Sunan Abu Daud no.170 s.d 175 – Beberapa Perkara Penting Terkait Wudhu’ Dan Shalat (2)

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

سنن أبي داوود ٠٧١: حَدَّثَنَا أَبُوْ تَوْبَةَ الرَّبِيعُ بْنُ نَافِعٍ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ حَدَّثَنِي صَدَقَةُ بْنُ يَسَارٍ عَنْ عَقِيلِ بْنِ جَابِرٍ عَنْ جَابِرٍ قَالَ خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَعْنِي فِي غَزْوَةِ ذَاتِ الرِّقَاعِ فَأَصَابَ رَجُلٌ امْرَأَةَ رَجُلٍ مِنْ الْمُشْرِكِيْنَ فَحَلَفَ أَنْ لاَ أَنْتَهِيَ حَتَّى أُهَرِيْقَ دَمًا فِيْ أَصْحَابِ مُحَمَّدٍ فَخَرَجَ يَتْبَعُ أَثَرَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَنَزَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْزِلاً فَقَالَ مَنْ رَجُلٌ يَكْلَؤُنَا فَانْتَدَبَ رَجُلٌ مِنْ الْمُهَاجِرِيْنَ وَرَجُلٌ مِنْ الأَنْصَارِ فَقَالَ كُوْنَا بِفَمِ الشِّعْبِ قَالَ فَلَمَّا خَرَجَ الرَّجُلاَنِ إِلَى فَمِ الشِّعْبِ اضْطَجَعَ الْمُهَاجِرِيُّ وَ قَامَ الأَنْصَارِيُّ يُصَلِّ وَ أَتَى الرَّجُلُ فَلَمَّا رَأَى شَخْصَهُ عَرِفَ أَنَّهُ رَبِيئَةٌ لِلْقَوْمِ فَرَمَاهُ بِسَهْمٍ فَوَضَعَهُ فِيهِ فَنَزَعَهُ حَتَّى رَمَاهُ بِثَلاَثَةِ أَسْهُمٍ ثُمَّ رَكَعَ وَ سَجَدَ ثُمَّ انْتَبَهَ صَاحِبُهُ فَلَمَّا عَرِفَ أَنَّهُمْ قَدْ نَذِرُوْا بِهِ هَرَبَ وَ لَمَّا رَأَى الْمُهَاجِرِيُّ مَا بِالأَنْصَارِيِّ مِنْ الدَّمِ قَالَ سُبْحَانَ اللهِ أَلاَ أَنْبَهْتَنِيْ أَوَّلَ مَا رَمَى قَالَ كُنْتَ فِيْ سُوْرَةٍ أَقْرَؤُهَا فَلَمْ أُحِبَّ أَنْ أَقْطَعَهَا.

Sunan Abū Dāūd 170: Telah menceritakan kepada kami Abū Taubah ar-Rabī’ bin Nāfi‘, telah menceritakan kepada kami Ibn-ul-Mubārak dari Muḥammad bin Isḥāq, telah menceritakan kepada saya Shadaqah bin Yasār, dari ‘Aqīl bin Jābir, dari Jābir dia berkata: Kami pernah keluar bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, yakni pada perang Dzāt-ur-Riqā‘, kemudian ada seseorang (dari kaum Muslimin) yang menangkap istri seorang laki-laki kaum musyrikin. Maka dia (sang suami) bersumpah dengan berujar: “Saya tidak akan henti-hentinya membalas, sehingga aku dapat menumpahkan darah seseorang dari kalangan sahabat Muḥammad.” Maka dia pun pergi mengikuti jejak Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Setelah Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam singgah di suatu tempat, beliau bersabda: “Siapa yang akan menjaga kita?” Maka seorang dari kaum Muhājirīn dan seorang dari Anshār memenuhinya. Lalu beliau bersabda: “Berjagalah kalian berdua di mulut celah kedua bukit itu!” Jābir berkata: Tatkala kedua orang tersebut pergi ke celah bukit tersebut, laki-laki dari Muhājirīn itu berbaring (tidur), sedangkan laki-laki dari Anshār berdiri (melaksanakan shalat), lalu laki-laki musyrik itu datang. Tatkala si musyrik itu melihat sosok orang Anshār tersebut, dia mengetahui bahwa orang Anshār itu adalah perintis pasukan, maka dia pun melemparkan anak panah ke arahnya dan mengenainya. Maka orang Anshār itu mencabut anak panah tersebut, sampai si musyrik memanahnya dengan tiga anak panah, lalu orang Anshār itu rukuk dan sujud. Kemudian sahabatnya (orang Muhājirīn) terbangun. Tatkala si musyrik itu mengetahui bahwa para sahabat telah mengetahuinya, maka dia pun lari. Pada saat laki-laki Muhājirīn itu melihat tubuh laki-laki Anshār itu berlumuran darah, dia berkata: Subḥānallāh (Maha suci Allah), mengapa kamu tidak membangunkanku ketika dia memanahmu pertama kali? Dia menjawab: Waktu itu saya sedang membaca suatu surat, sementara aku tidak suka memotong bacaan tersebut (hingga selesai).

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ١٧١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي نَافِعٌ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شُغِلَ عَنْهَا لَيْلَةً فَأَخَّرَهَا حَتَّى رَقَدْنَا فِي الْمَسْجِدِ ثُمَّ اسْتَيْقَظْنَا ثُمَّ رَقَدْنَا ثُمَّ اسْتَيْقَظْنَا ثُمَّ رَقَدْنَا ثُمَّ خَرَجَ عَلَيْنَا فَقَالَ لَيْسَ أَحَدٌ يَنْتَظِرُ الصَّلاةَ غَيْرُكُمْ.

Sunan Abū Dāūd 171: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Muḥammad bin Ḥanbal, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Razzāq, telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij, telah mengabarkan kepada saya Nāfi‘, telah menceritakan kepada saya ‘Abdullāh bin ‘Umar bahwasanya pada suatu malam Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam disibukkan dari Shalat ‘Isyā’ (karena persiapan perang), oleh karena itu beliau mengakhirkan pelaksanaannya, sehingga kami tidur di masjid, kemudian bangun, lalu tidur kembali, kemudian bangun, lalu tidur kembali, kemudian beliau keluar menemui kami seraya bersabda: “Tidak ada seorang pun yang menunggu shalat selain kalian.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٢٧١: حَدَّثَنَا شَاذُّ بْنُ فَيَّاضٍ حَدَّثَنَا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَنْتَظِرُوْنَ الْعِشَاءَ الآخِرَةَ حَتَّى تَخْفِقَ رُءُوْسُهُمْ ثُمَّ يُصَلُّوْنَ وَ لاَ يَتَوَضَّئُوْنَ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ زَادَ فِيْهِ شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ قَالَ كُنَّا نَخْفِقُ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ رَوَاهُ ابْنُ أَبِيْ عَرُوْبَةَ عَنْ قَتَادَةَ بِلَفْظٍ آخَرَ.

Sunan Abū Dāūd 172: Telah menceritakan kepada kami Syādz bin Fayyādh, telah menceritakan kepada kami Hisyām ad-Dastuwā’ī, dari Qatādah, dari Anas dia berkata: Sahabat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam biasa menunggu akhir Shalat ‘Isyā’ sampai kepala mereka manggut-manggut (mengantuk), kemudian mereka mengerjakan shalat dan tidak berwudhu’ lagi. Abū Dāūd berkata: Syu‘bah menambahkan padanya dari Qatādah, dia Anas berkata: Kami pernah mengantuk pada masa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Dan diriwayatkan oleh Ibnu Abī ‘Arūbah, dari Qatādah dengan lafazh yang lain.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SN: 530.

سنن أبي داوود ٣٧١: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيْلَ وَ دَاوُدُ بْنُ شَبِيْبٍ قَالاَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ قَالَ أُقِيمَتْ صَلاَةُ الْعِشَاءِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنَّ لِيْ حَاجَةً فَقَامَ يُنَاجِيْهِ حَتَّى نَعَسَ الْقَوْمُ أَوْ بَعْضُ الْقَوْمِ ثُمَّ صَلَّى بِهِمْ وَ لَمْ يَذْكُرْ وُضُوْءًا.

Sunan Abū Dāūd 173: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl dan Dāūd bin Syabīb mereka berdua berkata: Telah menceritakan kepada kami Ḥammād bin Salamah, dari Tsābit al-Bunānī bahwasanya Anas bin Mālik berkata: Telah dikumandangkan iqamat Shalat ‘Isyā’, tiba-tiba ada seorang laki-laki berdiri seraya berkata: Wahai Rasūlullāh, saya ada perlu (kepada anda)! Maka beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam berdiri berbincang-bincang dengannya, sehingga para sahabat atau sebagian mereka mengantuk, kemudian beliau melaksanakan shalat bersama mereka. Dan dia (Tsābit al-Bunānī) tidak menyebutkan tentang wudhu’ (dalam riwayat ini).

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: MA: 11685, 12415.

سنن أبي داوود ٤٧١: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مَعِينٍ وَ هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ وَ عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ عَنْ عَبْدِ السَّلامِ بْنِ حَرْبٍ وَ هذَا لَفْظُ حَدِيْثِ يَحْيَى عَنْ أَبِي خَالِدٍ الدَّالانِيِّ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَسْجُدُ وَ يَنَامُ وَ يَنْفُخُ ثُمَّ يَقُوْمُ فَيُصَلِّي وَ لاَ يَتَوَضَّأُ قَالَ فَقُلْتُ لَهُ صَلَّيْتَ وَ لَمْ تَتَوَضَّأْ وَ قَدْ نِمْتَ فَقَالَ إِنَّمَا الْوُضُوْءُ عَلَى مَنْ نَامَ مُضْطَجِعًا زَادَ عُثْمَانُ وَ هَنَّادٌ فَإِنَّهُ إِذَا اضْطَجَعَ اسْتَرْخَتْ مَفَاصِلُهُ. قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ قَوْلُهُ الْوُضُوْءُ عَلَى مَنْ نَامَ مُضْطَجِعًا هُوَ حَدِيْثٌ مُنْكَرٌ لَمْ يَرْوِهِ إِلاَّ يَزِيْدُ أَبُوْ خَالِدٍ الدَّالاَنِيُّ عَنْ قَتَادَةَ وَ رَوَى أَوَّلَهُ جَمَاعَةٌ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَ لَمْ يَذْكُرُوْا شَيْئًا مِنْ هذَا وَ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَحْفُوْظًا وَ قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَنَامُ عَيْنَايَ وَ لاَ يَنَامُ قَلْبِيْ وَ قَالَ شُعْبَةُ إِنَّمَا سَمِعَ قَتَادَةُ مِنْ أَبِي الْعَالِيَةِ أَرْبَعَةَ أَحَادِيْثَ حَدِيْثَ يُوْنُسَ بْنِ مَتَّى وَ حَدِيْثَ ابْنِ عُمَرَ فِي الصَّلاَةِ وَ حَدِيْثَ الْقُضَاةُ ثَلاَثَةٌ وَ حَدِيْثَ ابْنِ عَبَّاسٍ حَدَّثَنِيْ رِجَالٌ مَرْضِيُّوْنَ مِنْهُمْ عُمَرُ وَ أَرْضَاهُمْ عِنْدِيْ عُمَرُ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ وَ ذَكَرْتُ حَدِيْثَ يَزِيْدَ الدَّالاَنِيِّ لأَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ فَانْتَهَرَنِي اسْتِعْظَامًا لَهُ وَ قَالَ مَا لِيَزِيْدَ الدَّالاَنِيِّ يُدْخِلُ عَلَى أَصْحَابِ قَتَادَةَ وَ لَمْ يَعْبَأْ بِالْحَدِيْثِ.

Sunan Abū Dāūd 174: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ma‘īn dan Hannād bin as-Sarī dan ‘Utsmān bin Abī Syaibah, dari ‘Abd-us-Salām bin Ḥarb dan ini adalah lafazh hadits Yaḥyā, dari Abū Khālid ad-Dālānī, dari Qatādah, dari Abūl-‘Alīyah, dari Ibnu ‘Abbās bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah sujud dan tidur serta mengeluarkan suara, kemudian beliau bangkit untuk shalat dan tidak berwudhu’ kembali. Dia (Ibnu ‘Abbās) berkata: Maka saya tanyakan kepada beliau: Baginda shalat dan tidak berwudhu’, padahal baginda telah tidur. Maka beliau bersabda: “Sesungguhnya wudhu’ hanyalah wajib bagi orang yang tidur dengan berbaring.” Utsmān dan Hannād menambahkan dengan lafazh: “Karena apabila dia tidur berbaring, maka seluruh persendiannya loyo.” Abū Dāūd berkata: Hadits tentang berwudhu’ bagi orang yang tidur berbaring adalah hadits munkar, tidak ada yang meriwayatkannya kecuali Yazīd Abū Khālid ad-Dālānī, dari Qatādah. Awal Hadits ini diriwayatkan oleh Jama‘ah dari Ibnu ‘Abbās, dan mereka tidak menyebutkan sedikit pun tentang ini (berwudhu bagi yang tidur berbaring),

dan dia berkata: Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam terpelihara (dari tidurnya hati). Dan ‘Ā’isyah r.a. berkata: Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kedua mataku tertidur akan tetapi hatiku tidak.” Syu‘bah berkata: Sesungguhnya Qatādah mendengar dari Abul-‘Alīyah hanya empat hadits, yaitu: Hadits Yūnus bin Mattā, hadits Ibnu ‘Umar tentang shalat, Hadits tentang keterangan bahwa para hakim itu ada tiga golongan, dan hadits Ibnu ‘Abbās, telah menceritakan kepada saya orang-orang yang diridhai yang di antaranya ‘Umar, dan yang lebih diridhai menurutku adalah ‘Umar. Abū Dāūd berkata: Saya pernah menyebutkan hadits Yazīd ad-Dālānī kepada Aḥmad bin Ḥanbal, maka dia memperingatkanku dengan keras karena pengingkarannya yang begitu besar pada riwayat tersebut, dan dia berkata: Apa urusan Yazīd ad-Dālānī dengan memasukkan pada para sahabat Qatādah apa-apa yang tidak mereka riwayatkan. Dia (Aḥmad) tidak mempedulikan hadits tersebut.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: ST: 72.

سنن أبي داوود ٥٧١: حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ الْحِمْصِيُّ فِي آخَرِيْنَ قَالُوْا حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ عَنْ الْوَضِيْنِ بْنِ عَطَاءٍ عَنْ مَحْفُوْظِ بْنِ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَائِذٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وِكَاءُ السَّهِ الْعَيْنَانِ فَمَنْ نَامَ فَلْيَتَوَضَّأْ.

Sunan Abū Dāūd 175: Telah menceritakan kepada kami Ḥaiwah bin Syuraiḥ al-Ḥimshī … telah menceritakan kepada kami Baqiyyah dari al-Wadhīn bin ‘Athā’, dari Maḥfūzh bin ‘Alqamah, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Ā’idz, dari ‘Alī bin Abī Thālib dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tali pantat adalah kedua mata, maka barang siapa yang tidur, hendaklah dia berwudhu’.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan.

Pembanding: SIM: 470; MA: 845.