Shahih Ibnu Khuzaimah Kitab Wudhu no. 8 s.d 10 – Tidak Diterimanya Shalat Tanpa Wudhu’

صَحِيحُ ابْنِ خُزَيْمَةَ
Shaḥīḥ Ibni Khuzaimah.

‏(‏8‏)‏ بَابُ نَفْيِ قَبُوْلِ الصَّلَاةِ بِغَيْرِ وُضُوْءٍ، بِذِكْرِ خَبَرٍ مُجْمَلٍ غَيْرِ مُفَسِّرٍ‏.‏

Bab: Tidak Diterimanya Shalat Tanpa Wudhu’, dengan Menyebut Hadits yang Bersifat Umum, Tidak Diberi Penjelasan

 

8. أَخْبَرَنَا أَبُوْ طَاهِرٍ، أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، وَ ثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ الذَّارِعُ، ثَنَا يَزِيْدُ بْنُ زُرَيْعٍ، وَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَكِيْمٍ، ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ قَالُوْا جَمِيْعًا‏:‏ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ- وَ هذَا لَفْظُ حَدِيْثِ بُنْدَارٍ- عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ‏:‏ مَرِضَ ابْنُ عَامِرٍ فَجَعَلُوْا يُثْنُوْنَ عَلَيْهِ، وَ ابْنُ عُمَرَ سَاكِتٌ فَقَالَ‏:‏ أَمَا إِنِّيْ لَسْتُ بِأَغَشِّهِمْ، وَ لكِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ‏:‏ ‏”‏لَا يَقْبَلُ اللهُ صَلَاةً بِغَيْرِ طُهُوْرٍ، وَ لَا صَدَقَةً مِنْ غُلُوْلٍ.”

      1. Abū Thāhir mengabarkan kepada kami, Abū Bakar, mengabarkan kepada kami, Muḥammad bin Basysyār menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Ja‘far menceritakan kepada kami, al-Ḥusain bin Muḥammad adz-Dzāri‘,menceritakan kepada kami, Yazīd bin Zura‘i menceritakan kepada kami, dan Yaḥyā bin Ḥakīm menceritakan kepada kami, Abū Dāūd menceritakan kepada kami; mereka semua berkata: Syu‘bah menceritakan kepada kami – Ini redaksi hadits Bundār – dari Simāk bin Ḥarb dari Mush‘ab bin Sa‘d, ia berkata: “Ibnu ‘Āmir pernah sakit, lalu mulailah orang-orang memujinya, sementara Ibnu ‘Umar diam. Ia berkata: “Ingatlah, sesungguhnya aku bukanlah orang yang paling menipu mereka. Tetapi Rasūlullāh s.a.w. bersabda: Allah tidak menerima shalat seseorang yang tidak dalam keadaan suci dan tidak ada kewajiban zakat dari harta yang diambil secara sembunyi-sembunyi tanpa hak dari rampasan perang.” (1021).

    9. أَخْبَرَنَا أَبُوْ طَاهِرٍ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سَعِيْدٍ أَبُوْ مُحَمَّدٍ الْقَزَّازُ الْفَارِسِيُّ- سَكَنَ بَغْدَادَ- بِخَبَرٍ غَرِيْبِ الْإِسْنَادِ‏.‏ قَالَ‏:‏ ثَنَا غَسَّانُ بْنُ عُبَيْدٍ الْمَوْصِلِيُّ، ثَنَا عِكْرِمَةُ بْنُ عَمَّارٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ كَثِيْرٍ، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ‏:‏ ‏”‏لَا تُقْبَلُ صَلَاةٌ إِلَّا بِطُهُوْرٍ، وَ لَا صَدَقَةٌ مِنْ غُلُوْلٍ.”

    1. Abū Thāhir mengabarkan kepada kami, Abū Bakar, mengabarkan kepada kami, al-Ḥasan bin Sa‘īd Abū Muḥammad al-Qazzāz al-Fārisī – tinggal di Baghdād – menceritakan kepada kami dengan hadits yang sanad-nya gharīb. Ia berkata: “Ghassān bin ‘Ubaid al-Maushilī menceritakan kepada kami, ‘Ikrimah ibnu ‘Ammār menceritakan kepada kami dari Yaḥyā bin Abī Katsīr dari Abū Salamah bin ‘Abd-ir-Raḥmān dari Abū Hurairah, ia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: Shalat tidak diterima kecuali dalam keadaan suci dan tidak ada kewajiban zakat dari harta yang diambil secara sembunyi-sembunyi tanpa hak dari rampasan perang.

10. أَخْبَرَنَا أَبُوْ طَاهِرٍ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ، ثَنَا أَبُوْ عَمَّارٍ الْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ، ثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ أَبِيْ حَازِمٍ، عَنْ كَثِيْرٍ- وَ هُوَ ابْنُ يَزِيْدَ-، عَنِ الْوَلِيْدِ- وَ هُوَ ابْنُ رَبَاحٍ-، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ‏:‏ ‏”‏لَا يَقْبَلُ اللهُ صَلَاةً بِغَيْرِ طُهُوْرٍ، وَ لَا صَدَقَةً مِنْ غُلُوْلٍ.‏”

10. Abū Thāhir mengabarkan kepada kami, Abū Bakar, mengabarkan kepada kami, Abū ‘Ammār al-Ḥasan bin Ḥārits menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-‘Azīz bin Abī Ḥāzim menceritakan kepada kami dari Katsīr – Ia Ibnu Yazīd – dari al-Walīd – Ia Ibnu Rabāḥ – dari Abū Hurairah, dari Nabi s.a.w., beliau bersabda: Allah tidak menerima shalat seseorang yang tidak dalam keadaan suci dan tidak ada kewajiban zakat dari harta yang diambil secara sembunyi-sembunyi tanpa hak dari rampasan perang.” (1032).

Catatan:

  1. (102). Ibn-ul-Jarūd, h. 65: Muslim, Bersuci, h. 1 (di dalamnya tidak terdapat: “Ingatlah sesungguhnya aku bukanlah orang yang paling menipu mereka.” Di dalam naskah asli tertulis: “Al-Ḥusain bin Muḥammad ad-Dāri.” Perbaikan ini didasarkan pada buku at-Taqrīb.
  2. (103). Al-Haitsamī, Majma‘-uz-Zawā’id, 1: 227-228, “H.R. al-Bazzār, dalam Sanad-nya terdapat Katsīr bin Zaid al-Aslamī. Ibnu Ḥibbān dan Ibnu Mu‘īn menilainya tsiqah dalam sebuah riwayat. Abū Zur‘ah berkata: “Katsīr bin Zaid adalah jujur (shadūq). An-Nasā’ī menilainya dha‘īf. Muḥammad bin ‘Abdullāh bin ‘Ammār al-Maushilī berkata: “Ia perawi yang dapat dipercaya (tsiqah).”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *