Hati Senang

Shahih Ibnu Hibban no.12 dan 13 – Berpegang Teguh Pada Sunnah : Sunnah-Sunnah Al-Musthafa SAW (Itu Adalah) Dari Allah

Shahih Ibnu Hibban
(Judul Asli: Shaḥīḥu Ibni Ḥibbān bi Tartībi Ibni Balbān)
Oleh: Amri ‘Ala’uddin ‘Ali bin Balban al-Farisi


Penerjemah: Mujahidin Muhayan, Saiful Rahman Barito
Penerbit: Pustakan Azzam

Khabar yang Menyatakan Bahwa Sunnah-sunnah al-Mushthafā shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Semuanya Berasal Dari Allah, Tidak Dari Diri Beliau Sendiri.

Hadits Nomor: 12

رقم الحديث: 21
(حديث مرفوع) أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ الْفَضْلِ الْكَلَاعِيُّ بِحِمْصَ، حَدَّثَنَا كَثِيْرُ بْنُ عُبَيْدٍ الْمَذْحِجِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْبٍ، عَنِ الزُّبَيْدِيِّ، عَنْ مَرْوَانَ بْنِ رُؤْبَةَ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ عَوْفٍ، عَنِ الْمِقَدْامِ بْنِ مَعْدِيْ كَرِبَ، عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، أَنَّهُ قَالَ: “إِنِّيْ أُوْتِيْتُ الْكِتَابَ وَ مَا يَعْدِلُهُ، يُوْشِكُ شَبْعَانٌ عَلَى أَرِيْكَتِهِ أَنْ يَقُوْلَ: بَيْنِيْ وَ بَيْنَكُمْ هذَا الْكِتَابُ، فَمَا كَانَ فِيْهِ مِنْ حَلَالٍ أَحْلَلْنَاهُ، وَ مَا كَانَ فِيْهِ مِنْ حَرَامٍ حَرَّمْنَاهُ، أَلَا وَ إِنَّهُ لَيْسَ كَذلِكَ”.

  1. Muḥammad bin ‘Ubaidillāh bin Fadhl al-Kalā’ī di Ḥimsh mengabarkan kepada kami: Katsīr bin ‘Ubaid (2031) al-Madzḥijī menceritakan kepada kami: Muḥammad bin Ḥarb [menceritakan kepada kami], (2042) dari az-Zubaidī, dari Marwān bin Ru’bah, dari Ibnu Abī ‘Auf, dari Miqdām bin Ma‘dī Karib, dari Rasūlullāh s.a.w., beliau bersabda: Sesungguhnya aku diberi Kitab dan sesuatu yang setara dengannya. Hampir saja seorang yang kenyang di atas ranjangnya berkata: “Antara aku dan kalian adalah kitab (Qur’an-ed-) ini. Apa saja yang halal di dalamnya, maka kita menghalalkannya. Dan apa saja yang haram di dalamnya, maka kita mengharamkannya”. Ingatlah, sesungguhnya tidaklah demikian. (2053).

Hadits Nomor: 13

رقم الحديث: 31
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ سَهُمْ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُوْ إِسْحَاقَ الْفَزَارِيُّ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ سَالِمٍ أَبِي النَّضْرِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ رَافِعٍ، عَنْ أَبِيْ رَافِعٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “لَا أَعْرِفَنَّ الرَّجُلَ يَأْتِيْهِ الْأَمْرُ مِنْ أَمْرِيْ، إِمَّا أَمَرْتُ بِهِ، وَ إِمَّا نَهِيْتُ عَنْهُ، فَيَقُوْلُ: مَا نَدْرِيْ مَا هذَا، عِنْدَنَا كِتَابُ اللهِ لَيْسَ هذَا فِيْهِ”.

13. Aḥmad bin ‘Alī bin Mutsannā menceritakan keapda kami, dia berkata: Muḥammad bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin Sahm menceritakan kepada kami, dia berkata: Abū Isḥāq al-Fazārī menceritakan kepada kami, dari Mālik bin Anas, dari Sālim Abun-Nadhr, dari ‘Ubaidullāh bin Abī Rāfi‘, dari Abū Rāfi‘, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: Aku benar-benar tidak mengenal laki-laki yang datang kepadanya suatu perkara dariku, baik yang aku perintahkan maupun yang aku larang, lalu dia berkata: “Kami tidak tahu apa ini. Kami memiliki Kitab Allah. Ini tidak ada di dalamnya.” (2064)

Catatan:

  1. (203). Dalam naskah Asli: “‘Abd”. Ini salah. Dan yang benar disebutkan dalam at-Taqāsim (II/lembaran 46). Katsīr bin ‘Ubaid adalah salah seorang para perawi at-Tahdzīb.
  2. (204). Tanggal dalam naskah asli. Dan saya menambahkannya dari at-Taqāsim.
  3. (205). Sanad-nya kuat. Marwān bin Ru‘bah disebutkan oleh penulis dalam ats-Tsiqat-nya (V/425). Dan para periwayat lainnya semuanya tsiqah. Az-Zubaidī adalah Muḥammad bin Walīd Abū Hudzail al-Ḥimshī. Dan Ibnu Abī ‘Auf adalah ‘Abd-ur-Raḥmān al-Jurasyī al-Ḥimshī.Diriwayatkan oleh ath-Thabrānī dalam al-Kabīr (XX/669) dan al-Baihaqī dalam as-Sunan (IX/332), melalui Yaḥyā bin Ḥamzah, dari az-Zubaidī, dengan sanad ini.Diriwayatkan oleh Aḥmad (IV/131); Abū Dāūd (4604) dalam kitab Sunnah, bab Konsisten pada Sunnah; ath-Thabrānī dalam al-Kabīr (XX/670); dan al-Baihaqī dalam Dalā’il-un-Nubuwwah (VI/549); melalui Ḥārits bin ‘Utsmān, dari Ibnu Abī ‘Auf, dengan redaksi ini.Diriwayatkan oleh Aḥmad (IV/132); at-Tirmidzī (2664) dalam kitab Ilmu, bab Apa yang dilarang untuk diucapkan ketika dibacakan hadits Nabi s.a.w.; Ibnu Mājah (12) dalam Muqaddimah, bab Pengagungan hadits Rasūlullāh s.a.w. dan kecaman terhadap orang yang menentangnya; ad-Dārimī (I/144); ath-Thabrānī (XX/649); dan al-Baihaqī dalam as-Sunan (VII/76 dan IX/331); melalui Mu‘āwiyah bin Shāliḥ, dari Ḥasan bin Jābir, dari Miqdām bin Ma‘dī Karib. Dan sanad-nya ḥasan, sebagaimana dikatakan oleh at-Tirmidzī. Al-Ḥakīm (I/109) menganggapnya shaḥīḥ, dan adz-Dzahabī mengakuinya.
  4. (206). Sanad-nya shaḥīḥ berdasarkan syarat Muslim. Abū Isḥāq adalah Ibrāhīm bin Muḥammad bin Ḥārits.

    Diriwayatkan oleh asy-Syāfi‘ī dalam al-Musnad (I/17). Dan melalui asy-Syāfi‘ī, diriwayatkan oleh al-Baihaqī dalam as-Sunan (VII/76) dan dalam ad-Dalā’il (I/24), al-Ḥakīm (I/108), dan al-Baghawī dalam Syarḥ-us-Sunnah (101), dari Sufyān bin ‘Uyainah, dari Sālim Abun-Nadhr, dengan sanad ini.

    Diriwayatkan oleh al-Humaidī (551); Abū Dāūd (4605) dalam kitab Sunnah, bab Menetapi Sunnah; at-Tirimidzī (2663) dalam kitab Ilmu; Ibnu Mājah (13) dalam Muqaddimah; dan al-Baihaqī dalam Dalā’il-un-Nubuwwah (VI/549); melalui Ibnu ‘Uyainah, dari Sālim, dengan redaksi ini. Melalui al-Ḥumaidī, diriwayatkan oleh al-Ḥakīm (I/108). Al-Hakim menganggapnya shaḥīḥ, dan adz-Dzahabī menyepakatinya.

    Diriwayatkan oleh al-Ḥakīm melalui Mālik, dari Abun-Nadhr, dari ‘Ubaidillāh, secara mursal.

    Diriwayatkan oleh Aḥmad (VI/8) melalui Ibnu Lahī‘ah, dari Abun-Nadhr, dengan sanad ini.

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.