Shahih Muslim no.100 s.d 103 – Istilah Kufur Bagi Seseorang Yang Mencela Nasab, Meratapi Mayit Dan Bagi Budak Yang Kabur

صحيح مسلم ٠٠١: وَ حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ ح وَ حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ وَ اللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا أَبِيْ وَ مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ كُلُّهُمْ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ اثْنَتَانِ فِي النَّاسِ هُمَا بِهِمْ كُفْرٌ الطَّعْنُ فِي النَّسَبِ وَ النِّيَاحَةُ عَلَى الْمَيِّتِ.

Shaḥīḥ Muslim 100: Dan telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah telah menceritakan kepada kami Abū Mu‘āwiyah. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair dan lafazh tersebut miliknya. Dan telah menceritakan kepada kami bapakku dan Muḥammad bin ‘Ubaid semuanya dari al-A‘masy dari Abū Shāliḥ dari Abū Hurairah dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Pada manusia ada dua hal yang menjadikan mereka kafir (kufur yang tidak sampai murtaded.); mencela nasab dan meratapi mayit.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: MA: 8551, 10030.

صحيح مسلم ١٠١: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِيُّ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ يَعْنِي ابْنَ عُلَيَّةَ عَنْ مَنْصُوْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ جَرِيْرٍ أَنَّهُ سَمِعَهُ يَقُوْلُ أَيُّمَا عَبْدٍ أَبَقَ مِنْ مَوَالِيْهِ فَقَدْ كَفَرَ حَتَّى يَرْجِعَ إِلَيْهِمْ قَالَ مَنْصُوْرٌ قَدْ وَاللهِ رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ لكِنِّيْ أَكْرَهُ أَنْ يُرْوَى عَنِّيْ ههُنَا بِالْبَصْرَةِ.

Shaḥīḥ Muslim 101: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Ḥujr as-Sa‘dī telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl -yaitu Ibnu Ulayyah- dari Manshūr bin ‘Abd-ir-Raḥmān dari asy-Sya‘bī dari Jarīr bahwa dia mendengarnya berkata: “Budak mana saja yang melarikan diri dari tuannya, maka dia telah kafir hingga dia kembali kepada mereka.” Manshūr berkata: “Demi Allah, ia diriwayatkan dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, hanya saja saya benci untuk diriwayatkan suatu hadits dariku di sini, di Bashrah.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 102; SN: 3988; MA: 18445, 18446.

صحيح مسلم ٢٠١: حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ عَنْ دَاوُدَ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ جَرِيْرٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَيُّمَا عَبْدٍ أَبَقَ فَقَدْ بَرِئَتْ مِنْهُ الذِّمَّةُ.

Shaḥīḥ Muslim 102: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakar bin Abī Syaibah telah menceritakan kepada kami Ḥafsh bin Ghiyāts dari Dāūd dari asy-Sya‘bī dari Jarīr dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa pun hamba sahaya yang melarikan diri dari tuannya, maka jaminan Islam telah terlepas darinya.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SAD: 4384; SN: 3986, 3987, 3988; MA: 18366, 18414, 18445, 18446.

صحيح مسلم ٣٠١: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا جَرِيْرٌ عَنْ مُغِيْرَةَ عَنِ الشَّعْبِيِّ قَالَ كَانَ جَرِيْرُ بْنُ عَبْدِ اللهِ
يُحَدِّثُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِذَا أَبَقَ الْعَبْدُ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ.

Shaḥīḥ Muslim 103: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Yaḥyā telah mengabarkan kepada kami Jarīr dari Mughīrah dari asy-Sya‘bī dia berkata: Jarīr bin ‘Abdullāh menceritakan dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Apabila seorang hamba sahaya melarikan diri (dari tuannya), maka shalatnya tidak diterima.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SN: 3981, 3982; MA: 4681.