Shahih Bukhari no.269-272 : Beberapa Teknis Mandi (3)

Dari Kitab:
Sahīh al-Bukhārī
Oleh: Abū ‘Abd Allāh Muhammad ibn Ismā‘īl ibn Ibrāhīm ibn al-Mughīrah ibn Bardizbah al-Ju‘fī al-Bukhārī

Rangkaian Pos: Shahih Bukhari Kitab 5 (Kitab Mandi)

188 (189). Mandi Dalam Keadaan Telanjang Di Tempat Yang Sepi Dan Bila Dapat Menggunakan Tutup Lebih Baik.

صحيح البخاري ٢٦٩: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ نَصْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ كَانَتْ بَنُوْ إِسْرَائِيْلَ يَغْتَسِلُوْنَ عُرَاةً يَنْظُرُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ وَ كَانَ مُوْسَى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَغْتَسِلُ وَحْدَهُ فَقَالُوْا وَاللهِ مَا يَمْنَعُ مُوْسَى أَنْ يَغْتَسِلَ مَعَنَا إِلَّا أَنَّهُ آدَرُ فَذَهَبَ مَرَّةً يَغْتَسِلُ فَوَضَعَ ثَوْبَهُ عَلَى حَجَرٍ فَفَرَّ الْحَجَرُ بِثَوْبِهِ فَخَرَجَ مُوْسَى فِيْ إِثْرِهِ يَقُوْلُ ثَوْبِيْ يَا حَجَرُ حَتَّى نَظَرَتْ بَنُوْ إِسْرَائِيْلَ إِلَى مُوْسَى فَقَالُوْا وَاللهِ مَا بِمُوْسَى مِنْ بَأْسٍ وَ أَخَذَ ثَوْبَهُ فَطَفِقَ بِالْحَجَرِ ضَرْبًا فَقَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ وَاللهِ إِنَّهُ لَنَدَبٌ بِالْحَجَرِ سِتَّةٌ أَوْ سَبْعَةٌ ضَرْبًا بِالْحَجَرِ.

Shaḥīḥ Bukhārī 269: Telah menceritakan kepada kami Isḥāq bin Nashr berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Razzāq dari Ma‘mar dari Hammām bin Munabbih dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Orang-orang bani Isrā’īl jika mandi maka mereka mandi dengan telanjang, hingga sebagian melihat sebagian yang lainnya. Sedangkan Nabi Mūsā a.s. lebih suka mandi sendirian. Maka mereka pun berkata: “Demi Allah, tidak ada menghalangi Mūsā untuk mandi bersama kita kecuali karena ia adalah seorang laki-laki yang kemaluannya kena hernia. Lalu pada suatu saat Mūsā pergi mandi dan meletakkan pakaiannya pada sebuah batu, lalu batu tersebut lari dengan membawa pakaiannya. Maka Mūsā lari mengejar batu tersebut sambil berkata: “Wahai batu, kembalikan pakaianku!” sehingga orang-orang bani Isrā’īl melihat Mūsā. Mereka lalu berkata: “Demi Allah, pada diri Mūsā tidak ada yang ganjil.” Mūsā kemudian mengambil pakaiannya dan memukul batu tersebut dengan satu pukulan.” Abū Hurairah berkata: “Demi Allah, sungguh pada batu tersebut terdapat bekas pukulan enam atau tujuh akibat pukulannya.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 513, 4372; MA: 7826.

صحيح البخاري ٢٧٠: وَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ بَيْنَا أَيُّوْبُ يَغْتَسِلُ عُرْيَانًا فَخَرَّ عَلَيْهِ جَرَادٌ مِنْ ذَهَبٍ فَجَعَلَ أَيُّوْبُ يَحْتَثِيْ فِيْ ثَوْبِهِ فَنَادَاهُ رَبُّهُ يَا أَيُّوْبُ أَلَمْ أَكُنْ أَغْنَيْتُكَ عَمَّا تَرَى قَالَ بَلَى وَ عِزَّتِكَ وَ لكِنْ لَا غِنَى بِيْ عَنْ بَرَكَتِكَ. وَ رَوَاهُ إِبْرَاهِيْمُ عَنْ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ بَيْنَا أَيُّوْبُ يَغْتَسِلُ عُرْيَانًا.

Shaḥīḥ Bukhārī 270: Dan (masih dari jalur periwayatan yang sama dengan hadits sebelumnya) dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tatkala Ayyūb mandi dalam keadaan telanjang, tiba-tiba muncul belalang dari emas. Lalu Ayyūb mengumpulkan dan memasukkannya ke dalam baju. Maka Rabbnya memanggilnya: “Wahai Ayyūb, bukankah aku sudah memberimu kecukupan sebagaimana kau lihat? “Ayyūb menjawab: “Benar, dan demi segala kemuliaan-Mu. Tetapi aku tidak pernah merasa puas dari limpahan barakah-Mu”.” Ibrāhīm juga meriwayatkan dari Mūsā bin ‘Uqbah dari Shafwān bin Sulaim dari ‘Athā’ bin Yasār dari Abū Hurairah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Ketika Ayyūb mandi dalam keadaan telanjang.

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 3148, 6939; SN: 406.

189 (190). Berlindung (Menggunakan Tutup) Ketika Mandi Di Tengah Orang.

صحيح البخاري ٢٧١: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي النَّضْرِ مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ أَنَّ أَبَا مُرَّةَ مَوْلَى أُمِّ هَانِئٍ بِنْتِ أَبِيْ طَالِبٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ أُمَّ هَانِئٍ بِنْتَ أَبِيْ طَالِبٍ تَقُوْلُ ذَهَبْتُ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَامَ الْفَتْحِ فَوَجَدْتُهُ يَغْتَسِلُ وَ فَاطِمَةُ تَسْتُرُهُ فَقَالَ مَنْ هذِهِ فَقُلْتُ أَنَا أُمُّ هَانِئٍ.

Shaḥīḥ Bukhārī 271: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Maslamah bin Qa‘nab dari Mālik dari Abū-n-Nadhr mantan budak ‘Umar bin ‘Ubaidullāh, bahwa Abū Murrah mantan budak Ummu Hāni’ binti Abī Thālib, telah mengabarkan kepadanya, bahwa ia mendengar Ummu Hāni’ binti Abā Thālib berkata: “Aku pergi menemui Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam saat pembukaan Kota Makkah, lalu aku dapati beliau sedang mandi dan Fāthimah menutupinya. Beliau lalu bertanya:Siapa ini?” Aku menjawab: “Ummu Hāni’.”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SM: 509; ST: 2658; SN: 225; SD: 1417.

صحيح البخاري ٢٧٢: حَدَّثَنَا عَبْدَانُ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ قَالَ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ كُرَيْبٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ مَيْمُوْنَةَ قَالَتْ سَتَرْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ هُوَ يَغْتَسِلُ مِنْ الْجَنَابَةِ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ثُمَّ صَبَّ بِيَمِيْنِهِ عَلَى شِمَالِهِ فَغَسَلَ فَرْجَهُ وَ مَا أَصَابَهُ ثُمَّ مَسَحَ بِيَدِهِ عَلَى الْحَائِطِ أَوِ الْأَرْضِ ثُمَّ تَوَضَّأَ وُضُوْءَهُ لِلصَّلَاةِ غَيْرَ رِجْلَيْهِ ثُمَّ أَفَاضَ عَلَى جَسَدِهِ الْمَاءَ ثُمَّ تَنَحَّى فَغَسَلَ قَدَمَيْهِ تَابَعَهُ أَبُوْ عَوَانَةَ وَ ابْنُ فُضَيْلٍ فِي السَّتْرِ.

Shaḥīḥ Bukhārī 272: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdān berkata, telah mengabarkan kepada kami ‘Abdullāh berkata, telah mengabarkan kepada kami Sufyān dari al-A‘masy dari Sālim bin Abī-l-Ja‘d dari Kuraib dari Ibnu ‘Abbās dari Maimūnah ia berkata: “Aku menutupi Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam saat beliau sedang mandi junub. Beliau mencuci kedua tangannya, lalu dengan tangan kanannya beliau menuangkan air pada tangan kirinya, lalu mencuci kemaluannya dan apa yang terkena (mani). Beliau kemudian menggosokkan tangannya ke dinding atau tanah. Kemudian berwudhū’ sebagaimana wudhū’ untuk shalat kecuali kedua kakinya.

Kemudian beliau mengguyurkan air ke seluruh badannya. Kemudian menyudahi dengan mencuci kedua kakinya.” Hadits ini dikuatkan oleh Abū ‘Awānah dan Ibnu Fudhail dalam masalah tabir (penutup).”

Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada