Shahih Muslim no.88 s.d 90 – Penjelasan Tentang Sifat Munafiq

صحيح مسلم ٨٨: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ نُمَيْرٍ ح وَ حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِيْ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ ح وَ حَدَّثَنِيْ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُرَّةَ عَنْ مَسْرُوْقٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا وَ مَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَلَّةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَلَّةٌ مِنْ نِفَاقٍ حَتَّى يَدَعَهَا إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَ إِذَا عَاهَدَ غَدَرَ وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَ إِذَا خَاصَمَ فَجَرَ. غَيْرَ أَنَّ فِيْ حَدِيْثِ سُفْيَانَ وَ إِنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ.

Shaḥīḥ Muslim 88: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Numair. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami Bapakku telah menceritakan kepada kami al-A‘masy. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Ḥarb telah menceritakan kepada kami Wakī‘ telah menceritakan kepada kami Sufyān dari al-A‘masy dari ‘Abdullāh bin Murrah dari Masrūq dari ‘Abdullāh bin ‘Amru dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada empat perkara, barang siapa yang empat perkara tersebut ada pada dirinya maka dia menjadi orang munāfiq sejati, dan apabila salah satu sifat dari empat perkara tersebut ada pada dirinya, maka pada dirinya terdapat satu sifat dari kemunāfiqan hingga dia meninggalkannya: jika berbicara selalu bohong, jika melakukan perjanjian melanggar, jika berjanji selalu ingkar, dan jika berselisih licik.” Hanya saja dalam hadits Sufyān, ‘Apabila dalam dirinya terdapat salah satu sifat tersebut maka dia memiliki salah satu sifat kemunafikan’.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 33, 2279, 2942; SAD: 4068; ST: 2556; SN: 4934; MA: 6479.

صحيح مسلم ٩٨: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ وَ قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَ اللَّفْظُ لِيَحْيَى قَالَا حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ سُهَيْلٍ نَافِعُ بْنُ مَالِكِ بْنِ أَبِيْ عَامِرٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ.

Shaḥīḥ Muslim 89: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ayyūb dan Qutaibah bin Sa‘īd dan lafazh tersebut milik Yaḥyā, keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl bin Ja‘far dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Abū Suhail Nāfi‘ bin Mālik bin Abī ‘Āmir dari bapaknya dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tanda-tanda orang munāfiq ada tiga: apabila dia berbicara niscaya dia berbohong, apabila dia berjanji niscaya mengingkari, dan apabila dia dipercaya niscaya dia berkhianat.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 32, 2485, 2544, 5630; SM: 90; SIM: 2555; SN: 4935, 4937; MA: 8331.

صحيح مسلم ٠٩: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِي الْعَلَاءُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ يَعْقُوْبَ مَوْلَى الْحُرَقَةِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْ عَلَامَاتِ الْمُنَافِقِ ثَلَاثَةٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ. حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ الْعَمِّيُّ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ قَيْسٍ أَبُوْ زُكَيْرٍ قَالَ سَمِعْتُ الْعَلَاءَ بْنَ عَبْدِ الرَّحْمنِ يُحَدِّثُ بِهذَا الْإِسْنَادِ وَ قَالَ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ وَ إِنْ صَامَ وَ صَلَّى وَ زَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ وَ حَدَّثَنِيْ أَبُوْ نَصْرٍ التَّمَّارُ وَ عَبْدُ الْأَعْلَى بْنُ حَمَّادٍ قَالَا حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِيْ هِنْدٍ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيْثِ يَحْيَى بْنِ مُحَمَّدٍ عَنِ الْعَلَاءِ ذَكَرَ فِيْهِ وَ إِنْ صَامَ وَ صَلَّى وَ زَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ

Shaḥīḥ Muslim 90: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Isḥāq telah mengabarkan kepada kami Ibnu Abī Maryam telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin Ja‘far dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami al-‘Alā’ bin ‘Abd-ir-Raḥmān bin Ya‘qūb mantan budak al-Ḥuraqah, dari bapaknya dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Di antara tanda-tanda orang munāfiq ada tiga: apabila dia berbicara niscaya dia berbohong, apabila dia berjanji niscaya mengingkari, dan apabila dia dipercaya niscaya dia berkhianat.” Telah menceritakan kepada kami ‘Uqbah bin Mukram al-‘Ammī telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Muḥammad bin Qais Abī Zuhair dia berkata, saya mendengar al-‘Alā’ bin ‘Abd-ur-Raḥmān menceritakan dengan sanad ini seraya berkata: “Tanda-tanda orang munāfiq ada tiga, walaupun dia berpuasa dan shalat serta mengklaim bahwa dia seorang Muslim.” Dan telah menceritakan kepadaku Abū Nadhr at-Tammar dan ‘Abd-ul-A‘lā bin Ḥammād keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Ḥammād bin Salamah dari Dāūd bin Abī Hind dari Sa‘īd bin al-Musayyab dari Abū Hurairah dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda dengan semisal hadits Yaḥyā bin Muḥammad, dari al-‘Alā’ dia menyebutkan di dalamnya: “Dan walaupun dia berpuasa dan shalat dan mengklaim bahwa dia seorang Muslim.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 32, 2485, 2544, 5630; SM: 90; SIM: 2555; SN: 4935, 4937; MA: 8331.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *