Shahih Muslim no.158 s.d 160 – Haramnya Bunuh Diri (1/2)

صحيح مسلم ١٥٨: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ أَبُوْ سَعِيْدٍ الْأَشَجُّ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِحَدِيْدَةٍ فَحَدِيْدَتُهُ فِيْ يَدِهِ يَتَوَجَّأُ بِهَا فِيْ بَطْنِهِ فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيْهَا أَبَدًا وَ مَنْ شَرِبَ سَمًّا فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ يَتَحَسَّاهُ فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيْهَا أَبَدًا وَ مَنْ تَرَدَّى مِنْ جَبَلٍ فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ يَتَرَدَّى فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيْهَا أَبَدًا.وحَدَّثَنِيْ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيْرٌ ح وَ حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ عَمْرٍو الْأَشْعَثِيُّ حَدَّثَنَا عَبْثَرٌ ح وَ حَدَّثَنِيْ يَحْيَى بْنُ حَبِيْبٍ الْحَارِثِيُّ حَدَّثَنَا خَالِدٌ يَعْنِي ابْنَ الْحَارِثِ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ كُلُّهُمْ بِهذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ وَ فِيْ رِوَايَةِ شُعْبَةَ عَنْ سُلَيْمَانَ قَالَ سَمِعْتُ ذَكْوَانَ.

Shaḥīḥ Muslim 158: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah dan Abū Sa‘īd al-Asyajj keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakī‘ dari al-A‘masy dari Abū Shāliḥ dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa membunuh dirinya dengan sepotong besi, maka dengan besi yang tergenggam di tangannya itulah dia akan menikam perutnya dalam Neraka Jahanam secara terus-terusan dan dia akan dikekalkan di dalam Neraka.

Barang siapa membunuh dirinya dengan meminum racun maka dia akan merasai racun itu dalam Neraka Jahanam secara terus-terusan dan dia akan dikekalkan di dalam Neraka tersebut untuk selama-lamanya. Begitu juga, barang siapa membunuh dirinya dengan terjun dari puncak gunung, maka dia akan terjun ke dalam Neraka Jahanam secara terus-terusan untuk membunuh dirinya dan dia akan dikekalkan dalam Neraka tersebut untuk selama-lamanya.” Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Ḥarb telah menceritakan kepada kami Jarīr. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Sa‘īd bin ‘Amru al-Asy‘atsī telah menceritakan kepada kami ‘Abtsar. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Ḥabīb al-Ḥāritsī telah menceritakan kepada kami Khālid -yaitu Ibn-ul-Ḥārits- telah menceritakan kepada kami Syu‘bah semuanya dengan sanad ini semisalnya. Dan dalam riwayat Syu‘bah dari Sulaimān dia berkata, saya mendengar Dzakwān.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: ST: 1966, 1967; MA: 7136, 9944; SD: 2256.

صحيح مسلم ١٥٩: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ سَلَّامِ بْنِ أَبِيْ سَلَّامٍ الدِّمَشْقِيُّ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ كَثِيرٍ أَنَّ أَبَا قِلَابَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ ثَابِتَ بْنَ الضَّحَّاكِ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ بَايَعَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ وَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ مَنْ حَلَفَ عَلَى يَمِيْنٍ بِمِلَّةٍ غَيْرِ الْإِسْلَامِ كَاذِبًا فَهُوَ كَمَا قَالَ وَ مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِشَيْءٍ عُذِّبَ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَ لَيْسَ عَلَى رَجُلٍ نَذْرٌ فِيْ شَيْءٍ لَا يَمْلِكُهُ.

Shaḥīḥ Muslim 159: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Yaḥyā telah mengabarkan kepada kami Mu‘āwiyah bin Sallām bin Abū Sallām ad-Dimasyqī dari Yaḥyā bin Abī Katsīr bahwa Abū Qilābah telah mengabarkan kepadanya, bahwa Tsābit bin adh-Dhaḥḥāk telah mengabarkan kepadanya, bahwa Rasūlullāh membaiatnya di bawah pohon, Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa bersumpah dengan agama selain agama Islam secara dusta maka keadaannya adalah seperti ucapannya. Barang siapa membunuh dirinya sendiri dengan sesuatu (alat) maka dia akan disiksa dengan alat tersebut pada Hari Kiamat. Seorang lelaki tidak layak bernazar dengan sesuatu yang mana dia tidak memilikinya.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 1275, 5587, 5640, 6161; SM: 161; SAD: 2835; ST: 1463; SN: 3710, 3711, 3712, 3753; SIM: 2089; MA: 15791, 15793, 15795, 15796, 15798.

صحيح مسلم ١٦٠: حَدَّثَنِيْ أَبُوْ غَسَّانَ الْمِسْمَعِيُّ حَدَّثَنَا مُعَاذٌ وَ هُوَ ابْنُ هِشَامٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ أَبِيْ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ كَثِيْرٍ قَالَ حَدَّثَنِيْ أَبُوْ قِلَابَةَ عَنْ ثَابِتِ بْنِ الضَّحَّاكِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَيْسَ عَلَى رَجُلٍ نَذْرٌ فِيْمَا لَا يَمْلِكُ وَ لَعْنُ الْمُؤْمِنِ كَقَتْلِهِ وَ مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِشَيْءٍ فِي الدُّنْيَا عُذِّبَ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَ مَنْ ادَّعَى دَعْوَى كَاذِبَةً لِيَتَكَثَّرَ بِهَا لَمْ يَزِدْهُ اللهُ إِلَّا قِلَّةً وَ مَنْ حَلَفَ عَلَى يَمِيْنِ صَبْرٍ فَاجِرَةٍ.

Shaḥīḥ Muslim 160: Telah menceritakan kepada kami Abū Ghassān al-Misma‘ī telah menceritakan kepada kami Mu‘ādz -yaitu Ibnu Hisyām- dia berkata: Telah menceritakan kepada kami bapakku dari Yaḥyā bin Abī Katsīr dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Qilābah dari Tsābit bin adh-Dhaḥḥāk dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabada: “Seorang laki-laki tidak pantas bernazar dengan sesuatu yang dia tidak memilikinya, dan melaknat seorang mukmin adalah seperti membunuhnya. Barang siapa membunuh dengan suatu (alat) di dunia, niscaya dia akan disiksa dengan alat tersebut pada hari kiamat. Barang siapa mengklaim dengan klaim bohong untuk memperbanyak (harga barang) dengannya, niscaya Allah tidak akan menambahnya melainkan hanya penurunan harga. Dan barang siapa bersumpah atas sesuatu dengan sumpah shabar (sumpah yang menahan pemiliknya untuk melakukan kejahatan) dan kekejian.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: ST: 2560; SN: 4533; MA: 6480.