Hati Senang

Shahih Muslim no.207 s.d 212 – Keterasingan Serta Hilangnya Keimanan Di Akhir Zaman

74 (140). Penjelasan Bahwa Islam Muncul Dengan Keterasingan Dan Akan Kembali Dengan Keterasingan.

صحيح مسلم ٢٠٧: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ خَالِدٍ يَعْنِيْ سُلَيْمَانَ بْنَ حَيَّانَ عَنْ سَعْدِ بْنِ طَارِقٍ عَنْ رِبْعِيٍّ عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ كُنَّا عِنْدَ عُمَرَ فَقَالَ أَيُّكُمْ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَذْكُرُ الْفِتَنَ فَقَالَ قَوْمٌ نَحْنُ سَمِعْنَاهُ فَقَالَ لَعَلَّكُمْ تَعْنُوْنَ فِتْنَةَ الرَّجُلِ فِيْ أَهْلِهِ وَ جَارِهِ قَالُوْا أَجَلْ قَالَ تِلْكَ تُكَفِّرُهَا الصَّلَاةُ وَ الصِّيَامُ وَ الصَّدَقَةُ وَ لَكِنْ أَيُّكُمْ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَذْكُرُ الْفِتَنَ الَّتِيْ تَمُوْجُ مَوْجَ الْبَحْرِ قَالَ حُذَيْفَةُ فَأَسْكَتَ الْقَوْمُ فَقُلْتُ أَنَا قَالَ أَنْتَ للهِ أَبُوْكَ قَالَ حُذَيْفَةُ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ تُعْرَضُ الْفِتَنُ عَلَى الْقُلُوْبِ كَالْحَصِيْرِ عُوْدًا عُوْدًا فَأَيُّ قَلْبٍ أُشْرِبَهَا نُكِتَ فِيْهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ وَ أَيُّ قَلْبٍ أَنْكَرَهَا نُكِتَ فِيْهِ نُكْتَةٌ بَيْضَاءُ حَتَّى تَصِيْرَ عَلَى قَلْبَيْنِ عَلَى أَبْيَضَ مِثْلِ الصَّفَا فَلَا تَضُرُّهُ فِتْنَةٌ مَا دَامَتْ السَّمَاوَاتُ وَ الْأَرْضُ وَ الْآخَرُ أَسْوَدُ مُرْبَادًّا كَالْكُوْزِ مُجَخِّيًا لَا يَعْرِفُ مَعْرُوْفًا وَ لَا يُنْكِرُ مُنْكَرًا إِلَّا مَا أُشْرِبَ مِنْ هَوَاهُ. قَالَ حُذَيْفَةُ وَ حَدَّثْتُهُ أَنَّ بَيْنَكَ وَ بَيْنَهَا بَابًا مُغْلَقًا يُوْشِكُ أَنْ يُكْسَرَ قَالَ عُمَرُ أَكَسْرًا لَا أَبَا لَكَ فَلَوْ أَنَّهُ فُتِحَ لَعَلَّهُ كَانَ يُعَادُ قُلْتُ لَا بَلْ يُكْسَرُ وَ حَدَّثْتُهُ أَنَّ ذلِكَ الْبَابَ رَجُلٌ يُقْتَلُ أَوْ يَمُوْتُ حَدِيْثًا لَيْسَ بِالْأَغَالِيْطِ قَالَ أَبُوْ خَالِدٍ فَقُلْتُ لِسَعْدٍ يَا أَبَا مَالِكٍ مَا أَسْوَدُ مُرْبَادًّا قَالَ شِدَّةُ الْبَيَاضِ فِيْ سَوَادٍ قَالَ قُلْتُ فَمَا الْكُوْزُ مُجَخِّيًا قَالَ مَنْكُوْسًا وَ حَدَّثَنِيْ ابْنُ أَبِيْ عُمَرَ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ الْفَزَارِيُّ حَدَّثَنَا أَبُوْ مَالِكٍ الْأَشْجَعِيُّ عَنْ رِبْعِيٍّ قَالَ لَمَّا قَدِمَ حُذَيْفَةُ مِنْ عِنْدِ عُمَرَ جَلَسَ فَحَدَّثَنَا فَقَالَ إِنَّ أَمِيْرَ الْمُؤْمِنِيْنَ أَمْسِ لَمَّا جَلَسْتُ إِلَيْهِ سَأَلَ أَصْحَابَهُ أَيُّكُمْ يَحْفَظُ قَوْلَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الْفِتَنِ وَ سَاقَ الْحَدِيْثَ بِمِثْلِ حَدِيْثِ أَبِيْ خَالِدٍ وَ لَمْ يَذْكُرْ تَفْسِيْرَ أَبِيْ مَالِكٍ لِقَوْلِهِ مُرْبَادًّا مُجَخِّيًا وَ حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَ عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ وَ عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ الْعَمِّيُّ قَالُوْا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ عَنْ نُعَيْمِ بْنِ أَبِيْ هِنْدٍ عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ عَنْ حُذَيْفَةَ أَنَّ عُمَرَ قَالَ مَنْ يُحَدِّثُنَا أَوْ قَالَ أَيُّكُمْ يُحَدِّثُنَا وَ فِيْهِمْ حُذَيْفَةُ مَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الْفِتْنَةِ قَالَ حُذَيْفَةُ أَنَا وَ سَاقَ الْحَدِيْثَ كَنَحْوِ حَدِيْثِ أَبِيْ مَالِكٍ عَنْ رِبْعِيٍّ وَ قَالَ فِي الْحَدِيْثِ قَالَ حُذَيْفَةُ حَدَّثْتُهُ حَدِيْثًا لَيْسَ بِالْأَغَالِيْطِ وَ قَالَ يَعْنِيْ أَنَّهُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ.

Shaḥīḥ Muslim 207: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ‘Abdullāh bin Numair telah menceritakan kepada kami Abū Khālid -yaitu Sulaimān bin Ḥayyān- dari Sa‘d bin Thāriq dari Rib‘ī dari Ḥudzaifah dia berkata: “‘Umar pernah bertanya kepadaku ketika aku bersamanya: “Siapakah di antara kamu yang pernah mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam. meriwayatkan tentang fitnah (ujian)?” Para Sahabat menjawab: “Kami pernah mendengarnya!” ‘Umar bertanya: “Apakah kamu bermaksud fitnah seorang lelaki bersama keluarga dan tetangganya?” Mereka menjawab: “Ya, benar.” ‘Umar lalu berkata: “Fitnah tersebut bisa dihapuskan oleh shalat, puasa, dan zakat. Tetapi, siapakah di antara kamu yang pernah mendengar Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang fitnah yang bergelombang sebagaimana gelombangnya lautan?” Ḥudzaifah berkata: “Para Sahabat terdiam.” Kemudian Ḥudzaifah berkata: “Aku, wahai ‘Umar!” ‘Umar berkata: “Kamu! Ayahmu sebagai tebusan bagi Allah.” Ḥudzaifah berkata, “Aku mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Fitnah akan dipaparkan pada hati manusia bagai tikar yang dipaparkan perutas (secara tegak menyilang antara satu sama lain). Mana pun hati yang dihinggapi oleh fitnah, niscaya akan terlekat padanya bintik-bintik hitam. Begitu juga mana pun hati yang tidak dihinggapinya, maka akan terlekat padanya bintik-bintik putih sehingga hati tersebut terbagi dua: sebagian menjadi putih bagaikan batu licin yang tidak lagi terkena bahaya fitnah, selama langit dan bumi masih ada. Sedangkan sebagian yang lain menjadi hitam keabu-abuan seperti bekas tembaga berkarat, tidak menyuruh kebaikan dan tidak pula melarang kemungkaran kecuali sesuatu yang diserap oleh hawa nafsunya.” Ḥudzaifah berkata: “Dan aku menceritakannya bahwa antara kamu dan fitnah tersebut ada pintu penghalang yang tertutup yang hampir pecah.” ‘Umar berkata: “Apakah telah dibelah dengan suatu belahan, kamu tidak memiliki bapak (maksudnya kamu perlu bekerja keras), sekiranya benar pasti akan dikembalikan lagi (tertutup).” Aku berkata: “Tidak, bahkan dibelah.” Dan aku menceritakan bahwa pintu itu adalah seorang laki-laki yang dibunuh atau meninggal (maksudnya pintu fitnah dibuka setelah meninggalnya ‘Umar, ed.), aku menceritakan sebuah hadits bukan dari (mengutip) kitab yang tebal (perjanjian baru dan lama). Abū Khālid berkata: aku berkata kepada Sa‘d: “Wahai Abū Mālik, “Apa maksud hitam keabu-abuan?” Sa‘d menjawab: “Maksudnya sangat putih dalam hitam.” Dia berkata: “Aku berkata: “Maka maksud al-Kūz Mujakhkhiyā”. Dia menjawab: “Maksudnya bengkok”.” Dan telah menceritakan kepadaku Ibnu Abī ‘Umar telah menceritakan kepada kami Marwān al-Fazārī telah menceritakan kepada kami Abū Mālik al-Asyja‘ī dari Rib‘ī dia berkata, ketika Ḥudzaifah datang dari sisi ‘Umar, ia kemudian duduk seraya menceritakan kepada kami: “Sungguh, saat aku duduk di sisinya, Amīr-ul-Mu’minīn bertanya kepada para sahabatnya: “Siapakah di antara kalian yang menghafal sabda Rasūlullāh tentang fitnah? Lalu dia membawakan hadits dengan semisal hadits Abū Khālid, dan tidak menyebutkan tafsir Abū Mālik tentang makna murbad mujakhkhiyā.” Dan telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin al-Mutsannā dan ‘Amru bin ‘Alī serta ‘Uqbah bin Mukram al-‘Ammī mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Abī ‘Adī dari Sulaimān at-Taimī dari Nu‘aim bin Abū Hind dari Rib‘ī bin Ḥirāsy dari Hudzaifah bahwa ‘Umar berkata: “Siapa yang bisa menceritakan kepada kami, atau siapakah di antara kalian yang bisa menceritakan kepada kami -Sedangkan di antara mereka ada Ḥudzaifah- tentang yang disabdakan Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dalam fitnah?” Ḥudzaifah menjawab: “Saya bisa.” Lalu dia membawakan hadits seperti hadits Abū Mālik dari Rib‘ī.” Perawi berkata: “Kemudian ia menyebutkan dalam haditnya: “Ḥudzaifah berkata: “Aku telah menceritakan sebuah hadits bukan dari nukilan kitab tebal, dan dia berkata, yaitu dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 22193, 22343.

صحيح مسلم ٢٠٨: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبَّادٍ وَ ابْنُ أَبِيْ عُمَرَ جَمِيْعًا عَنْ مَرْوَانَ الْفَزَارِيِّ قَالَ ابْنُ عَبَّادٍ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ عَنْ يَزِيْدَ يَعْنِي ابْنَ كَيْسَانَ عَنْ أَبِيْ حَازِمٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بَدَأَ الْإِسْلَامُ غَرِيْبًا وَ سَيَعُوْدُ كَمَا بَدَأَ غَرِيْبًا فَطُوْبَى لِلْغُرَبَاءِ.

Shaḥīḥ Muslim 208: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ‘Abbād dan Ibnu Abī ‘Umar semuanya dari Marwān al-Fazārī, Ibnu ‘Abbād berkata: Telah menceritakan kepada kami Marwān dari Yazīd -yaitu Ibnu Kaisān- dari Abū Ḥāzim dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang asing.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 209; ST: 2553, 2554; SIM: 3976, 3977, 3978; MA: 1518, 3596, 8693, 16094; SD: 2637.

صحيح مسلم ٢٠٩: وَ حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ وَ الْفَضْلُ بْنُ سَهْلٍ الْأَعْرَجُ قَالَا حَدَّثَنَا شَبَابَةُ بْنُ سَوَّارٍ حَدَّثَنَا عَاصِمٌ وَ هُوَ ابْنُ مُحَمَّدٍ الْعُمَرِيُّ عَنْ أَبِيْهِ عَنِ ابْنِ عُمَرَعَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِنَّ الْإِسْلَامَ بَدَأَ غَرِيْبًا وَ سَيَعُوْدُ غَرِيْبًا كَمَا بَدَأَ وَ هُوَ يَأْرِزُ بَيْنَ الْمَسْجِدَيْنِ كَمَا تَأْرِزُ الْحَيَّةُ فِيْ جُحْرِهَا.

Shaḥīḥ Muslim 209: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Rāfi‘ dan al-Fadhl bin Sahl al-A‘raj keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Syabābah bin Sawwār telah menceritakan kepada kami ‘Āshim -yaitu Ibnu Muḥammad al-‘Umarī- dari bapaknya dari Ibnu ‘Umar dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing seperti semula, ia akan masuk di antara dua masjid sebagaimana ular yang masuk ke dalam lubangnya.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: ST: 2553; SIM: 3976, 3977, 3978; MA: 1518, 3596, 8693; SD: 2637.

صحيح مسلم ٢١٠: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ نُمَيْرٍ وَ أَبُوْ أُسَامَةَ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ ح وَ حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِيْ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِنَّ الْإِيْمَانَ لَيَأْرِزُ إِلَى الْمَدِيْنَةِ كَمَا تَأْرِزُ الْحَيَّةُ إِلَى جُحْرِهَا.

Shaḥīḥ Muslim 210: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Numair dan Abū Usāmah dari ‘Ubaidullāh bin ‘Umar. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullāh dari Khubaib bin ‘Abd-ir-Raḥmān dari Ḥafsh bin ‘Āshim dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya iman itu masuk pada Madinah, sebagaimana ular masuk di dalam sarangnya.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 1743; SIM: 3102; MA: 7510, 9093, 10036.

75 (141). Hilangnya Keimanan Di Akhir Zaman.

صحيح مسلم ٢١١: حَدَّثَنِيْ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ أَخْبَرَنَا ثَابِتٌ عَنْ أَنَسٍ
أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَا تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى لَا يُقَالَ فِي الْأَرْضِ اللهُ اللهُ.

Shaḥīḥ Muslim 211: Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Ḥarb telah menceritakan kepada kami ‘Affān telah menceritakan kepada kami Ḥammād telah mengabarkan kepada kami Tsābit dari Anas bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi hingga di bumi tidak diucapkan lagi ‘Allah, Allah’.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 212; SAD: 379; ST: 2133; MA: 11601, 11764, 12199, 12609, 13232, 13331.

صحيح مسلم ٢١٢: حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لَا تَقُوْمُ السَّاعَةُ عَلَى أَحَدٍ يَقُوْلُ اللهُ اللهُ.

Shaḥīḥ Muslim 212: Telah menceritakan kepada kami ‘Abd bin Ḥumaid telah mengabarkan kepada kami ‘Abd-ur-Razzāq telah mengabarkan kepada kami Ma‘mar dari Tsābit dari Anas dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi pada seseorang yang (masih) mengucapkan, ‘Allah, Allah’.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: ST: 2133; MA: 11601, 12199, 12609.

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.