Hati Senang

Sunan Abu Daud no.116 s.d 127 – Sifat Wudhu’ Nabi S.A.W (2)

Dari Kitab:
Sunan Abū Dāūd
Oleh: Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash'ath as-Sijistani

سنن أبي داوود ٦١١: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ رَجُلًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللهِ كَيْفَ الطُّهُورُ فَدَعَا بِمَاءٍ فِي إِنَاءٍ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلاثًا ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاثًا ثُمَّ غَسَلَ ذِرَاعَيْهِ ثَلاثًا ثُمَّ مَسَحَ بِرَأْسِهِ فَأَدْخَلَ إِصْبَعَيْهِ السَّبَّاحَتَيْنِ فِي أُذُنَيْهِ وَمَسَحَ بِإِبْهَامَيْهِ عَلَى ظَاهِرِ أُذُنَيْهِ وَبِالسَّبَّاحَتَيْنِ بَاطِنَ أُذُنَيْهِ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ ثَلاثًا ثَلاثًا ثُمَّ قَالَ هكَذَا الْوُضُوءُ فَمَنْ زَادَ عَلَى هذَا أَوْ نَقَصَ فَقَدْ أَسَاءَ وَظَلَمَ أَوْ ظَلَمَ وَأَسَاءَ

Sunan Abū Dāūd 116: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Abū ‘Awānah, dari Mūsā bin Abū ‘Ā’isyah, dari ‘Amru bin Syu‘aib dan ayahnya, dari kakeknya bahwasanya ada seorang laki-laki datang kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam seraya berkata: “Ya Rasūlullāh, bagaimanakah cara bersuci? Maka beliau memerintahkan untuk didatangkan air di dalam bejana, lalu beliau membasuh telapak tangannya tiga kali, kemudian membasuh wajahnya tiga kali, kemudian membasuh kedua lengannya tiga kali, kemudian mengusap kepalanya lalu memasukkan kedua jari telunjuknya pada kedua telinganya, dan mengusap bagian luar kedua telinga dengan kedua ibu jari dan bagian dalam kedua telinga dengan kedua jari telunjuknya, kemudian membasuh kedua kakinya tiga kali tiga kali, kemudian beliau bersabda: “Beginilah cara berwudhu, barangsiapa yang menambah atau mengurangi dari keterangan ini, maka dia telah berbuat kejelekan dan kezhaliman atau kezhaliman dan kejelekan”.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ ‘Illa

Pembanding: SM: 347, 476; SAD: 128; ST: 45; SN: 95, 107, 122; MA: 456, 496, 523, 866, 995, 1136, 1281, 15864, 15872, 16558, 17461, 17466, 17516.

  1. Wudhu’ Dua Kali-Dua Kali

سنن أبي داوود ٧١١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاءِ حَدَّثَنَا زَيْدٌ يَعْنِي ابْنَ الْحُبَابِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ ثَوْبَانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْفَضْلِ الْهَاشِمِيُّ عَنْ الأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ.

Sunan Abū Dāūd 117: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-‘Alā’, telah menceritakan kepada kami Zaid bin al-Ḥubāb, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Raḥmān bin Tsaubān, telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin al-Fadhl al-Hāsyimī, dari al-A‘raj, dari Abū Hurairah bahwasanya Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah berwudhu’ dua kali dua kali.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Ḥasan Shaḥīḥ

Pembanding: SB: 154; ST: 41, 43, 45; SN: 98; SIM: 404, 425, 432; MA: 7538, 15869.

سنن أبي داوود ٨١١: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ سَعْدٍ حَدَّثَنَا زَيْدٌ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ قَالَ لَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ أَتُحِبُّونَ أَنْ أُرِيَكُمْ كَيْفَ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ فَدَعَا بِإِنَاءٍ فِيهِ مَاءٌ فَاغْتَرَفَ غَرْفَةً بِيَدِهِ الْيُمْنَى فَتَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ ثُمَّ أَخَذَ أُخْرَى فَجَمَعَ بِهَا يَدَيْهِ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثُمَّ أَخَذَ أُخْرَى فَغَسَلَ بِهَا يَدَهُ الْيُمْنَى ثُمَّ أَخَذَ أُخْرَى فَغَسَلَ بِهَا يَدَهُ الْيُسْرَى ثُمَّ قَبَضَ قَبْضَةً مِنْ الْمَاءِ ثُمَّ نَفَضَ يَدَهُ ثُمَّ مَسَحَ بِهَا رَأْسَهُ وَأُذُنَيْهِ ثُمَّ قَبَضَ قَبْضَةً أُخْرَى مِنْ الْمَاءِ فَرَشَّ عَلَى رِجْلِهِ الْيُمْنَى وَفِيهَا النَّعْلُ ثُمَّ مَسَحَهَا بِيَدَيْهِ يَدٍ فَوْقَ الْقَدَمِ وَيَدٍ تَحْتَ النَّعْلِ ثُمَّ صَنَعَ بِالْيُسْرَى مِثْلَ ذلِكَ.

Sunan Abū Dāūd 118: Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman bin Abū Syaibah, telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Bisyr, telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Sa‘d, telah menceritakan kepada kami Zaid, dari ‘Athā’ bin Yasār dia berkata: Ibnu ‘Abbās pernah berkata kepada kami: Maukah aku perlihatkan kepada kalian bagaimana Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhu’? Dia minta untuk didatangkan bejana berisi air, lalu dia rnenciduknya sekali dengan tangan kanannya, lantas berkumur dan beristinsyaq, kemudian mengambil sekali lagi, lalu menggabungkan kedua tangannya dengan sekali ciduk itu, lantas mengusap wajahnya. Setelah itu dia mengambil lagi sekali cidukan, lalu membasuh tangan kanannya dengannya, kemudian mengambilnya lagi, lalu membasuh tangan kirinya. Setelah itu dia mengambil segenggam air, lalu mengibaskan tangannya, kemudian mengusapkannya pada kepala dan kedua telinganya. Setelah itu mengambil satu gegenggam lagi, lalu dipercikkannya ke atas kaki kanannya yang dalam keadaan bersandal, kemudian mengusapnya dengan kedua tangannya, satu tangan di atas kakinya dan tangan lainnya di bawah sandal. Kemudian dia melakukannya pula seperti itu pada kakinya yang kiri.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Hasan ‘Illa

Pembanding: Tidak ada.

  1. Wudhu’ Satu Kali-Satu Kali

سنن أبي داوود ٩١١: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَلا أُخْبِرُكُمْ بِوُضُوءِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَوَضَّأَ مَرَّةً مَرَّةً.

Sunan Abū Dāūd 119: Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā dari Sufyān, telah menceritakan kepada saya Zaid bin Aslam dari ‘Athā’ bin Yasār, dari Ibnu ‘Abbās dia berkata: Maukah aku kabarkan kepada kalian tentang wudhu’ Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam? Lalu dia berwudhu’ satu kali satu kali.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SN: 79; MA: 25774.

  1. Perbedaan Antara Berkumur dan Istinsyaq

سنن أبي داوود ٠٢١: حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ قَالَ سَمِعْتُ لَيْثًا يَذْكُرُ عَنْ طَلْحَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ دَخَلْتُ يَعْنِي عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ وَالْمَاءُ يَسِيلُ مِنْ وَجْهِهِ وَلِحْيَتِهِ عَلَى صَدْرِهِ فَرَأَيْتُهُ يَفْصِلُ بَيْنَ الْمَضْمَضَةِ وَالاسْتِنْشَاقِ.

Sunan Abū Dāūd 120: Telah menceritakan kepada kami Humaid bin Mas‘adah, telah menceritakan kepada kami Mu‘tamir dia berkata: Saya pernah mendengar Laits menyebutkan hadits, dari Thalhah, dari ayahnya, dari kakeknya dia berkata: Saya pernah menemui Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam sementara beliau sedang berwudhu’ dan air mengalir dari wajah dan jenggotnya ke dadanya, dan saya melihat beliau memisahkan antara berkumur dengan beristinsyaq (mengarahkan air ke hidung dengan kedua telapak tangan, dihirup sedikit lalu disemburkan kembali-ed).

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘if

Pembanding: Tidak ada.

  1. Mengeluarkan Air Dari Hidung

سنن أبي داوود ١٢١: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَلْيَجْعَلْ فِي أَنْفِهِ مَاءً ثُمَّ لِيَنْثُرْ

Sunan Abū Dāūd 121: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Maslamah, dari Malik, dari Abuz-Zinād, dari al-A‘raj, dari Abū Hurairah bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian berwudhu’, hendaklah dia memasukkan air ke dalam hidungnya kemudian mengeluarkannya.”

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SB: 157; SM: 462; SN: 85; SIM: 466, 578, 5521, 6999, 7419, 7847, 22010; MM: 30.

سنن أبي داوود ٢٢١: حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ قَارِظٍ عَنْ أَبِي غَطَفَانَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَنْثِرُوا مَرَّتَيْنِ بَالِغَتَيْنِ أَوْ ثَلاثًا.

Sunan Abū Dāūd 122: Telah menceritakan kepada kami Ibrāhīm bin Mūsā, telah menceritakan kepada kami Wakī‘, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī Dzi’b, dari Qārizh, dari Abū Ghathafān, dari Ibnu ‘Abbās dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Beristinsyaqlah (Hiruplah air ke dalam hidung, lalu keluarkan) dengan sempurna dua kali atau tiga kali.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SB: 58, 94, 158, 249; SM: 476; SAD: 216; SN: 419; SIM: 402; MA: 1907, 3126, 22439.

سنن أبي داوود ٣٢١: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ فِي آخَرِينَ قَالُوا حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سُلَيْمٍ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ كَثِيرٍ عَنْ عَاصِمِ بْنِ لَقِيطِ بْنِ صَبْرَةَ عَنْ أَبِيهِ لَقِيطِ بْنِ صَبْرَةَ قَالَ كُنْتُ وَافِدَ بَنِي الْمُنْتَفِقِ أَوْ فِي وَفْدِ بَنِي الْمُنْتَفِقِ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَلَمَّا قَدِمْنَا عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ نُصَادِفْهُ فِي مَنْزِلِهِ وَصَادَفْنَا عَائِشَةَ أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَ فَأَمَرَتْ لَنَا بِخَزِيرَةٍ فَصُنِعَتْ لَنَا قَالَ وَأُتِينَا بِقِنَاعٍ وَلَمْ يَقُلْ قُتَيْبَةُ الْقِنَاعَ وَالْقِنَاعُ الطَّبَقُ فِيهِ تَمْرٌ ثُمَّ جَاءَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ هَلْ أَصَبْتُمْ شَيْئًا أَوْ أُمِرَ لَكُمْ بِشَيْءٍ قَالَ قُلْنَا نَعَمْ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ فَبَيْنَا نَحْنُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جُلُوسٌ إِذْ دَفَعَ الرَّاعِي غَنَمَهُ إِلَى الْمُرَاحِ وَمَعَهُ سَخْلَةٌ تَيْعَرُ فَقَالَ مَا وَلَّدْتَ يَا فُلانُ قَالَ بَهْمَةً قَالَ فَاذْبَحْ لَنَا مَكَانَهَا شَاةً ثُمَّ قَالَ لا تَحْسِبَنَّ وَلَمْ يَقُلْ لا تَحْسَبَنَّ أَنَّا مِنْ أَجْلِكَ ذَبَحْنَاهَا لَنَا غَنَمٌ مِائَةٌ لا نُرِيدُ أَنْ تَزِيدَ فَإِذَا وَلَّدَ الرَّاعِي بَهْمَةً ذَبَحْنَا مَكَانَهَا شَاةً قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ لِي امْرَأَةً وَإِنَّ فِي لِسَانِهَا شَيْئًا يَعْنِي الْبَذَاءَ قَالَ فَطَلِّقْهَا إِذًا قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ لَهَا صُحْبَةً وَلِي مِنْهَا وَلَدٌ قَالَ فَمُرْهَا يَقُولُ عِظْهَا فَإِنْ يَكُ فِيهَا خَيْرٌ فَسَتَفْعَلْ وَلا تَضْرِبْ ظَعِينَتَكَ كَضَرْبِكَ أُمَيَّتَكَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ أَخْبِرْنِي عَنْ الْوُضُوءِ قَالَ أَسْبِغْ الْوُضُوءَ وَخَلِّلْ بَيْنَ الأَصَابِعِ وَبَالِغْ فِي الاسْتِنْشَاقِ إِلا أَنْ تَكُونَ صَائِمًا. حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ حَدَّثَنِي إِسْمَعِيلُ بْنُ كَثِيرٍ عَنْ عَاصِمِ بْنِ لَقِيطِ بْنِ صَبْرَةَ عَنْ أَبِيهِ وَافِدِ بَنِي الْمُنْتَفِقِ أَنَّهُ أَتَى عَائِشَةَ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ قَالَ فَلَمْ يَنْشَبْ أَنْ جَاءَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَقَلَّعُ يَتَكَفَّأُ وَقَالَ عَصِيدَةٌ مَكَانَ خَزِيرَةٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ فَارِسٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ بِهذَا الْحَدِيثِ قَالَ فِيهِ إِذَا تَوَضَّأْتَ فَمَضْمِضْ.

Sunan Abū Dāūd 123: Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd pada jama‘ah lain: Mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sulaim, dari Ismā‘īl bin Katsīr, dari ‘Āshim bin Laqīth bin Shabrah, dari ayahnya, Laqīth bin Shabrah dia berkata: Aku pernah menjadi utusan Bani Muntafiq atau aku pernah ikut dalam utusan Bani Muntafiq kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dia berkata: Ketika kami mendatangi Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, ternyata kami tidak menjumpai beliau di rumahnya, namun kami hanya berjumpa dengan ‘Ā’isyah Umm-ul-Mu’minīn, Laqīth melanjutkan: Kemudian dia (‘Ā’isyah) untuk kami supaya dibuatkan makanan Khazīrah (semacam bubur yang dicampur dengan daging yang telah dipotong-potong kecil). Setelah makanan itu dibuatkan untuk kami, maka dibawakan kepada kami satu wadah berisi buah kurma, kemudian Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam datang lalu bersabda: “Apakah kalian telah mendapatkan suatu makanan atau telah diperintahkan untuk dibuatkan suatu makanan untuk kalian?” Dia (Laqīth) berkata: Kami menjawab: Ya, wahai Rasūlullāh. Laqīth meneruskan: Pada waktu kami sedang duduk bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba penggembala kambing datang menggiring kambing beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam masuk ke kandangnya bersama seekor anak domba yang mengembik. Maka beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apa yang kamu asuh wahai fulan?” Sang penggembala menjawab: Seekor kambing telah melahirkan seekor anak. Beliau bersabda: “Sembelihlah seekor kambing sebagai gantinya.” Kemudian beliau bersabda lagi: “Janganlah sekali-kali kamu menyangka bahwa kami menyembelih kambing ini karena kamu ada. Kami mempunyai seratus ekor kambing, kami tidak ingin lebih dari itu. Apabila penggembala menggembalanya lebih satu ekor (karena ada yang telah beranak), maka kami sembelih satu ekor kambing sebagai pengganti anak kambing yang baru lahir.” Laqīth meneruskan: Aku berkata: Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya saya mempunyai seorang istri yang buruk tutur katanya. Beliau bersabda: “Kalau begitu ceraikanlah dia.” Laqīth berkata: Aku berkata: Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya dia telah menjadi teman hidup dan saya telah mendapatkan anak darinya. Beliau bersabda: “Berilah dia nasihat! kalau memang dia baik, tentu dia akan menuruti nasihatmu, dan janganlah kamu memukul istrimu, seperti kamu memukul budak perempuanmu.” Maka aku berkata: Wahai Rasūlullāh, beritahukanlah kepadaku tentang cara berwudhu’. Beliau menjawab, Sempurnakanlah wudhu’, sela-selalah di antara jari-jemarimu dan bersemangatlah dalam beristinsyaq kecuali jika kamu sedang berpuasa.” Telah menceritakan kepada kami ‘Uqbah bin Mukrim, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sa‘īd, telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij, telah menceritakan kepada saya Ismā‘īl bin Katsīr, dari ‘Āshim bin Laqīth bin Shabrah, dari ayahnya, seorang utusan Bani Muntafiq bahwa dia pernah menemui ‘Ā’isyah, lalu dia menyebutkan hadits yang semakna. Dia menyebutkan: Tidak lama kemudian Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam datang dengan berjalan keras. Dia juga menyebutkan ‘Ashīdah sebagai ganti Khazīrah. Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Yaḥyā bin Fāris, telah menceritakan kepada kami Abū ‘Āshim, telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij dengan hadits ini, dia menyebutkan padanya: Apabila kamu berwudhu’ maka berkumurlah.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: ST: 718; SN: 86, 113; SIM: 401, 442; MA: 17172.

  1. Menyela-nyela Jenggot

سنن أبي داوود ٤٢١: حَدَّثَنَا أَبُو تَوْبَةَ يَعْنِي الرَّبِيعَ بْنَ نَافِعٍ حَدَّثَنَا أَبُو الْمَلِيحِ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ زَوْرَانَ عَنْ أَنَسٍ يَعْنِي ابْنَ مَالِكٍ. أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا تَوَضَّأَ أَخَذَ كَفًّا مِنْ مَاءٍ فَأَدْخَلَهُ تَحْتَ حَنَكِهِ فَخَلَّلَ بِهِ لِحْيَتَهُ وَقَالَ هكَذَا أَمَرَنِي رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ قَالَ أَبُو دَاوُد وَالْوَلِيدُ بْنُ زَوْرَانَ رَوَى عَنْهُ حَجَّاجُ بْنُ حَجَّاحٍ وَأَبُو الْمَلِيحِ الرَّقِّيُّ.

Sunan Abū Dāūd 124: Telah menceritakan kepada kami Abū Taubah, ar-Rabī‘ bin Nāfi‘, telah menceritakan kepada kami Abul-Malīḥ, dari al-Walīd bin Zaurān, dari Anas bin Mālik bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam apabila berwudhu’ beliau mengambil air dengan telapak tangannya, lalu memasukkannya ke bawah dagunya lalu beliau menyela-nyela di antara jenggotnya dan bersabda: “Beginilah Rabbku ‘azza wa jalla memerintahkan aku.” Abū Dāūd berkata: Ḥajjāj bin Ḥajjāj meriwayatkan dari al-Walīd bin Zaurān dan Abul-Malīḥ ar-Raqqī.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: SIM: 424, 427.

  1. Mengusap Imamah

سنن أبي داوود ٥٢١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ ثَوْرٍ عَنْ رَاشِدِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ بَعَثَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَرِيَّةً فَأَصَابَهُمْ الْبَرْدُ فَلَمَّا قَدِمُوا عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَهُمْ أَنْ يَمْسَحُوا عَلَى الْعَصَائِبِ وَالتَّسَاخِينِ.

Sunan Abū Dāūd 125: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Muḥammad bin Ḥanbal, telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Sa‘īd, dari Tsaur, dari Rasyid bin Sa‘d, dari Tsaubān dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah mengutus satu pasukan (untuk berperang tanpa diikuti beliau), lalu mereka diliputi cuaca dingin. Maka setelah mereka datang menghadap Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau memerintahkan supaya mereka mengusap sorban dan khuf mereka.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: MA: 21349.

سنن أبي داوود ٦٢١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي مَعْقِلٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ وَعَلَيْهِ عِمَامَةٌ قِطْرِيَّةٌ فَأَدْخَلَ يَدَهُ مِنْ تَحْتِ الْعِمَامَةِ فَمَسَحَ مُقَدَّمَ رَأْسِهِ وَلَمْ يَنْقُضْ الْعِمَامَةَ.

Sunan Abū Dāūd 126: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Shāliḥ, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepada kami Mu‘āwiyah bin Shāliḥ, dari ‘Abd-ul-‘Azīz bin Muslim, dari Abū Ma‘qil, dari Anas bin Mālik dia berkata: Saya pernah melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhu’ dalam keadaan memakai sorban qithriyah, beliau memasukkan tangannya dari bawah sorbannya kemudian mengusap bagian depan kepalanya tanpa menanggalkan sorban.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Dha‘īf

Pembanding: SIM: 557

  1. Mencuci Kedua Kaki

سنن أبي داوود ٧٢١: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيِّ عَنْ الْمُسْتَوْرِدِ بْنِ شَدَّادٍ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا تَوَضَّأَ يَدْلُكُ أَصَابِعَ رِجْلَيْهِ بِخِنْصَرِهِ.

Sunan Abū Dāūd 127: Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahī‘ah, dari Yazīd bin ‘Amru, dari Abū ‘Abd-ir-Raḥmān al-Ḥubulī, dari al-Mustaurid bin Syaddād dia berkata: Saya pernah melihat Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam apabila berwudhu’, beliau menggosok jari-jari kedua kakinya dengan jari kelingking beliau.

Derajat: Syaikh Al-Albani: Shaḥīḥ

Pembanding: ST: 38; SIM: 440; MA: 17324, 17330.

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.