Sunan Abu Daud no.128 s.d 139 – Sifat Wudhu’ Nabi S.A.W (3)

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

سنن أبي داوود ٨٢١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي عَبَّادُ بْنُ زِيَادٍ أَنَّ عُرْوَةَ بْنَ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَاهُ الْمُغِيرَةَ يَقُولُ عَدَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مَعَهُ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَعَدَلْتُ مَعَهُ فَأَنَاخَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَبَرَّزَ ثُمَّ جَاءَ فَسَكَبْتُ عَلَى يَدِهِ مِنْ الإِدَاوَةِ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثُمَّ حَسَرَ عَنْ ذِرَاعَيْهِ فَضَاقَ كُمَّا جُبَّتِهِ فَأَدْخَلَ يَدَيْهِ فَأَخْرَجَهُمَا مِنْ تَحْتِ الْجُبَّةِ فَغَسَلَهُمَا إِلَى الْمِرْفَقِ وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ ثُمَّ تَوَضَّأَ عَلَى خُفَّيْهِ ثُمَّ رَكِبَ فَأَقْبَلْنَا نَسِيرُ حَتَّى نَجِدَ النَّاسَ فِي الصَّلاةِ قَدْ قَدَّمُوا عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ فَصَلَّى بِهِمْ حِينَ كَانَ وَقْتُ الصَّلاةِ وَوَجَدْنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ وَقَدْ رَكَعَ بِهِمْ رَكْعَةً مِنْ صَلاةِ الْفَجْرِ فَقَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَفَّ مَعَ الْمُسْلِمِينَ فَصَلَّى وَرَاءَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ الرَّكْعَةَ الثَّانِيَةَ ثُمَّ سَلَّمَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ فَقَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلاتِهِ فَفَزِعَ الْمُسْلِمُونَ فَأَكْثَرُوا التَّسْبِيحَ لأَنَّهُمْ سَبَقُوا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالصَّلاةِ فَلَمَّا سَلَّمَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُمْ قَدْ أَصَبْتُمْ أَوْ قَدْ أَحْسَنْتُمْ.

Sunan Abū Dāūd 128: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Shāliḥ, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Wahb, telah mengabarkan kepada kami Yūnus bin Yazīd, dari Ibnu Syihāb, telah menceritakan kepada saya ‘Abbād bin Ziyād bahwasanya ‘Urwah bin al-Mughīrah bin Syu‘bah, telah mengabarkan kepadanya, bahwa dia pernah mendengar ayahnya, al-Mughīrah berkata: dia berkata: Pada waktu perang Tabūk sebelum Fajar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah berjalan menyimpang dari jalan (para sahabat), maka aku turut menyimpang dari jalan menyertai beliau. Lalu Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam menderumkan kendaraan beliau, lalu beliau buang hajat. Setelah selesai, aku tuangkan ke tangan beliau air dari bejana. Beliau membasuh kedua telapak tangannya lalu mencuci muka. Setelah itu beliau menyingsingkan kedua lengan jubah beliau yang terbuka dan terasa sempit, maka beliau memasukkan keduanya kembali kemudian mengeluarkan keduanya dari bawah jubah, lantas beliau membasuh kedua tangan sampai ke siku, dan mengusap kepala, lalu mengusap bagian atas khuf beliau. Setelah itu beliau naik kendaraan, dan kami meneruskan perjalanan, hingga kami mendapati orang-orang (para sahabat) tengah mengerjakan shalat, mereka angkat ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf sebagai imam, dia mengerjakan shalat bersama mereka pada awal waktunya dan kami mendapatkan ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf telah mengerjakan satu rakaat Shalat Shubuh bersama mereka. Maka datanglah Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan masuk ke dalam shaf bersama kaum Muslimin dan mengerjakan shalat di belakang ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf untuk rakaat yang kedua. Setelah ‘Abd-ur-Raḥmān salam, Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam berdiri menyempurnakan shalat. Maka tiba-tiba kaum Muslimin terkejut, lalu banyak di antara mereka yang membaca “Subḥānallāh“, karena mereka telah mendahului Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dalam shalat. Setelah Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam salam, beliau bersabda kepada mereka: “Benar, dengan apa yang kalian lakukan” atau “Bagus, dengan apa yang kalian lakukan.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SN: 107, 122; MA: 16558, 17461.

سنن أبي داوود ٩٢١: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى يَعْنِي ابْنَ سَعِيْدٍ ح وَ حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا الْمُعْتَمِرُ عَنْ التَّيْمِيِّ حَدَّثَنَا بَكْرٌ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ ابْنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَوَضَّأَ وَ مَسَحَ نَاصِيَتَهُ وَ ذَكَرَ فَوْقَ الْعِمَامَةِ. قَالَ عَنْ الْمُعْتَمِرِ سَمِعْتُ أَبِي يُحَدِّثُ عَنْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ ابْنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ الْمُغِيرَةِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَمْسَحُ عَلَى الْخُفَّيْنِ وَ عَلَى نَاصِيَتِهِ وَ عَلَى عِمَامَتِهِ قَالَ بَكْرٌ وَ قَدْ سَمِعْتُهُ مِنِ ابْنِ الْمُغِيرَةِ.

Sunan Abū Dāūd 129: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sa‘īd al-Ḥadīts. Dan telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami al-Mu‘tamir, dari at-Taimī, telah menceritakan kepada kami Bakr, dari al-Ḥasan, dari Ibn-ul-Mughīrah bin Syu‘bah, dari al-Mughīrah bin Syu‘bah bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhu’ dan mengusap ubun-ubunnya. Dan Mughīrah menyebutkan bahwa beliau mengusap di atas surbannya. Dia berkata dari al-Mu‘tamir: Saya telah mendengar ayahku menceritakan hadits dari Bakr bin ‘Abdullāh, dari al-Ḥasan, dari Ibnul-Mughīrah bin Syu‘bah, dari al-Mughīrah bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam biasa mengusap bagian atas kedua khuf dan bagian atas ubun-ubun, serta bagian atas surban beliau. Bakr mengatakan; Sungguh, saya telah mendengarnya dari Ibn-ul-Mughīrah

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٠٣١: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عِيْسَى بْنُ يُوْنُسَ حَدَّثَنِي أَبِيْ عَنْ الشَّعْبِيِّ قَالَ سَمِعْتُ عُرْوَةَ بْنَ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ يَذْكُرُ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ كُنَّا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ رَكْبِهِ وَ مَعِيْ إِدَاوَةٌ فَخَرَجَ لِحَاجَتِهِ ثُمَّ أَقْبَلَ فَتَلَقَّيْتُهُ بِالإِدَاوَةِ فَأَفْرَغْتُ عَلَيْهِ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ وَ وَجْهَهُ ثُمَّ أَرَادَ أَنْ يُخْرِجَ ذِرَاعَيْهِ وَ عَلَيْهِ جُبَّةٌ مِنْ صُوْفٍ مِنْ جِبَابِ الرُّوْمِ ضَيِّقَةُ الْكُمَّيْنِ فَضَاقَتْ فَادَّرَعَهُمَا ادِّرَاعًا ثُمَّ أَهْوَيْتُ إِلَى الْخُفَّيْنِ لأَنْزَعَهُمَا فَقَالَ لِيْ دَعِ الْخُفَّيْنِ فَإِنِّيْ أَدْخَلْتُ الْقَدَمَيْنِ الْخُفَّيْنِ وَ هُمَا طَاهِرَتَانِ فَمَسَحَ عَلَيْهِمَا.قَالَ أَبِيْ قَالَ الشَّعْبِيُّ شَهِدَ لِيْ عُرْوَةُ عَلَى أَبِيْهِ وَ شَهِدَ أَبُوْهُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ الْحَسَنِ وَ عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى أَنَّ الْمُغِيرَةَ بْنَ شُعْبَةَ قَالَ تَخَلَّفَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَذَكَرَ هذِهِ الْقِصَّةَ قَالَ فَأَتَيْنَا النَّاسَ وَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ يُصَلِّ بِهِمْ الصُّبْحَ فَلَمَّا رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَرَادَ أَنْ يَتَأَخَّرَ فَأَوْمَأَ إِلَيْهِ أَنْ يَمْضِيَ قَالَ فَصَلَّيْتُ أَنَا وَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ خَلْفَهُ رَكْعَةً فَلَمَّا سَلَّمَ قَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَصَلَّى الرَّكْعَةَ الَّتِي سُبِقَ بِهَا وَ لَمْ يَزِدْ عَلَيْهَا قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ أَبُوْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيُّ وَ ابْنُ الزُّبَيْرِ وَ ابْنُ عُمَرَ يَقُوْلُوْنَ مَنْ أَدْرَكَ الْفَرْدَ مِنْ الصَّلاَةِ عَلَيْهِ سَجْدَتَا السَّهْوِ.

Sunan Abū Dāūd 130: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami ‘Īsā bin Yūnus, telah menceritakan kepada saya ayahku dari asy-Sya‘bī dia berkata: Saya pernah mendengar ‘Urwah bin al-Mughīrah bin Syu‘bah menyebutkan dari ayahnya, dia berkata: Kami pernah bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dalam suatu rombongan, dan saya yang membawa tempat air. Lalu beliau pergi untuk buang hajat. Ketika beliau datang, saya menemui beliau sambil membawakan tempat air tersebut. Saya tuangkan tempat air itu untuk beliau, lalu beliau membasuh kedua telapak tangan dan muka. Kemudian beliau hendak mengeluarkan kedua kedua lengannya sementara ketika itu beliau memakai jubah wol dari Romawi yang sempit kedua lengannya, maka beliau melepaskan kedua lengan itu. Setelah itu aku menunduk ke arah kedua khuf beliau untuk melepasnya. Maka beliau bersabda kepadaku: “Biarkanlah kedua khuf itu, karena saya memasukkan kedua kakiku ke dalam kedua khuf itu dalam keadaan suci kedua-duanya.” Beliau hanya mengusap bagian atas kedua khuf tersebut. Ayahku berkata: asy-Sya‘bī berkata: ‘Urwah bersaksi padaku atas ayahnya, dan ayahnya bersaksi atas Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, telah menceritakan kepada kami Hudbah bin Khālid, telah menceritakan kepada kami Hammām, dari Qatādah, dari al-Ḥasan, dari Zurārah bin Aufa bahwasanya al-Mughīrah bin Syu‘bah berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah terlambat…, lalu dia menyebutkan kisah ini, dia berkata: Kemudian kami mendatangi orang-orang dan ternyata ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf sedang Shalat Shubuh bersama mereka. Tatkala ‘Abd-ur-Raḥmān melihat Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dia hendak mundur, namun beliau memberi isyarat kepadanya agar meneruskan shalatnya. Dia berkata; Maka saya bersama Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam shalat satu rakaat di belakang ‘Abd-ur-Raḥmān, tatkala dia salam, Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam berdiri untuk melakukan shalat yang tertinggal, dan dia tidak menambahkannya. Abū Dāūd berkata: Abū Sa‘īd al-Khudrī, Ibn-uz-Zubair dan Ibnu ‘Umar mengatakan bahwa barang siapa yang mendapati shalat sendirian (setelah bersama imam), maka dia harus melakukan sujud sahwi.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: MM: 65.

سنن أبي داوود ١٣١: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِيْ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِيْ بَكْرٍ يَعْنِي ابْنَ حَفْصِ بْنِ عُمَرَ بْنِ سَعْدٍ سَمِعَ أَبَا عَبْدِ اللهِ عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ أَنَّهُ شَهِدَ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ يَسْأَلُ بِلاَلاً عَنْ وُضُوءِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ كَانَ يَخْرُجُ يَقْضِيْ حَاجَتَهُ فَآتِيهِ بِالْمَاءِ فَيَتَوَضَّأُ وَ يَمْسَحُ عَلَى عِمَامَتِهِ وَمُوقَيْهِ. قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ هُوَ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مَوْلَى بَنِي تَيْمِ بْنِ مُرَّةَ.

Sunan Abū Dāūd 131: Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullāh bin Mu‘ādz, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Syu‘bah, dari Abū Bakr bin Ḥafsh bin ‘Umar bin Sa‘d dia mendengar Abū ‘Abdillāh, dari Abū ‘Abd-ir-Raḥmān as-Sulamī bahwa dia pernah menyaksikan ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf bertanya kepada Bilāl tentang wudhu’ Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka Bilāl berkata: Beliau pernah keluar untuk membuang hajatnya, lalu saya membawakannya air, kemudian beliau berwudhu’ dan mengusap sorbannya dan kedua sepatunya. Abū Dāūd berkata: Dia adalah Abū ‘Abdillāh mantan sahaya Bani Taim bin Murrah.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: MA: 15859, 22778.

سنن أبي داوود ٢٣١: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ الدِّرْهَمِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ دَاوُدَ عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَامِرٍ عَنْ أَبِيْ زُرْعَةَ بْنِ عَمْرِو بْنِ جَرِيرٍ أَنَّ جَرِيرًا بَالَ ثُمَّ تَوَضَّأَ فَمَسَحَ عَلَى الْخُفَّيْنِ وَ قَالَ مَا يَمْنَعُنِيْ أَنْ أَمْسَحَ وَ قَدْ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَمْسَحُ قَالُوْا إِنَّمَا كَانَ ذلِكَ قَبْلَ نُزُوْلِ الْمَائِدَةِ قَالَ مَا أَسْلَمْتُ إِلاَّ بَعْدَ نُزُوْلِ الْمَائِدَةِ.

Sunan Abū Dāūd 132: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Ḥusain ad-Dirhamī, telah menceritakan kepada kami Ibnu Dāūd, dari Bukair bin ‘Āmir, dari Abū Zur‘ah bin ‘Amru bin Jarīr bahwasanya Jarīr pernah buang air kecil, kemudian berwudhu’, lalu mengusap bagian atas khufnya dan berkata: Apakah gerangan yang menghalangiku untuk mengusapnya, padahal aku telah melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusapnya? Para sahabat berkata: Mengusap kedua khuf itu berlaku sebelum turunnya ayat pada surat al-Mā’idah, maka dia menjawab: Aku tidaklah masuk Islam kecuali setelah turunnya surah al-Mā’idah tersebut.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan

Pembanding: SB: 196; SM: 402; SN: 104, 118; MA: 83, 211, 742, 966, 16607, 16609. 16610, 16953, 16957, 21440, 21445, 21448, 22790.

سنن أبي داوود ٣٣١: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ وَأَحْمَدُ بْنُ أَبِي شُعَيْبٍ الْحَرَّانِيُّ قَالاَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا دَلْهَمُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ حُجَيْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ ابْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّجَاشِيَّ أَهْدَى إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ خُفَّيْنِ أَسْوَدَيْنِ سَاذَجَيْنِ فَلَبِسَهُمَا ثُمَّ تَوَضَّأَ وَ مَسَحَ عَلَيْهِمَا. قَالَ مُسَدَّدٌ عَنْ دَلْهَمِ بْنِ صَالِحٍ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ هذَا مِمَّا تَفَرَّدَ بِهِ أَهْلُ الْبَصْرَةِ.

Sunan Abū Dāūd 133: Telah menceritakan kepada kami Musaddad dan Aḥmad bin Syu‘aib al-Ḥarrānī mereka berdua berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘, telah menceritakan kepada kami Dalham bin Shāliḥ, dari Ḥujair bin ‘Abdullāh, dari Ibnu Buraidah, dari ayahnya bahwasanya raja Najasyi pernah memberi hadiah kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam sepasang sepatu hitam mulus, maka beliau memakainya, kemudian beliau berwudhu’ dan mengusap di bagian atas keduanya. Musaddad berkata: Dari Dalham bin Shāliḥ. Abū Dāūd berkata: Ini termasuk hadits yang hanya diriwayatkan oleh penduduk Bashrah.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan

Pembanding: Tidak ada.

سنن أبي داوود ٤٣١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا ابْنُ حَيٍّ هُوَ الْحَسَنُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَامِرٍ الْبَجَلِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي نُعْمٍ عَنْ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَسَحَ عَلَى الْخُفَّيْنِ فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَنَسِيْتَ قَالَ بَلْ أَنْتَ نَسِيْتَ بِهذَا أَمَرَنِيْ رَبِّيْ عَزَّ وَ جَلَّ,

Sunan Abū Dāūd 134: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Yūnus, telah menceritakan kepada kami Ibnu Ḥayy, yaitu al-Ḥasan bin Shalih, dari Bukair bin ‘Āmir al-Bajalī, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abū Nu‘m, dari al-Mughīrah bin Syu‘bah bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah mengusap di bagian atas khuf (tatkala berwudhu’), maka aku berkata: Wahai Rasūlullāh, apakah engkau lupa? Beliau menjawab: “Bahkan kamu yang lupa, dengan inilah Rabbku ‘azza wa jalla memerintahkanku.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: SB: 196; ST: 94; SN: 104, 120; SIM: 540, 554: MA: 83, 211, 16607, 16609, 16610, 16953, 16957, 21440, 21443, 21445, 21448, 22759. 22773, 22790.

سنن أبي داوود ٥٣١: حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْحَكَمِ وَ حَمَّادٌ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ الْجَدَلِيِّ عَنْ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ الْمَسْحُ عَلَى الْخُفَّيْنِ لِلْمُسَافِرِ ثَلاَثَةُ أَيَّامٍ وَ لِلْمُقِيمِ يَوْمٌ وَ لَيْلَةٌ. قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ رَوَاهُ مَنْصُوْرُ بْنُ الْمُعْتَمِرِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيِّ بِإِسْنَادِهِ قَالَ فِيْهِ وَ لَوْ اسْتَزَدْنَاهُ لَزَادَنَا.

Sunan Abū Dāūd 135: Telah menceritakan kepada kami Ḥafsh bin ‘Umar, telah menceritakan kepada kami Syu‘bah, dari al-Ḥakam dan Ḥammād, dari Ibrāhīm, dari Abū ‘Abdillāh al-Jadalī, dari Khuzaimah bin Tsābit, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Mengusap sepasang khuf untuk Musāfir adalah selama tiga hari, dan bagi orang yang sedang mukim adalah satu hari satu malam.” Abū Dāūd berkata: Diriwayatkan oleh Manshūr bin al-Mu‘tamir, dari Ibrāhīm at-Taimī dengan sanad-nya, dia menyebutkan padanya; Dan seandainya kami minta tambah kepada beliau, pasti beliau akan memberi tambahan jangka waktu kepada kami.”

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SB: 196; ST: 88; SN: 104; SIM: 547, 548; MA: 83, 211, 710, 920, 1064, 1071, 16607, 16609, 16610, 16953, 16957, 20850, 20865, 21440, 21445.

سنن أبي داوود ٦٣١: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مَعِيْنٍ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ الرَّبِيْعِ بْنِ طَارِقٍ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَزِيْنٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَزِيْدَ عَنْ أَيُّوْبَ بْنِ قَطَنٍ عَنْ أُبَيِّ بْنِ عِمَارَةَ قَالَ يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ وَ كَانَ قَدْ صَلَّى مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لِلْقِبْلَتَيْنِ أَنَّهُ قَالَ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَمْسَحُ عَلَى الْخُفَّيْنِ قَالَ نَعَمْ قَالَ يَوْمًا قَالَ يَوْمًا قَالَ وَ يَوْمَيْنِ قَالَ وَ يَوْمَيْنِ قَالَ وَ ثَلاثَةً قَالَ نَعَمْ وَ مَا شِئْتَ. قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ رَوَاهُ ابْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ الْمِصْرِيُّ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَيُّوْبَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَزِيْنٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ زِيَادٍ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ نُسِيٍّ عَنْ أُبَيِّ بْنِ عِمَارَةَ قَالَ فِيْهِ حَتَّى بَلَغَ سَبْعًا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَعَمْ وَ مَا بَدَا لَكَ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ وَ قَدْ اخْتُلِفَ فِيْ إِسْنَادِهِ وَ لَيْسَ هُوَ بِالْقَوِيِّ وَ رَوَاهُ ابْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ وَ يَحْيَى بْنُ إِسْحَاقَ السَّيْلَحِيْنِيُّ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَيَّوْبَ وَ قَدْ اخْتُلِفَ فِيْ إِسْنَادِهِ.

Sunan Abū Dāūd 136: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ma‘īn, telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin ar-Rabī‘ bin Thāriq, telah mengabarkan kepada kami Yaḥyā bin Ayyūb, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Razīn, dari Muḥammad bin Yazīd, dari Ayyūb bin Qathan, dari Ubay bin ‘Imārah berkata: Yaḥyā bin Ayyūb, dia adalah orang yang pernah shalat bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menghadap kedua qiblat, dia berkata: Wahai Rasūlullāh, apakah aku boleh mengusap kedua khuf? Beliau menjawab: Boleh.” Dia bertanya lagi: Satu hari? Beliau menjawab: Ya, satu hari. Dia bertanya lagi: Dua hari? Beliau menjawab: Ya, dua hari. Dia bertanya lagi: Tiga hari? Beliau menjawab: Ya, sesukamu! Abū Dāūd berkata: Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Abī Maryam al-Mishrī, dari Yaḥyā bin Ayyūb, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Razīn, dari Muḥammad bin Yazīd bin Abī Ziyād, dari ‘Ubādah bin Nusiy, dari Ubay bin ‘Imārah dia berkata di dalamnya: Hingga disebutkan bilangan tujuh, dan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: Ya, sekehendakmu. Abū Dāūd berkata: Isnād hadits ini telah diperselisihkan, dan hadits ini tidak kuat, dan telah diriwayatkan juga oleh Ibnu Abī Maryam dan Yaḥyā bin Isḥāq as-Sailaḥīnī, dari Yaḥyā bin Ayyūb, dan isnād-nya juga diperselisihkan.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha’īf

Pembanding: SB: 196; SN: 104; SIM: 550; MA: 83, 211, 16607, 16609, 16610, 16953, 16957, 21440, 21445, 21448, 22790.

سنن أبي داوود ٧٣١: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ عَنْ وَكِيعٍ عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ عَنْ أَبِيْ قَيْسٍ الأَوْدِيِّ هُوَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ ثَرْوَانَ عَنْ هُزَيْلِ بْنِ شُرَحْبِيْلَ عَنْ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَوَضَّأَ وَ مَسَحَ عَلَى الْجَوْرَبَيْنِ وَ النَّعْلَيْنِ. قَالَ أَبُو دَاوُدَ كَانَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ لاَ يُحَدِّثُ بِهذَا الْحَدِيثِ لأَنَّ الْمَعْرُوفَ عَنْ الْمُغِيرَةِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَسَحَ عَلَى الْخُفَّيْنِ قَالَ أَبُو دَاوُدَ وَ رُوِيَ هذَا أَيْضًا عَنْ أَبِيْ مُوْسَى الأَشْعَرِيِّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ مَسَحَ عَلَى الْجَوْرَبَيْنِ وَ لَيْسَ بِالْمُتَّصِلِ وَ لاَ بِالْقَوِيِّ قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ وَ مَسَحَ عَلَى الْجَوْرَبَيْنِ عَلِيُّ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ وَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ وَ الْبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ وَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ وَ أَبُو أُمَامَةَ وَ سَهْلُ بْنُ سَعْدٍ وَ عَمْرُو بْنُ حُرَيْثٍ وَ رُوِيَ ذلِكَ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ وَ ابْنِ عَبَّاسٍ.

Sunan Abū Dāūd 137: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmān bin Abū Syaibah dari Wakī‘, dari Sufyān ats-Tsaurī, dari Abū Qais al-Audī, yaitu ‘Abd-ur-Raḥmān bin Tsarwān, dari Huzail bin Syuraḥbīl, dari al-Mughīrah bin Syu‘bah bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhu’ dan mengusap bagian atas kedua kaos kaki dan sandalnya. Abū Dāūd berkata: ‘Abd-ur-Raḥmān bin Mahdī tidak menceritakan hadits ini, karena yang diketahui dari Mughīrah, bahwasanya Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mengusap bagian atas kedua khuf/kaos kaki.” Abū Dāūd berkata: Dan ini diriwayatkan juga dari Abū Mūsā al-Asy‘arī, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau mengusap bagian atas kedua kaos kaki. Namun hadits ini tidak bersambung dan tidak kuat. Abū Dāūd berkata: Sahabat yang pernah mengusap bagian atas kedua kaos kaki adalah ‘Alī bin Abī Thālib, Ibnu Mas‘ūd, al-Barā’ bin ‘Āzib, Anas bin Mālik, Abū Umāmah, Sahal bin Sa‘ad, dan ‘Amru bin Ḥuraits. Demikian pula hal itu diriwayatkan dari ‘Umar bin al-Khaththāb dan Ibnu ‘Abbās.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan

Pembanding: SB: 196; SM: 405; ST: 92; SN: 118; SIM: 537, 552, 553; MA: 15580, 17496.

سنن أبي داوود ٨٣١: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ وَعَبَّادُ بْنُ مُوسَى قَالا حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ عَبَّادٌ قَالَ أَخْبَرَنِي أَوْسُ بْنُ أَبِيْ أَوْسٍ الثَّقَفِيُّ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَوَضَّأَ وَ مَسَحَ عَلَى نَعْلَيْهِ وَ قَدَمَيْهِ وَ قَالَ عَبَّادٌ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَتَى كِظَامَةَ قَوْمٍ يَعْنِي الْمِيْضَأَةَ وَ لَمْ يَذْكُرْ مُسَدَّدٌ الْمِيْضَأَةَ وَ الْكِظَامَةَ ثُمَّ اتَّفَقَا فَتَوَضَّأَ وَ مَسَحَ عَلَى نَعْلَيْهِ وَ قَدَمَيْهِ.

Sunan Abū Dāūd 138: Telah menceritakan kepada kami Musaddad dan ‘Abbād bin Mūsā mereka berdua berkata: Telah menceritakan kepada kami Husyaim, dari Ya‘lā bin ‘Athā’, dari ayahnya -berkata ‘Abbād- telah mengabarkan kepada saya Aus bin Abū Aus ats-Tsaqafi bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhu’ dan mengusap kedua sandal dan kedua kaki beliau. ‘Abbād berkata: Saya pernah melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam mendatangi tempat wudhu’ suatu kaum, namun Musaddad tidak menyebutkan perihal tempat wudhu’ tersebut, kemudian keduanya sepakat dengan lafazh; lalu beliau berwudhu’ dan mengusap bagian atas kedua sandal dan kedua kaki beliau.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SB: 196; SM: 405; SN: 118; SIM: 537, 552; MA: 1199, 15580, 17496.

سنن أبي داوود ٩٣١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ الْبَزَّازُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ قَالَ ذَكَرَهُ أَبِي عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَمْسَحُ عَلَى الْخُفَّيْنِ
و قَالَ غَيْرُ مُحَمَّدٍ عَلَى ظَهْرِ الْخُفَّيْنِ.

Sunan Abū Dāūd 139: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ash-Shabbāḥ al-Bazzāz, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abuz-Zinād dia berkata: Ayahku menyebutkan, dari ‘Urwah bin az-Zubair, dari al-Mughīrah bin Syu‘bah bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam biasa mengusap kedua khuf. Sedangkan selain Muḥammad menyebutkan: Beliau mengusap bagian atas kedua khuf.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ

Pembanding: SB: 196; SN: 103, 104; SIM: 555, 556; MA: 83, 211, 16607, 16608, 16609, 16610, 16953, 16954, 16957, 21440, 21444, 21445, 21448, 22779, 22786.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *