Shahih Bukhari no.307-308 : Yang Kejadiannya Sempurna Dan Yang Tidak Sempurna

Dari Kitab:
Sahīh al-Bukhārī
Oleh: Abū ‘Abd Allāh Muhammad ibn Ismā‘īl ibn Ibrāhīm ibn al-Mughīrah ibn Bardizbah al-Ju‘fī al-Bukhārī

Rangkaian Pos: Shahih Bukhari Kitab 6 (Kitab Haidh)

214 (215). Firman Allah ta‘ālā: “Yang Kejadiannya Sempurna Dan Yang Tidak Sempurna.”

صحيح البخاري ٣٠٧: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ بَكْرٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ وَ كَّلَ بِالرَّحِمِ مَلَكًا يَقُوْلُ يَا رَبِّ نُطْفَةٌ يَا رَبِّ عَلَقَةٌ يَا رَبِّ مُضْغَةٌ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَقْضِيَ خَلْقَهُ قَالَ أَذَكَرٌ أَمْ أُنْثَى شَقِيٌّ أَمْ سَعِيْدٌ فَمَا الرِّزْقُ وَ الْأَجَلُ فَيُكْتَبُ فِيْ بَطْنِ أُمِّهِ.

Shaḥīḥ Bukhārī 307: Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Ḥammād dari ‘Ubaidullāh bin Abī Bakar dari Anas bin Mālik dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah ta‘ālā menugaskan satu Malaikat dalam rahim seseorang. Malaikat itu berkata: “Ya Rabb, (sekarang baru) sperma. Ya Rabb, segumpal darah!, Ya Rabb, segumpal daging!” Maka apabila Allah berkehendak menetapkan ciptaan-Nya, Malaikat itu bertanya: “Apakah laki-laki atau wanita, celaka atau bahagia, bagaimana dengan rezeki dan ajalnya?” Maka ditetapkanlah ketentuan taqdīrnya selagi berada dalam perut ibunya.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 3066, 6106; SM: 4785; MA: 11714, 12042.

215 (216). Bagaimana Wanita Yang Sedang Ḥaidh Melakukan Iḥrām (Dan Bertalbiyah) Ḥajji Dan ‘Umrah.

صحيح البخاري ٣٠٨: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ حَجَّةِ الْوَدَاعِ فَمِنَّا مَنْ أَهَلَّ بِعُمْرَةٍ وَمِنَّا مَنْ أَهَلَّ بِحَجٍّ فَقَدِمْنَا مَكَّةَ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ أَحْرَمَ بِعُمْرَةٍ وَ لَمْ يُهْدِ فَلْيُحْلِلْ وَ مَنْ أَحْرَمَ بِعُمْرَةٍ وَ أَهْدَى فَلَا يُحِلُّ حَتَّى يُحِلَّ بِنَحْرِ هَدْيِهِ وَ مَنْ أَهَلَّ بِحَجٍّ فَلْيُتِمَّ حَجَّهُ قَالَتْ فَحِضْتُ فَلَمْ أَزَلْ حَائِضًا حَتَّى كَانَ يَوْمُ عَرَفَةَ وَ لَمْ أُهْلِلْ إِلَّا بِعُمْرَةٍ فَأَمَرَنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ أَنْقُضَ رَأْسِيْ وَ أَمْتَشِطَ وَ أُهِلَّ بِحَجٍّ وَ أَتْرُكَ الْعُمْرَةَ فَفَعَلْتُ ذلِكَ حَتَّى قَضَيْتُ حَجِّي فَبَعَثَ مَعِيْ عَبْدَ الرَّحْمنِ بْنَ أَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ وَ أَمَرَنِيْ أَنْ أَعْتَمِرَ مَكَانَ عُمْرَتِيْ مِنَ التَّنْعِيْمِ.

Shaḥīḥ Bukhārī 308: Telah menceritakan kepada kami Yaḥyā bin Bukair berkata, telah menceritakan kepada kami al-Laits dari ‘Uqail dari Ibnu Syihāb dari ‘Urwah dari ‘Ā’isyah berkata: “Kami keluar bersama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pada saat ḥajji Wadā‘. Di antara kami ada yang bertalbiyah dengan ‘Umrah dan ada pula yang bertalbiyah dengan ḥajji. Ketika kami sudah sampai di Makkah, Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa berihrām dengan ‘Umrah dan tidak membawa sembelihan, maka hendaklah dia bertahallul. Dan barang siapa berihrām dengan ‘Umrah dan membawa sembelihan, maka janganlah bertahallul kecuali setelah menyembelih hewan pada hari Nahr (hari penyembelihan). Dan barang siapa bertalbiyah (memulai) dengan ḥajji, hendaklah menyempurnakan hajinya.”

‘Ā’isyah berkata: “Kemudian aku mengalami ḥaidh dan terus terjadi hingga hari ‘Arafah, dan aku tidak bertalbiyah kecuali dengan ‘Umrah. Maka Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam memerintahkan aku untuk menguraikan (rambut) kepalaku dan menyisirnya, lalu bertalbiyah dengan hajji dan meninggalkan ‘Umrah. Maka aku laksanakan hingga aku merampungkan hajjiku. Kemudian beliau mengutus saudaraku, ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Bakar untuk menemaniku dan memerintahkan aku agar aku berumrah dari Tan‘īm sebagai ganti ‘Umrahku sebelumnya.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 2109; SN: 2941.