أَخْبَرَنَا أَبُوْ طَاهِرٍ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ الدِّرْهَمِيُّ- بِخَبَرٍ غَرِيْبٍ غَرِيْبٍ- قَالَ: حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مُحَارِبِ بْنِ دِثَارٍ، عَنِ [ابْنِ] بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: ”كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَتَوَضَّأُ لِكُلِّ صَلَاةٍ إِلَّا يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ فَإِنَّهُ شُغِلَ؛ فَجَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَ الْعَصْرِ بِوَضُوْءٍ وَاحِدٍ.”
13. Abū Thāhir mengabarkan kepada kami, Abū Bakar menceritakan kepada kami, ‘Alī bin al-Ḥusain ad-Dirhamī menceritakan kepada kami dengan hadits gharīb, ia berkata: Mu‘tamir menceritakan kepada kami dari Sufyān ats-Tsaurī dari Muḥārib bin Ditsār dari Ibnu Buraidah dari ayahnya, ia berkata: “Rasūlullāh s.a.w. dahulu berwudhu’ untuk setiap shalat kecuali pada waktu Makkah ditaklukkan, beliau disibukkan – dengan berbagai urusan – , kemudian beliau menjamak antara Zhuhur dan ‘Ashar dengan sekali wudhu’.”