Shahih Bukhari no.99 s.d 100 : Perlunya Pengajaran Khusus Untuk Kelompok Tertentu Di Hari Tertentu & Perlunya Bertanya Apabila Kurang Jelas (Kurang Paham)

Dari Kitab:
Sahīh al-Bukhārī
Oleh: Abū ‘Abd Allāh Muhammad ibn Ismā‘īl ibn Ibrāhīm ibn al-Mughīrah ibn Bardizbah al-Ju‘fī al-Bukhārī

Rangkaian Pos: Shahih Bukhari Kitab 3 (Kitab Ilmu)

صحيح البخاري ٩٩: حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ: حَدَّثَنِي ابْنُ الْأَصْبَهَانِيِّ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا صَالِحٍ ذَكْوَانَ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَتِ النِّسَاءُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: غَلَبَنَا عَلَيْكَ الرِّجَالُ فَاجْعَلْ لَنَا يَوْمًا مِنْ نَفْسِكَ فَوَعَدَهُنَّ يَوْمًا لَقِيَهُنَّ فِيْهِ فَوَعَظَهُنَّ وَ أَمَرَهُنَّ فَكَانَ فِيْمَا قَالَ لَهُنَّ مَا مِنْكُنَّ امْرَأَةٌ تُقَدِّمُ ثَلَاثَةً مِنْ وَلَدِهَا إِلَّا كَانَ لَهَا حِجَابًا مِنَ النَّارِ فَقَالَتْ امْرَأَةٌ وَ اثْنَتَيْنِ فَقَالَ وَ اثْنَتَيْنِ. حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْأَصْبَهَانِيِّ عَنْ ذَكْوَانَ عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِهذَا وَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْأَصْبَهَانِيِّ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا حَازِمٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: ثَلاثَةً لَمْ يَبْلُغُوا الْحِنْثَ.

Shahih Bukhari 99: Telah menceritakan kepada kami Ādam berkata: Telah menceritakan kepada kami Syu‘bah berkata: Telah menceritakan kepada-Ku Ibnul-Ashbahānī berkata: Aku mendengar Abū Shāliḥ Dzakwān menceritakan dari Abū Sa‘īd al-Khudrī; kaum wanita berkata kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam: “Kaum lelaki telah mengalahkan kami untuk bertemu dengan engkau, maka berilah kami satu hari untuk bermajelis dengan diri tuan”. Maka Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam berjanji kepada mereka satu untuk bertemu mereka, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi pelajaran dan memerintahkan kepada mereka, di antara yang disampaikannya adalah: “Tidak seorang pun dari kalian yang didahului (ditinggal matied.) oleh tiga orang dari anaknya kecuali akan menjadi tabir bagi dirinya dari neraka”. Berkata seseorang: “Bagaimana kalau dua orang?” Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Juga dua”. Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Basysyār berkata: Telah menceritakan kepada kami Ghundar berkata: Telah menceritakan kepada kami Syu‘bah dari ‘Abd-ur-Raḥmān al-Ashbahānī dari Dzakwān dari Abū Sa‘īd al-Khudrī dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Dan dengan sanad seperti ini dari ‘Abd-ur-Raḥmān al-Ashbahānī berkata: Aku mendengar Abū Ḥazm dari Abū Hurairah berkata: “Tiga orang yang belum baligh”.

Derajat: Ijmā‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 6766; SM: 4768; MA: 3795, 7053, 10869, 11261.

صحيح البخاري ٠٠١: حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ قَالَ: أَخْبَرَنَا نَافِعُ بْنُ عُمَرَ قَالَ: حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِيْ مُلَيْكَةَ أَنَّ عَائِشَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: كَانَتْ لَا تَسْمَعُ شَيْئًا لَا تَعْرِفُهُ إِلَّا رَاجَعَتْ فِيْهِ حَتَّى تَعْرِفَهُ وَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: مَنْ حُوْسِبَ عُذِّبَ قَالَتْ عَائِشَةُ: فَقُلْتُ أَوَ لَيْسَ يَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى:
{ فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيْرًا } قَالَتْ فَقَالَ إِنَّمَا ذلِكِ الْعَرْضُ وَ لكِنْ مَنْ نُوْقِشَ الْحِسَابَ يَهْلِكْ.

Shahih Bukhari 100: Telah menceritakan kepada kami Sa‘īd bin Abī Maryam berkata: Telah mengabarkan kepada kami Nāfi‘ bin ‘Umar berkata: Telah menceritakan kepadaku Ibnu Abī Mulaikah bahwa ‘Ā’isyah istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam tidaklah mendengar sesuatu yang tidak dia mengerti kecuali menanyakannya kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam sampai dia mengerti, dan Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Siapa yang dihisab berarti dia disiksa”. ‘Ā’isyah berkata: maka aku bertanya kepada Nabi: “Bukankah Allah ta‘ālā berfirman: “Kelak dia akan dihisab dengan hisab yang ringan” ‘Ā’isyah berkata: Maka Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya yang dimaksud itu adalah pemaparan (amalan). Akan tetapi barang siapa yang didebat (diurai, dibicarakan atau dipaparkan-ed.) hisabnya pasti celaka”.

Derajat: Ijmā‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 6055; MA: 23069, 23464, 23628.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.