Shahih Muslim no.263 s.d 264 – Dia Yang Tidak Pantas Bersifat Tidur Dan Dia Yang Hijabnya Adalah Cahaya

88 (154). Tentang Perkataannya: “Sesungguhnya Allah Tidak Tidur”, Dan Perkataannya “Ḥijābnya Adalah Cahaya.”

صحيح مسلم ٢٦٣: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ أَبُوْ كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ أَبِيْ عُبَيْدَةَ عَنْ أَبِيْ مُوْسَى قَالَ قَامَ فِيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِخَمْسِ كَلِمَاتٍ فَقَالَ إِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ لَا يَنَامُ وَ لَا يَنْبَغِيْ لَهُ أَنْ يَنَامَ يَخْفِضُ الْقِسْطَ وَ يَرْفَعُهُ يُرْفَعُ إِلَيْهِ عَمَلُ اللَّيْلِ قَبْلَ عَمَلِ النَّهَارِ وَ عَمَلُ النَّهَارِ قَبْلَ عَمَلِ اللَّيْلِ حِجَابُهُ النُّوْرُ وَ فِيْ رِوَايَةِ أَبِيْ بَكْرٍ النَّارُ لَوْ كَشَفَهُ لَأَحْرَقَتْ سُبُحَاتُ وَجْهِهِ مَا انْتَهَى إِلَيْهِ بَصَرُهُ مِنْ خَلْقِهِ. وَ فِيْ رِوَايَةِ أَبِيْ بَكْرٍ عَنِ الْأَعْمَشِ وَ لَمْ يَقُلْ حَدَّثَنَا حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ أَخْبَرَنَا جَرِيْرٌ عَنِ الْأَعْمَشِ بِهذَا الْإِسْنَادِ قَالَ قَامَ فِيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ ثُمَّ ذَكَرَ بِمِثْلِ حَدِيْثِ أَبِيْ مُعَاوِيَةَ وَ لَمْ يَذْكُرْ مِنْ خَلْقِهِ وَ قَالَ حِجَابُهُ النُّوْرُ.

Shaḥīḥ Muslim 263: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah dan Abū Kuraib keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Mu‘āwiyah, telah menceritakan kepada kami al-A‘masy, dari ‘Amru bin Murrah, dari Abū ‘Ubaidah dari Abū Mūsā dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berdiri menerangkan kepada kami lima perkara dengan bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak pernah tidur dan tidak seharusnya Dia tidur. Dia berkuasa menurunkan timbangan amal dan mengangkatnya. Kemudian akan diangkat kepada-Nya (maksudnya dilaporkan) segala amalan pada waktu malam sebelum (dimulai) amalan pada waktu siang, dan begitu juga amalan pada waktu siang akan diangkat kepadaNya sebelum (dimulai) amalan pada waktu malam. Ḥijāb-Nya adalah Cahaya. -Menurut riwayat Abū Bakar: “Api”. Andaikata Dia menyingkapkannya, pasti keagungan Wajah-Nya akan membakar makhluk yang dipandang oleh-Nya.” Dan dalam riwayat Abū Bakar dari al-A‘masy, dia tidak mengucapkan: “Telah menceritakan kepada kami”.” Telah menceritakan kepada kami Isḥāq bin Ibrāhīm, telah mengabarkan kepada kami Jarīr dari al-A‘masy dengan sanad ini. Dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersedia menerangkan kepada kami tentang empat perkara.” Kemudian dia menerangkan seperti hadits Abū Mu‘āwiyah, dan dia tidak menyebutkan: “makhluknya”. Dan dia berkata: Ḥijāb-Nya adalah Cahaya”.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 264; SIM: 191, 192; MA: 18709, 18765, 18806.

صحيح مسلم ٢٦٤: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَ ابْنُ بَشَّارٍ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ شُعْبَةُ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ أَبِيْ عُبَيْدَةَ عَنْ أَبِيْ مُوْسَى قَالَ قَامَ فِيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِأَرْبَعٍ إِنَّ اللهَ لَا يَنَامُ وَ لَا يَنْبَغِيْ لَهُ أَنْ يَنَامَ يَرْفَعُ الْقِسْطَ وَ يَخْفِضُهُ وَ يُرْفَعُ إِلَيْهِ عَمَلُ النَّهَارِ بِاللَّيْلِ وَ عَمَلُ اللَّيْلِ بِالنَّهَارِ.

Shaḥīḥ Muslim 264: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā dan Ibnu Basysyār keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ja‘far dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Syu‘bah dari ‘Amru bin Murrah dari Abū ‘Ubaidah dari Abū Mūsā dia berkata: “Rasūlullāh berdiri (berkhutbah) di antara kami (untuk mengingatkan) empat hal: “Sesungguhnya Allah tidak tidur, dan tidak layak bagi-Nya untuk tidur. Dia mengangkat dan menurunkan timbangan mizan, dan amal manusia pada siang hari diangkat kepada-Nya pada malam hari, dan amal manusia pada malam hari diangkat kepadanya pada siang hari.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SIM: 191, 192; MA: 18709, 18765, 18806.