الجزء الأول
Juz Pertama.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
أَخْبَرَنَا إِمَامُ الْأَئِمَّةِ فَقِيْهُ الْآفَاقِ أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ النَّيْسَابُوْرِيُّ الْحَافِظُ- رَحِمَهُ اللهُ قَالَ:
Pemimpin para Imam, orang pandai sejagat Abū Bakar Muḥammad bin Isḥāq bin Khuzaimah an-Naisābūrī yang banyak menghafal hadits –semoga Allah menyayanginya-mengabarkan kepada kami, dia berkata:
كِتَابُ الْوُضُوْءِ
KITAB WUDHU’
مُخْتَصَرُ الْمُخْتَصَرِ مِنَ الْمُسْنَدِ الصَّحِيْحِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، بِنَقْلِ الْعَدْلِ عَنِ الْعَدْلِ مَوْصُوْلًا إِلَيْهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْ غَيْرِ قَطْعٍ فِيْ أَثْنَاءِ الْإِسْنَادِ وَ لَا جَرْحٍ فِيْ نَاقِلِي الْأَخْبَارِ الَّتِيْ نَذْكُرُهَا- بِمَشِيْئَةِ اللهِ تَعَالَى-.
Buku al-Mukhtashar-ul-Mukhtashari min Musnad-ish-Shaḥīḥi ‘an-in-Nabiy shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dengan periwayatan berdasarkan informasi orang-orang yang adil dari orang yang memiliki sifat yang adil , secara maushul sampai kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tanpa ada putus (941) di tengah sanadnya, tanpa cacat dalam diri para perawi-perawinya yang akan disebutkan nanti, In syā’ Allāh.
(1) بَابُ ذِكْرِ الْخَبَرِ الثَّابِتِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِأَنَّ إِتْمَامَ الْوُضُوْءِ مِنَ الْإِسْلَامِ
حَدَّثَنَا أَبُوْ يَعْقُوْبَ يُوْسُفُ بْنُ وَاضِحٍ الْهَاشِمِيُّ، ثَنَا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ قَالَ: قُلْتُ- يَعْنِيْ لِعَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ-: يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمنِ إِنَّ أَقْوَامًا يَزْعُمُوْنَ أَنْ لَيْسَ قَدَرٌ. قَالَ: هَلْ عِنْدَنَا مِنْهُمْ أَحَدٌ؟ قُلْتُ: لَا. قَالَ: فَأَبْلِغْهُمْ عَنِّيْ إِذَا لَقِيْتَهُمْ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ يَبْرَأُ إِلَى اللهِ مِنْكُمْ، وَ أَنْتُمْ بُرَآءُ مِنْهُ، ثُمَّ قَالَ: حَدَّثَنِيْ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ أُنَاسٍ، إِذْ جَاءَ رَجُلٌ [لَيْسَ] عَلَيْهِ سَحْنَاءُ سَفَرٍ، وَ لَيْسَ مِنْ أَهْلِ الْبَلَدِ، يَتَخَطَّى حَتَّى وَرَدَ، فَجَلَسَ بَيْنَ يَدَيْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ! مَا الْإِسْلَامُ؟ قَالَ: ”الْإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَ أَنْ تُقِيْمَ الصَّلَاةَ، وَ تُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَ تَحُجَّ الْبَيْتَ وَ تَعْتَمِرَ، وَ تَغْتَسِلَ مِنَ الْجَنَابَةِ، وَ أَنْ تُتِمَّ الْوُضُوْءَ، وَ تَصُوْمَ رَمَضَانَ قَالَ: فَإِذَا فَعَلْتُ ذلِكَ فَأَنَا مُسْلِمٌ؟ قَالَ: نَعَمْ قَالَ: صَدَقْتَ”
وَ ذَكَرَ الْحَدِيْثَ بِطُوْلِهِ فِي السُّؤَالِ عَنِ الْإِيْمَانِ وَ الْإِحْسَانِ وَ السَّاعَةِ.
1. Abū Ya‘qūb Yūsuf bin Wādhiḥ al-Hāsyimī menceritakan kepada kami, al-Mu‘tamir bin Sulaimān menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Yaḥyā bin Ya‘mar, ia berkata: “Aku berkata-maksudnya kepada ‘Abdullāh bin ‘Umar-: “Wahai Abū ‘Abd-ir-Raḥmān, sesungguhnya beberapa kaum mengira bahwa takdir tidak ada.” Ia bertanya: “Apakah salah seorang di antara mereka ada di tengah-tengah kita?” Aku menjawab: “Tidak.” Ia berkata: “Sampaikan berita dariku bila kamu bertemu mereka: “Sesungguhnya Ibnu ‘Umar terlepas darimu menuju Allah dan kamu terlepas darinya”.” Kemudian ia berkata: “‘Umar bin al-Khaththāb menceritakan kepadaku, ia berkata: “Suatu ketika kami duduk di samping Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam di tengah-tengah orang banyak, tiba-tiba seseorang datang. Tidak ada bekas perjalanan padanya dan ia bukan penduduk negeri itu. Orang itu melangkahi hadirin sampai ke tempat Rasūlullāh dan duduk di hadapan beliau shallallāhu ‘alaihi wa sallam, ia bertanya: “Hai Muḥammad, apa itu Islam?”, Beliau menjawab: “Islam adalah kamu bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah (admin)) dan Muhammad adalah utusun Allah, dan kamu mendirikan shalat, memberikan zakat, beribadah haji dan umrah, mandi jinabat, menyempurnakan wudhu’ dan puasa Ramadhān” Ia bertanya: “Bila aku lakukan itu, aku seorang muslim?” Beliau menjawab: “Ya.” Ia berkata: “Kau benar.”” Ibnu ‘Umar menyebutkan hadits selengkapnya mengenai pertanyaan iman, ihsan dan kiamat. (952)