Shahih Muslim no.226 s.d 228 – Penjelasan Tentang Zaman Yang Keimanan Tidak Lagi Diterima (1/2)

81 (147). Penjelasan Tentang Zaman Yang Keimanan Tidak Lagi Diterima.

صحيح مسلم ٢٢٦: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ وَ قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَ عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالُوْا حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ يَعْنُوْنَ ابْنَ جَعْفَرٍ عَنِ الْعَلَاءِ وَ هُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَا تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا فَإِذَا طَلَعَتْ مِنْ مَغْرِبِهَا آمَنَ النَّاسُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُوْنَ فَيَوْمَئِذٍ { لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِيْ إِيْمَانِهَا خَيْرًا }.حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ ابْنُ نُمَيْرٍ وَ أَبُوْ كُرَيْبٍ قَالُوْا حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ ح وَ حَدَّثَنِيْ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيْرٌ كِلَاهُمَا عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ عَنْ أَبِيْ زُرْعَةَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ح وَ حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ ذَكْوَانَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ح وَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِ حَدِيْثِ لْعَلَاءِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ.

Shaḥīḥ Muslim 226: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ayyūb dan Qutaibah bin Sa‘īd serta ‘Alī bin Ḥujr mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl bin Ya‘nūn -yaitu Ibnu Ja‘far- dari al-‘Alā’ -yaitu Ibnu ‘Abd-ir-Raḥmān- dari bapaknya dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hari Kiamat tidak akan terjadi sehingga matahari terbit dari arah barat. Ketika matahari terbit dari arah barat maka seluruh manusia beriman kepada Allah, sehingga saat itu; ‘(Tidak berfaidah lagi iman seseorang yang tidak beriman sebelumnya atau tidak berusaha mengerjakan kebaikan dalam keimanannya)” (Qs. al An‘ām: 158). Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah dan Ibnu Numair serta Abū Kuraib mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudhail. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Ḥarb telah menceritakan kepada kami Jarīr keduanya dari ‘Umārah bin al-Qa‘qā‘ dari Abū Zur‘ah dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah telah menceritakan kepada kami Ḥusain bin ‘Alī dari Zā’idah dari ‘Abdullāh bin Dzakwān dari ‘Abd-ur-Raḥmān al-A‘raj dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Rāfi‘ telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Razzāq telah menceritakan kepada kami Ma‘mar dari Hammām bin Munabbih dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 4269, 4270, 6025; SAD: 3758; ST: 2109; SIM: 4045, 4058; MA: 6864, 7791, 8244, 8495, 8807, 10439, 11500, 15558.

صحيح مسلم ٢٢٧: و حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ ح وَ حَدَّثَنِيْهِ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ يُوْسُفَ الْأَزْرَقُ جَمِيْعًا عَنْ فُضَيْلِ بْنِ غَزْوَانَ ح وَ حَدَّثَنَا أَبُوْ كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَ اللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ حَازِمٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ.قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ثَلَاثٌ إِذَا خَرَجْنَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِيْ إِيْمَانِهَا خَيْرًا طُلُوْعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَ الدَّجَّالُ وَ دَابَّةُ الْأَرْضِ.

Shaḥīḥ Muslim 227: Dan telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah dan Zuhair bin Ḥarb keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakannya kepada kami Zuhair bin Ḥarb telah menceritakan kepada kami Isḥāq bin Yūsuf al-Azraq semuanya dari Fudhail bin Ghazwān. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Abū Kuraib Muḥammad bin al-‘Alā’ dan lafazh tersebut miliknya, telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudhail dari bapaknya dari Abū Ḥāzim dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada tiga perkara yang apabila keluar niscaya tidak akan bermanfaat iman seseorang yang sebelumnya beriman atau sebelumnya berusaha berbuat baik pada imannya, yaitu: terbitnya matahari dari barat, keluarnya Dajjāl dan makhluk melata di bumi”.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: ST: 2998; MA: 9376.

صحيح مسلم ٢٢٨: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ وَ إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ جَمِيْعًا عَنِ ابْنِ عُلَيَّةَ قَالَ ابْنُ أَيُّوْبَ حَدَّثَنَا ابْنُ عُلَيَّةَ حَدَّثَنَا يُوْنُسُ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ يَزِيْدَ التَّيْمِيِّ سَمِعَهُ فِيْمَا أَعْلَمُ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ يَوْمًا أَتَدْرُوْنَ أَيْنَ تَذْهَبُ هذِهِ الشَّمْسُ قَالُوا اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَعْلَمُ قَالَ إِنَّ هذِهِ تَجْرِيْ حَتَّى تَنْتَهِيَ إِلَى مُسْتَقَرِّهَا تَحْتَ الْعَرْشِ فَتَخِرُّ سَاجِدَةً فَلَا تَزَالُ كَذلِكَ حَتَّى يُقَالَ لَهَا ارْتَفِعِي ارْجِعِيْ مِنْ حَيْثُ جِئْتِ فَتَرْجِعُ فَتُصْبِحُ طَالِعَةً مِنْ مَطْلِعِهَا ثُمَّ تَجْرِيْ حَتَّى تَنْتَهِيَ إِلَى مُسْتَقَرِّهَا تَحْتَ الْعَرْشِ فَتَخِرُّ سَاجِدَةً وَ لَا تَزَالُ كَذلِكَ حَتَّى يُقَالَ لَهَا ارْتَفِعِي ارْجِعِيْ مِنْ حَيْثُ جِئْتِ فَتَرْجِعُ فَتُصْبِحُ طَالِعَةً مِنْ مَطْلِعِهَا ثُمَّ تَجْرِيْ لَا يَسْتَنْكِرُ النَّاسَ مِنْهَا شَيْئًا حَتَّى تَنْتَهِيَ إِلَى مُسْتَقَرِّهَا ذَاكَ تَحْتَ الْعَرْشِ فَيُقَالُ لَهَا ارْتَفِعِيْ أَصْبِحِيْ طَالِعَةً مِنْ مَغْرِبِكِ فَتُصْبِحُ طَالِعَةً مِنْ مَغْرِبِهَا فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَتَدْرُوْنَ مَتَى ذَاكُمْ ذَاكَ حِيْنَ{ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِيْ إِيْمَانِهَا خَيْرًا }.وَ حَدَّثَنِيْ عَبْدُ الْحَمِيْدِ بْنُ بَيَانٍ الْوَاسِطِيُّ أَخْبَرَنَا خَالِدٌ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ اللهِ عَنْ يُوْنُسَ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيِّ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ يَوْمًا أَتَدْرُوْنَ أَيْنَ تَذْهَبُ هذِهِ الشَّمْسُ بِمِثْلِ مَعْنَى حَدِيْثِ ابْنِ عُلَيَّةَ.

Shaḥīḥ Muslim 228: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ayyūb dan Isḥāq bin Ibrāhīm semuanya dari Ibnu ‘Ulayyah, Ibnu Ayyūb berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Ulayyah telah menceritakan kepada kami Yūnus dari Ibrāhīm bin Yazīd at-Tamīmī dia mendengarnya pada sesuatu yang paling diketahui dari bapaknya dari Abū Dzarr bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda suatu hari: “Apakah kalian tahu, ke mana matahari ini pergi?” Mereka menjawab: “Allah dan Rasūl-Nya lebih tahu.” Beliau bersabda: “Sesungguhnya ini lari beredar hingga berhenti pada tempatnya di bawah Arsy lalu menyungkur sujud, ia tetap demikian hingga dikatakan kepadanya, ‘Kamu naiklah dan kembalilah pada tempat dari mana kamu datang.’ Lalu ia kembali sehingga menjadi terbit dari tempat terbitnya, kemudian lari beredar di mana ia membuat manusia tidak mengingkarinya sedikit pun hingga ia berhenti pada tempat beredarnya yaitu di bawah ‘Arsy, lalu dikatakan kepadanya, ‘Naiklah dan terbitlah pagi hari dari barat’. Lalu ia terbit dari barat.” Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam kemudian bersabda: “Apakah kalian tahu, kapankah itu terjadi? Itu terjadi ketika iman seseorang tidak berguna bagi dirinya selama dia tidak beriman sebelumnya, atau berbuat baik dalam imannya”.” Dan telah menceritakan kepada kami ‘Abd al-Ḥamīd bin Bayān al-Wāsithī telah mengabarkan kepada kami Khālid -yaitu Ibnu ‘Abdullāh- dari Yūnus dari Ibrāhīm at-Taimī dari bapaknya dari Abū Dzarr bahwa suatu hari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apakah kalian tahu ke mana matahari ini pergi”….sebagaimana makna hadits Ibnu ‘Ulayyah.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 2960, 4428, 6874; ST: 2112, 3151; MA: 4183; MA: 20390, 20561.