Shahih Ibnu Hibban no.16 – Berpegang Teguh Pada Sunnah : Perihal Sujud Sahwi

Shahih Ibnu Hibban
(Judul Asli: Shaḥīḥu Ibni Ḥibbān bi Tartībi Ibni Balbān)
Oleh: Amri ‘Ala’uddin ‘Ali bin Balban al-Farisi

Penerjemah: Mujahidin Muhayan, Saiful Rahman Barito
Penerbit: Pustakan Azzam

Rangkaian Pos: Shahih Ibnu Hibban Kitab 1 Bab 2 - Berpegang Teguh Pada Sunnah

Khabar yang Menghancurkan Pendapat bahwa Perintah Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk Mengerjakan Sesuatu Harus dalam Bentuk Terperinci yang Dipahami dari Zhahir Khithabnya

Hadits Nomor: 16

رقم الحديث: 61
(حديث مرفوع) أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْأَزْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُعَاذْ بْنُ هِشَامٍ، قَالَ: حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ كَثِيْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيرَةَ: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، قَالَ: “نُوْدِيَ بِالْأَذَانِ، أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لَا يَسْمَعَ الْأَذَانَ، فَقُضِيَ الْأَذَانُ، أَقَبْلُ، فَثُوِّبَ بِهَا أَدْبَرَ، فَقُضِيَ التَّثْوِيْبُ أَقَبْلُ يَخْطُرُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَ نَفْسِهِ: اذْكُرْ كَذَا، اذْكُرْ كَذَا، لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ، حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ إِنْ يَدْرِيْ كَمْ صَلَّى، فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى؟ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَ هُوَ جَالِسٌ”، قَالَ أَبُوْ حَاتِمٍ رَضِيَ اللهِ عَنْهُ: أَمْرُهُ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لِمَنْ شَكَّ فِيْ صَلَاتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى، فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَ هُوَ جَالِسٌ، أَمْرٌ مُجْمَلٌ، تَفْسِيْرُهُ أَفْعَالُهُ الَّتِيْ ذَكَرْنَاهَا، لَا يَجُوْزُ لِأَحَدٍ أَنْ يَأْخُذَ الْأَخْبَارَ الَّتِيْ فِيْهَا ذِكْرُ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلُ السَّلَامِ، فَيَسْتَعْمِلَهُ فِيْ كُلِّ الْأَحْوَالِ، وَ يَتْرُكَ سَائِرَ الْأَخْبَارِ الَّتِيْ فِيْهَا ذِكْرُهُ بَعْدَ السَّلَامِ، وَ كَذلِكَ لَا يَجُوْزُ لِأَحَدٍ أَنْ يَأْخُذَ الْأَخْبَارَ الَّتِيْ فِيْهَا ذِكْرُ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلَامِ، فَيَسْتَعْمِلَهُ فِيْ كُلِّ الْأَحْوَالِ، وَ يَتْرُكَ الْأَخْبَارَ الْأُخَرَ الَّتِيْ فِيْهَا ذِكْرُهُ قَبْلُ السَّلَامِ، وَ نَحْنُ نَقُوْلُ: إِنَّ هذِهِ أَخْبَارٌ أَرْبَعٌ يَجِبُ أَنْ تُسْتَعْمَلَ، وَ لَا يُتْرَكُ شَيْءٌ مِنْهَا، فَيَفْعَلُ فِيْ كُلِّ حَالَةٍ مِثْلَ مَا وَرَدَتِ السُّنَّةُ فِيْهَا سَوَاءً، فَإِنْ سَلَّمَ مِنَ الْاثْنَتَيْنِ أَوِ الثَّلَاثِ مِنْ صَلَاتِهِ سَاهِيَا، أَتَمَّ صَلَاتَهُ وَ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلَامِ، عَلَى خَبَرِ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، وَ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اللَّذَيْنِ ذَكَرْنَاهُمَا، وَ إِنْ قَامَ مِنِ اثْنَتَيْنِ وَ لَمْ يَجْلِسْ أَتَمَّ صَلَاتَهُ وَ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلُ السَّلَامِ، عَلَى خَبَرِ ابْنِ بُحَيْنَةَ، وَ إِنْ شَكَّ فِي الثَّلَاثِ أَوِ الْأَرْبَعِ، يَبْنِيْ عَلَى الْيَقِيْنِ عَلَى مَا وَصَفْنَا، وَ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلُ السَّلَامِ، عَلَى خَبَرِ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، وَ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ وَ إِنْ شَكَّ وَ لَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى أَصْلًا تَحَرَّى عَلَى الْأَغْلَبِ عِنْدَهُ وَ أَتَمَّ صَلَاتَهُ، وَ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلَامِ، عَلَى خَبَرِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ الَّذِيْ ذَكَرْنَاهُ، حَتَّى يَكُوْنَ مُسْتَعْمِلًا لِلْأَخْبَارِ الَّتِيْ وَصَفْنَاهَا كُلَّهَا، فَإِنْ وَرَدَتْ عَلَيْهِ حَالَةٌ غَيْرُ هذِهِ الْأَرْبَعِ فِيْ صَلَاتِهِ، رَدَّهَا إِلَى مَا يُشْبِهُهَا مِنَ الْأَحْوَالِ الْأَرْبَعِ الَّتِيْ ذَكَرْنَاهَا.

  1. ‘Abdullāh bin Muḥammad al-Azdī mengabarkan kepada kami, dia berkata: Mu‘ādz bin Hisyām mengabarkan kepada kami, dia berkata: Bapakku menceritakan kepadaku, dari Yaḥyā bin Abī Katsīr, dia berkata: Abū Salamah menceritakan kepada kami, dari Abū Hurairah, bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda: Apabila dikumandangkan adzan, maka syaithan akan berpaling sambil mengeluarkan bunyi kentut, hingga dia tidak mendengar adzan. Kemudian apabila adzan telah selesai, maka dia kembali datang. Lalu apabila dikumandangkan iqāmah (tsuwwiba bihā), (2091) maka dia berpaling. Apabila iqāmah (tatswīb) telah selesai, dia kembali datang sambil membisikkan (yakhthuru) (2102) ke dalam diri seseorang: “Ingatlah ini, ingatlah ini,” apa saja perkara yang sebelumnya tidak diingatnya, sampai seseorang itu tidak tahu lagi berapa rakaat ia shalat. Oleh karena itu, apabila dia tidak tahu berapa rakaat dia shalat, maka hendaklah dia sujud dua rakaat ketika ia duduk.” (2113).

Abū Ḥātim r.a. berkata: Perintah Nabi s.a.w. bagi orang yang ragu dalam shalatnya dan tidak tahu berapa rakaat dia shalat, untuk sujud dua kali ketika ia duduk, adalah perintah mujmal (global). Penafsirannya adalah perbuatan-perbuatan beliau yang telah kita sebutkan. Tidak boleh bagi seseorang untuk mengambil khabar-khabar yang disebutkan dua sujud sahwi sebelum salam, lalu menerapkannya dalam semua kondisi, dan meninggalkan khabar-khabar lainnya yang menjelaskan sujud sahwi itu disebutkan setelah salam.

Demikian pula, tidak boleh bagi seseorang untuk mengambil khabar-khabar yang di dalamnya disebutkan dua sujud sahwi setelah salam, lalu menerapkannya dalam semua kondisi, dan meninggalkan khabar-khabar lainnya yang di dalamnya sujud sahwi itu disebutkan sebelum salam. Kita mengatakan: Sesungguhnya ini adalah empat khabar yang wajib diterapkan dan tidak boleh ditinggalkan sama sekali. Dia harus melakukan dalam setiap kondisi persis seperti apa yang disebutkan oleh Sunnah tentangnya secara merata.

Apabila dia salam setelah dua atau tiga rakaat dari shalatnya karena lupa, maka dia harus menyempurnakan shalatnya dan melakukan dua kali sujud sahwi setelah salam, berdasarkan khabar Abū Hurairah dan ‘Imrān bin Ḥushain yang telah kita sebutkan keduanya. (2124).

Apabila dia berdiri setelah dua rakaat tanpa duduk (tasyahhud pertama), maka dia harus menyempurnakan shalat dan melakukan dua kali sujud sahwi sebelum salam, berdasarkan khabar Ibnu Buḥainah.

Apabila dia ragu antara tiga rakaat atau empat rakaat, maka dia harus mendasarkan pada keyakinan sesuai dengan yang telah kita jelaskan dan melakukan dua kali sujud sahwi sebelum salam, berdasarkan khabar Abū Sa‘īd al-Khudrī dan ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf. Dan apabila dia ragu-ragu dan sama sekali tidak tahu berapa rakaat dia shalat, maka dia memilih apa yang paling kuat baginya, lalu menyempurnakan shalatnya, dan melakukan dua kali sujud sahwi setelah salam, berdasarkan khabar Ibnu Mas‘ūd yang telah kita sebutkan. Sehingga, dengan demikian dia telah menerapkan khabar-khabar yang telah kita jelaskan seluruhnya, maka dia harus mengembalikannya kepada yang menyerupainya di antara keempat kondisi yang telah kita sebutkan.

Catatan:

  1. (209). Tatswīb di sini artinya iqamat shalat. Dikatakan: Dinamakan tatswīb, dari tsāba, yatsūbu, apabila dia kembali. Dengan demikian, tatswīb artinya kembali kepada perintah untuk segera melaksanakan shalat. Apabila mu’adzdzin mengucapkan: Ḥayya ‘alash-shalāh (Mari menuju shalat), maka dia telah menyeru mereka kepada shalat. Dan apabila dia mengucapkan setelahnya: Ash-Shalātu khairun min-an-naum (Shalat itu lebih baik daripada tidur), maka dia telah kembali kepada perkataan yang maknanya adalah segera melaksanakan shalat. Lihat an-Nihāyah.
  2. (210). Dengan dhammah thā’ (yakhthuru) dan kasrah-nya (yakhthiru). Keduanya diriwayatkan oleh Qādhī ‘Iyādh dalam al-Masyāriq. Dia berkata: “Kasrah adalah yang tepat. Dan maknanya: membisikkan. Dia berasal dari perkataan mereka: Khathar-ul-fahlu bi dzanabihi, apabila kuda jantan menggerakkan ekornya, lalu memukulkannya pada kedua pahanya. Adapun dengan dhammah, maka makna aslinya adalah berjalan dan berlalu. Artinya: Syaithan mendekatinya, lalu melewati antara dia dan hatinya, lalu menyibukkannya dari apa yang sedang dikerjakannya.” Lihat juga: Al-Fatḥ (II/86).
  3. (211). Sanad-nya shaḥīḥ. Para periwayatnya adalah para periwayat ash-Shaḥīḥ, selain syaikhnya Ibnu Hibban, yaitu ‘Abdullah bin Muhammad al-Azdi, dan dia tsiqah.Diriwayatkan oleh Muslim (389), (83) dalam kitab Masjid-masjid, bab Lupa dalam shalat dan sujud karenanya, dari Muhammad bin Mutsanna, dari Mu‘adz bin Hisyam, dengan sanad ini.Diriwayatkan oleh ath-Thayālisī (2345); Aḥmad (II/522); al-Bukhārī (1231) dalam kitab Lupa, bab Apabila seseorang tidak tahu berapa rakaat dia shalat, tiga rakaat atau empat rakaat; an-Nasā’ī (III/31) dalam kitab Lupa, bab Mencari mana yang lebih pantas; ad-Dārimī (I/273, 350, dan 351); dan al-Baihaqī dalam as-Sunan (II/331); melalui beberapa jalan dari Hisyām ad-Dastuwā’ī, dengan sanad ini.Diriwayatkan oleh Ibnu Abī Syaibah (I/229) dari Muḥammad bin Mush‘ab, dan oleh al-Bukhārī (3285) dalam kitab Awal Penciptaan, bab Ciri-ciri iblis dan pasukannya, dari Muḥammad bin Yūsuf. Keduanya dari al-Auzā‘ī, dari Yaḥyā bin Abī Katsīr, dengan sanad ini.Diriwayatkan oleh Aḥmad(II/403 dan 404) dan Yazīd bin Hārūn, dari Muḥammad bin ‘Amru, dari Abū Salamah, dengan redaksi ini.

    Diriwayatkan oleh ad-Dāraquthnī (I/374 dan 375) dan al-Baihaqī dalam as-Sunan (II/340) melalui Ibnu Isḥāq, dari Salamah bin Shafwān bin Salamah al-Anshārī, dari Abū Salamah, dengan redaksi ini.

    Diriwayatkan oleh Mālik (I/69) dalam kitab Shalat, bab Apa yang diriwayatkan tentang adzan dalam shalat, dari Abuz-Zinād, dari al-A‘raj, dari Abū Hurairah.

    Melalui Mālik, diriwayatkan oleh al-Bukhārī (608) dalam kitab Adzan, bab Keutamaan pengumandangan adzan; Abū Dāūd (516) dalam kitab Shalat, bab Mengangkat suara dengan adzan: An-Nasā’ī (II/21 dan 22); Abū ‘Awānah (I/334); dan al-Baghawī (412).

    Diriwayatkan oleh al-Bukhārī (1222) dalam kitab Amalan dalam Shalat, bab Seseorang berpikir dalam shalat, melalui Ja‘far; dan oleh Muslim (389, 19) dalam kitab Shalat, bab keutamaan adzan, melalui Abuz-Zinād. Keduanya dari al-A‘raj, dari Abū Hurairah.

    Diriwayatkan oleh Aḥmad (II/398 dan 531), Muslim (389, 16, 17, dan 18) dalam kitab Shalat, Abū ‘Awānah (I/334), al-Baihaqī dalam as-Sunan (I/432), dan al-Baghawī (413), melalui al-A‘masy dan Suhail bin Abī Shāliḥ, dari Abū Shāliḥ, dari Abū Hurairah.

    Diriwayatkan oleh Aḥmad (II/411, dan 460) melalui ‘Allā’ bin ‘Abd-ur-Raḥmān, dari bapaknya, dari Abū Hurairah.

    Diriwayatkan tanpa menyebutkan adzan oleh Mālik (I/100) dalam kitab Lupa, bab Amalan saat lupa, dari az-Zuhrī, dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah.

    Melalui Mālik, diriwayatkan oleh al-Bukhārī (1232) dalam kitab Lupa, bab Lupa dalam shalat fardhu dan shalat sunnah; Abū Dāūd (1030) dalam kitab Shalat, bab Barang siapa menduga maka dia menyempurnakan sesuai dengan dugaan kuatnya; dan an-Nasā’ī (III/73) dalam kitab Lupa, bab Mencari mana yang lebih pantas.

    Diriwayatkan oleh at-Tirmidzī (397) dalam shalat Shalat, bab Apa yang diriwayatkan tentang seorang yang shalat dan ragu-ragu mengenai kelebihan dan kekurangan, dari Qutaibah bin Sa‘īd, dari Laits, dan az-Zuhrī, dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah.

    Penulis akan menyebutkannya dengan nomor (1662) dalam kitab Shalat, melalui ‘Abd-ur-Razzāq, dari Ma‘mar, dari Yaḥyā bin Abī Katsīr, dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah; dan dengan nomor (1663) melalui ‘Abd-ur-Razzāq, dari Ma‘mar, dari Hammūm bin Munabbih, dari Abū Hurairah.

  4. (212). Yaitu dalam at-Taqāsimu wal-Anwā’. Dan keduanya akan disebutkan nanti dalam Sujud sahwi.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *