Shahih Ibnu Hibban no.25 – Berpegang Teguh Pada Sunnah : Siapa Menentang Sunnah Maka Dia Ahli Bid’ah

Shahih Ibnu Hibban
(Judul Asli: Shaḥīḥu Ibni Ḥibbān bi Tartībi Ibni Balbān)
Oleh: Amri ‘Ala’uddin ‘Ali bin Balban al-Farisi

Penerjemah: Mujahidin Muhayan, Saiful Rahman Barito
Penerbit: Pustakan Azzam

Rangkaian Pos: Shahih Ibnu Hibban Kitab 1 Bab 2 - Berpegang Teguh Pada Sunnah

Khabar yang Menunjukkan Bahwa Siapa Menentang Sunnah dengan Ta’wil-ta’wil yang Rusak, maka Dia Termasuk Ahli Bid‘ah

رقم الحديث: 52
(حديث مرفوع) أَخْبَرَنَا أَبُوْ يَعْلَى، حَدَّثَنَا أَبُوْ خَيْثَمَةَ، حَدَّثَنَا جَرِيْرٌ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ نُعْمٍ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: بَعَثَ عَلِيٌّ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنَ الْيَمَنِ بِذَهَبٍ فِيْ أُدُمٍ، فَقَسَمَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بَيْنَ زَيْدِ الْخَيْلِ، وَ الْأَقْرَعِ بْنِ حَابِسٍ، وَ عُيَيْنَةَ بْنِ حِصْنٍ، وَ عَلْقَمَةَ بْنِ عُلَاثَةَ، فَقَالَ أُنَاسٌ مِنَ الْمُهَاجِرِيْنَ وَ الْأَنْصَارِ: نَحْنُ أَحَقُّ بِهذَا، فَبَلَغَ ذلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَشَقَّ عَلَيْهِ، وَ قَالَ: ” أَلَا تَأْمَنُوْنِيْ وَ أَنَا أَمِيْنُ مَنْ فِي السَّمَاءِ، يَأْتِيْنِيْ خَبَرُ مَنْ فِي السَّمَاءِ صَبَاحًا وَ مَسَاءً؟” فَقَامَ إِلَيْهِ نَاتِئُ الْعَيْنَيْنِ، مُشْرِفُ الْوَجْنَتَيْنِ، نَاشِزُ الْوَجْهِ كَثُّ اللِّحْيَةِ، مَحْلُوْقُ الرَّأْسِ، مُشَمَّرُ الْإِزَارِ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اتَّقِ اللهَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “أَوَ لَسْتُ بِأَحَقِّ أَهْلِ الْأَرْضِ أَنْ أَتَّقِيَ اللهَ؟ “ثُمَّ أَدْبَرَ، فَقَامَ إِلَيْهِ خَالِدٌ سَيْفُ اللهِ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَلَا أَضْرِبُ عُنُقَهُ؟، فَقَالَ: ” لَا، إِنَّهُ لَعَلَّهُ يُصَلِّيْ”، قَالَ: إِنَّهُ رُبَّ مُصَلٍّ يَقُوْلُ بِلِسَانِهِ مَا لَيْسَ فِيْ قَلْبِهِ، قَالَ: “إِنِّيْ لَمْ أُوْمَرْ أَنْ أَشُقَّ قُلُوْبَ النَّاسِ، وَ لَا أَشُقَّ بُطُوْنَهُمْ”، فَنَظَرَ إِلَيْهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ هُوَ مُقَفٍّ، فَقَالَ: “إِنَّهُ سَيَخْرُجُ مِنْ ضِئْضِئِ هذَا قَوْمٌ يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللهِ لَا يُجَاوِزُ حَنَاجِرَهُمْ، يَمْرُقُوْنَ مِنَ الدِّيْنِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهُمْ مِنَ الرَّمِيَّةِ”، قَالَ عُمَارَةُ فَحَسِبْتُ أَنَّهُ قَالَ: لَئِنْ أَدْرَكْتُهُمْ لَأَقْتُلَنَّهُمْ قَتْلَ ثَمُوْدَ.

  1. Abū Ya‘lā mengabarkan kepada kami: Abū Khaitsamah menceritakan kepada kami: Jarīr menceritakan kepada kami, dari ‘Umarah bin Qa‘qā‘, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Nu‘m, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī, dia berkata: ‘Alī mengirimkan emas (bi dzahab) dalam kulit yang disamak, kepada Rasūlullāh s.a.w. dari Yaman. Lalu Rasūlullāh s.a.w. membagikannya di antara Zaid al-Khail, al-Aqrā’ bin Ḥābis, ‘Uyainah bin Ḥishn, dan ‘Alqamah bin ‘Ulātsah. Maka sekolompok orang dari Muhājirīn dan Anshār berkata: “Kami lebih berhak atas ini.” Hal itu sampai kepada Nabi s.a.w. Beliau pun merasa sedih dan berkata: Tidakkah kalian percaya kepadaku, sedang aku adalah orang kepercayaan Dzat yang ada di langit; kabar dari langit datang kepadaku pagi dan petang? Lalu seseorang yang kedua matanya mencuat (nati’-ul-‘ainain), kedua tulah pipinya timbul (musyrif-ul-wajnatain), dan kain sarungnya disingsingkan berdiri kepada beliau sambil berkata: “Wahai Rasūlullāh, bertakwalah kepada Allah.” Maka Nabi s.a.w. berkata:Bukankah aku penghuni bumi yang paling pantas untuk bertakwa kepada Allah? Kemudian laki-laki itu berpaling. Maka Khālid, Saifullāh, berdiri dan berkata: “Wahai Rasūlullāh, biar aku penggal lehernya?” Beliau bersabda: Jangan! Barang kali dia masih mengerjakan shalat. Dia (Khālid) berkata: “Sesungguhnya betapa banyak orang yang shalat mengatakan dengan lidahnya berbeda dengan yang ada dalam hatinya.” Beliau menjawab:Sesungguhnya aku tidak diperintahkan untuk membelah hati manusia dan tidak pula untuk membelah perut mereka. Lalu Nabi s.a.w. menoleh kepada laki-laki itu ketika ia sedang berpaling membelakangi (muqaffan). (2331) Lalu beliau bersabda: Sesungguhnya akan keluar dari keturunan laki-laki ini suatu kaum yang membaca Kitab Allah, tetapi tidak melewati pangkal tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama sebagaimana melesatnya anak panah dari busurnya.

‘Umārah berkata: Aku kira beliau berkata: “Seandainya aku menjumpai mereka, niscaya aku akan memerangi mereka sebagaimana memerangi kaum Tsumūd.” (2342) [3: 10].

Catatan:

  1. (233). Riwayat selain penulis: “muqaffan”, artinya berpaling.
  2. (234). Sanad-nya shaḥīḥ berdasarkan syarat asy-Syaikhān. Abū Khaitsamah adalah Zuhair bin Ḥarb, dan Jarīr adalah Ibnu ‘Abd-ul-Ḥamīd.

    Diriwayatkan oleh Muslim (1064,145) dalam kitab Zakat, bab Penyebutan orang-orang Khawārij dan sifat-sifat mereka, melalui ‘Utsmān Abū Syaibah, dari Jarīr, dengan sanad ini.

    Diriwayatkan oleh Aḥmad (III/4-5) dan Muslim (1064,146) melalui Muḥammad bin Fudhail, dari ‘Umārah bin Qaqā‘, dengan sanad ini.

    Diriwayatkan oleh al-Bukhārī (4351) dalam kitab Peperangan-peperangan, bab Pengutusan ‘Alī bin Abī Thālib a.s. dan Khālid bin Walīd ke Yaman sebelum haji wada‘; dan oleh Muslim (1064, 144); melalui ‘Abd-ul-Wāḥid, dari ‘Umārah bin Qa‘qā‘, dengan redaksi ini.

    Diriwayatkan oleh al-Bukhārī (3344) dalam kitab Kisah-kisah Para Nabi, bab Firman Allah s.w.t.: “Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum ‘Ad saudara mereka, Hūd. Ia berkata: Hai kaumku, sembahlah Allah,” (4667) dalam kitab Tafsir, bab “Para mu’allaf yang dibujuk hatinya dan untuk (memerdekakan) budak,” dan (7432) dalam kitab Tauhid, bab Firman Allah s.w.t.: “Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan;” Aḥmad (III/68 dan 73); ‘Abd-ur-Razzāq dalam al-Mushannaf (18676); Abū Dāūd (4764) dalam kitab Sunnah, bab Orang-orang Khawārij; dan an-Nasā’ī (VII/118) dalam kitab Pengharaman Darah, bab Orang yang menghunus pedangnya lalu meletakkannya di antara manusia; melalui Sufyān ats-Tsaurī, dari bapaknya, Sa‘īd bin Masrūq, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Nu‘m, dari Abū Sa‘īd.

    Diriwayatkan oleh Muslim (1064, 143) melalui Abul-Aḥwas, dari Sa‘īd bin Masrūq, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Nu‘m, dengan redaksi ini.

    Diriwayatkan oleh ath-Thayālisī (2234); an-Nasā’ī (V/87) dalam kitab Zakat, bab Para mu’allaf yang dibujuk hatinya; dan al-Baihaqī dalam Dalā’il-un-Nubuwwah (VI/426); melalui beberapa jalur dari Sa‘īd bin Masrūq, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Nu‘m, dengan redaksi ini.

    Diriwayatkan oleh al-Bukhārī (3610) dan (6933), dan Muslim (1064, 147), melalui az-Zuhrī, dari Abū Salamah, dari Abū Sa‘īd.

    Diriwayatkan oleh al-Bukhārī juga (5058) dan Muslim (1064, 148), melalui dua jalur dari Yaḥyā bin Sa‘īd, dari Muḥammad bin Ibrāhīm, dari Abū Salamah, dari Abū Sa‘īd.

    Diriwayatkan oleh al-Bukhārī juga (6163) dan al-Baihaqī dalam ad-Dalā’il (VI/427), melalui al-Auzā‘ī, dari az-Zuhrī, dari Abū Salamah dan Adh-Dhaḥḥāk, dari Abū Sa‘īd.

    Hadits bab ini juga diriwayatkan dari Jābir oleh Aḥmad (III/354 dan 355). Dirawayatkan dari Abū Barzah oleh Aḥmad juga (IV/421). Dan diriwayatkan dari Abū Bakrah. (V/42).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *