Penafian Iman Dari Orang yang Tidak Tunduk Kepada Sunnah-sunnah Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam atau Menentangnya Dengan Qiyas-qiyas yang Kontradiktif dan Hal-hal Baru yang Rusak
رقم الحديث: 42
(حديث مرفوع) أَخْبَرَنَا أَبُوْ خَلِيْفَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيْدِ، حَدَّثَنَا لَيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ الزُّبَيْرِ حَدَّثَهُ، أَنَّ رَجُلًا مِنَ الْأَنْصَارِ خَاصَمَ الزُّبَيْرَ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ شِرَاجِ الْحَرَّةِ الَّتِيْ يَسْقُوْنَ بِهَا النَّخْلَ، فَقَالَ الْأَنْصَارِيُّ: سَرِّحِ الْمَاءَ يَمُرَّ، فَأَبَى عَلَيْهِ الزُّبَيْرُ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “اسْقِ يَا زُبَيْرُ، ثُمَّ أَرْسِلْ إِلَى جَارِكَ”، فَغَضِبَ الْأَنْصَارِيُّ، وَ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَنْ كَانَ ابْنَ عَمَّتِكَ؟ فَتَلَوَّنَ وَجْهُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “اسْقِ يَا زُبَيْرُ، ثُمَّ احْبِسِ الْمَاءَ حَتَّى يَرْجِعَ إِلَى الْجَدْرِ”، قَالَ الزُّبَيْرُ: فَوَاللهِ لَأَحْسَبُ هذِهِ الْآيَةَ نَزَلَتْ فِيْ ذلِكَ: فَلَا وَ رَبِّكَ لَا يُؤْمِنُوْنَ حَتَّى يُحَكِّمُوْكَ فِيْمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ سورة النساء آية: 56.
Dianggap shaḥīḥ oleh al-Ḥakīm (III/364) melalui Muḥammad bin ‘Abdullāh bin Muslim az-Zuhrī, dari pamannya, az-Zuhrī, dengan redaksi ini.
Diriwayatkan melalui beberapa jalur dari az-Zuhrī, dari ‘Urwah bin Zubair, dari Zubair, oleh Aḥmad (I/165); al-Bukhārī (2361) dalam kitab Pengaira, bab Pengairan yang lebih atas sebelum yang bawah, (2362) dalam bab Pengairan yang lebih atas sampai kedua mata kaki, (2708) dalam kitab Perdamaian, bab Apabila imam menyarankan perdamaian tapi dia menolak maka ditetapkan atasnya hukum yang jelas, dan (4585) dalam kitab Tafsīr, bab Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman; ath-Thabrānī dalam Tafsīr-nya (9913); al-Baihaqī (VI/153-154 dan X/106); dan al-Baghawī (2194). Pendengaran ‘Urwah dari bapaknya benar, sebagaimana disebutkan dalam Tārīkh-ul-Bukhārī (VII/31). Dan pada haditsnya dalam Musnad Aḥmad dengan nomor (1418), terdapat pernyataan jelas tentang pendengarannya dari bapaknya, dan sanad-nya kuat.