Shahih Muslim no.270-271 – Penetapan Adanya Syafā‘at

91 (157). Penetapan Adanya Syafā‘at Dan Dikeluarkannya Orang-orang Mu’min Dari Neraka.

صحيح مسلم ٢٧٠: وَ حَدَّثَنِيْ هَارُوْنُ بْنُ سَعِيْدٍ الْأَيْلِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى بْنِ عُمَارَةَ قَالَ حَدَّثَنِيْ أَبِيْ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ يُدْخِلُ اللهُ أَهْلَ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ يُدْخِلُ مَنْ يَشَاءُ بِرَحْمَتِهِ وَ يُدْخِلُ أَهْلَ النَّارِ النَّارَ ثُمَّ يَقُوْلُ انْظُرُوْا مَنْ وَجَدْتُمْ فِيْ قَلْبِهِ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ إِيْمَانٍ فَأَخْرِجُوْهُ فَيُخْرَجُوْنَ مِنْهَا حُمَمًا قَدْ امْتَحَشُوْا فَيُلْقَوْنَ فِيْ نَهَرِ الْحَيَاةِ أَوِ الْحَيَا فَيَنْبُتُوْنَ فِيْهِ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ إِلَى جَانِبِ السَّيْلِ أَلَمْ تَرَوْهَا كَيْفَ تَخْرُجُ صَفْرَاءَ مُلْتَوِيَةً. وَ حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ ح وَ حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ الشَّاعِرِ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ أَخْبَرَنَا خَالِدٌ كِلَاهُمَا عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى بِهذَا الْإِسْنَادِ وَ قَالَا فَيُلْقَوْنَ فِيْ نَهَرٍ يُقَالَ لَهُ الْحَيَاةُ وَ لَمْ يَشُكَّا وَ فِيْ حَدِيْثِ خَالِدٍ كَمَا تَنْبُتُ الْغُثَاءَةُ فِيْ جَانِبِ السَّيْلِ وَ فِيْ حَدِيْثِ وُهَيْبٍ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ فِيْ حَمِئَةٍ أَوْ حَمِيْلَةِ السَّيْلِ.

Shaḥīḥ Muslim 270: Dan telah menceritakan kepadaku Hārūn bin Sa‘īd al-Ailī telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Mālik bin Anas dari ‘Amru bin Yaḥyā bin ‘Umārah dia berkata: Telah menceritakan kepadaku bapakku dari Abū Sa‘īd al-Khudrī bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah memasukkan penduduk surga ke surga, Dia memasukkan siapa pun yang Dia kehendaki dengan rahmat-Nya, dan memasukkan penduduk neraka ke neraka.

Kemudian Allah berfirman: “Lihatlah oleh kalian, siapa yang kalian dapati dari mereka terdapat sebiji sawi keimanan dalam hatinya maka keluarkanlah.” Lalu mereka dikeluarkan dari neraka dalam keadaan hangus terbakar. Mereka telah terbakar, lalu dilemparkan ke sungai kehidupan, atau hidup. Lalu mereka tumbuh sebagaimana benih tumbuh di sisi buih. Tidakkah kalian melihat bagaimana dia keluar kuning bengkok.” Dan telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah telah menceritakan kepada kami ‘Affān telah menceritakan kepada kami Wuhaib. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Ḥajjāj bin asy-Syā‘ir telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin ‘Aun telah mengabarkan kepada kami Khalid keduanya meriwayatkan dari ‘Amru bin Yaḥyā dengan isnad ini, dan keduanya berkata: “Lalu mereka dilemparkan ke sungai yang disebut sungai kehidupan.” Dan keduanya tidak ragu. Dan dalam hadits Khālid: “Sebagaimana benih tumbuh di samping buih.” Dan dalam hadits Wuhaib, “Sebagaimana biji tumbuh dalam bawaan buih banjir.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 5864, 6772, 12234, 13352, 14023, 21135.

صحيح مسلم ٢٧١: وَ حَدَّثَنِيْ نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ حَدَّثَنَا بِشْرٌ يَعْنِي ابْنَ الْمُفَضَّلِ عَنْ أَبِيْ مَسْلَمَةَ عَنْ أَبِيْ نَضْرَةَ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَمَّا أَهْلُ النَّارِ الَّذِيْنَ هُمْ أَهْلُهَا فَإِنَّهُمْ لَا يَمُوْتُوْنَ فِيْهَا وَ لَا يَحْيَوْنَ وَلكِنْ نَاسٌ أَصَابَتْهُمُ النَّارُ بِذُنُوْبِهِمْ أَوْ قَالَ بِخَطَايَاهُمْ فَأَمَاتَهُمْ إِمَاتَةً حَتَّى إِذَا كَانُوْا فَحْمًا أُذِنَ بِالشَّفَاعَةِ فَجِيْءَ بِهِمْ ضَبَائِرَ ضَبَائِرَ فَبُثُّوْا عَلَى أَنْهَارِ الْجَنَّةِ ثُمَّ قِيْلَ يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ أَفِيْضُوْا عَلَيْهِمْ فَيَنْبُتُوْنَ نَبَاتَ الْحِبَّةِ تَكُوْنُ فِيْ حَمِيْلِ السَّيْلِ فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ كَأَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَدْ كَانَ بِالْبَادِيَةِ
وَ حَدَّثَنَاه مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَ ابْنُ بَشَّارٍ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِيْ مَسْلَمَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا نَضْرَةَ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِهِ إِلَى قَوْلِهِ فِيْ حَمِيْلِ السَّيْلِ وَ لَمْ يَذْكُرْ مَا بَعْدَهُ.

Shaḥīḥ Muslim 271: Dan telah menceritakan kepadaku Nashr bin ‘Alī al-Jahdhamī telah menceritakan kepada kami Bisyr -yaitu Ibnu al-Mufadhdhal- dari Abū Maslamah dari Abū Nadhrah dari Abū Sa‘īd dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Adapun penduduk neraka yang mana mereka adalah penduduknya, maka mereka tidak akan mati di dalamnya dan tidak pula hidup. Tetapi orang yang terkena siksa neraka karena dosa mereka atau kesalahan mereka maka Allah mematikan mereka hingga apabila mereka telah hangus terbakar, maka diidzinkanlah pemberian syafā‘at, lalu dibawalah mereka sekelompok demi sekelompok, lalu mereka disebarkan di atas sungai surga, kemudian dikatakan kepada mereka: “Wahai penduduk surga. Limpahkanlah air kepada mereka.

Lalu mereka tumbuh sebagaimana tumbuhnya biji-bijian menjadi seperti buih banjir”.” Lalu salah seorang lelaki dari suatu kaum berkata: “Seakan-akan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam benar-benar berada di gurun sahara.” Dan telah menceritakannya kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā dan Ibnu Basysyār keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ja‘far telah menceritakan kepada kami Syu‘bah dari Abū Maslamah dia berkata: “Saya mendengar Abū Nadhrah dari Abū Sa‘īd al-Khudrī dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam dengan hadits semisalnya sampai perkataannya: “Dalam buih banjir.” Dan dia tidak menyebutkan kalimat setelahnya.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SIM: 4299; MA: 10593, 10655, 11322; SD: 2696.