صحيح مسلم ٤١١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ الْمِصْرِيُّ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنِ ابْنِ الْهَادِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ دِيْنَارٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ وَ أَكْثِرْنَ الِاسْتِغْفَارَ فَإِنِّيْ رَأَيْتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ فَقَالَتْ امْرَأَةٌ مِنْهُنَّ جَزْلَةٌ وَ مَا لَنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ قَالَ تُكْثِرْنَ اللَّعْنَ وَ تَكْفُرْنَ الْعَشِيْرَ وَ مَا رَأَيْتُ مِنْ نَاقِصَاتِ عَقْلٍ وَ دِيْنٍ أَغْلَبَ لِذِيْ لُبٍّ مِنْكُنَّ قَالَتْ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَ مَا نُقْصَانُ الْعَقْلِ وَ الدِّيْنِ قَالَ أَمَّا نُقْصَانُ الْعَقْلِ فَشَهَادَةُ امْرَأَتَيْنِ تَعْدِلُ شَهَادَةَ رَجُلٍ فَهذَا نُقْصَانُ الْعَقْلِ وَ تَمْكُثُ اللَّيَالِيْ مَا تُصَلِّيْ وَ تُفْطِرُ فِيْ رَمَضَانَ فَهذَا نُقْصَانُ الدِّيْنِ. وَ حَدَّثَنِيهِ أَبُو الطَّاهِرِ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ بَكْرِ بْنِ مُضَرَ عَنِ ابْنِ الْهَادِ بِهذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ وَ حَدَّثَنِي الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ وَ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ح و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ وَ قُتَيْبَةُ وَ ابْنُ حُجْرٍ قَالُوْا حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ وَ هُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِيْ عَمْرٍو عَنِ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِ مَعْنَى حَدِيْثِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ.
Shaḥīḥ Muslim 114: Telah meriwayatkan Muḥammad bin Rumḥ bin al-Muhājir al-Mishrī telah mengabarkan kepada kami al-Laits dari Ibn-ul-Hād dari ‘Abdullāh bin Dīnār dari ‘Abdullāh bin ‘Umar dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda: “Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni Neraka.” Seorang wanita yang pintar di antara mereka bertanya: “Wahai Rasūlullāh, kenapa kaum wanita yang paling banyak menjadi penghuni Neraka?” Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam. bersabda: “Kalian banyak mengutuk dan mengingkari (pemberian nikmat dari) suami. Aku tidak melihat mereka yang kekurangan akal dan agama yang lebih menguasai pemilik akal, daripada golongan kamu.” Wanita itu bertanya lagi: “Wahai Rasūlullāh! Apakah maksud kekurangan akal dan agama itu?” Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Maksud kekurangan akal ialah persaksian dua orang wanita sama dengan persaksian seorang lelaki. Inilah yang dikatakan kekurangan akal. Begitu juga kaum wanita tidak mengerjakan shalat pada malam-malam yang dilaluinya kemudian berbuka pada bulan Ramadlan (karena haid). Maka inilah yang dikatakan kekurangan agama.” Dan telah menceritakan tentangnya kepada kami Abū-th-Thāhir telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb dari Bakar bin Mudhar dari Ibn-ul-Hād dengan sanad ini semisalnya.” Dan telah menceritakan kepadaku al-Ḥasan bin ‘Alī al-Ḥulwānī dan Abū Bakar bin Isḥāq keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī Maryam telah mengabarkan kepada kami Muḥammad bin Ja‘far dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Zaid bin Aslam dari ‘Iyādh bin ‘Abdullāh dari Abū Sa‘īd al-Khudrī dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah mengabarkan kepada kami Yaḥyā bin Ayyūb dan Qutaibah serta Ibnu Ḥujr mereka bertanya, telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl -yaitu Ibnu Ja’far- dari ‘Amru bin Abī ‘Amru dari al-Maqburī dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, seperti hadits yang semisal dengan hadits Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SIM: 3993.
صحيح مسلم ٥١١: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ أَبُوْ كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِيْ يَقُوْلُ يَا وَيْلَهُ وَ فِيْ رِوَايَةِ أَبِيْ كُرَيْبٍ يَا وَيْلِيْ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُوْدِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَ أُمِرْتُ بِالسُّجُوْدِ فَأَبَيْتُ فَلِي النَّارُ.حَدَّثَنِيْ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ بِهذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ غَيْرَ أَنَّهُ قَالَ فَعَصَيْتُ فَلِي النَّارُ.
Shaḥīḥ Muslim 115: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah dan Abū Kuraib keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Mu‘āwiyah dari al-A‘masy dari Abū Shāliḥ dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila manusia membaca surat as-Sajdah, lalu dia sujud, maka syaithan menjauh menyendiri untuk menangis seraya berkata, ‘Celakalah’.” Dan dalam riwayat Abū Kuraib: “Celakalah aku, manusia disuruh bersujud maka mereka bersujud sehingga dia mendapatkan surga, sedangkan aku disuruh bersujud, lalu aku enggan, sehingga aku mendapatkan neraka”.” Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Ḥarb telah menceritakan kepada kami Wakī‘ telah menceritakan kepada kami al-A‘masy dengan sanad ini semisalnya, hanya saja dia menyebutkan: “Lalu aku durhaka sehingga aku mendapatkan neraka”.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SIM: 1042; MA: 9336.
صحيح مسلم ٦١١: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيْمِيُّ وَ عُثْمَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ كِلَاهُمَا عَنْ جَرِيْرٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا جَرِيْرٌ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ سُفْيَانَ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرًا يَقُوْلَا سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ إِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَ بَيْنَ الشِّرْكِ وَ الْكُفْرِ تَرْكَ الصَّلَاةِ.
Shaḥīḥ Muslim 116: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Yaḥyā at-Tamīmī dan ‘Utsmān bin Abū Syaibah keduanya dari Jarīr. Yaḥyā berkata: Telah mengabarkan kepada kami Jarīr dari al-A‘masy dari Abū Sufyān dia berkata, saya mendengar Jābir berkata: “Saya mendengar Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh, yang memisahkan antara seorang laki-laki dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat’.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SM: 117; SAD: 4058; SIM: 1068; MA: 14451, 14650; SD: 1205.
صحيح مسلم ٧١١: حَدَّثَنَا أَبُوْ غَسَّانَ الْمِسْمَعِيُّ حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ بْنُ مَخْلَدٍ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِيْ أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ يَقُوْلَا سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ بَيْنَ الرَّجُلِ وَ بَيْنَ الشِّرْكِ وَ الْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلَاةِ.
Shaḥīḥ Muslim 117: Telah menceritakan kepada kami Abū Ghassān al-Misma‘ī telah menceritakan kepada kami adh-Dhaḥḥāk bin Makhlad dari Ibnu Juraij dia berkata: Telah mengabarkan kepadaku Abū-z-Zubair bahwa dia mendengar Jābir bin ‘Abdullāh berkata: “Saya mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Yang memisahkan antara seorang laki-laki dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SAD: 4058; ST: 2544; SN: 460; SIM: 1068; MA: 14451, 14650; SD: 1205.
Catatan (ed.) : Kafir dalam persoalan meninggalkan shalat termasuk kategori fiqh. Menurut hemat kami kata kuncinya ialah adanya unsur kesengajaan dan, atau keyakinan. Hendaknya berhati-hati dalam memvonis kafir serta silakan merujuk para mursyid atau ulama yang ahli dalam perkara tersebut.