224 (225). Seorang Wanita Mengalami Ḥaidh Setelah Melaksanakan Thawāf Ifādḥah.
صحيح البخاري ٣١٧: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوْسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَمْرَةَ بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهَا قَالَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنَّ صَفِيَّةَ بِنْتَ حُيَيٍّ قَدْ حَاضَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لَعَلَّهَا تَحْبِسُنَا أَلَمْ تَكُنْ طَافَتْ مَعَكُنَّ فَقَالُوْا بَلَى قَالَ فَاخْرُجِيْ.
Shaḥīḥ Bukhārī 317: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Yūsuf telah mengabarkan kepada kami Mālik dari ‘Abdullāh bin Abī Bakar bin Muḥammad bin ‘Amru bin Ḥazm dari Bapaknya dari ‘Amrah binti ‘Abd-ir-Raḥmān dari ‘Ā’isyah istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, ia berkata kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasūlullāh, Shafiyyah binti Ḥuyai sedang ḥaidh?” Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Jangan-jangan dia menyusahkan kita! Apakah dia thawāf bersama kalian?” Mereka menjawab: “Ya.” Beliau lalu bersabda (kepada Shafiyyah): “Ikutlah keluar.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SM: 2355; SN: 388; MA: 24270; MM: 823.
صحيح البخاري ٣١٨: حَدَّثَنَا مُعَلَّى بْنُ أَسَدٍ قَالَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَرُخِّصَ لِلْحَائِضِ أَنْ تَنْفِرَ إِذَا حَاضَتْ وَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ يَقُوْلُ فِيْ أَوَّلِ أَمْرِهِ إِنَّهَا لَا تَنْفِرُ ثُمَّ سَمِعْتُهُ يَقُوْلُ تَنْفِرُ إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ رَخَّصَ لَهُنَّ.
Shaḥīḥ Bukhārī 318: Telah menceritakan kepada kami Mu‘allā bin Asad berkata, telah menceritakan kepada kami Wuhaib dari ‘Abdullāh bin Thāwūs dari Bapaknya dari Ibnu ‘Abbās berkata: “Wanita yang ḥaidh diberi keringanan untuk nafar (meninggalkan Mina), dan pada mulanya Ibnu ‘Umar melarang hal itu, namun kemudian aku mendengar ia mengatakan, “Wanita haidh boleh nafar karena Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam telah memberi keringanan buat mereka.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 1640; ST: 1852.