سنن أبي داوود ٠٤١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاءِ حَدَّثَنَا حَفْصٌ يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ عَنْ الأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ عَنْ عَبْدِ خَيْرٍ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ لَوْ كَانَ الدِّينُ بِالرَّأْيِ لَكَانَ أَسْفَلُ الْخُفِّ أَوْلَى بِالْمَسْحِ مِنْ أَعْلاَهُ وَ قَدْ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَمْسَحُ عَلَى ظَاهِرِ خُفَّيْهِ.حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ عَنْ الأَعْمَشِ بِإِسْنَادِهِ بِهذَا الْحَدِيْثِ قَالَ مَا كُنْتُ أَرَى بَاطِنَ الْقَدَمَيْنِ إِلاَّ أَحَقَّ بِالْغَسْلِ حَتَّى رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَمْسَحُ عَلَى ظَهْرِ خُفَّيْهِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاَءِ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ عَنْ الأَعْمَشِ بِهذَا الْحَدِيْثِ قَالَ لَوْ كَانَ الدِّيْنُ بِالرَّأْيِ لَكَانَ بَاطِنُ الْقَدَمَيْنِ أَحَقَّ بِالْمَسْحِ مِنْ ظَاهِرِهِمَا وَ قَدْ مَسَحَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَلَى ظَهْرِ خُفَّيْهِ وَ رَوَاهُ وَكِيْعٌ عَنْ الأَعْمَشِ بِإِسْنَادِهِ قَالَ كُنْتُ أَرَى أَنَّ بَاطِنَ الْقَدَمَيْنِ أَحَقُّ بِالْمَسْحِ مِنْ ظَاهِرِهِمَا حَتَّى رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَمْسَحُ عَلَى ظَاهِرِهِمَا قَالَ وَكِيعٌ يَعْنِي الْخُفَّيْنِ وَرَوَاهُ عِيْسَى بْنُ يُوْنُسَ عَنْ الأَعْمَشِ كَمَا رَوَاهُ وَكِيعٌ وَ رَوَاهُ أَبُو السَّوْدَاءِ عَنْ ابْنِ عَبْدِ خَيْرٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ رَأَيْتُ عَلِيًّا تَوَضَّأَ فَغَسَلَ ظَاهِرَ قَدَمَيْهِ وَ قَالَ لَوْ لاَ أَنِّيْ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَفْعَلُهُ وَ سَاقَ الْحَدِيْثَ.
Sunan Abū Dāūd 140: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-‘Alā, telah menceritakan kepada kami Ḥafsh bin Ghiyāts, dari al-A‘masy dari Abū Isḥāq, dari ‘Abdu Khair, dari ‘Alī radhiyallahu ‘anhu dia berkata: Seandainya agama (Islam) itu berdasarkan hasil pikiran, niscaya bagian bawah sepatu lebih pantas untuk diusap daripada bagian atasnya, dan sungguh saya telah melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusap bagian atas kedua khufnya. Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Rāfi‘, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ādam dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Yazīd bin ‘Abd-ul-‘Azīz, dari al-A‘masy dengan isnād-nya, dengan hadits ini, dia (‘Alī) berkata: Saya tidak pernah membayangkan kecuali bahwa bagian bahwa kedua telapak kaki itu lebih pantas untuk dibasuh, sampai saya melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusap bagian atas kedua khuf beliau. Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-‘Alā’, telah menceritakan kepada kami Ḥafsh bin Ghiyāts dari al-A‘masy dengan hadits ini, dia (‘Alī) berkata: Seandainya agama (Islam) itu berdasarkan hasil pikiran, tentulah bagian dalam kedua kaki lebih pantas untuk diusap daripada bagian atasnya. Dan sungguh Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam telah mengusap bagian atas kedua khufnya. Dan diriwayatkan oleh Wakī‘, dari al-A‘masy dengan isnād-nya, dia (‘Alī) berkata: Saya pernah berpendapat bahwa bagian bawah telapak kaki itu lebih pantas untuk diusap daripada bagian atasnya, hingga saya melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusap bagian luar (atas) keduanya. Wakī‘ berkata: Maksudnya sepasang khuf. Dan diriwayatkan oleh ‘Īsā bin Yūnus, dari al-A‘masy sebagaimana diriwayatkan oleh Wakī‘ dan diriwayatkan oleh Abus-Saudā’, dari Ibnu ‘Abdi Khair, dari ayahnya dia berkata: Saya pernah melihat ‘Alī berwudhu’, dia membasuh bagian luar (atas) kedua telapak kakinya dan berkata: Seandainya bukan karena aku melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam melakukannya, … lalu dia menyebutkan Hadits tersebut.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SM: 402, 405; SN: 104; SM: 83, 211, 364, 16607, 16609, 16610, 16953, 16957, 21440, 21445, 21448, 22602, 22790.
سنن أبي داوود ١٤١: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ مَرْوَانَ وَمَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ الدِّمَشْقِيُّ الْمَعْنَى قَالا حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ قَالَ مَحْمُوْدٌ أَخْبَرَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ رَجَاءِ بْنِ حَيْوَةَ عَنْ كَاتِبِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ وَضَّأْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ فَمَسَحَ أَعْلَى الْخُفَّيْنِ وَ أَسْفَلَهُمَا. قَالَ أَبُوْ دَاوُد وَبَلَغَنِيْ أَنَّهُ لَمْ يَسْمَعْ ثَوْرُ هذَا الْحَدِيْثَ مِنْ رَجَاءٍ.
Sunan Abū Dāūd 141: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Marwān dan Maḥmūd bin Khālid ad-Dimasyqī secara makna, telah menceritakan kepada kami al-Walīd berkata Maḥmūd, telah mengabarkan kepada kami Tsaur bin Yazīd, dari Rajā’ bin Ḥaiwah, dari Sekretatis al-Mughīrah bin Syu‘bah, dari Mughīrah bin Syu‘bah dia berkata: Saya pernah menuangkan air wudhu’ Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam pada saat perang Tabūk, beliau mengusap bagian atas dan bagian bawah kedua khufnya. Abū Dāūd berkata: Telah sampai kepadaku bahwa Tsaur tidak mendengar hadits ini dari Rajā’.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf
Pembanding: Tidak ada.
سنن أبي داوود ٢٤١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ هُوَ الثَّوْرِيُّ عَنْ مَنْصُوْرٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ سُفْيَانَ بْنِ الْحَكَمِ الثَّقَفِيِّ أَوْ الْحَكَمِ بْنِ سُفْيَانَ الثَّقَفِيِّ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا بَالَ يَتَوَضَّأُ وَ يَنْتَضِحُ
قَالَ أَبُو دَاوُد وَافَقَ سُفْيَانَ جَمَاعَةٌ عَلَى هذَا الإِسْنَادِ وَ قَالَ بَعْضُهُمْ الْحَكَمُ أَوْ ابْنُ الْحَكَمِ.
Sunan Abū Dāūd 142: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Katsīr, telah menceritakan kepada kami Sufyān ats-Tsaurī, dari Manshūr, dari Mujāhid, dari Sufyān bin al-Ḥakam ats-Tsaqafī atau al-Ḥakam bin Sufyān ats-Tsaqafī dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam apabila buang air kecil, beliau kemudian berwudhu’ dan juga membasuh kemaluannya dengan air. Abū Dāūd berkata: Jama‘ah sepakat dengan lafazh Sufyān dalam sanad ini, dan sebagian mereka menyebutkan: al-Ḥakam atau Ibn-ul-Ḥakam.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: Tidak ada.
سنن أبي داوود ٣٤١: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ هُوَ ابْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ ابْنِ أَبِيْ نَجِيْحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ ثَقِيْفٍ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بَالَ ثُمَّ نَضَحَ فَرْجَهُ.
Sunan Abū Dāūd 143: Telah menceritakan kepada kami Isḥāq bin Ismā‘īl, telah menceritakan kepada kami Sufyān bin ‘Uyainah, dari Ibnu Abī Nājiḥ, dari Mujāhid, dari seorang lelaki, dari Tsaqīf, dari ayahnya dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah buang air kecil kemudian memercikkan air kepada kemaluan beliau.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SAD: 144; MA: 14840, 14841, 16044, 17179, 17181, 22142, 22372, 22373, 22374, 22375.
سنن أبي داوود ٤٤١: حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ الْمُهَاجِرِ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو حَدَّثَنَا زَائِدَةُ عَنْ مَنْصُوْرٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ الْحَكَمِ أَوْ ابْنِ الْحَكَمِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بَالَ ثُمَّ تَوَضَّأَ وَ نَضَحَ فَرْجَهُ.
Sunan Abū Dāūd 144: Telah menceritakan kepada kami Nashr bin al-Muhājir, telah menceritakan kepada kami Mu‘āwiyah bin ‘Amru, telah menceritakan kepada kami Zā’idah, dari Manshūr, dari Mujāhid, dari al-Ḥakam atau Ibn-ul-Ḥakam, dari ayahnya bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam buang air kecil, kemudian beliau berwudhu’ dan memercikkan air kepada kemaluannya.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SN: 135; SIM: 454; MA: 14840, 14841, 16044, 16958, 17179, 17180, 17181, 18377, 18438, 18439, 18440, 22142, 22372, 22373, 22374, 22375; SD: 705.
سنن أبي داوود ٥٤١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ سَمِعْتُ مُعَاوِيَةَ يَعْنِي ابْنَ صَالِحٍ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُدَّامَ أَنْفُسِنَا نَتَنَاوَبُ الرِّعَايَةَ رِعَايَةَ إِبِلِنَا فَكَانَتْ عَلَيَّ رِعَايَةُ الإِبِلِ فَرَوَّحْتُهَا بِالْعَشِيِّ فَأَدْرَكْتُ رَسُوْلَ اللهِ يَخْطُبُ النَّاسَ فَسَمِعْتُهُ يَقُوْلُ مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوْءَ ثُمَّ يَقُوْمُ فَيَرْكَعُ رَكْعَتَيْنِ يُقْبِلُ عَلَيْهِمَا بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ إِلا قَدْ أَوْجَبَ. فَقُلْتُ بَخٍ بَخٍ مَا أَجْوَدَ هذِهِ فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ الَّتِيْ قَبْلَهَا يَا عُقْبَةُ أَجْوَدُ مِنْهَا فَنَظَرْتُ فَإِذَا هُوَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ فَقُلْتُ مَا هِيَ يَا أَبَا حَفْصٍ قَالَ إِنَّهُ قَالَ آنِفًا قَبْلَ أَنْ تَجِيءَ مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوْءَ ثُمَّ يَقُوْلُ حِيْنَ يَفْرُغُ مِنْ وُضُوْئِهِ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ قَالَ مُعَاوِيَةُ وَحَدَّثَنِيْ رَبِيعَةُ بْنُ يَزِيْدَ عَنْ أَبِي إِدْرِيْسَ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عِيْسَى حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ عَنْ حَيْوَةَ وَهُوَ ابْنُ شُرَيْحٍ عَنْ أَبِيْ عَقِيْلٍ عَنْ ابْنِ عَمِّهِ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ أَمْرَ الرِّعَايَةِ قَالَ عِنْدَ قَوْلِهِ فَأَحْسَنَ الْوُضُوْءَ ثُمَّ رَفَعَ بَصَرَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ وَسَاقَ الْحَدِيْثَ بِمَعْنَى حَدِيثِ مُعَاوِيَةَ.
Sunan Abū Dāūd 145: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Sa‘īd al-Hamdānī, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb: Saya mendengar Mu‘āwiyah bin Shāliḥ menceritakan hadits dari Abū ‘Utsmān, dari Jubair bin Nufair, dari ‘Uqbah bin ‘Āmir dia berkata: Kami bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam adalah pelayan terhadap diri kami sendiri, yaitu kami bergantian menggembala unta kami. Ketika giliranku menggembala unta, pada waktu sore saya masukkan ke dalam kandangnya, lalu saya mendapati Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam sedang menyampaikan khutbah kepada orang banyak. Maka saya mendengar beliau bersabda: “Tiadalah seorang di antara kalian yang berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya, kemudian dia berdiri mengerjakan shalat dua rakaat dan dia menghadapkan hati dan wajahnya, melainkan dia pasti masuk surga.” Maka saya berkata: Bagus! Bagus! Alangkah bagusnya ungkapan ini! Lalu ada seorang laki-laki di depanku berkata: Ungkapan sebelumnya lebih bagus lagi wahai ‘Uqbah. Maka aku memandang kepada orang tersebut, ternyata dia adalah ‘Umar bin al-Khaththāb r.a.. Aku bertanya: Apakah ungkapan itu wahai Abū Ḥafsh? Dia menjawab: Sesungguhnya beliau bersabda tadi sebelum engkau datang: “Tidaklah seseorang di antara kalian berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya, kemudian setelah berwudhu’ dia mengucapkan doa: ‘Asyhadu an lā ilāha illalāhu wahdahu lā syarīka lahu, wa anna Muḥammadan ‘abduhu wa rasūluhu (Aku bersaksi, bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muḥammad adalah hamba dan rasul-Nya) ‘, melainkan dibukakan baginya pintu-pintu surga yang delapan, dia boleh masuk dari pintu mana saja yang dia inginkan.” Mu‘āwiyah berkata: Rabī‘ah bin Yazīd telah menceritakan kepada kami, dari Abū Idrīs, dari ‘Uqbah bin ‘Āmir, telah menceritakan kepada kami al-Ḥusain bin ‘Īsā, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Yazīd al-Muqrī, dari Ḥaiwah bin Syuraiḥ, dari Abū ‘Aqīl, dari anak pamannya, dari ‘Uqbah bin ‘Āmir al-Juhanī, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dengan lafazh semisal tanpa menyebutkan perkara penggembalaan. Dan dia menyebutkan setelah sabda beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam: “… dan membaguskan wudhu’nya, lalu mengangkat pandangannya ke langit, kemudian mengucapkan…” dan dia pun menyebutkan hadits yang semakna dengan hadits Mu‘āwiyah.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ atau Dha‘īf
Pembanding: SM: 345; SAD: 771; SIM: 463; MA: 3440, 16676, 16752.
سنن أبي داوود ٦٤١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ عَمْرِو بْنِ عَامِرٍ الْبَجَلِيِّ قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ أَبُو أَسَدِ بْنُ عَمْرٍو قَالَ سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ عَنْ الْوُضُوْءِ فَقَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ لِكُلِّ صَلاَةٍ وَكُنَّا نُصَلِّي الصَّلَوَاتِ بِوُضُوْءٍ وَاحِدٍ.
Sunan Abū Dāūd 146: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ‘Īsā, telah menceritakan kepada kami Syarīk dari ‘Amru bin ‘Āmir al-Bajalī berkata Muḥammad, yaitu Abū Asad bin ‘Amru dia berkata: Saya pernah bertanya kepada Anas bin Mālik tentang cara berwudhu’. Maka dia menjawab: Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam biasa berwudhu’ untuk setiap kali akan mengerjakan shalat. Dan kami pun pernah mengerjakan beberapa shalat dengan sekali wudhu’.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SN: 133; SIM: 502.
سنن أبي داوود ٧٤١: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ أَخْبَرَنَا يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ حَدَّثَنِي عَلْقَمَةُ بْنُ مَرْثَدٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ صَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْفَتْحِ خَمْسَ صَلَوَاتٍ بِوُضُوءٍ وَاحِدٍ وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ فَقَالَ لَهُ عُمَرُ إِنِّي رَأَيْتُكَ صَنَعْتَ الْيَوْمَ شَيْئًا لَمْ تَكُنْ تَصْنَعُهُ قَالَ عَمْدًا صَنَعْتُهُ.
Sunan Abū Dāūd 147: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah mengabarkan kepada kami Yaḥyā, dari Sufyān, telah menceritakan kepada saya ‘Alqamah bin Martsad, dari Sulaimān bin Buraidah, dari ayahnya, dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah mengerjakan lima kali shalat pada peristiwa Fatḥu Makkah dengan sekali wudhu’, dan beliau mengusap bagian atas kedua khufnya. Kemudian ‘Umar berkata kepada beliau: Sesungguhnya saya melihat engkau pada hari ini melakukan sesuatu yang belum pernah engkau lakukan sebelumnya. Beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Sengaja aku melakukannya.”
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SM: 415; MA: 2566, 2629, 21888; SD: 1796.
سنن أبي داوود ٨٤١: حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ جَرِيرِ بْنِ حَازِمٍ أَنَّهُ سَمِعَ قَتَادَةَ بْنَ دِعَامَةَ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَجُلاً جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ تَوَضَّأَ وَتَرَكَ عَلَى قَدَمِهِ مِثْلَ مَوْضِعِ الظُّفْرِ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ارْجِعْ فَأَحْسِنْ وُضُوءَكَ. قَالَ أَبُو دَاوُد هذَا الْحَدِيثُ لَيْسَ بِمَعْرُوفٍ عَنْ جَرِيرِ بْنِ حَازِمٍ وَلَمْ يَرْوِهِ إِلا ابْنُ وَهْبٍ وَحْدَهُ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ مَعْقِلِ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ الْجَزَرِيِّ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ عَنْ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ قَالَ ارْجِعْ فَأَحْسِنْ وُضُوءَكَ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ أَخْبَرَنَا يُونُسُ وَحُمَيْدٌ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَعْنَى قَتَادَةَ.
Sunan Abū Dāūd 148: Telah menceritakan kepada kami Hārūn bin Ma‘rūf, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb dari Jarīr bin Ḥāzim bahwa dia mendengar Qatādah bin Di‘āmah, telah menceritakan kepada kami Anas bin Mālik bahwasanya ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, sedangkan dia telah berwudhu’, namun dia meninggalkan bagian di kakinya seperti tempat kuku (yang masih basah), maka Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya: “Kembali dan baguskanlah wudhu’mu.” Abū Dāūd berkata: Hadits ini tidak diketahui dari Jarīr bin Ḥāzim, dan tidak meriwayatkannya kecuali Ibnu Wahb sendirian. Hadits ini telah diriwayatkan dari Ma‘qil bin ‘Ubaidullāh al-Jazarī, dari Abuz-Zubair, dari Jābir, dari ‘Umar, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, semisal dengannya, beliau bersabda: “Kembali dan baguskanlah wudhu’mu.” Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl, telah menceritakan kepada kami Ḥammād, telah mengabarkan kepada kami Yūnus dan Ḥumaid, dari al-Ḥasan, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dengan makna hadits Qatādah (dari Anas).
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SIM: 657.
سنن أبي داوود ٩٤١: حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ عَنْ بُجَيْرٍ هُوَ ابْنُ سَعْدٍ عَنْ خَالِدٍ عَنْ بَعْضِ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى رَجُلاً يُصَلِّ وَفِي ظَهْرِ قَدَمِهِ لُمْعَةٌ قَدْرُ الدِّرْهَمِ لَمْ يُصِبْهَا الْمَاءُ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُعِيدَ الْوُضُوءَ وَالصَّلاةَ.
Sunan Abū Dāūd 149: Telah menceritakan kepada kami Ḥaiwah bin Syuraiḥ, telah menceritakan kepada kami Baqiyyah, dari Bujair bin Sa‘ad, dari Khālid, dari sebagian sahabat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, Bahwasanya Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah melihat seorang laki-laki yang sedang shalat, sedangkan di punggung telapak kakinya ada bagian sebesar dirham yang tidak terkena air. Maka Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mengulangi wudhu’ dan shalatnya.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SIM: 994; MA: 17316, 17317; SD: 1255.
سنن أبي داوود ٠٥١: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أُبَيِّ بْنِ خَلَفٍ قَالا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ وَعَبَّادِ بْنِ تَمِيمٍ عَنْ عَمِّهِ قَالَ شُكِيَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّجُلُ يَجِدُ الشَّيْءَ فِي الصَّلاةِ حَتَّى يُخَيَّلَ إِلَيْهِ فَقَالَ لا يَنْفَتِلْ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا.
Sunan Abū Dāūd 150: Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd dan Muḥammad bin Aḥmad bin Ubay bin Khalaf mereka berdua berkata: Telah menceritakan kepada kami Sufyān, dari az-Zuhrī, dari Sa‘īd bin al-Musayyib dan ‘Abbād bin Tamīm, dari Pamannya dia berkata: Telah diadukan kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tentang seseorang yang mendapatkan sesuatu dalam shalatnya sehingga membuatnya ragu, maka beliau bersabda: “Hendaklah dia jangan keluar dari shalatnya sehingga dia mendengar suara atau mendapatkan bau“.
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: SB: 134, 171, 1915; SM: 540; SN: 160; SIM: 506, 507; MA: 15855.
سنن أبي داوود ١٥١: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ أَخْبَرَنَا سُهَيْلُ بْنُ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلاةِ فَوَجَدَ حَرَكَةً فِي دُبُرِهِ أَحْدَثَ أَوْ لَمْ يُحْدِثْ فَأَشْكَلَ عَلَيْهِ فَلا يَنْصَرِفْ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا
Sunan Abū Dāūd 151: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā‘īl, telah menceritakan kepada kami Ḥammād, telah mengabarkan kepada kami Suhail bin Abū Shāliḥ, dari ayahnya, dari Abū Hurairah bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian sedang shalat, lalu dia merasakan ada sesuatu gerakan pada duburnya, kemudian dia ragu, apakah dia berhadats atau tidak, maka janganlah dia meninggalkan (shalatnya) sehingga dia mendengar bunyi (kentutnya) atau mencium baunya.”
Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ
Pembanding: MA: 8987; SD: 715, 1121.