Shahih Bukhari no.309-311 : Haidh dan Qadha Shalat

Dari Kitab:
Sahīh al-Bukhārī
Oleh: Abū ‘Abd Allāh Muhammad ibn Ismā‘īl ibn Ibrāhīm ibn al-Mughīrah ibn Bardizbah al-Ju‘fī al-Bukhārī

Rangkaian Pos: Shahih Bukhari Kitab 6 (Kitab Haidh)

216 (217). Awal Dan Akhir Masa Ḥaidh.

صحيح البخاري ٣٠٩: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ أَبِيْ حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ فَسَأَلَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ ذلِكِ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِالْحَيْضَةِ فَإِذَا أَقْبَلَتْ الْحَيْضَةُ فَدَعِي الصَّلَاةَ وَ إِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْتَسِلِيْ وَ صَلِّيْ.

Shaḥīḥ Bukhārī 309: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Muḥammad berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyān dari Hisyām dari Bapaknya dari ‘Ā’isyah bahwa Fāthimah binti Abī Ḥubaisy mengalami istiḥādhah (mengeluarkan darah penyakit). Maka aku bertanya kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dan beliau menjawab: “Itu seperti keringat dan bukan darah haidh. Jika haidh datang maka tinggalkanlah shalat dan jika telah selesai mandilah dan shalatlah.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 501; SAD: 244; ST: 116; SN: 201, 212, 217, 218, 347, 356, 361, 362, 363; SIM: 613, 616, 618; MA: 23397; MM: 122; SD: 761, 767, 771, 772.

217 (218). Wanita Haidh Tidak Mengqadha’ Shalat Yang Ditinggalkannya Ketika Sedang Ḥaidh.

صحيح البخاري ٣١٠: حَدَّثَنَا مُوْسَى بْنُ إِسْمَاعِيْلَ قَالَ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ قَالَ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ قَالَ حَدَّثَتْنِيْ مُعَاذَةُ أَنَّ امْرَأَةً قَالَتْ لِعَائِشَةَ أَتَجْزِيْ إِحْدَانَا صَلَاتَهَا إِذَا طَهُرَتْ فَقَالَتْ أَحَرُوْرِيَّةٌ أَنْتِ كُنَّا نَحِيْضُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَلَا يَأْمُرُنَا بِهِ أَوْ قَالَتْ فَلَا نَفْعَلُهُ.

Shaḥīḥ Bukhārī 310: Telah menceritakan kepada kami Mūsā bin Ismā’īl berkata, telah menceritakan kepada kami Hammām berkata, telah menceritakan kepada kami Qatādah berkata, telah menceritakan kepadaku Mu‘ādzah, bahwa ada seorang wanita bertanya kepada ‘Ā’isyah: “Apakah seorang dari kita harus melaksanakan shalat yang ditinggalkannya bila sudah suci?” ‘Ā’isyah menjawab: “Apakah kamu dari kelompok Khawārij! Sungguh kami pernah mengalami ḥaidh di sisi Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dan beliau tidak memerintahkan kami untuk itu.” Atau ‘Ā’isyah mengatakan: “Kami tidak melakukannya (mengqadhā’).

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.

218 (219). Tidur Bersama Istri Yang Sedang Ḥaidh.

صحيح البخاري ٣١١: حَدَّثَنَا سَعْدُ بْنُ حَفْصٍ قَالَ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ عَنْ زَيْنَبَ بِنْتِ أَبِيْ سَلَمَةَ حَدَّثَتْهُ أَنَّ أُمَّ سَلَمَةَ قَالَتْ حِضْتُ وَ أَنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الْخَمِيْلَةِ فَانْسَلَلْتُ فَخَرَجْتُ مِنْهَا فَأَخَذْتُ ثِيَابَ حِيْضَتِيْ فَلَبِسْتُهَا فَقَالَ لِيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنُفِسْتِ قُلْتُ نَعَمْ فَدَعَانِيْ فَأَدْخَلَنِيْ مَعَهُ فِي الْخَمِيْلَةِ قَالَتْ وَ حَدَّثَتْنِيْ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يُقَبِّلُهَا وَ هُوَ صَائِمٌ وَ كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ مِنَ الْجَنَابَةِ.

Shaḥīḥ Bukhārī 311: Telah menceritakan kepada kami Sa‘d bin Ḥafsh berkata, telah menceritakan kepada kami Syaibān dari Yaḥyā dari Abū Salamah dari Zainab binti Abī Salamah bahwa ia menceritakan kepadanya, bahwa Ummu Salamah berkata: “Saat aku berada dalam satu selimut bersama Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, aku mengeluarkan darah ḥaidh, kemudian pelan-pelan aku keluar dari selimut mengambil pakaian (khusus untuk ḥaidh) dan mengenakannya. Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bertanya kepadaku: “Apakah kamu sedang haidh?” Aku jawab: “Ya.” Beliau lalu memanggil dan mengajakku masuk ke dalam selimut.” Zainab berkata: “Ummu Salamah menceritakan kepadaku bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam juga menciumnya saat beliau sedang berpuasa. Ummu Salam berkata: “Aku pernah mandi junub dalam satu bejana bersama Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 312, 1794; SM: 444; SN: 368.