صحيح مسلم ٦٨: حَدَّثَنِيْ حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عِمْرَانَ التُّجِيْبِيُّ أَنْبَأَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ يُوْنُسُ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا سَلَمَةَ بْنَ عَبْدِ الرَّحْمنِ وَ سَعِيْدَ بْنَ الْمُسَيَّبِ يَقُوْلَانِ قَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَا يَزْنِي الزَّانِيْ حِيْنَ يَزْنِيْ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَا يَسْرِقُ السَّارِقُ حِيْنَ يَسْرِقُ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَا يَشْرَبُ الْخَمْرَ حِيْنَ يَشْرَبُهَا وَ هُوَ مُؤْمِنٌ. قَالَ ابْنُ شِهَابٍ فَأَخْبَرَنِيْ عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ أَنَّ أَبَا بَكْرٍ كَانَ يُحَدِّثُهُمْ هَؤُلَاءِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ ثُمَّ يَقُوْلَا وَ كَانَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ يُلْحِقُ مَعَهُنَّ وَ لَا يَنْتَهِبُ نُهْبَةً ذَاتَ شَرَفٍ يَرْفَعُ النَّاسُ إِلَيْهِ فِيْهَا أَبْصَارَهُمْ حِيْنَ يَنْتَهِبُهَا وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ حَدَّثَنِيْ عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ أَبِيْ عَنْ جَدِّيْ قَالَ حَدَّثَنِيْ عُقَيْلُ بْنُ خَالِدٍ قَالَ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَا يَزْنِي الزَّانِيْ وَ اقْتَصَّ الْحَدِيْثَ بِمِثْلِهِ يَذْكُرُ مَعَ ذِكْرِ النُّهْبَةِ وَ لَمْ يَذْكُرْ ذَاتَ شَرَفٍ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ حَدَّثَنِيْ سَعِيْدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ وَ أَبُوْ سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيْثِ أَبِيْ بَكْرٍ هذَا إِلَّا النُّهْبَةَ وَ حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ مِهْرَانَ الرَّازِيُّ قَالَ أَخْبَرَنِيْ عِيْسَى بْنُ يُوْنُسَ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنِ ابْنِ الْمُسَيَّبِ وَ أَبِيْ سَلَمَةَ وَ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيْثِ عُقَيْلٍ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَ ذَكَرَ النُّهْبَةَ وَ لَمْ يَقُلْ ذَاتَ شَرَفٍ وَ حَدَّثَنِيْ حَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ حَدَّثَنَا يَعْقُوْبُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ الْمُطَّلِبِ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ مَوْلَى مَيْمُوْنَةَ وَ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ح وَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ يَعْنِي الدَّرَاوَرْدِيَّ عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كُلُّ هؤُلَاءِ بِمِثْلِ حَدِيْثِ الزُّهْرِيِّ غَيْرَ أَنَّ الْعَلَاءَ وَ صَفْوَانَ بْنَ سُلَيْمٍ لَيْسَ فِيْ حَدِيْثِهِمَا يَرْفَعُ النَّاسُ إِلَيْهِ فِيْهَا أَبْصَارَهُمْ وَ فِيْ حَدِيْثِ هَمَّامٍ يَرْفَعُ إِلَيْهِ الْمُؤْمِنُوْنَ أَعْيُنَهُمْ فِيْهَا وَ هُوَ حِيْنَ يَنْتَهِبُهَا مُؤْمِنٌ وَ زَادَ وَ لَا يَغُلُّ أَحَدُكُمْ حِيْنَ يَغُلُّ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ فَإِيَّاكُمْ إِيَّاكُمْ.
Shaḥīḥ Muslim 86: Telah menceritakan kepadaku Ḥarmalah bin Yaḥyā bin ‘Abdullāh bin ‘Imrān at-Tujībī telah memberitakan kepada kami Ibnu Wahb dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Yūnus dari Ibnu Syihāb dia berkata, saya mendengar Abū Salamah bin ‘Abd-ur-Raḥmān dan Sa‘īd bin al-Musayyab keduanya berkata, Abū Hurairah berkata: “Sesungguhnya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seorang mu’min tidak disebut mu’min saat ia berzina, seorang mu’min tidak disebut sebagai mu’min saat ia mencuri.” Ibnu Syihāb berkata: Telah mengabarkan kepadaku ‘Abd-ul-Mālik bin Abī Bakar bin ‘Abd–r-Raḥmān bahwa Abū Bakar telah menceritakan kepada mereka dari Abū Hurairah kemudian dia berkata: “Abū Hurairah mengikutkan dalam kalimat-kalimat (hadits) tersebut, ‘Dan tidaklah orang yang mulia merampas yang karenanya manusia mengarahkan pandangannya kepada dirinya, saat melakukan (perampasan tersebut) ia disebut sebagai mukmin.” Dan telah menceritakan kepadaku ‘Abd-ul-Mālik bin Syu‘aib bin al-Laits bin Sa‘d dia berkata: Telah menceritakan kepadaku bapakku dari kakekku dia berkata: Telah menceritakan kepadaku ‘Uqail bin Khālid dia berkata Ibnu Syihāb berkata: Telah mengabarkan kepadaku Abū Bakar bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin al-Ḥārits bin Hisyām dari Abū Hurairah bahwa dia berkata: “Sesungguhnya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah seorang pezina melakukan perzinaan… lalu dia meneruskan hadits tersebut seperti hadits di atas. Ia menyebutkan ‘perampasan’, namun tidak menyebutkan ‘orang yang mulia’. Ibnu Syihāb berkata: Telah menceritakan kepadaku Sa‘īd bin al-Musayyib dan Abū Salamah bin ‘Abd-ur-Raḥmān dari Abū Hurairah dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dengan semisal hadits Abū Bakar ini, kecuali kalimat ‘perampasan’.” Dan telah menceritakan kepadaku Muḥammad bin Mihrān ar-Rāzī dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami ‘Īsā bin Yūnus telah menceritakan kepada kami al-Auza‘ī dari az-Zuhrī dari Ibnu al-Musayyab dan Abū Salamah serta Abū Bakar bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin al-Harits bin Hisyām dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dengan semisal hadits ‘Uqail, dari az-Zuhrī, dari Abū Bakar bin ‘Abd-ir-Raḥmān, dari Abū Hurairah, dia menyebutkan ‘perampasan’ namun tidak menyebutkan ‘orang yang mulia’.” Dan telah menceritakan kepadaku Ḥasan bin ‘Alī al-Ḥulwānī telah menceritakan kepada kami Ya‘qūb bin Ibrāhīm telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-‘Azīz bin al-Muththalib dari Shafwān bin Sulaim dari ‘Athā’ bin Yasar mantan budak Maimūnah, dan Ḥumaid bin ‘Abd-ur-Raḥmān dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Rāfi‘ telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Razzāq telah mengabarkan kepada kami Ma‘mar dari Hammām bin Munabbih dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam.” Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-‘Azīz -yaitu ad-Dārawardī- dari al-‘Alā’ bin ‘Abd-ur-Raḥmān dari bapaknya dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, semua riwayat mereka seperti riwayat hadits az-Zuhrī, hanya saja dalam hadits al-‘Alā’ dan Shafwān bin Sulaim tidak ada kalimat ‘orang-orang mengarahkan pandangannya kepadanya’, sedangkan dalam hadits Hammām ada kalimat ‘orang-orang mu’min mengarahkan pandangan kepadanya, sementara saat melakukannya ia disebut mu’min’. Dan dia menambahkan, ‘Dan tidaklah salah seorang dari kalian berkhianat, saat melakukannya ia disebut mu’min. Maka hati-hatilah kalian.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 2295, 5150, 6274, 6284, 6311, 6312; SM: 87; SAD: 4069; ST: 2549; SN: 4786, 4787, 4788, 4789, 5565, 5566; SIM: 3926; MA: 7017, 7855, 8540, 8646, 9825, 14204, 18315, 23937; SD: 2014.
صحيح مسلم ٧٨: حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ سُلَيْمَانَ عَنْ ذَكْوَانَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ. أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَا يَزْنِي الزَّانِيْ حِيْنَ يَزْنِيْ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَا يَسْرِقُ حِيْنَ يَسْرِقُ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَا يَشْرَبُ الْخَمْرَ حِيْنَ يَشْرَبُهَا وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ التَّوْبَةُ مَعْرُوْضَةٌ بَعْدُ حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ ذَكْوَانَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَفَعَهُ قَالَ لَا يَزْنِي الزَّانِيْ ثُمَّ ذَكَرَ بِمِثْلِ حَدِيْثِ شُعْبَةَ.
Shaḥīḥ Muslim 87: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī ‘Adī dari Syu‘bah dari Sulaimān dari Dzakwān dari Abū Hurairah berkata: “Sesungguhnya Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah seorang pezina saat berzina dsebut sebagai mu’min, dan tidaklah seorang pencuri saat mencuri dusebut mu’min, dan tidaklah seorang yang menimum khamer saat meminumnya disebut mu’min. Sedangkan pintu taubat akan selalu terbuka.” Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Rāfi‘ telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Razzāq telah mengabarkan kepada kami Sufyān dari al-A‘masy dari Dzakwān dari Abū Hurairah yang merafa‘kannya. Dia berkata: “Tidaklah seorang pezina saat berzina,” kemudian dia menyebutkan seperti hadits Syu‘bah.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 2295, 5150, 6274, 6284, 6311, 6312; SAD: 4069; ST: 2549; SN: 4786, 4787, 4788, 4789, 5565, 5566; SIM: 3926; MA: 7017, 7855, 8540, 8646, 9825, 14204, 18315, 23937; SD: 2014.