. bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang meninggalkan tempat rambut tatkala mandi junub, dan dia tidak membasuhnya, maka dia diperlakukan dengannya begini dan begini dari api neraka.” ‘Alī berkata: Maka saya memotong rambut kepala saya tiga kali. Dia menggundul rambut kepalanya.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: SIM: 591; MA: 689, 755, 1066; SD: 744.

  1. Apakah Wanita Harus Mengurai Rambut Saat Mandi Junub.

سنن أبي داوود ٢١٩: حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَابْنُ السَّرْحِ قَالا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ رَافِعٍ مَوْلَى أُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ امْرَأَةً مِنْ الْمُسْلِمِينَ وَقَالَ زُهَيْرٌ أَنَّهَا قَالَتْ يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي امْرَأَةٌ أَشُدُّ ضُفُرَ رَأْسِي أَفَأَنْقُضُهُ لِلْجَنَابَةِ قَالَ إِنَّمَا يَكْفِيكِ أَنْ تَحْفِنِي عَلَيْهِ ثَلاثًا وَقَالَ زُهَيْرٌ تُحْثِي عَلَيْهِ ثَلاثَ حَثَيَاتٍ مِنْ مَاءٍ ثُمَّ تُفِيضِي عَلَى سَائِرِ جَسَدِكِ فَإِذَا أَنْتِ قَدْ طَهُرْتِ. حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ السَّرْحِ حَدَّثَنَا ابْنُ نَافِعٍ يَعْنِي الصَّائِغَ عَنْ أُسَامَةَ عَنْ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ امْرَأَةً جَاءَتْ إِلَى أُمِّ سَلَمَةَ بِهذَا الْحَدِيثِ قَالَتْ فَسَأَلْتُ لَهَا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَعْنَاهُ قَالَ فِيهِ وَاغْمِزِي قُرُونَكِ عِنْدَ كُلِّ حَفْنَةٍ.

Sunan Abū Dāūd 219: Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Ḥarb dan Ibn-us-Sarḥ mereka berdua berkata: Telah menceritakan kepada kami Sufyān bin ‘Uyainah, dari Ayyūb bin Mūsā, dari Sa‘īd bin Abū Sa‘īd, dari ‘Abdullāh bin Rāfi‘, mantan sahaya Ummu Salamah, dari Ummu Salamah bahwasanya ada seorang wanita, dari kaum Muslimin, Zuhair berkata: bahwasanya dia bertanya: Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya saya adalah seorang wanita yang mengikat sanggul rambut kepala. Apakah saya harus melepasnya ketika mandi junub? Beliau menjawab: “Cukup bagimu menuangkan air tiga kali ke atasnya, kemudian menuangkannya ke seluruh tubuhmu, maka dengan demikian berarti kamu telah suci.” Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin ‘Amru bin as-Sarḥ, telah menceritakan kepada kami Ibnu Nāfi‘ ash-Shā’igh, dari Usāmah, dari al-Maqburī, dari Ummu Salamah bahwasanya ada seorang wanita datang kepada Ummu Salamah dengan hadits ini. Dia berkata: Maka aku pun bertanya kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk wanita tersebut, dengan maknanya, dia menyebutkan padanya: “Dan peraslah sanggul-sanggul kamu setiap tuangan (air) “.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ atau Ḥasan.

Pembanding: SIM: 595.

سنن أبي داوود ٢٢٠: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ نَافِعٍ عَنْ الْحَسَنِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ صَفِيَّةَ بِنْتِ شَيْبَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَتْ إِحْدَانَا إِذَا أَصَابَتْهَا جَنَابَةٌ أَخَذَتْ ثَلاثَ حَفَنَاتٍ هكَذَا تَعْنِي بِكَفَّيْهَا جَمِيعًا فَتَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا وَأَخَذَتْ بِيَدٍ وَاحِدَةٍ فَصَبَّتْهَا عَلَى هذَا الشِّقِّ وَالأُخْرَى عَلَى الشِّقِّ الآخَرِ.

Sunan Abū Dāūd 220: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmān bin Abī Syaibah, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Abī Bukair, telah menceritakan kepada kami Ibrāhīm bin Nāfi‘, dari al-Ḥasan bin Muslim, dari Shafiyyah binti Syaibah, dari ‘Ā’isyah dia berkata: Apabila salah seorang di antara kami (istri-istri Rasūlullāh) junub, maka dia mengambil tiga kali ciduk, begini, yakni dengan kedua telapak tangannya, lalu menuangkannya ke atas kepalanya dan mengambil satu ciduk lagi dengan tangannya lalu dituangkannya ke bagian kanannya dan satu ciduk lainnya ke bagian kirinya.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢٢١: حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ دَاوُدَ عَنْ عَمْرِو بْنِ سُوَيْدٍ عَنْ عَائِشَةَ بِنْتِ طَلْحَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كُنَّا نَغْتَسِلُ وَعَلَيْنَا الضِّمَادُ وَنَحْنُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُحِلَّاتٌ وَمُحْرِمَاتٌ.

Sunan Abū Dāūd 221: Telah menceritakan kepada kami Nashr bin ‘Alī, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Dāūd, dari ‘Amru bin Suwaid, dari ‘Ā’isyah binti Thalḥah, dari ‘Ā’isyah radhiyallāhu ‘anhā dia berkata: Kami pernah mandi, sedangkan di kepala kami ada kain yang diikatkan dan kami ketika itu bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dalam keadaan halal dan muhrim.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢٢٢: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَوْفٍ قَالَ قَرَأْتُ فِي أَصْلِ إِسْمَعِيلَ بْنِ عَيَّاشٍ قَالَ ابْنُ عَوْفٍ و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ عَنْ أَبِيهِ حَدَّثَنِي ضَمْضَمُ بْنُ زُرْعَةَ عَنْ شُرَيْحِ بْنِ عُبَيْدٍ قَالَ أَفْتَانِي جُبَيْرُ بْنُ نُفَيْرٍ عَنْ الْغُسْلِ مِنْ الْجَنَابَةِ أَنَّ ثَوْبَانَ حَدَّثَهُمْ أَنَّهُمْ اسْتَفْتَوْا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذلِكَ فَقَالَ أَمَّا الرَّجُلُ فَلْيَنْشُرْ رَأْسَهُ فَلْيَغْسِلْهُ حَتَّى يَبْلُغَ أُصُولَ الشَّعْرِ وَأَمَّا الْمَرْأَةُ فَلا عَلَيْهَا أَنْ لا تَنْقُضَهُ لِتَغْرِفْ عَلَى رَأْسِهَا ثَلاثَ غَرَفَاتٍ بِكَفَّيْهَا.

Sunan Abū Dāūd 222: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ‘Auf dia berkata: Saya membaca di dalam kitab Ismā‘īl bin ‘Ayyāsy berkata Ibnu ‘Auf, dan telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ismā‘īl, dari ayahnya, telah menceritakan kepada saya Dhamdham bin Zur‘ah, dari Syuraiḥ bin ‘Ubaid dia berkata: Jubair bin Nufair pernah memberi fatwa kepadaku tentang mandi junub, bahwasanya Tsaubān pernah menceritakan kepada mereka, bahwasanya mereka pernah meminta fatwa kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang hal tersebut, maka beliau bersabda: “Adapun laki-laki, hendaklah dia menyiram kepalanya, lalu membasuhnya sampai ke pangkal rambut. Sedangkan wanita, maka tidak harus melepaskan sanggul kepalanya. Ciduklah air dan tuangkanlah ke atas kepalanya sebanyak tiga kali cidukan dengan kedua telapak tangannya.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: Tidak ada.

  1. Apakah Mewakili Dari Mandi Junub?

سنن أبي داوود ٢٢٣: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ زِيَادٍ حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ قَيْسِ بْنِ وَهْبٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِي سُوَاءَةَ بْنِ عَامِرٍ عَنْ عَائِشَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَغْسِلُ رَأْسَهُ بِالْخِطْمِيِّ وَهُوَ جُنُبٌ يَجْتَزِئُ بِذلِكَ وَلا يَصُبُّ عَلَيْهِ الْمَاءَ.

Sunan Abū Dāūd 223: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ja‘far bin Ziyād, telah menceritakan kepada kami Syarīk, dari Qais bin Wahb, dari seorang lelaki, dari bani Suwā’ah bin ‘Āmir, dari ‘Ā’isyah, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau membasuh kepalanya dengan tumbuhan Khithmī pada waktu mandi junub, cukup dengan itu tanpa mengguyur lagi kepalanya.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: Tidak ada.

  1. Suami-istri Siram-siraman Air Saat Mandi Junub.

سنن أبي داوود ٢٢٤: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ قَيْسِ بْنِ وَهْبٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِي سُوَاءَةَ بْنِ عَامِرٍ عَنْ عَائِشَةَ فِيمَا يَفِيضُ بَيْنَ الرَّجُلِ وَالْمَرْأَةِ مِنْ الْمَاءِ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْخُذُ كَفًّا مِنْ مَاءٍ يَصُبُّ عَلَيَّ الْمَاءَ ثُمَّ يَأْخُذُ كَفًّا مِنْ مَاءٍ ثُمَّ يَصُبُّهُ عَلَيْهِ.

Sunan Abū Dāūd 224: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Rāfi‘, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ādam, telah menceritakan kepada kami Syarīk, dari Qais bin Wahb, dari seorang lelaki, dari Bani Suwā’ah bin ‘Amir, dari ‘Ā’isyah tentang air yang dituangkan pada laki-laki dan wanita. Dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam (tatkala mandi junub) mengambil air setelapak tangan kemudian menuangkan air tersebut padaku, lalu mengambil air setelapak tangan lagi dan menuangkannya padanya.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: SM: 518, 519; SN: 199; SIM: 599; MA: 10813, 10882, 11010, 22431, 22472, 24045, SD: 751.