Shahih Muslim no.72 s.d 80 – Keutamaan Orang-Orang Yaman

صحيح مسلم ٢٧: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ ح وَ حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِيْ ح و حَدَّثَنَا أَبُوْ كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيْسَ كُلُّهُمْ عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ أَبِيْ خَالِدٍ ح وَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيْبٍ الْحَارِثِيُّ وَ اللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ عَنْ إِسْمَاعِيْلَ قَالَ سَمِعْتُ قَيْسًا يَرْوِيْ عَنْ أَبِيْ مَسْعُوْدٍ قَالَ أَشَارَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِيَدِهِ نَحْوَ الْيَمَنِ فَقَالَ أَلَا إِنَّ الْإِيْمَانَ هَهُنَا وَ إِنَّ الْقَسْوَةَ وَ غِلَظَ الْقُلُوْبِ فِي الْفَدَّادِيْنَ عِنْدَ أُصُوْلِ أَذْنَابِ الْإِبِلِ حَيْثُ يَطْلُعُ قَرْنَا الشَّيْطَانِ فِيْ رَبِيْعَةَ وَ مُضَرَ.

Shaḥīḥ Muslim 72: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah telah menceritakan kepada kami Abū Usāmah. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami bapakku. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Abū Kuraib telah menceritakan kepada kami Ibnu Idrīs semuanya dari Ismā‘īl bin Abū Khālid. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ḥabīb al-Ḥāritsī dan lafazh tersebut miliknya, telah menceritakan kepada kami Mu‘tamir dari Ismā‘īl dia berkata, saya mendengar Qais meriwayatkan dari Abū Mas‘ūd dia berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam memberi isyarat dengan tangan ke arah Yaman, seraya bersabda: “Ingatlah, sesungguhnya iman ada di sini (Yaman), sedangkan kekerasan dan kekakuan hati ada pada penggembala yang bersuara keras di dekat pangkal ekor unta ketika muncul sepasang tanduk syaithan pada Bani Rabī‘ah dan Bani Mudhar.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 3057, 4891; MA: 14031, 16449, 21311.

صحيح مسلم ٣٧: حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيْعِ الزَّهْرَانِيُّ أَنْبَأَنَا حَمَّادٌ حَدَّثَنَا أَيُّوْبُ حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ جَاءَ أَهْلُ الْيَمَنِ هُمْ أَرَقُّ أَفْئِدَةً الْإِيْمَانُ يَمَانٍ وَ الْفِقْهُ يَمَانٍ وَ الْحِكْمَةُ يَمَانِيَةٌ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ ح و حَدَّثَنِيْ عَمْرٌو النَّاقِدُ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ يُوْسُفَ الْأَزْرَقُ كِلَاهُمَا عَنِ ابْنِ عَوْنٍ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِهِ.

Shaḥīḥ Muslim 73: Telah menceritakan kepada kami Abū-r-Rabī‘ az-Zahrānī telah memberitakan kepada kami Ḥammād telah menceritakan kepada kami Ayyūb telah menceritakan kepada kami Muḥammad dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah datang penduduk Yaman, mereka adalah kaum yang paling lembut hatinya. Iman ada pada orang Yaman. Fiqh juga ada pada orang Yaman. Hikmah juga ada pada orang Yaman.” Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī ‘Adī. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami ‘Amru an-Nāqid telah menceritakan kepada kami Isḥāq bin Yūsuf al-Azraq keduanya dari Ibnu ‘Aun dari Muḥammad dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda seperti hadits tersebut.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 4037; SM: 78. 79; ST: 3870; MA: 6904. 7123, 7308, 7398, 8585, 9750, 9832, 9936, 10123, 10560.

صحيح مسلم ٤٧: وَ حَدَّثَنِيْ عَمْرٌو النَّاقِدُ وَ حَسَنٌ الْحُلْوَانِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا يَعْقُوْبُ وَ هُوَ ابْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ سَعْدٍ حَدَّثَنَا أَبِيْ عَنْ صَالِحٍ عَنِ الْأَعْرَجِ قَالَ قَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَتَاكُمْ أَهْلُ الْيَمَنِ هُمْ أَضْعَفُ قُلُوبًا وَ أَرَقُّ أَفْئِدَةً الْفِقْهُ يَمَانٍ وَ الْحِكْمَةُ يَمَانِيَةٌ.

Shaḥīḥ Muslim 74: Dan telah menceritakan kepada kami ‘Amru an-Nāqid dan Ḥasan al-Ḥulwānī keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Ya‘qūb -yaitu Ibnu Ibrāhīm bin Sa‘d- telah menceritakan kepada kami bapakku dari Shāliḥ dari al-A‘raj dia berkata: Abū Hurairah berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah datang penduduk Yaman, mereka adalah kaum yang paling lembut hatinya. Fiqh ada pada orang Yaman. Hikmah juga ada pada orang Yaman.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 4037, 4039; SM: 78. 79; ST: 3870; MA: 7123, 7308, 7398, 9750, 9832, 10123, 10559.

صحيح مسلم ٥٧: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ رَأْسُ الْكُفْرِ نَحْوَ الْمَشْرِقِ وَ الْفَخْرُ وَ الْخُيَلَاءُ فِيْ أَهْلِ الْخَيْلِ وَ الْإِبِلِ الْفَدَّادِيْنَ أَهْلِ الْوَبَرِ وَ السَّكِينَةُ فِيْ أَهْلِ الْغَنَمِ.

Shaḥīḥ Muslim 75: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Yaḥyā dia berkata: aku membacakannya di hadapan Mālik; dari Abū-z-Zinād dari al-A‘raj dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berkata: “Puncak kekafiran berada pada arah timur (daerah kaum majusi), dan kebanggaan dan kesombongan ada pada pemilik kuda dan unta yang menggembala, yaitu kaum Badui, sedangkan ketenangan ada pada penggembala kambing (maksudnya penduduk Yaman).

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 3056; MA: 7894, 9043, 9135, 10174, 10953; MM: 1532.

صحيح مسلم ٦٧: وَ حَدَّثَنِيْ يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ وَ قُتَيْبَةُ وَ ابْنُ حُجْرٍ عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ ابْنُ أَيُّوْبَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ قَالَ أَخْبَرَنِي الْعَلَاءُ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ الْإِيْمَانُ يَمَانٍ وَ الْكُفْرُ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَ السَّكِيْنَةُ فِيْ أَهْلِ الْغَنَمِ وَ الْفَخْرُ وَ الرِّيَاءُ فِي الْفَدَّادِيْنَ أَهْلِ الْخَيْلِ وَ الْوَبَرِ.

Shaḥīḥ Muslim 76: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ayyūb dan Qutaibah serta Ibnu Ḥujr dari Ismā‘īl bin Ja‘far berkata Ibnu Ayyūb telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl dia berkata: Telah mengabarkan kepadaku al-‘Alā’ dari bapaknya dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Iman itu ada pada Yaman, kekufuran itu ada pada arah timur (maksudnya kaum Majusi), ketenangan ada pada penggembala kambing (maksudnya penduduk Yaman), dan kesombongan dan riya’ itu ada pada orang-orang yang bersuara keras; pengembala kuda dan unta (orang Badui).

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: ST: 2169; MA: 8491, 8918, 9135, 9516, 9893

صحيح مسلم ٧٧: وَ حَدَّثَنِيْ حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ يُوْنُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ الْفَخْرُ وَ الْخُيَلَاءُ فِي الْفَدَّادِيْنَ أَهْلِ الْوَبَرِ وَ السَّكِيْنَةُ فِيْ أَهْلِ الْغَنَمِ. وَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ الدَّارِمِيُّ أَخْبَرَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ بِهذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ وَ زَادَ الْإِيْمَانُ يَمَانٍ وَ الْحِكْمَةُ يَمَانِيَةٌ.

Shaḥīḥ Muslim 77: Telah menceritakan kepada kami Ḥarmalah bin Yaḥyā telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb dia berkata: Telah mengabarkan kepadaku Yūnus dari Ibnu Syihāb dia berkata: Telah mengabarkan kepadaku Abū Salamah bin ‘Abd-ur-Raḥmān bahwa Abū Hurairah berkata: “Saya mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kebanggaan dan kesombongan ada pada kaum penggembala, yaitu kaum Badui, sedangkan ketenangan ada pada penggembala kambing (maksudnya penduduk Yaman).” Dan telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin ‘Abd-ur-Raḥmān ad-Dārimī telah mengabarkan kepada kami Abū-l-Yaman telah mengabarkan kepada kami Syu‘aib dari az-Zuhrī dengan sanad ini semisalnya, dan dia menambahkan: “Iman itu ada pada orang Yaman, dan hikmah pada orang Yaman.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 3238; MA: 7331, 11482.

صحيح مسلم ٨٧: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ أَخْبَرَنَا أَبُو الْيَمَانِ عَنْ شُعَيْبٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ حَدَّثَنِيْ سَعِيْدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ جَاءَ أَهْلُ الْيَمَنِ هُمْ أَرَقُّ أَفْئِدَةً وَ أَضْعَفُ قُلُوْبًا الْإِيْمَانُ يَمَانٍ وَ الْحِكْمَةُ يَمَانِيَةٌ السَّكِيْنَةُ فِيْ أَهْلِ الْيَمَنِ وَ الْفَخْرُ وَ الْخُيَلَاءُ فِي الْفَدَّادِيْنَ أَهْلِ الْوَبَرِ قِبَلَ مَطْلِعِ الشَّمْسِ.

Shaḥīḥ Muslim 78: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin ‘Abd-ur-Raḥmān telah mengabarkan kepada kami Abū-l-Yaman dari Syu‘aib dari az-Zuhrī telah menceritakan kepada kami Sa‘īd bin al-Musayyab bahwa Abū Hurairah berkata: “Saya mendengar Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah datang penduduk Yaman, mereka adalah kaum yang paling lembut hatinya, dan paling lemah hatinya. Iman itu ada pada orang Yaman, hikmah pada orang Yaman dan ketenangan ada pada orang Yaman. Sedangkan kebanggaan dan kesombongan ada pada penggembala, kaum Badui, yaitu arah terbitnya matahari.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 4037, 4039; SM: 79; ST: 3870; MA: 7123, 7192, 7308, 7398, 9750, 9832, 9936, 10123, 10559, 16765.

صحيح مسلم ٩٧: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ أَبُوْ كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَتَاكُمْ أَهْلُ الْيَمَنِ هُمْ أَلْيَنُ قُلُوْبًا وَ أَرَقُّ أَفْئِدَةً الْإِيْمَانُ يَمَانٍ وَ الْحِكْمَةُ يَمَانِيَةٌ رَأْسُ الْكُفْرِ قِبَلَ الْمَشْرِقِ. وَ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا جَرِيْرٌ عَنِ الْأَعْمَشِ بِهذَا الْإِسْنَادِ وَ لَمْ يَذْكُرْ رَأْسُ الْكُفْرِ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ ح و حَدَّثَنِيْ بِشْرُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ قَالَا حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنِ الْأَعْمَشِ بِهذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَ حَدِيْثِ جَرِيْرٍ وَ زَادَ وَ الْفَخْرُ وَ الْخُيَلَاءُ فِيْ أَصْحَابِ الْإِبِلِ وَ السَّكِيْنَةُ وَ الْوَقَارُ فِيْ أَصْحَابِ الشَّاءِ.

Shaḥīḥ Muslim 79: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah dan Abū Kuraib keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Mu‘āwiyah dari al-A‘masy dari Abū Shāliḥ dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah datang penduduk Yaman kepada kalian, mereka adalah orang yang paling halus hatinya, dan paling lembut hatinya. Iman ada pada orang Yaman dan hikmah ada pada orang Yaman, sementara pokok kekufuran ada pada arah timur (kaum Majusi).” Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa‘īd dan Zuhair bin Ḥarb keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Jarīr dari al-A‘masy dengan sanad ini, dan dia tidak menyebutkan, “Pokok kekufuran ada pada arah timur.” Dan telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī ‘Adī. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Khālid telah menceritakan kepada kami Muḥammad -yaitu Ibnu Ja‘far- keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Syu‘bah dari al-A‘masy dengan sanad ini seperti hadits Jarīr, dan dia menambahkan: Kebanggaan dan kesombongan ada pada penggembala unta, sedangkan ketenangan ada pada penggembala kambing”.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 4037, 4039; ST: 3870; MA: 7123, 7308, 7398, 9750, 9832, 9936, 10123, 10559.

صحيح مسلم ٠٨: وَ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْحَارِثِ الْمَخْزُوْمِيُّ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ يَقُوْلَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ غِلَظُ الْقُلُوْبِ وَ الْجَفَاءُ فِي الْمَشْرِقِ وَ الْإِيْمَانُ فِيْ أَهْلِ الْحِجَازِ.

Shaḥīḥ Muslim 80: Dan telah menceritakan kepada kami Isḥāq bin Ibrāhīm telah mengabarkan kepada kami ‘Abdullāh bin al-Ḥārits al-Makhzūmī dari Ibnu Juraij dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Abū-z-Zubair bahwa dia mendengar Jābir bin ‘Abdullāh berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Keras dan keringnya hati berada pada orang Timur, sedangkan iman berada pada ahli Ḥijāz.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 14031, 14068, 14188.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *