Shahih Muslim no.70 s.d 71 – Mencegah Kemungkaran Adalah Bagian Dari Iman & Bahwa Iman Itu Bertambah Dan Berkurang

صحيح مسلم ٠٧: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ سُفْيَانَ ح وَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ كِلَاهُمَا عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ وَ هذَا حَدِيْثُ أَبِيْ بَكْرٍ قَالَ:أَوَّلُ مَنْ بَدَأَ بِالْخُطْبَةِ يَوْمَ الْعِيْدِ قَبْلَ الصَّلَاةِ مَرْوَانُ فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ فَقَالَ الصَّلَاةُ قَبْلَ الْخُطْبَةِ فَقَالَ قَدْ تُرِكَ مَا هُنَالِكَ فَقَالَ أَبُوْ سَعِيْدٍ أَمَّا هذَا فَقَدْ قَضَى مَا عَلَيْهِ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَ ذلِكَ أَضْعَفُ الْإِيْمَانِ. حَدَّثَنَا أَبُوْ كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ وَ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ فِيْ قِصَّةِ مَرْوَانَ وَ حَدِيْثِ أَبِيْ سَعِيْدٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيْثِ شُعْبَةَ وَ سُفْيَانَ.

Shaḥīḥ Muslim 70: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah telah menceritakan kepada kami Wakī‘ dari Sufyān. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ja‘far telah menceritakan kepada kami Syu‘bah keduanya dari Qais bin Muslim dari Thāriq bin Syihāb dan ini adalah hadits Abū Bakar, “Orang pertama yang berkhutbah pada Hari Raya sebelum shalat Hari Raya didirikan ialah Marwān. Lalu seorang lelaki berdiri dan berkata kepadanya: “Shalat Hari Raya hendaklah dilakukan sebelum membaca khutbah.” Marwān menjawab: “Sungguh, apa yang ada dalam khutbah sudah banyak ditinggalkan.” Kemudian Abū Said berkata: “Sungguh, orang ini telah memutuskan (melakukan) sebagaimana yang pernah aku dengar dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bersabda: “Barang siapa di antara kamu melihat kemungkaran hendaklah ia mencegah kemungkaran itu dengan tangannya. jika tidak mampu, hendaklah mencegahnya dengan lisan, jika tidak mampu juga, hendaklah ia mencegahnya dengan hatinya. Itulah selemah-lemah iman.” Telah menceritakan kepada kami Abū Kuraib Muḥammad bin al-‘Alā’ telah menceritakan kepada kami Abū Mu‘āwiyah telah menceritakan kepada kami al-A‘masy dari Ismā‘īl bin Rajā’ dari bapaknya dari Abū Sa‘īd al-Khudrī dari Qais bin Muslim dari Thāriq bin Syihāb dari Abū Sa‘īd al-Khudrī dalam kisah Marwān, dan hadits Abū Sa‘īd dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, seperti hadits Syu‘bah dan Sufyān.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 963, 3777; ST: 2098; SN: 4922, 4923; SIM: 1265, 4003; MA: 10651, 10723, 11034, 11068, 11090, 11442.

صحيح مسلم ١٧: حَدَّثَنِيْ عَمْرٌو النَّاقِدُ وَ أَبُو بَكْرِ بْنُ النَّضْرِ وَ عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ وَ اللَّفْظُ لِعَبْدٍ قَالُوْا حَدَّثَنَا يَعْقُوْبُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ سَعْدٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ أَبِيْ عَنْ صَالِحِ بْنِ كَيْسَانَ عَنْ الْحَارِثِ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْحَكَمِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ الْمِسْوَرِ عَنْ أَبِيْ رَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ نَبِيٍّ بَعَثَهُ اللهُ فِيْ أُمَّةٍ قَبْلِيْ إِلَّا كَانَ لَهُ مِنْ أُمَّتِهِ حَوَارِيُّوْنَ وَ أَصْحَابٌ يَأْخُذُوْنَ بِسُنَّتِهِ وَ يَقْتَدُوْنَ بِأَمْرِهِ ثُمَّ إِنَّهَا تَخْلُفُ مِنْ بَعْدِهِمْ خُلُوْفٌ يَقُوْلُوْنَ مَا لَا يَفْعَلُوْنَ وَ يَفْعَلُوْنَ مَا لَا يُؤْمَرُوْنَ فَمَنْ جَاهَدَهُمْ بِيَدِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَ مَنْ جَاهَدَهُمْ بِلِسَانِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَ مَنْ جَاهَدَهُمْ بِقَلْبِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَيْسَ وَرَاءَ ذلِكَ مِنَ الْإِيْمَانِ حَبَّةُ خَرْدَلٍ. قَالَ أَبُوْ رَافِعٍ فَحَدَّثْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ فَأَنْكَرَهُ عَلَيَّ فَقَدِمَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ فَنَزَلَ بِقَنَاةَ فَاسْتَتْبَعَنِيْ إِلَيْهِ عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ يَعُوْدُهُ فَانْطَلَقْتُ مَعَهُ فَلَمَّا جَلَسْنَا سَأَلْتُ ابْنَ مَسْعُوْدٍ عَنْ هذَا الْحَدِيْثِ فَحَدَّثَنِيْهِ كَمَا حَدَّثْتُهُ ابْنَ عُمَرَ قَالَ صَالِحٌ وَ قَدْ تُحُدِّثَ بِنَحْوِ ذلِكَ عَنْ أَبِيْ رَافِعٍ وَ حَدَّثَنِيْهِ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ مُحَمَّدٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ أَخْبَرَنِي الْحَارِثُ بْنُ الْفُضَيْلِ الْخَطْمِيُّ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْحَكَمِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ الْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ عَنْ أَبِيْ رَافِعٍ مَوْلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ مَا كَانَ مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا وَ قَدْ كَانَ لَهُ حَوَارِيُّوْنَ يَهْتَدُوْنَ بِهَدْيِهِ وَ يَسْتَنُّوْنَ بِسُنَّتِهِ مِثْلَ حَدِيْثِ صَالِحٍ وَ لَمْ يَذْكُرْ قُدُوْمَ ابْنِ مَسْعُوْدٍ وَاجْتِمَاعِ ابْنِ عُمَرَ مَعَهُ.

Shaḥīḥ Muslim 71: Telah menceritakan kepada kami ‘Amru an-Nāqid dan Abū Bakar bin an-Nadhr serta ‘Abd bin Ḥumaid dan lafazh tersebut milik ‘Abd. Mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Ya‘qūb bin Ibrāhīm bin Sa‘d dia berkata: Telah menceritakan kepada kami bapakku dari Shāliḥ bin Kaisān dari al-Ḥārits dari Ja‘far bin ‘Abdullāh bin al-Ḥakam dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin al-Miswar dari Abū Rāfi‘ dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah seorang nabi yang diutus oleh Allah pada suatu umat sebelumnya melainkan dia memiliki pembela dan sahabat yang memegang teguh sunah-sunah dan mengikuti perintah-perintahnya, kemudian datanglah setelah mereka suatu kaum yang mengatakan sesuatu yang tidak mereka lakukan, dan melakukan sesuatu yang tidak diperintahkan. Barang siapa yang berjihad dengan tangan melawan mereka maka dia seorang mukmin, barang siapa yang berjihad dengan lisan melawan mereka maka dia seorang mukmin, barang siapa yang berjihad dengan hati melawan mereka maka dia seorang mukmin, dan setelah itu tidak ada keimanan sebiji sawi.” Abū Rāfi‘ berkata: “Lalu aku menceritakan kepada ‘Abdullāh bin ‘Umar, namun ia mengingkariku. Ketika Ibnu Mas’ud datang dan singgah pada Qanāh, ‘Abdullāh bin ‘Umar mengikutiku mengajakku untuk mengikuti Ibnu Mas‘ūd, maka ketika kami duduk, aku bertanya kepada Ibnu Mas‘ūd tentang hadits ini, maka dia menceritakannya hadits tersebut kepadaku sebagaimana aku menceritakannya kepada Ibnu ‘Umar.” Shāliḥ berkata: “Sungguh telah diceritakan seperti itu dari Abū Rāfi‘.” Dan telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Isḥāq bin Muḥammad telah mengabarkan kepada kami Ibnu Abī Maryam telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-‘Azīz bin Muḥammad dia berkata: Telah mengabarkan kepadaku al-Ḥārits bin al-Fudhail al-Khathmī dari Ja‘far bin ‘Abdullāh bin al-Ḥakam dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Miswar bin Makhramah dari Abū Rāfi‘ mantan budak Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah ada Nabi melainkan dia memiliki pembela yang meminta petunjuk dengan petunjuknya, dan mengambil sunnah dengan sunnahnya,” seperti hadits Shāliḥ, namun ia tidak menyebutkan kedatangan Ibnu Mas‘ūd dan berkumpulnya Ibnu ‘Umar bersamanya.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *